bacaterus web banner retina

10 Pemain Utama yang Membintangi Drama Idol: The Coup

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 7 Januari 2022

Drama Idol: The Coup (2021) tidak terlalu banyak dibicarakan. Ratingnya di Korea pun terhitung sangat rendah, padahal secara plot dan penokohan, ia cukup menarik. Walau tidak menyuguhkan sesuatu yang baru, eksekusinya apik, terutama para pemain yang totalitas dalam berakting.

Sebagian besar dari pemain Idol: The Coup (2021) adalah idol. Ia juga menjadi drama pertama bagi mayoritas pemainnya. Namun, soal kualitas drama ini boleh diadu.

Banyak scene-scene emosional yang disampaikan secara sempurna, sehingga rasanya ikut sedih atau ikut bahagia saat menonton mereka. Siapa saja pemain drama ini dan bagaimana karakternya?

Baca juga: Sinopsis dan Review Drama Musikal Idol: The Coup (2021)

1. Kim Je Na – Ahn Hee Yeon

1. Kim Je Na – Ahn Hee Yeon

Ahn Hee Yeon atau Hani, member EXID, menjadi pemain Idol: The Coup (2021) yang banyak mendapat screentime karena perannya sebagai leader Cotton Candy. Walau berangkat sebagai idol kemampuan aktingnya sudah teruji di beberapa judul drama, antara lain di Not Yet 30 (2021) dan You Raise Me Up (2021).

Penampilan Hani sebagai Kim Je Na sangat memuaskan. Dia dengan baik menyampaikan emosi-emosi yang dirasakan sebagai pemimpin idol grup yang gagal bersinar. Sosoknya kuat, gigih dan tangguh dalam menghadapi semua masalah paling awal dibanding anggota Cotton Candy lainnya.

Je Na punya prinsip yang kuat dan semua hanya untuk keutuhan serta keberhasilan Cotton Candy. Dia juga punya musikalitas yang baik.

Dia sangat inisiatif tapi kadang bertindak sesukanya. Je Na kerap membuat pusing CEO Jae Hyeok dan Ji Han karena keputusan-keputusan sepihak.

Selain itu dia juga keras kepala sehingga tak ada yang bisa memengaruhinya mengubah keputusan. Namun, Je Na adalah leader yang sangat melindungi anggotanya. Dia tidak takut mengambil risiko jika itu berkaitan dengan keselamatan anggota Cotton Candy.  

2. Cha Jae Hyeok – Kwak Si Yang

Cha Jae Hyeok – Kwak Si Yang

Pemain Idol: The Coup (2021) yang satu ini mengalami perkembangan karakter paling banyak di antara pemain lain. Kwak Si Yang dengan ekspresinya yang asam pas sekali membawakan karakter CEO Cha Jae Hyeok yang memang dingin dan ketus.

Dia merupakan CEO baru pengganti CEO Ma. Karakternya tegas dan hanya mau mempertimbangkan segala sesuatu berdasarkan keuntungan.

Kakak sambung Ji Han ini tipikal seseorang yang meremehkan orang lain dan tidak menghargai jerih payah. Tidak heran jika kemunculannya ke Starpeace untuk pertama kali membuat Ji Han geram.

Ji Han punya kisah dan ingatan buruk tentangnya selama tinggal di Amerika. Jae Hyeok juga lebih mementingkan hasil sehingga tak peduli dengan jerih payah.

Namun, karakternya berkembang setelah melihat kegigihan Je Na. Dia bahkan terlihat mulai menaruh perhatian pada Je Na dan mulai membantu Cotton Candy.

Sikap Jae Hyeok di awal dan akhir mengalami perubahan yang menyenangkan. Di balik keangkuhannya, dia punya hati yang hangat. Dia juga tak jarang bertingkah konyol tanpa disadari.

3. Seo Ji Han – Kim Min Kyu

Seo Ji Han – Kim Min Kyu

Karakter Seo Ji Han yang diperankan Kim Min Kyu di drama ini juga tidak kalah mengesankan, terutama jika mengingat Idol: The Coup (2021) adalah drama kedua yang dimainkan setelah web drama berjudul Pop Out Boy di tahun 2020 lalu.

Dalam drama berjumlah 12 episode ini, Kim Min Kyu berperan sebagai Seo Ji Han; leader Mars. Mars merupakan idol grup yang juga berada di bawah naungan Starpeace.

Ji Han langsung mengagumi Je Na ketika pertama melihat gadis itu, terutama karena kemampuan musikalitasnya. Ji Han selalu ingin membantu Je Na dan Cotton Candy melalui kesulitan-kesulitan walau kebaikannya kadang disalahartikan.

Ji Han pribadi yang cukup tenang tapi jika sudah berhadapan dengan Jae Hyeok kemarahannya seperti tersulut. Hate and love relationship antara dirinya dan Jae Hyeok jadi hiburan tersendiri.

4. Elle – Exy

Elle – Exy

Karakter Elle yang dibawakan oleh Exy, member grup Idol WJSN, membuat drama Idol: The Coup (2021) bertambah emosional. Sebagai drama pertamanya, penampilan Exy di sini patut diapresiasi. Dia adalah salah satu member Cotton Candy yang cukup banyak menguji kesabaran Je Na, terutama karena keduanya sama-sama keras kepala.

Elle atau Kang Yu Ri bertugas memperkuat penampilan suara Cotton Candy karena itulah posisinya cukup penting. Sayangnya, punya posisi penting di grup yang gagal tidak menjamin apa pun.

Sebagai seseorang yang realistis Elle butuh uang untuk hidupnya. Elle tidak bisa berharap pada sesuatu yang tidak pasti seperti keberlanjutan nasib Cotton Candy.

Elle memutuskan keluar dari Cotton Candy dan sempat menjajal berbagai pekerjaan, seperti guru vocal bahkan sebagai wanita panggilan yang diperlukan untuk menemani orang-orang penting.

Perkataan Elle kadang menyakiti orang lain, seperti Du Ho atau Troy. Meski begitu, Elle diam-diam masih memedulikan Cotton Candy dan mau berkorban untuk grupnya.

5. Oh Hyun Ji – Ahn Sol Bin

Oh Hyun Ji – Ahn Sol Bin

Pemain Idol: The Coup (2021) yang disebut-sebut mirip Hyeri ini benar-benar menguras emosi sekaligus menguji kesabaran, bukan hanya Je Na dan anggota lainnya tetapi juga penonton.

Karakter Hyun Ji yang dimainkan Ahn Sol Bin terbentuk dari kepedihan-kepedihan saat masih kecil. Tidak heran jika Hyun Ji jadi sosok yang berani karena dia terbiasa dengan keadaan-keadaan sulit.

Sayangnya keberanian Hyun Ji cenderung gegabah dan nekat. Emosi Hyun Ji selalu meledak-ledak setiap kali Cotton Candy menghadapi masalah. Hyun Ji belum puas jika belum bertengkar atau menghadapi langsung orang-orang yang bermasalah dengannya.

Sosoknya yang reaktif terhadap apa pun adalah wujud rasa sayangnya kepada Cotton Candy. Di balik itu semua dia gadis yang bersemangat dan sangat menyayangi Cotton Candy, juga neneknya.

6. Stella – Han So Eun

 Stella – Han So Eun

Di antara pemain Idol: The Coup (2021) yang lain, khususnya Cotton Candy, Han So Eun, satu-satunya yang bukan merupakan member grup idol mana pun. Namun, penampilannya sebagai Stella, yang harus menyanyi dan dance sangat meyakinkan.

Stella digambarkan sebagai anggota CC yang paling pendiam dan bijak. Dia satu-satunya member yang sering Je Na ajak bicara tentang berbagai kesulitan.

Selama Cotton Candy mati suri, Stella mencari penghasilan dengan menjadi pelakon. Kepribadian Stella yang introvert dipengaruhi oleh ketidakharmonisan hubungan ayah dan ibunya. Stella merupakan anak broken home yang tidak mendapat perhatian secara layak. Dia bahkan sudah harus mencari uang sejak sekolah.

Stella memiliki masa lalu yang traumatis sehingga butuh pendampingan psikiater. Dia pernah jadi korban penipuan pembuatan film dewasa saat masih sekolah dulu.

Sedihnya, masalah sebesar itu Stella sembunyikan seorang diri, termasuk dari Je Na. Stella mendapatkan kembali percaya dirinya berkat bantuan Je Na dan anggota Cotton Candy yang lain. 

7. Park Chae Ah – Green

Park Chae Ah – Green

Green, anggota Redsquare, juga ikut meramaikan jalannya cerita Idol: The Coup (2021). Menjadi drama pertamanya, penampilan Green cukup memuaskan. Di sini dia berperan sebagai Chae Ah, anggota CC yang paling dekat dengan Hyun Ji. Meski dekat, keduanya punya sifat yang cukup jauh.

Chae Ah gadis yang penuh semangat dan selalu mendukung keputusan Je Na. Di balik itu semua dia ternyata menyimpan rasa minder, tidak percaya diri yang besar.

Chae Ah merasa dirinya adalah anggota paling tidak potensial di Cotton Candy. Ketika yang lain punya sisi hebat yang bisa ditonjolkan, Chae Ah tidak memilikinya. Dia sempat menolak lagu yang khusus dibuat untuknya karena alasan itu. 

8. Bbiyong – Lee You Jin

Bbiyong – Lee You Jin

Perjuangan Cotton Candy yang sulit, salah satunya disebabkan oleh ulah karakter satu ini. Lee You Jin sebagai Bbiyong merupakan produser eksekutif Starpeace yang problematik. Kemampuannya dalam meramu lagu yang asyik memang tak perlu diragukan, tapi kedengkiannya pada Cotton Candy benar-benar bikin naik darah.

Bbiyong dan Cotton Candy sudah kenal sejak lama, bahkan sebelum Starpeace semakin besar. Namun, kedekatan hubungan itu tidak berpengaruh pada ketulusannya. Bbiyong bahkan menghancurkan kepercayaan yang Je Na berikan. Alih-alih menolong saat dibutuhkan, Bbiyong berlaku curang di belakang.

9. Troy – Baro

Troy – Baro

Baro merupakan mantan idol grup B14A yang sudah memiliki lumayan banyak pengalaman dalam bermain drama. Terakhir dia turut berperan dalam Melting Me Softly (2019) sebagai Hwang Byeong Sim. 

Di drama ini Baro atau Cha Sun Woo berperan sebagai Troy, produser musik di Starpeace yang dulu sempat mendampingi Cotton Candy tapi dipecat karena hasutan Bbiyong yang mengatakan bahwa karyanya plagiat. Keluar dari Starpeace Troy menjadi produser musik yang terkenal. Namun, lukanya masih terus dia ingat.

Ketika Je Na datang meminta bantuan, Troy merasa itu adalah waktu yang tepat untuk balas dendam, terutama pada Elle yang menyakitinya melalui kata-kata. Seiring berjalannya waktu dan menyadari bahwa sikapnya keterlaluan, Troy berbalik mendukung Cotton Candy.

10. Ma Jin Woo – Jung Woong In

Ma Jin Woo – Jung Woong In

Pemain Idol: The Coup (2021) yang wajahnya sudah sangat familiar bagi penonton setia drama Korea ini identik dengan peran-peran culas. Dengan tatapan mata yang tajam Jung Woong In sukses bikin geram.

Di drama Idol: The Coup (2021) karakternya cukup berbeda. Kamu akan melihatnya sebagai sosok CEO Ma Jin Woo yang walau terlihat kejam sebenarnya masih memiliki belas kasihan kepada Cotton Candy.

Perasaan emosional CEO Ma Jin Woo pada Cotton Candy, sampai-sampai mempertahankan mereka selama lima tahun walau gagal bersinar, adalah karena mereka berjuang bersama dari bawah.

Cotton Candy adalah produk pertama Starpeace sebelum sukses. Cotton Candy menjadi saksi bisu perjuangan Ma Jin Woo membangun Starpeace hingga terus berkembang.

CEO Ma Jin Woo bagaimana pun tidak bisa menang melawan pasar. Selama beberapa tahun Cotton Candy seperti boneka yang dipajang; tidak diputus kontrak dan tidak pula dicarikan job, sehingga cenderung diabaikan.

Namun, Ma Jin Woo tidak bisa membohongi hatinya, apalagi mengingat kerja keras Je Na. Sayang, Ma Jin Woo tidak bisa menyaksikan secara langsung kebangkitan CC.

Drama yang hanya berjumlah 12 episode ini dinilai sebagai drama tentang idol yang paling bagus. Walau pemainnya sebagian besar adalah idol dan masih hijau di dunia akting, penampilan mereka secara keseluruhan benar-benar mengesankan.

Nonton drama ini sebanyak 12 episode rasanya penuh, ada banyak moral value tentang perjuangan dan kegigihan. Sudah nonton? Mana pemain atau karakter jagoanmu?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram