Bacaterus / Drama Korea / Yuk, Kenalan Lebih Dekat dengan Para Pemain Hwarang

Yuk, Kenalan Lebih Dekat dengan Para Pemain Hwarang

Ditulis oleh - Diperbaharui 12 Februari 2021

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Hwarang adalah drama sejarah yang berlatar kerajaan Silla pada masa raja Jinheung. Drama ini tayang di tahun 2016 dan mendapat sambutan yang hangat dari para pecinta drama Korea. Hwarang mengisahkan perjalanan seorang sekelompok pemuda yang tergabung dalam prajurit elit bentukan ratu Jisoo, Hwarang, untuk memperkuat kekuatan kerajaan silla.

Para prajurit khusus Silla ini diambil dari anak bangsawan yang dididik dengan sistem pendidikan terbaik oleh keluarganya. Konflik dan perjalanan cinta kedua tokoh utama mewarnai cerita drama yang didominasi oleh para aktor ganteng ini. Siapa saja pemeran Hwarang yang terkenal dengan ketampanannya ini? Simak penjelasannya.

1. Moomyeong, Kim Seonwoo (Park Seo Joon)

Moomyeong, Kim Seonwoo (Park Seo Joon)

* sumber: www.petelagi.com

Tokoh utama dalam drama ini diperankan oleh Park Seo Joon. Aktor tampan mulitalenta ini memerankan tokoh MooMyoeng, seorang anak yang diasuh oleh petani miskin. Moomyeong tinggal di daerah terpencil dan miskin.

Ia terkenal dengan gerakannya yang gesit, jago berkelahi dan mempunyai jiwa yang bebas. Dari situlah ia mendapat julukan Anjing-Burung dan ditakuti oleh teman-temannya. Ia mempunyai seorang sahabat yang telah berteman sejak kecil.

Kematian sahabatnya yang dibunuh oleh prajurit kerajaan karena melihat wajah raja mengawali konflik di drama. Sampai Moomyeong dewasa ia tidak mengetahui latar belakangnya.

Fakta bahwa ia adalah seorang anak bangsawan calon raja yang diasingkan karena penyakit polio ia ketahui belakangan. Setelah ia mengalami berbagai konflik dan terpaan masalah yang melibatkan dirinya.

Selain dikenal sebagai si Anjing Burung yang jago bela diri, Moomyeong yang belakangan diketahui bernama asli Kim Seonwoo adalah Hwarang yang berani dan tegas. Di asrama Hwarang ia satu-satunya prajurit yang tidak berasal oleh keluarga bangsawan.

Meskipun ia dekat dengan Sam Maekjong yang bersembunyi di balik nama Ji Dwi ia tetap berpegang teguh pada tujuannya untuk balas dendam atas kematian temannya dan mewujudkan Silla yang aman dan adil bagi semua golongan masyarakat.

Setelah ia mengetahui latar belakang aslinya dan bertemu dengan ayah kandungnya, ia diminta untuk mencalonkan diri menjadi penerus tahta Silla. Namun, Seonwoo tidak tertarik menjadi raja.

Alih-alih bertarung melawan Sam Maekjong, kawannya sendiri dan kubu lain yang sama-sama ingin menjadi raja Silla, ia lebih memilih membantu kawannya tersebut untuk merebut tahta Silla yang telah bertahun-tahun dikendalikan oleh ibunya, Ratu Jisoo.

2. Ahn A Ro (Go Ara)

Ahn A Ro (Go Ara)

* sumber: hiburan.dreamers.id

Di drama ini aktris cantik bermata coklat, Go Ara berperan sebagai anak dari seorang tabib terkenal di zaman Silla, Ahn A Ro. A ro berdarah campuran, ia lahir dari orang tua bangsawan yang menikah dengan pelayan istana.

A Ro terlibat jalinan cinta dengan Seonwoo yang menjalani peran sebagai pengganti kakak kandung A Ro yang ternyata adalah sahabatnya Seonwoo ketika hidup di perkampungan kumuh yang terpencil.

A Ro adalah gadis ceria yang berperangai baik sehingga disukai oleh orang-orang. Selain dikenal sebagai tabib hebat, A Ro adalah seorang pendongeng yang jago membuai para pendengarnya dengan cerita yang dibawakannya.

Keterlibatannya dengan Hwarang dimulai ketika ia menerima tawaran seorang pemilik tempat hiburan untuk memeriksa latar belakang para prajurit Hwarang yang lolos seleksi. Beberapa lama setelahnya ia menjadi dokter di asrama Hwarang.

Posisinya sebagai dokter di asrama Hwarang membuatnya sering keluar masuk asrama dan berinteraksi dengan para prajurit. Perjalanan cinta segi tiga antara A Ro-Seonwoo-Sam Mekjong semakin terlihat jelas semenjak ia ditunjuk sebagai dokter Hwarang.

Meskipun Sam Mekjong jatuh cinta dan berusaha mendapatkan hati A Ro, sedikitpun perasaan A Ro tidak pernah goyah terhadap Seonwoo yang akhirnya diketahui bukan kakak kandungannya.

3. Sam Mekjong , Ji Dwi (Park Hyunsik)

Sam Mekjong , Ji Dwi (Park Hyunsik)

* sumber: www.soompi.com

Park Hyunsik berperan sebagai penerus Raja Jinheung yang disembunyikan oleh ibunya, Ratu Jisoo. Selama bertahun-tahun ia hidup secara diam-diam bahkan adik kandungnya sendiri pun tidak mengenali Sam Mekjong.

Saat itu Sam Mekjong sudah diangkat sebagai raja Silla namun, karena usianya terlalu muda ratu Jisoo lah yang mengendalikan tahta. Sementara itu, ia sendiri harus hidup bersembunyi dan menghindari dikenali orang.

Sikap protektif ratu Jisoo adalah pemicu utama dari konflik di dalam drama Hwarang. Saking tidak inginnya wajah anaknya dikenali oleh orang lain, ratu memerintahkan untuk membunuh siapapun yang melihat wajah raja. Sebab ia takut raja akan dibunuh oleh musuh.

Sialnya, sahabatnya Seonwoo yang diperankan oleh Lee Kwangsoo dibunuh karena tidak sengaja melihat wajah raja ketika mengendap-endap di gerbang perbatasan yang menghubungkan ibukota dengan kampung tempat tinggalnya.

Sikap ibunya yang sangat mengekang membuat Sam Mekjong kehilangan kepercayaan diri dan merasa tidak berdaya. Sam Mekjong akhirnya memutuskan hidup dalam identitas baru agar tidak dikenali oleh orang lain.

Identitas Ji Dwi ia gunakan saat mendaftar sebagai prajurit Hwarang. Dengan menjadi Hwarang ia ingin membuktikan kepada ibunya bahwa ia pantas menjadi Raja Silla. Ia bersedia ditempa dengan berbagai pelatihan dan ajaran Hwarang.

Selama hidup menjadi Ji Dwi ia mencari tahu pandangan rakyat mengenai raja Jinheung (Sam Mekjong) yang tidak pernah mereka lihat. Selama itu pula ia merenungi cita-citanya meneruskan tahta Silla dari sang kakek.

Usaha keras dan ujian yang diterima oleh Sam Mekjong membuahkan hasil yang sesuai dengan keinginannya. Sam Mekjong akhirnya berhasil merebut tahta dan merubah pikiran ibunya yang menganggap bahwa ia masih belum siap menjadi raja Silla.

4. Kim Su Ho (Choi Minho)

Kim Su Ho (Choi Minho)

* sumber: www.soompi.com

Kim Suho diperankan oleh Choi Minho. Idol dari boygroup SHINee ini sangat menjiwai perannya sebagai prajurit Hwarang yang dapat diandalkan. Suho adalah anak pejabat tinggi kerajaan. Ia seorang jago bela diri terutama ilmu pedang tapi tidak pintar dalam pelajaran.

Suho dikenal sebagai seorang yang senang bermain dengan wanita dan tukang tebar pesona kepada para wanita. Suho diketahui sudah memacari banyak wanita termasuk teman-teman adik perempuannya.

Meskipun Suho anak seorang bangsawan tinggi, namun ia mau berteman dengan siapapun tanpa memandang kasta. Suho ia adalah salah satu murid Hwarang terbaik. Ia dapat diandalkan ketika Hwarang diperintahkan melawat ke Bekje bersama Hwarang lainnya.

5. Park Banryu (Do Jihan)

Park Banryu (Do Jihan)

* sumber: www.wowkeren.com

Park Banryu dikenal sebagai sosok yang dingin dan misterius. Ia tidak banyak bicara dan tidak membuka diri terhadap orang lain. Banryu adalah anak bangsawan tinggi dan juga pemilih dalam berteman. Ia tidak berteman dengan anak dari kalangan bawah.

Banryu dan Suho adalah Tom and Jerry versi Hwarang. Mereka berdua selalu berseteru setiap kali bertemu. Banryu mempunyai ayah angkat yang memproyeksikan dirinya untuk menjadi penerus raja Silla dan tak ingin Silla diperintah oleh Sam Mekjong.

Tak disangka adik perempuan Suho, Suyeon tertarik kepada Banryu, dan Banryu pun mempunyai perasaan yang sama, itu sebelum ia mengetahui bahwa Suyeon adalah adik kandung Suho, musuhnya. Namun, setelah tahu pun mereka tetap melanjutkan hubungan.

Meskipun Banryu dingin dan cuek, akan tetapi ia adalah anak penurut. Ia bersedia mengikuti perintah ayahnya untuk bersaing memperebutkan tahta Silla dan sanggup melakukan apapun untuk mewujudkan keinginan ayahnya.

Keberadaan dirinya di Hwarang pun adalah atas perintah ayahnya agar sang ayah dapat memantau pergerakan ratu Jisoo, rival keluarga ayahnya. Ia rutin melaporkan perkembangan Hwarang kepada ayahnya.

Namun, pelan-pelan sikap keberpihakan terhadap ayahnya memudar. Ia yang awalnya mau berbuat jahat demi menjadi raja Silla berbalik menjadi prajurit Hwarang yang mendukung Raja Jinheung.

6. Kim Yeowool (Jo Yoonwoo)

Kim Yeowool (Jo Yoonwoo)

* sumber: www.brilio.net

Di antara tokoh prajurit Hwarang, Yeowol termasuk prajurit yang tidak menyukai keberadaan Seonwoo. Namun, ia bersikap netral dan tidak ikut pusing dengan perebutan tahta Silla.

Yeowool adalah tipe yang dapat mengekspresikan apa yang ada di dalam pikirannya dengan baik. Ia berpikiran kritis dan tidak berpihak kepada siapapun. Di Hwarang Yeowool popular karena ketampanannya.

Ia pun tidak kalah jago dalam berperang dan cukup pintar. Yeowool adalah teman dekat Hasung. Ketika hansung meninggal Yeowool sangat terpukul karena kehilangan Hansung tiba-tiba.

7. Suk Hansung (V BTS)

Suk Hansung (V BTS)

* sumber: www.koreaboo.com

Bungsu dari prajurit Hwarang ini paling lucu dan paling disayang oleh abang-abangnya di asrama Hwarang. Tokoh Suk Hansung diperankan oleh Kim Taehyung atau yang juga dikenal sebagai V, member BTS.

Drama ini adalah debut V sebagai aktor. Dan ia mendapat apresiasi yang baik dari para seniornya karena aktingnya yang bagus di drama ini.

Hansung masuk Hwarang bukan karena keinginannya. Ia diminta sang kakek untuk masuk Hwarang agar dapat menjadi penerus keluarga Suk yang baik. Sayangnya, Hansung lebih suka mempelajari ilmu alam dibanding ilmu pedang.

Ia tidak suka belajar berkelahi. Sebaliknya, kakaknya lah yang lebih pantas menjadi prajurit Hwarang karena lebih kompeten sebagai prajurit dibanding Hansung. Sayangnya kakaknya tidak bisa menjadi prajurit Hwarang sebab ia mempunyai darah campuran.

Hansung dekat dengan Yeowool tapi ia kagum dengan sosok Seonwoo yang berkarisma dan disegani oleh siapapun. Rasa kagumnya terhadap Seonwoo sangat besar sampai ia berani mempertaruhkan nyawanya demi melindungi Seonwoo dari pedang yang dilumuri racun.

8. Ratu Jisoo (Kim Jisoo)

Ratu Jisoo (Kim Jisoo)

* sumber: www.wowkeren.com

Di satu sisi, sosok Ratu Jisoo di drama Hwarang adalah sosok ibu yang sangat menyayangi anaknya sehingga tak akan membiarkan anaknya disakiti oleh siapapun. Kecintaannya terhadap anaknya berlebihan sehingga sanggup melakukan apapun agar anaknya selamat.

Ratu Jisoo sangat takut jika anaknya dilengserkan oleh pejabat-pejabat yang tak sudi melihat anaknya duduk di kursi raja. Karena ketakutannya tersebut ia membentuk prajurit khusus yang dibekali ilmu bela diri dan pengetahuan yang sangat bagus untuk memperkuat Silla.

Prajurit tersebut diberi nama Hwarang. Ia bersikukuh melindungi Silla dengan berbagai cara termasuk cara-cara sadis seperti perintah membunuh siapa saja yang melihat wajah raja. Saat itu Raja Jinheung masih disembunyikan agar tak dibunuh oleh pihak musuh.

Sikap protektif ratu membuat Sam Mekjong tertekan dan akhirnya membangkang. Ia bersikeras meyakinkan ibunya bahwa ia sudah siap membongkar identitas raja Jinheung yang sebenarnya dan siap memerintah Silla tanpa bantuan sang ibu.

Ratu Jisoo dan Sam Mekjong semakin sering berselisih. Hal itu mendorongnya untuk semakin gencar melakukan hal apapun untuk tetap menyembunyikan Sam Mekjong sampai tiba saat yang tepat anaknya duduk sebagai raja Silla.

Namun, akhirnya Ratu Jisoo dipaksa mengakui bahwa Sam Mekjong memang telah pantas menjadi raja Jinheung dan turun tahta.

Drama sageuk berlatar kerajaan Silla ini begitu apik diperankan oleh para aktor dan aktris yang terlibat. Meski mengusung genre romantis, alur sejarah di drama ini terasa kental. Paduan fakta sejarah dan bumbu romantisnya membaur dengan sempurna sehingga cerita kedua elemen tersebut dapat dinikmati tanpa terlihat tumpang tindih.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *