bacaterus web banner retina

10 Pemain Utama The Unforgivable, Sandra Bullock dalam Mode Kelam

Ditulis oleh Dhany Wahyudi - Diperbaharui 25 Desember 2021

The Unforgivable adalah original film Netflix yang kembali menampilkan kekuatan akting Sandra Bullock, kali ini dalam karakter yang gelap dan kelam. Ceritanya memang terfokus pada karakter Ruth, tetapi ada tiga cerita lain yang berhubungan dengan kehidupannya yang membuat kisah film ini cukup rumit.

Dengan cakupan kisah yang luas dan banyak karakter yang saling bersinggungan, meski di awal cerita berjalan pada hidupnya masing-masing, film ini tentu saja membutuhkan banyak aktor dan aktris untuk memerankan karakter-karakter tersebut.

Sutradara Nora Fingscheidt beruntung ada beberapa nama besar yang hadir dalam daftar cast-nya. Berikut 10 pemain film The Unforgivable ini.

1. Sandra Bullock sebagai Ruth Slater

sandra bullock_

Kita tentunya sudah sangat mengenal aktris cantik kelahiran tahun 1964 ini, kan? Namanya mulai dikenal seiring kesuksesan film action yang dibintanginya bersama Keanu Reeves, Speed (1994). Bahkan dia juga melanjutkan perannya di sequel-nya yang tidak sukses, Speed 2: Cruise Control (1997).

Popularitasnya dia iringi dengan kualitas lewat film While You Were Sleeping (1995) yang menempatkannya sebagai nominator Best Actress in Musical or Comedy di Golden Globe.

Tampil tangguh dan mempesona di Miss Congeniality (2000), menempatkannya sebagai salah satu America’s Sweetheart yang juga sekali lagi mengantarkannya masuk nominasi Golden Globe.

Setelahnya, Bullock membintangi film-film lain, ada yang sukses juga beberapa di antaranya tidak begitu baik secara kualitas, membuat karirnya cenderung tidak stabil, seperti Murder by Numbers (2002), Two Weeks Notice (2002), Crash (2004) yang meraih Best Picture di ajang Oscar, The Lake House (2006) yang mempertemukannya lagi dengan Keanu Reeves, dan Premonition (2007).

Tahun 2009 adalah tahun penuh kesuksesan juga keanehan baginya. Film The Proposal (2009) membawanya masuk nominasi Best Actress in Musical or Comedy di Golden Globe, sedangkan film The Blind Side (2009) mengantarkannya meraih Oscar dan Golden Globe sebagai Best Actress. Dan di sisi lain, film All About Steve (2009) membuatnya didapuk sebagai Worst Actress dari Razzie Award.

Film Gravity (2013) kembali menampilkan totalitas aktingnya yang memukau dan menempatkannya kembali sebagai nominator Oscar dan Golden Globe di kategori Best Actress. Setelah itu, Bullock tampil di film Our Brand Is Crisis (2015), film Netflix Bird Box (2018) dan meramaikan film Ocean’s 8 (2018).

Perannya sebagai Ruth Slater di film The Unforgivable ini sangat kelam, di mana raut wajahnya nyaris tanpa ekspresi dan selalu terlihat murung.

Tidak ada kesan kecantikannya, apalagi ditambah dengan rambut yang terurai acak. Ruth adalah mantan narapidana atas kejahatan pembunuhan sheriff dan dihukum selama 20 tahun yang kemudian bebas bersyarat karena berkelakuan baik.

Menjalani kehidupan barunya di masyarakat yang menjulukinya “pembunuh polisi” tidaklah mudah baginya. Dia bahkan harus terima tidak mendapat pekerjaan sesuai keahliannya, rela dipukuli oleh teman kerjanya, serta selalu dinilai negatif oleh petugas pengawas Vincent dan juga Liz yang kini menghuni rumahnya.

Tapi dia hanya punya satu niat, yaitu ingin bertemu adik yang dicintainya saja. Beberapa kali kita disuguhkan potongan-potongan memori saat kejadian penembakan di rumahnya itu yang tidak dipaparkan secara jelas, menimbulkan kesan misteri yang nanti akan dijawab di akhir film.

Nanti kita akan tahu siapa penembak sheriff itu sebenarnya, serta mengapa dia yang menanggung semua hukuman itu. Pada intinya, akting Sandra Bullock cukup prima di film ini.

2. Will Pullen sebagai Steve Whelan

will pullen_

Aktor ini memang belum banyak bermain film dan filmography-nya dipenuhi oleh deretan film pendek yang membuatnya meraih beberapa penghargaan, antara lain Best Supporting Actor dari London International Film Festival untuk performanya di film You Say Hello (2019) dan July Award untuk film Light (2020).

Pullen juga tampil sebagai figuran di film Apple TV+, Greyhound (2020). Di film The Unforgivable, sebagai anak bungsu dari sheriff yang menjadi korban penembakan membuatnya gelap mata dan melampiaskan dendam dengan menculik Emily yang dikiranya adalah adik dari Ruth.

Padahal tadinya dia tidak ambil pusing sama sekali dengan bebasnya Ruth, tapi karena terpengaruh oleh hasutan kakaknya, justru dia yang melakukan aksi balas dendam itu.

3. Emma Nelson sebagai Emily Malcolm

emma nelson_

Aktris remaja ini baru berakting di satu film saja sebelum tampil di film The Unforgivable ini, yaitu di film Where’d You Go, Bernadette (2019) sebagai putri dari karakter yang diperankan oleh Cate Blanchett.

Di film itu, aktingnya cukup memukau dan dia ulangi lagi di film The Unforgivable ini. Satu adegannya bersama Sandra Bullock cukup mengesankan dan menjadi salah satu adegan terbaik di film ini.

Sebagai putri dari orang tua asuh Katherine, Emily sudah sangat dekat dengan kakak asuhnya itu dan selalu mendukungnya dalam menapaki karir dan hidupnya.

Dia kemudian menghubungi Ruth setelah menemukan sekotak suratnya untuk Katherine dan memberi tahu jadwal latihan piano Katherine apabila Ruth ingin bertemu. Tapi sayang, dia diculik oleh Steve karena dikira adalah adiknya Ruth.

4. Viola Davis sebagai Liz Ingram

Nama aktris ini sudah sangat dikenal di dunia film berkat aktingnya yang prima di banyak film dan serial yang dia bintangi. Pertama kali masuk radar Oscar ketika masuk nominasi Best Supporting Actress lewat film Doubt (2008), dilanjutkan dengan nominasi Best Actress lewat film The Help (2011) yang langsung menempatkannya sebagai salah satu aktris papan atas di Hollywood.

Davis juga dikenal di layar kaca lewat serial How to Get Away with Murder yang tayang di ABC selama 6 season dan telah mengantarkannya masuk nominasi Golden Globe di kategori Best Actress in Television Drama Series dua tahun berturut-turut.

Ketika membintangi film Fences (2016) bersama Denzel Washington, Davis berhasil meraih Oscar dan Golden Globe sekaligus sebagai Best Supporting Actress.

Juga lewat film Widows (2018), Davis masuk nominasi Best Actress di BAFTA Award. Lalu terakhir, sekali lagi Davis masuk nominasi Best Actress di ajang Academy Award dan Golden Globe lewat film Netflix Ma Rainey’s Black Bottom (2020).

Karakter Liz yang dibawakannya di film The Unforgivable ini sebenarnya hanya mendukung kisah di jalur keluarga Ingram yang mendiami rumah Ruth dahulu.

Wataknya yang keras dan tegas sangat terpancar dari wajah dan ucapannya, bahkan kemudian dia berani menghardik Ruth yang datang ke rumahnya, meski hatinya langsung luluh begitu menyadari kenyataan sebenarnya.

5. John Bernthal sebagai Blake

john bernthal_Sumber: imdb.com

Aktor berwajah keras ini baru saja kita saksikan penampilannya sebagai pelatih tenis Rick Macci di film King Richard (2021) dan sebagai Johnny Soprano di film The Many Saints of Newark (2021). Pemeran Punisher di serial Netflix ini sudah memiliki daftar film yang cukup panjang, antara lain The Wolf of Wall Street (2013), Fury (2014) dan Baby Driver (2017).

Berperan sebagai Blake, karyawan pabrik pengemasan ikan segar, karakternya tidak mendapat porsi durasi yang banyak, tetapi Bernthal mampu mengisinya dengan karakterisasinya yang kuat.

Lihat bagaimana dia langsung kaku ketika Ruth jujur tentang jati dirinya, padahal sebelumnya dia tampak seperti pria yang gagah. Dia berhati baik, meski sempat memicu kejadian pemukulan terhadap Ruth.

6. Rob Morgan sebagai Vincent Cross

rob morgan_

Kita mengenal aktor ini lewat banyak serial yang dibintanginya, antara lain Turk Barrett di serial Netflix Daredevil, Jessica Jones, Luke Cage, Iron Fist, The Defenders dan The Punisher.

Selain itu, Morgan juga berperan sebagai Officer Powell di serial Netflix populer lainnya, Stranger Things. Masih di Netflix, Morgan juga ikut mendukung miniseri Godless yang termasuk salah satu miniseri terbaik di tahun 2017.

Di film The Unforgivable, perannya sebagai petugas pengawas bagi Ruth cukup tegas dan menyebalkan dengan ucapannya yang seolah-olah merendahkan Ruth bahwa dia tidak akan pernah bisa hidup seperti sebelum masuk penjara dahulu dan harus melupakan tentang adiknya lalu menjalani hidup sebagai “pembunuh polisi”. Tapi di akhir film, justru dia yang menunjukkan Ruth kepada adiknya.

7. Aisling Franciosi sebagai Katherine

Aktris cantik asal Irlandia ini pertama kali dikenal lewat serial The Fall yang tayang di BBC Two selama tiga season, juga di season 2 serial drama kriminal Legends yang tayang di TNT, dan sebagai Lyanna Stark di season 6 serial HBO Game of Thrones. Namanya semakin berkibar karena berhasil menang di AACTA Awards sebagai Best Actress lewat film The Nightingale (2018).

Sebagai adik dari Ruth, Franciosi tidak mendapat banyak adegan dengan dialog. Setiap kemunculannya di layar selalu dibayangi dengan cuplikan-cuplikan memori masa lalu yang terkesan mengganggu pikirannya dan menimbulkan trauma baginya, hingga dia mengalami kecelakaan padahal sedang dalam persiapan konser piano.

8. Vincent D’Onofrio sebagai John Ingram

Aktor yang sudah tergolong senior ini sudah memulai karir aktingnya sejak era 1980-an, terutama lewat film Full Metal Jacket (1987).

D’Onofrio juga pernah berperan sebagai Orson Welles di film Ed Wood (1994) dan menjadi tokoh antagonis di film Men in Black (1997). Sosok Kingpin yang dibawakannya di serial Netflix Daredevil akan muncul kembali di serial Hawkeye.

Dilema yang dihadapi karakternya mampu diperlihatkan dengan jelas olehnya, tapi dia juga mampu tetap tenang menghadapi kemarahan Liz karena pernah memasukkan Ruth ke dalam rumahnya, meski pada saat itu mereka sama-sama belum tahu bahwa dia adalah mantan narapidana. Sayangnya, setelah setengah film, karakternya seperti menghilang begitu saja.

9. Richard Thomas sebagai Michael Malcolm

richard thomas_Sumber: people.com

Aktor tampan ini sudah mulai berakting di usia muda lewat serial drama sejarah The Waltons yang tayang di CBS selama 9 season di mana Thomas meraih Emmy sebagai Outstanding Lead Actor dan masuk nominasi Best Actor in Television Drama Series di Golden Globe selama dua tahun berturut-turut. Di tahun 1990, Thomas membintangi miniseri adaptasi novel Stephen King, It, yang tayang di ABC.

Di layar lebar, Thomas pernah membintangi film bertema space opera berjudul Battle Beyond the Stars (1980) dan drama komedi Wonder Boys (2000) mendukung performa apik Michael Douglas dan Tobey Maguire. Setelahnya, Thomas lebih dikenal sebagai direktur FBI di serial bertema spy thriller, The Americans, yang tayang di FX.

Sebagai ayah asuh Katherine, sangatlah wajar jika dia bersikap protektif ketika Ruth ingin menemuinya setelah 20 tahun dikurung di penjara.

Michael menganggap tidak ada gunanya mempertemukan mereka yang mungkin akan mengakibatkan hidup Katherine yang berjalan baik akan menjadi rusak jika bertemu dengan Ruth. Tapi nantinya, Michael akan menyadari bahwa Ruth tidak seburuk yang dia kira.

10. Tom Guiry sebagai Keith Whelan

Aktor ini mulai dikenal sejak usia 12 tahun ketika berakting sebagai Scott Smalls di film The Sandlot (1993) yang kini dikenal dengan status cult film. Kemudian Guiry ikut mendukung dua film perang, yaitu U-571 (2000) dan Black Hawk Down (2001). Ia juga ikut meramaikan film nominator Best Picture Oscar, Mystic River (2003).

Sebagai kakak Steven yang selalu menghasutnya agar mendukung rencana balas dendam kematian ayah mereka, nyatanya dia tidak diajak serta oleh Steve saat menculik Emily karena ketahuan selingkuh dengan istri Steve di rumahnya.

Itulah 10 pemain film The Unforgivable yang masing-masingnya sebenarnya memiliki karakter yang masih bisa dikembangkan lagi, tapi karena keterbatasan durasi, beberapa di antaranya hilang tanpa kejelasan menjelang akhir film. Jangan lupa untuk menonton film ini di Netflix, ya!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram