bacaterus web banner retina

10 Pemain Utama The Matrix Resurrections, Penantian 18 Tahun

The Matrix Resurrections tentunya akan disambut dengan meriah oleh para fans setia franchise The Matrix yang sudah siap disuguhkan cerita petualangan terbaru Neo di dunia Matrix.

Proses produksi yang rumit dan sempat tersendat, membuat film ini menjadi sangat berharga yang membuktikan motivasi setiap orang yang terlibat di dalamnya untuk memuaskan dahaga moviegoers setelah 18 tahun menunggu.

Tentu saja Keanu Reeves dan Carrie-Anne Moss kembali memerankan karakter yang sudah mereka bawakan di tiga film sebelumnya. Ditambah beberapa karakter baru yang akan memberikan kesegaran baru dari franchise rekaan Wachowski Bersaudari ini.

Siapa saja mereka? Yuk, kita kenalan dengan membaca artikel berikut yang akan mengulas profil dan karakter yang mereka bawakan.

1. Keanu Reeves (Thomas Anderson/Neo)

keanu reeves_

Keanu Reeves sudah menjadi bintang action sejak film Point Break (1991) dan Speed (1994). Lalu lewat trilogy The Matrix dan trilogy John Wick, keabsahan Reeves sebagai bintang action semakin valid. Meski berkarir di perfilman Hollywood, tapi ternyata Reeves adalah warga negara Kanada, lho!

Sebagai mantan “The Chosen One” di dunia Matrix sebelumnya, Neo sudah berkali-kali dimodifikasi oleh kaum Machine dan dikurung dalam sebuah simulasi dengan identitas Thomas Anderson, pencipta video game populer berjudul The Matrix.

Kembali ke dunia Matrix setelah menelan kapsul merah dari Morpheus, Neo ingin menyelamatkan Trinity dan bersatu kembali dalam cinta. Perjuangannya tidak mudah, karena dia juga harus mengumpulkan kembali kekuatan yang sudah lama tidak dipakainya dan berhadapan dengan pihak-pihak yang menghalangi tujuannya.

2. Carrie-Anne Moss (Tiffany/Trinity)

carrie anne moss_

Selain di trilogy The Matrix, Moss juga tampil apik di film Memento (2000) dan Fido (2006). Kembali membawakan karakter Trinity, Moss tampil anggun sebagai Tiffany dengan ekspresi penuh kelembutan dan kerinduan akan pencarian sebuah jawaban dari pertanyaan yang menggelayut di benaknya selama ini yang ada pada diri Thomas atau Neo di dunia Matrix.

Begitu kembali menjadi Trinity, kekuatannya membawa dirinya berhadapan dengan pihak-pihak yang menghalanginya untuk bersatu bersama Neo.

Kebut-kebutan di atas motor sambil membonceng Neo yang terus menerus mengeluarkan kekuatannya untuk melindungi mereka, menjadi adegan action pamungkas yang mampu memacu adrenalin kita.

3. Yahya Abdul-Mateen II (Morpheus)

yahya abdul mateen 2_

Dipercaya memerankan Morpheus menggantikan Laurence Fishburne dari trilogi sebelumnya, peraih Emmy dari mini seri Watchmen ini menjalankan tugas duplikasinya dengan baik.

Di awal film, Morpheus adalah seorang agen yang memburu kaum pemberontak. Tapi setelah bertemu Bugs, dia menemukan jati diri sebenarnya bahwa dia adalah Morpheus, lalu berpindah pihak.

Abdul-Mateen juga kembali memunculkan nostalgia bagi para fans The Matrix saat berkelahi dengan Neo dalam sebuah adegan yang memiliki seting seperti film pertamanya dahulu, hanya saja kali ini pertarungan tidak berdurasi panjang karena Neo langsung menemukan kekuatannya setelah beberapa jurus.

4. Jessica Henwick (Bugs)

Jessica Henwick_

Aktris Inggris yang memukau lewat perannya sebagai Nymeria Sand di serial HBO Game of Thrones dan Aimee di film Love and Monsters (2020) ini kembali membuktikan kapasitas aktingnya di film The Matrix Resurrections sebagai kapten kapal Mnemosyne dengan penampilan fresh rambut pendek berwarna biru.

Bugs berhasil meyakinkan Morpheus untuk kembali ke dunia Matrix yang kemudian membawa Neo keluar dari simulasi dan berjuang bersama demi menyelamatkan Trinity. Henwick tampil gesit dan tangkas dalam berkelahi dan setiap kehadirannya selalu berhasil mencuri perhatian.

5. Jonathan Groff (Smith)

jonathan groff_

Bagi kalian yang suka dengan dwilogi Frozen, pasti tahu dengan karakter Kristoff, kan? Groff adalah pengisi suara karakter yang bersahabat dengan rusa tunggangannya itu. Groff juga pernah bergabung dalam serial Netflix Mindhunter dan drama musikal Disney, Hamilton (2020).

Menjadi Agen Smith versi baru, Groff banyak menonton aksi Hugo Weaving, pemeran Agent Smith di trilogi sebelumnya melalui YouTube, juga menonton film lain sebagai bahan referensi.

Sebagai partner bisnis Thomas, Smith sempat melontarkan sindiran tentang pemaksaan Warner Bros. untuk melanjutkan kisah The Matrix. Setelah berseteru dengan Neo, pada akhirnya dia membantu menaklukkan The Analyst.

Diakui olehnya, dia sangat menikmati berperan sebagai Smith, terutama di adegan laga yang dilakukan olehnya sendiri. Keberaniannya ini membuat tim stuntman film The Matrix Resurrections menjulukinya “The Savage”.

6. Neil Patrick Harris (The Analyst)

neil patrick harris_

Aktor ini dikenal berkat membintangi serial komedi populer How I Met Your Mother dan serial Netflix A Series of Unfortunate Events.

Berperan sebagai The Analyst yang mewarisi posisi The Architect sebagai pembuat dunia Matrix, Harris tampil natural dengan pembawaannya yang ringan dan cenderung komikal, tapi tetap bisa menghadirkan kesan antagonis terselubung.

The Analyst sudah berkali-kali menghidupkan dan mematikan Neo, juga Trinity lewat rekayasa Machine dan mengurung mereka dalam simulasi rekaannya. Tapi ketika Neo dan Trinity bersatu, The Analyst tidak bisa berbuat apa-apa dan menyerahkan pengelolaan dunia Matrix kepada mereka berdua.

7. Priyanka Chopra Jonas (Sati)

priyanka chopra_

Masih ingat dengan anak kecil yang bertemu Neo di stasiun kereta di film The Matrix Revolutions? Program bernama Sati itu kini sudah dewasa dan diperankan oleh aktris multitalenta mantan Miss World asal India, Priyanka Chopra Jonas. Selain bermain film di negaranya, Chopra juga sudah sering bermain di film-film produksi Hollywood.

Sati membantu Neo dan rekan-rekannya untuk melepaskan Trinity dari pod dengan skema dimana hanya dia yang mengetahui caranya secara detail. Di dalam dunia simulasi, Sati juga hadir di kedai kopi untuk menjaga Thomas dari ancaman program lain.

8. Jada Pinkett Smith (Niobe)

jada pinkett smith_

Istri Will Smith ini melanjutkan perannya sebagai pejuang umat manusia, Niobe, dari dua film Matrix sebelumnya. Di dunia Matrix versi baru ini, Niobe menjadi pemimpin umat manusia yang bernaung di kota Io.

Tampil dengan wajah yang dibuat lebih tua, karena diceritakan setting waktu kisah ini terjadi 60 tahun setelah peristiwa hilangnya Neo di film The Matrix Revolutions, dia tetap tampil dengan sikap tegas.

Sikapnya yang tegas sebagai mantan kapten kapal Logos masih terlihat saat dia melarang Neo dan rekan-rekannya untuk tidak mendekati dunia Matrix dan menghukum mereka karena melanggar perintahnya. Tapi dia pun tegas membantu Neo dan mengerahkan semua pasukannya untuk menyelamatkan Trinity.

9. Toby Onwumere (Sequoia)

toby owumere_

Aktor kelahiran Nigeria ini sudah pernah terlibat dalam proyek milik Wachowski Bersaudari, yaitu serial Netflix Sense8. Perannya sebagai operator kapal Mnemosyne membuatnya hadir dalam setiap pertarungan rekan-rekannya di dunia Matrix.

Tidak seperti operator di trilogi sebelumnya, Sequoia digambarkan berada di sisi Bugs dan yang lainnya, padahal sejatinya dia ada di depan komputer.

10. Erendira Ibarra (Lexy)

erendra ibarra_

Sama seperti Onwumere, aktris cantik asal Meksiko ini juga pernah mendukung serial Netflix karya Wachowski Bersaudari, Sense8.

Dan ketika Lana hendak membuat film The Matrix Resurrections, Ibarra pun diikutsertakan. Sebagai salah satu pejuang di bawah komando Kapten Bugs, Ibarra tampil tangguh dalam menghadapi ribuan musuh di depan mata.

Itulah 10 aktor dan aktris yang mendukung film The Matrix Resurrections. Ada yang kembali dari film sebelumnya, ada yang diperankan oleh aktor lain, dan ada juga karakter baru yang mempengaruhi jalan cerita.

Tidak ada yang tampil mengecewakan dari sisi akting karena mereka semua tampil dalam performa yang baik. Kalau begitu, jangan tunggu lama lagi untuk menontonnya, ya!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram