bacaterus web banner retina

10 Pemain Utama The King’s Man, Kharisma Ralph Fiennes

Ditulis oleh Dhany Wahyudi - Diperbaharui 7 Januari 2022

The King’s Man adalah prequel dari dua film Kingsman sebelumnya, Kingsman: The Secret Service (2014) dan Kingsman: The Golden Circle (2017).

Menceritakan awal mula agensi intelijen ini berdiri beserta latar belakang pada masa Perang Dunia I, film ini menyuguhkan banyak adegan action dahsyat ditengah fakta sejarah akurat yang dipaparkan dengan cukup serius.

Performa akting para pemerannya tidak mengecewakan, terutama Ralph Fiennes yang kembali menampilkan akting penuh kharisma sebagai pendiri Kingsman. Layaknya all-star cast, inilah 10 aktor dan aktris yang berperan di dalam film yang perilisannya tertunda hingga dua tahun ini.

Baca Juga: Sinopsis dan Review Film The King’s Man (2021)

1. Ralph Fiennes (Duke Orlando Oxford)

Pemeran Lord Voldemort dalam franchise Harry Potter ini sudah dua kali masuk nominasi Oscar, yaitu dari film Schindler’s List (1993) dan The English Patient (1996). Aktor Inggris ini sudah diakui kualitas aktingnya dan memiliki filmography penuh film berkualitas pula, antara lain The Constant Gardener (2005) dan The Grand Budapest Hotel (2014).

Karakternya, Duke Orlando Oxford, adalah seorang bangsawan Inggris yang menjunjung tinggi perdamaian, terlebih karena peristiwa penembakan yang menewaskan istrinya saat mereka berada di Afrika Selatan. Orlando pun sangat protektif kepada putranya sehingga tidak mengizinkannya untuk mendaftar ke militer dan turun berperang di garis depan.

Secara rahasia Orlando membentuk tim intelijen yang membantu King George dari Inggris untuk menghentikan Perang Dunia I dan mencari dalang intelektual dibalik semua peristiwa politik yang terjadi di Eropa.

Sempat berduka sangat dalam saat Conrad gugur di medan tempur, Orlando berhasil melumpuhkan sosok misterius dan organisasinya yang bermarkas di pegunungan yang sulit dijangkau.

2. Gemma Arterton (Polly Wilkins)

gemma arterton_Sumber: ew.com

Kita mengenal aktris cantik asal Inggris ini lewat film Clash of the Titans (2010), Prince of Persia: The Sands of Time (2010), Byzantium (2012) dan The Girl with All the Gifts (2016). Selain di film, Arterton juga aktif berakting di pentas teater.

Berperan sebagai Polly, salah satu agen pertama di Kingsman, karakternya bergerak menggali informasi lewat jaringan para pelayan pejabat di seluruh negara.

Dia berhasil memecahkan pesan rahasia dari Kaiser Wilhelm, tapi pesan itu tidak dipercaya oleh Presiden Wilson. Keahliannya sebagai penembak jitu berhasil melindungi aksi Orlando dan Shola dalam membekuk sosok intelektual yang misterius.

3. Rhys Ifans (Grigori Rasputin)

rhys ifans_Sumber: cbr.com

Film Notting Hill (1999) mungkin adalah pertama kali kita mengenal aktor Inggris ini yang kemudian tampil apik di film Anonymous (2011) dan The Amazing Spider-Man (2012) di mana dia masuk nominasi Teen Choice Award di kategori Choice Movie Villain, dan Snowden (2016).

Tampil mengejutkan sebagai sosok mistis Grigori Rasputin, Ifans memberikan kesan angker sekaligus memancing tawa dengan ucapan sinisnya dan keahlian berkelahi dengan menggunakan gerakan balet sebagai jurusnya yang membuatnya sebagai lawan yang tangguh bagi para agen Kingsman saat mereka menjalani misi untuk membunuhnya. Pada akhirnya, memang Rasputin tewas dibunuh.

4. Matthew Goode (Morton)

Mulai dikenal ketika tampil mempesona di film Chasing Liberty (2004), di mana dia masuk nominasi Teen Choice Awards, aktor Inggris ini juga tampil apik di film Watchmen (2009), Stoker (2013) dan The Imitation Game (2014).

Di film The King’s Man ini, Goode berperan sebagai Morton, perwira militer kepercayaan Herbert Kitchener yang setia mendampingi sang jenderal hingga tidak ada kabarnya lagi setelah peristiwa meledaknya kapal laut yang ditumpangi oleh mereka karena tembakan rudal kapal selam. Siapa sangka jika dia adalah sosok intelektual di balik semua rencana politik yang keji ini. Kok, bisa?

5. Tom Hollander (King George/Kaiser Wilhelm/Tsar Nicholas)

tom hollander_

Aktor Inggris ini lebih dikenal lewat aktingnya di film drama Pride & Prejudice (2005) dan komedi satir In the Loop (2009), di mana Hollander masuk nominasi Best Supporting Actor di ajang British Independent Film Award.

Hollander menampilkan peran unik di film The King’s Man ini, di mana dia membawakan tiga karakter pemimpin Eropa yang saling berseteru padahal sebenarnya mereka adalah sepupu yang tumbuh bersama dari kecil, yaitu King George dari Inggris, Kaiser Wilhelm dari Jerman dan Tsar Nicholas dari Rusia yang kebijakan politik mereka memicu terjadinya Perang Dunia I.

6. Harris Dickinson (Conrad Oxford)

harris dickinson_

Mulai dikenal dengan akting yang prima di film Beach Rats (2017), Dickinson juga tampil di serial FX Trust. Sebagai Conrad, Dickinson menampilkan sosok pemuda yang menentang ayahnya demi bisa membela negara dalam medan perang karena merasa ayahnya terlalu mengekang impiannya. Dia baru menyadari maksud baik ayahnya sesaat sebelum menemui ajal dengan peluru menembus kepalanya.

Menjadi pemicu kesedihan di film The King’s Man, Conrad juga menjadi penyemangat bagi Orlando, ayahnya, untuk menuntaskan misi mengakhiri perang dengan mencari sosok intelektual yang mendalangi rangkaian peristiwa pemicu perang ini, hingga akhirnya mendirikan agensi intelijen independen yang bermarkas di toko penjahit pakaian.

7. Daniel Bruhl (Erik Jan Hanussen)

daniel bruhl_

Nominator Best Supporting Actor di BAFTA Award lewat film Rush (2013) ini pertama kali dikenal lewat film komedi tragis produksi Jerman, Good Bye, Lenin! (2003).

Setelahnya, Bruhl sering tampil di film-film besar produksi Hollywood, seperti Inglourious Basterds (2009) dan Captain America: Civil War (2016) sebagai Helmut Zemo yang tampil juga di serial The Falcon and the Winter Soldier.

Sosok Erik Jan Hanussen yang dibawakannya dikenal dalam sejarah sebagai peramal asal Austria yang mengawali pendirian Nazi di Jerman.

Dalam film The King’s Man, Erik adalah orang kepercayaan tokoh intelektual dalam menjalankan rencananya, terutama untuk mempengaruhi Kaiser Wilhelm yang pada akhirnya bisa dilengserkan dari jabatannya sebagai pemimpin Jerman.

Sesuai fakta sejarah bahwa pendirian Nazi adalah idenya dan Adolf Hitler berada di bawah pengaruhnya, coba disentil di dalam film dalam satu adegan di credit title dimana dia memperkenalkan seorang pemuda berkumis kepada Lenin untuk meneruskan rencana mereka di Jerman.

8. Djimon Honsou (Shola)

djimon honsou_

Aktor kelahiran Benin ini sudah dua kali masuk sebagai nominator Oscar lewat film In America (2002) dan Blood Diamond (2006). Honsou diakui selalu total berakting di setiap film yang dia bintangi meski kualitas filmnya buruk sekalipun.

Mulai dikenal ketika berperan sebagai Clinque dalam film garapan Steven Spielberg, Amistad (1997), Honsou kini berakting di dua semesta superhero, yaitu Marvel Cinematic Universe di film Guardians of the Galaxy (2014) dan Captain Marvel (2019) sebagai Korath the Pursuer, DC Extended Universe di film Aquaman (2018) sebagai Fisherman King, juga di Shazam! (2019) sebagai Shazam sang penyihir.

Karakter Shola yang diembannya di film The King’s Man diceritakan adalah pengawal Orlando yang setia dan juga menjadi salah satu agen pertama di agensi Kingsman. Aksinya gesit dan lugas serta berani menghalau tembakan meski dia takut pada ketinggian.

Sebagai Shola yang tangkas dengan pedang kecilnya, Honsou terlibat banyak adegan perkelahian yang keras dan penuh darah.

9. Charles Dance (Herbert Kitchener)

Aktor senior asal Inggris ini pernah masuk nominasi Emmy Award lewat serial BBC Bleak House. Selain itu, Dance juga kita kenal lewat perannya sebagai Tywin Lannister di serial HBO Game of Thrones, tokoh antagonis di film Last Action Hero (1993), Raymond Stockbridge di film Gosford Park (2001), dan Commander Denniston di film The Imitation Game (2014).

Sebagai Herbert Kitchener, Dance membawakan karakter perwira militer yang memiliki semangat patriotisme yang tinggi dan sangat mencintai negaranya meski harus berkorban jiwa serta raga dalam menjalankan tugasnya.

Herbert adalah sahabat Orlando yang percaya bahwa Orlando mampu membuat perubahan besar dalam Perang Dunia I dengan kemampuan yang dia miliki.

10. Aaron Taylor-Johnson (Archie Reid)

Aktor tampan asal Inggris ini pertama kali dikenal saat berperan sebagai John Lennon muda ketika mulai membentuk band The Beatles di film Nowhere Boy (2009).

Lalu, kita lihat aksinya di Kick-Ass (2010 dan sequel-nya Kick-Ass 2 (2013), kemudian di Avengers: Age of Ultron (2015) sebagai Quicksilver. Taylor-Johnson juga pernah masuk nominasi BAFTA Award lewat film Nocturnal Animals (2016).

Archie Reid yang diperankannya adalah seorang tentara yang diajak bertukar identitas oleh Conrad agar dia bisa maju ke medan perang demi membuktikan kemampuannya kepada ayahnya yang berakhir tragis.

Archie menyampaikan surat Conrad dan kabar kematiannya kepada Orlando. Di akhir film, Archie termasuk sebagai salah satu pendiri agensi Kingsman.

Itulah 10 pemain film The King’s Man yang mayoritas diisi oleh deretan bintang Inggris berkualitas. Mungkin banyak yang sedikit kecewa karena memiliki tone berbeda dengan dua film sebelumnya, tapi film ini tetap seru dan menarik apalagi dengan ramuan banyak fakta sejarah akurat yang menjadi latar belakang pendirian agensi Kingsman. Jadi, tunggu apa lagi? Langsung tonton filmnya!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram