bacaterus web banner retina

10 Pemain Film The Dry, Kembalinya Eric Bana ke Australia

Rasanya tidak ada yang meragukan kualitas film The Dry, apalagi film ini termasuk sebagai salah satu film Australia terbaik di tahun 2021 dan masuk nominasi Best Film di ajang AACTA Awards.

Selain apiknya pengarahan dari sang sutradara, naskah dan sinematografi yang juga baik, film ini didukung oleh akting para pemainnya yang cukup baik, terutama Eric Bana sebagai pemeran utamanya.

Untuk lebih mengetahui seluk-beluk para aktor dan aktris asal Australia yang berakting di film yang syutingnya dilakukan di desa kecil Castlemaine di luar kota Melbourne ini, berikut ini adalah ulasan yang akan membuat kita mengenal dan paham dengan karakter yang mereka bawakan.

Baca juga: Sinopsis & Review The Dry, Misteri Pembunuhan di Masa Lalu

1. Eric Bana sebagai Aaron Falk

1. Eric Bana sebagai Aaron Falk

Eric Bana adalah salah satu aktor Australia yang sangat dikenal namanya di industri perfilman Hollywood. Beberapa film terbaiknya adalah Chopper (2000), Troy (2004), dan Munich (2005).

Dalam film The Dry ini, Bana menjadi pemeran utama sebagai agen federal bernama Aaron Falk yang kembali ke kampung halamannya untuk menghadiri pemakaman sahabat lamanya.

Tapi atas permintaan orang tua Luke, Aaron melakukan penyelidikan atas kasus pembunuhan ini yang mengarahkan semua dugaan kepada Luke. Bana berhasil menampilkan akting yang memukau, jika tidak mau dibilang brilian, sebagai sosok yang tegar dan sabar dalam menghadapi kecaman dari warga desa yang tidak suka dengan kehadirannya karena masih sakit hati dengan kejadian masa lalunya.

Di wajahnya kita bisa lihat guratan kesedihan sisa masa lalu yang tidak bisa dihilangkan begitu saja. Meski dia coba tersenyum saat bersama Gretchen, tapi sejatinya hatinya memendam kepedihan sementara pikirannya harus tetap selalu fokus kepada penyelidikan. Jadi sangat wajar apabila Bana masuk nominasi Best Actor di ajang AACTA Awards.

2. Joe Klocek sebagai Aaron Falk Remaja

Joe Klocek sebagai Aaron Falk remaja

Berkat performa akting yang baik di film The Dry, aktor kelahiran tahun 1995 ini sekarang dianggap sebagai seorang rising star di perfilman Australia. Klocek sebelumnya pernah mendukung film Pirates of the Caribbean: Dead Men Tell No Tales (2017) sebagai salah satu prajurit muda Monarch.

Berperan sebagai Aaron Falk di masa remaja, Klocek bisa membawa aura Bana yang pendiam dan tenang. Falk sebenarnya suka dengan Ellie tapi dia selalu memendamnya saja hingga akhirnya dia berani untuk menyatakan cinta meski dijawab dengan kematian Ellie yang menyeretnya ke dalam kejadian tersebut sebagai salah satu terduga pembunuh.

Falk mengajak Ellie ke sungai tetapi hingga dia pulang Ellie tidak muncul, justru ada kabar mengejutkan tentang tenggelamnya Ellie di sungai sore itu.

Menyadari dirinya terkait dengan kejadian ini, khususnya karena suratnya kepada Ellie, membuatnya menyusun kebohongan bersama Luke, yang tetap menjadi alibi utama yang selalu diucapkan meski itu di hadapan ayahnya sendiri saat mereka hendak pergi.

3. Genevieve O’Reilly sebagai Gretchen

Genevieve O’Reilly sebagai Gretchen

Siapa yang menyangka kalau aktris Australia kelahiran Irlandia ini pernah berakting di film-film besar, seperti The Matrix Reloaded (2003), The Matrix Revolutions (2003), dan Star Wars: Episode III – Revenge of the Sith (2005) sekaligus Rogue One (2016) sebagai Mon Mothma yang akan dilanjutkan olehnya nanti di serial Disney+ Andor.

Sebagai Gretchen, janda beranak satu, O’Reilly membawakan karakter wanita yang mudah membuat pria manapun jatuh hati padanya, termasuk Falk yang baru bertemu kembali setelah 20 tahun lamanya.

Sempat dicurigai oleh Falk karena menembak kelinci dengan peluru Remington yang sama dengan bukti di TKP, Gretchen tidak pernah melukai siapa pun, hanya memburu kelinci di ladangnya.

Falk juga mencurigai Gretchen terkait putra semata wayangnya yang sering berfoto dengan Luke dan disimpan di album foto adalah anak dari hubungannya dengan Luke. Tapi sekali lagi, itu hanyalah dugaan mentah dari Falk yang pikirannya sedang tidak lurus karena penyelidikan yang dilakukannya tidak juga menemui titik terang.

Atas performa akting mempesona di film The Dry ini, O’Reilly berhasil masuk nominasi Best Actress di ajang AACTA Awards, berbarengan dengan Eric Bana di kategori Best Actor. Artinya, akting dua pemeran utama di film ini sungguh kuat dan pantas untuk diapresiasi.

4. Claude Scott-Mitchell sebagai Gretchen Remaja

Claude Scott-Mitchell sebagai Gretchen Remaja

Bagi aktris cantik ini, The Dry adalah film debutnya, dimana kehadirannya menjadi bukti kejelian tim casting film ini yang mempercayakan peran Gretchen remaja kepadanya dimana wajah dan sosoknya memang sangat mirip dengan pemeran Gretchen dewasa, Genevieve O’Reilly.

Selalu berada di antara Aaron dan Luke, juga bersama Ellie, mereka sering bepergian ke sungai untuk berenang juga berkemah disana. Gretchen menjadi penengah apabila terjadi ketidaksepahaman antara mereka dan perekat dalam bingkai persahabatan ini.

5. Keir O’Donnell sebagai Greg Raco

Keir O’Donnell sebagai Greg Raco

Aktor kelahiran Sydney ini sudah memulai karir aktingnya di Hollywood lewat film Wedding Crashers (2005) dan ikut mendukung film American Sniper (2014) juga, serta serial populer Fargo.

Sebagai satu-satunya penegak hukum di desa Kiewarra dalam film The Dry ini, dia langsung shock dengan adanya kasus pembunuhan ini mengingat dia masih baru di posisinya.

Banyak mengambil ilmu dan nasihat dari Aaron, Greg selalu mendukung penyelidikannya bahkan mengajaknya makan malam di rumahnya sebagai bukti kedekatan mereka. Mendapat luka bakar yang cukup parah saat menangkap sang pembunuh, istrinya memastikan kepada Aaron bahwa Greg akan baik-baik saja.

6. Miranda Tapsell sebagai Rita Raco

Miranda Tapsell sebagai Rita Raco

Aktris asli Australia keturunan suku Aborigin ini dikenal berkat aktingnya di film The Sapphires (2012) dan dengan akting yang natural sekaligus mengagumkan di film The Dry ini, meski dia hanya tampil di dua adegan saja, Tapsell masuk nominasi di ajang AACTA Awards di kategori Best Supporting Actress.

Sebagai istri dari Greg, Rita selalu khawatir akan ancaman yang tertuju kepada suaminya terkait penyelidikan yang dilakukannya dengan Aaron, apalagi mereka sedang menunggu kelahiran anak pertama. Dan di adegan akhir, terlihat sekali ketegaran seorang wanita di wajahnya saat mendampingi Greg yang terbaring di ranjang rumah sakit.

7. John Polson sebagai Scott Whitlam

John Polson sebagai Scott Whitlam

Aktor, sutradara, sekaligus pendiri festival film pendek Tropfest ini adalah salah satu sineas terkenal di Australia. Polson pernah berakting di film Mission: Impossible II (2000) dan menyutradarai film Hide and Seek (2005).

Di film The Dry ini, dia berperan sebagai kepala sekolah tempat Karen bekerja. Scott bersikap baik kepada Aaron, bahkan membantunya saat dia difitnah di jalanan.

Tapi siapa sangka ternyata dia terlibat di dalam proses pengesahan beasiswa yang mengantarkan kepada peristiwa pembunuhan keluarga Luke Hadler.

Tapi apakah dia pembunuhnya juga yang dengan dinginnya menembakkan senapan laras panjang kepada semua korbannya? Untuk menguak misteri ini, tentunya kita harus menyelesaikan menonton film ini hingga tuntas.

8. Bebe Bettencourt sebagai Ellie Deacon

Bebe Bettencourt sebagai Ellie Deacon

Aktris dengan kecantikan misterius ini semakin membuat karakter Ellie yang dibawakannya terkesan diselimuti selimut misteri, baik saat dia masih hidup atau setelah dia meninggal dunia.

Tampak pendiam, Ellie nyaman berbicang dengan Aaron yang diam-diam mereka saling mencintai. Tapi karena ada suatu hal pada diri Ellie, cinta mereka layu sebelum berkembang dengan kejadian tragis tersebut.

Dalam sebuah adegan, Bettencourt bernyanyi di depan teman-temannya dengan suara yang indah. Wajar saja, ternyata dia adalah putri dari Nuno Bettencourt, gitaris band Extreme yang dulu sempat populer dengan lagu “More Than Words”. Untuk mendengar lagunya yang berjudul “Under the Milky Way” itu secara lengkap, bisa disimak saat credit title berjalan.

Dan untuk mengetahui siapa pembunuh Ellie sebenarnya, kita harus sabar menunggu hingga akhir film dimana nanti Aaron menemukan buku diary milik Ellie yang memaparkan permasalahan yang dia hadapi dan kemungkinan besar sosok dari pembunuhnya.

9. Sam Corlett sebagai Luke Hadler Remaja

Sam Corlett sebagai Luke Hadler Remaja

Karakter Luke Hadler di film The Dry lebih banyak diceritakan saat dia remaja daripada saat dewasanya, terutama terkait dengan kematian Ellie. Luke seolah adalah pemimpin kelompok mereka yang terkesan cuek dan sok jagoan. Dia sering mengerjai Aaron dan tak segan-segan seolah ingin menenggelamkan Ellie di sungai meski dalam konteks bercanda saja.

Sebagai pemeran Luke remaja, Corlett tampil sesuai gambaran remaja pria populer pada umumnya yang periang dan mudah dekat dengan teman-teman wanitanya. Bagi kalian penikmat serial Netflix, pasti sudah pernah melihat aktingnya di serial Chilling Adventures of Sabrina. Dan nanti dia akan ikut meramaikan serial Vikings: Valhalla.

10. Matt Nable sebagai Grant Dow

Matt Nable sebagai Grant Dow

Aktor asal Australia ini pernah kita lihat aktingnya saat mendukung film Riddick (2013) dan Son of a Gun (2014), tapi kita lebih mengenalnya saat dia memerankan Ra’s al-Ghul di serial Arrow. Sebagai Grant, Nable membawakan karakter yang sangat menyebalkan dengan aroma penuh kebencian kepada Aaron, baik dengan ucapan juga dengan tindakan.

Grant pernah ditangkap oleh Aaron karena adanya dugaan keterlibatannya dalam kasus pembunuhan keluarga Luke karena namanya tertulis di belakang lembar kertas perpustakaan milik Karen dan Aaron menuduhnya ingin memiliki ladang milik keluarga Hadler yang dikerjakan oleh Luke demi meluaskan ladang miliknya. Tapi karena alibinya kuat, dia dibebaskan.

Itulah 10 pemain film The Dry dimana tiga diantaranya masuk nominasi di AACTA Awards, yaitu Eric Bana, Genevieve O’Reilly dan Miranda Tapsell.

Selain itu, masih ada empat rising star yang akan kita simak kiprahnya nanti di dunia akting. Dengan menampilkan para aktor dengan performa yang baik, tentunya akan membuat kita semakin terikat dengan ceritanya. Jangan ditunda lagi untuk menonton film ini, ya!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram