7 Pemain Utama di Film Profile, Pencipta Atmosfer Mencekam

Ditulis oleh Dhany Wahyudi

Profile (2018), sejak dirilis pada 14 Mei 2021, telah menambah satu film lagi ke dalam sub-genre yang baru muncul di era modern ini, lebih tepatnya sejak tahun 2014 dengan perilisan film Unfriended.

Film ini tidak menampilkan teror hantu pembunuh seperti di film Unfriended atau kepanikan mencari orang hilang di Searching (2018), tapi membawa kita berada pada zona ancaman teroris.

Berdasarkan kisah nyata, film yang diproduksi oleh empat negara ini, yaitu Inggris, Amerika Serikat, Rusia dan Siprus ini didukung oleh aktor dan aktris asal Inggris, sesuai dengan setting lokasinya. Mau berkenalan dengan para pemain film Profile dan karakter yang mereka bawakan? Yuk, baca artikel berikut ini!

Baca juga: Sinopsis & Review London Has Fallen, London Lumpuh Total!

1. Valene Kane (Amy Whittaker)

1. Valene Kane (Amy Whittaker)

Mungkin nama aktris asal Irlandia ini masih kurang familiar bagi kita. Valene Kane memang lebih banyak berkutat di serial TV produksi Inggris, seperti Thirteen dan Gangs of London.

Di film Profile ini, Kane dipercaya oleh sutradara dan produser Timur Bekmambetov untuk menjadi pemeran utama dimana karakternya berdasarkan tokoh nyata, yaitu Anna Erelle, yang bukunya menjadi pondasi kisah film ini.

Amy digambarkan sebagai seorang jurnalis yang ditugaskan untuk meliput berita tentang Taylor, seorang gadis Inggris yang terjebak di dalam perjuangan ISIS di Suriah dan kembali ke Inggris dalam kondisi tewas terbunuh.

Amy memberanikan diri untuk menjadikan dirinya sendiri sebagai umpan untuk menarik perhatian para pejuang ISIS yang berselancar di dunia maya untuk melakukan perekrutan anggota baru.

Saat sudah ada pejuang yang terpancing, Amy harus mengumpulkan semua informasi darinya dengan menyamar sebagai wanita yang baru saja masuk Islam. Semakin lama komunikasi intens di antara mereka, ternyata membuat hati turut bermain.

Ditambah lagi dengan tekanan dalam hidup kesehariannya yang seolah dia tinggalkan, membuat fokusnya hanya untuk investigasi ini saja.

Sepanjang film kita hanya akan melihat layar laptop milik Amy, dimana dia berselancar dengan cepat dalam mencari berita, memutar video, dan aktivitas lainnya yang bisa dilakukan di komputer.

Penuturan ini membuat kita, apalagi yang menonton film ini di laptop, akan ikut merasakan apa yang dirasa oleh Amy, termasuk ketegangan saat dia melakukan tindakan nekat untuk pergi ke Suriah.

2. Shazad Latif (Bilel)

Shazad Latif (Bilel)

Berperan sebagai pejuang ISIS di Suriah bernama Bilel, aktor asal Inggris ini ternyata berdarah Pakistan. Shazad Latif memang belum banyak bermain film karena karir aktingnya lebih banyak dia habiskan untuk bermain di banyak serial TV di Inggris, seperti Penny Dreadful dan Star Trek: Discovery.

Dan saat ini Latif dianggap sebagai “the next best thing” di pertelevisian Inggris karena nanti akan memerankan sosok Captain Nemo di serial Nautilus yang masih dalam proses pra-produksi. Di usia yang sudah cukup matang, pencapaiannya saat ini adalah bukti kerja kerasnya mengarungi dunia seni peran di negaranya.

Diceritakan di dalam film, saat masih kecil Bilel hidup di London, dimana toko permen langganannya dahulu juga dikunjungi oleh Amy di satu adegan yang cukup menggedor jantung ketika terjadi serangan bom yang ditutup dengan kamera smartphone yang memperlihatkan dirinya tergeletak di jalan.

Bilel digambarkan sebagai orang yang senang dengan limpahan harta dan hal inilah yang selalu dijanjikan kepada Amy untuk membuatnya tertarik datang ke Suriah.

Sosoknya juga tampak easy going dan mudah untuk diajak bicara, tapi siapa sangka jika dia ternyata memiliki agenda tersendiri yang baru disadari Amy saat dia sudah sampai di Amsterdam dalam perjalanan menuju Suriah.

3. Christine Adams (Vick)

Christine Adams (Vick)

Kita mengenal aktris ini lewat perannya sebagai Lynn Pierce di serial Black Lightning. Dan di film Profile ini, Adams berperan sebagai editor di sebuah media pemberitaan dimana dia memberikan tugas kepada Amy untuk meliput berita tentang Taylor yang ternyata menyeret Amy memasuki sebuah bahaya terbesar dalam hidupnya.

Karakternya digambarkan keras, tegas, dan disiplin dengan waktu. Vick memberikan tenggat waktu yang singkat bagi Amy untuk melakukan investigasinya, bahkan kemudian dia hampir saja membuat Amy frustrasi dengan tidak akan mempublikasikan berita yang ditulis Amy setelah beberapa kali mendesak dan memberikan tekanan yang cukup kuat bagi mental Amy.

4. Morgan Watkins (Matthew)

Morgan Watkins (Matthew)

Morgan Watkins menambah satu lagi daftar aktor yang belum familiar meski sudah menjalani karir akting yang cukup lama. Kita bisa lihat akting Watkins di film indie Chicken (2015) dan The Limehouse Golem (2016). Sedangkan di film Profile ini, Watkins berperan sebagai Matthew, kekasih Amy yang memiliki pekerjaan dan hidup yang mapan.

Di sepanjang film kita diperlihatkan bagaimana sibuknya Matthew mencari rumah kontrakan untuk ditempati oleh mereka berdua yang harganya sesuai dengan keinginan Amy, padahal Matthew ingin mengontrak rumah yang lebih bagus dan berada di lingkungan yang baik.

Matthew berani membayar 70% biaya hidup mereka, tapi Amy bersikeras dia harus membaginya secara adil, yaitu 50% saja. Matthew juga sangat pengertian dengan investigasi yang dijalani Amy, tapi mulai gerah dengan tidak adanya waktu lagi untuknya.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram