bacaterus web banner retina

6 Pemain Film Portrait of a Beauty (2008), Ada Kim Nam Gil!

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 8 September 2021

Film Korea berlatar zaman kerajaan tempo dulu selalu punya suguhan yang epic. Film-film tersebut dikemas dengan jalan cerita yang dramatis serta kostum dan setting yang rinci dan terkonsep. Tidak kecuali film yang rilis tahun 2008 karya sutradara Jeon Yun Su berjudul Portrait of a Beauty (2008).

Ketika film yang diadaptasi dari novel milik Lee Jung Myung ini mendapat banyak apresiasi positif, alasan-alasan tersebut pula yang jadi jawabannya.

Selain itu, usaha para aktor dan aktris yang membawakan karakter sesuai peran yang mereka mainkan juga membawa film Portrait of a Beauty (2008) sukses di berbagai ajang penghargaan. Mereka adalah aktor dan aktris kawakan yang tak perlu diragukan lagi kualitasnya.

Apalagi pada salah satu scene beberapa di antara mereka harus beradegan sangat intim dan vulgar. Jika tidak dilakukan atas dasar profesional, entah apa namanya. Ingin tahu siapa saja mereka dan seperti apa peran serta karakter yang dibawakan?

1. Kim Gyu Ri – Shin Yun Bok/Shin Yun Jeong

Kim Gyu Ri – Shin Yun Bok Shin Yun Jeong_

Dalam film yang membesarkan namanya ini Kim Gyu Ri berperan sebagai tokoh utama bernama Shin Yun Jeong. Dia anak kedua dari Shin Han Pyeong, mantan pelukis istana yang ambisius, dan memiliki seorang kakak laki-laki bernama Shin Yun Bok.

Sejak kecil Yun Jeong sudah pandai melukis karena bakat sang ayah menurun padanya. Sayang, sebagai wanita yang hidup di zaman Joseon, melukis adalah sesuatu yang tabu. 

Suatu hari peristiwa tragis merenggut nyawa sang kakak setelah Yun Bok ketahuan menggunakan lukisannya untuk ajang pamer Han Pyeong. Semenjak itu Yun Jeong disalahkan dan dipaksa menyembunyikan statusnya sebagai anak wanita. Untuk menebus kesalahan, Yun Jeong juga dikirim ke istana guna belajar pada pelukis di sana yang ternyata dianggap saingan oleh sang ayah.  

Yun Jeong tumbuh sebagai gadis cantik dalam balutan busana lelaki. Dia serapat mungkin menyembunyikan identitas aslinya sembari terus memperlihatkan bakat luar biasa dalam melukis.

Tak sia-sia, lukisannya mendapat pujian dari raja. Jalan hidup tak terduga membawanya bertemu seorang pemuda bernama Kang Mu. Secara tak sengaja, Kang Mu jugalah yang pertama kali mengetahui bahwa Hyewon atau Yun Bok adalah seorang wanita.

Dari sana kisah cinta keduanya terjalin secara sembunyi-sembunyi. Bersama Kang Mu juga lukisan Yun Bok mulai menunjukkan ciri khasnya.

Yun Bok lebih suka menggambar kehidupan sekitar, dia juga menggambar hubungan antara manusia dengan manusia lain, tak terkecuali dalam hubungan seksual. Hal ini dianggap tidak sopan dan menghina martabat kerajaan.

Sebagai murid, Yun Jeong adalah murid yang penurut. Ketika dia tahu sang guru menaruh hasrat, dengan putus asa Yun Jeong bersedia merelakan dirinya.

Pada saat menghadapi hukuman raja, Yun Jeong membela gurunya dengan mengaku sebagai pembunuh Kang Mu. Keduanya pun terhindar dari hukuman yang berat. Berkat aktingnya yang memukau Kim Gyu Ri dinominasikan sebagai Best Actress dalam ajang 2009 Baeksang Arts Awards dan 2009 Grand Bell Awards.

2. Kim Nam Gil – Kang Mu

Kim Nam Gil – Kang Mu_

Aktor Kim Nam Gil yang memulai debutnya di layar lebar pada 2004 lalu turut bermain dalam film ini. Di sini, Kim Nam Gil berperan sebagai Kang Mu. Dia pemuda yang berprofesi sebagai pengrajin serta penjual cermin perunggu. Pertemuannya dengan Yun Jeong/Yun Bok mengubah hidup Kang Mu dalam waktu singkat.

Kang Mu yang merasa ditolong oleh Yun Jeong/Yun Bok dan gurunya menawarkan diri untuk mengajak pelukis muda itu melihat suasana di sekitar sebagai inspirasi bagi lukisannya. Kedekatan mereka terjalin begitu saja karena bernama Kang Mu, Yun Jeong mendapatkan pengalaman serba pertama yang menyenangkan.

Setiap hari keduanya keliling desa untuk melihat berbagai aktivitas warga yang nantinya menjadi inspirasi bagi lukisan Yun Jeong. Hingga pada suatu hari Kang Mu tak sengaja mengetahui bahwa Yun Bok yang dikenalnya adalah seorang wanita. Mereka lalu saling jatuh cinta, semakin dekat dan intim.

Sayang, kisah cinta keduanya tak semulus yang diharapkan. Kang Mu berulang kali hampir tewas karena kesalahpahaman yang disebabkan kedekatannya dengan Yun Jeong. Saat akan melarikan diri bersama Yun Jeong, dia meregang nyawa di tangan guru Yun Jeong sendiri. 

3. Kim Young Ho – Kim Hong Do

Kim Young Ho – Kim Hong Do_

Pemain Portrait of a Beauty (2008) selanjutnya adalah Kim Young Ho yang berperan sebagai Kim Hong Do. Dia adalah pelukis kebanggaan istana yang menggeser popularitas ayah Yun Jeong. Kim Hong Do sekaligus guru Lukis Yun Bok yang bijak dan selalu berpikir positif. Saat lukisan Yun Jeong dinilai tak pantas, Hong Do membelanya tanpa ragu.

Hong Do secara diam-diam mengetahui bahwa murid yang selama ini dia ketahui berjenis kelamin lelaki adalah seorang wanita. Nafsunya sebagai seorang lelaki terpancing ketika dia mengintip Yun Jeong dan Kang Mu sedang bercinta. Sejak itu, Hong Do tak lagi melihat Yun Jeong sebagai seorang lelaki dan muridnya, melainkan sebagai wanita yang dia idamkan.

Rasa ingin memiliki Yun Jeong benar-benar mengontrol jalan pikirannya. Dia yang bijak sampai rela melakukan apa pun untuk memisahkan Yun Jeong dengan Kang Mu, termasuk membunuhnya.

Hong Do sendiri pernah memiliki hubungan dekat dengan seorang wanita penghibur bernama Sul Hwa. Namun, entah alasan apa, wanita itu dia campakkan dan hanya dia perlakukan sebagai pelarian.

4. Choo Ja Hyun – Sul Hwa/Seol Hwa

Choo Ja Hyun – Sul Hwa Seol Hwa_

Aktris Choo Ja Hyun menjadi pemain lain yang ikut mengawal Portrait of a Beauty (2008) menjadi film terlaris ke 8 di Korea Selatan pada masa penayangannya. Dalam film ini, Choo Ja Hyun bermain sebagai seorang gisaeng atau wanita penghibur bernama Sul Hwa atau Seol Hwa. Keahliannya adalah pandai memainkan alat musik tradisional untuk menghibur para bangsawan.

Sul Hwa tampak memiliki perasaan khusus pada Kim Hong Do. Dia setia menunggunya sampai tiga tahun hanya untuk dicampakkan lagi karena Kim Hong Do sudah lebih tertarik pada Yun Jeong. Berbekal rencana di kepalanya, Sul Hwa menyelamatkan Yun Jeong dari fitnah sebagai homoseksual. Sebagai wanita penghibur dia berpura-pura bermesraan dengan Yun Jeong.

Sul Hwa juga sempat menyelamatkan nyawa Kang Mu sebelum akhirnya tewas di tangan Hong Do. Berkat aktingnya yang meyakinkan dalam film ini, Choo Ja Hyun juga dinominasikan sebagai Best Supporting Actress untuk penghargaan 2009 Grand Bell Awards dan 2009 Blue Dragon Film Awards.

5. Park Ji Il – Shin Han Pyeong

Park Ji Il – Shin Han Pyeong_

Pemain Portrait of a Beauty (2008) selanjutnya adalah Park Ji Il. Dia berperan sebagai Shin Han Pyeong, seorang mantan pelukis kerajaan yang egois dan masih terobsesi dengan ketenaran. Untuk menutupi kekecewaan pada dirinya sendiri dia menyalahkan putrinya, Yun Jeong, atas peristiwa bunuh diri yang dilakukan putra sulungnya, Yun Bok.

Tak henti sampai sana, Shin Han Pyeong juga meminta Yun Jeong menyamarkan identitas aslinya sebagai anak gadis dan menjelma jadi anak lelaki bernama Shin Yun Bok. Dia mengutus Yun Jeong untuk berguru pada Kim Hong Do dan merebut kembali posisi pelukis istana nomor satu.

Bermula dari keegoisannya inilah tragedi demi tragedi terjadi di hidup Yun Jeong. Namun, pada akhirnya Han Pyeong mengakui bahwa semua yang terjadi pada Yun Jeong adalah karena ketamakannya. Semua terlambat karena hukuman dari raja sudah menantinya.

6. Han Myeong Goo – Raja Jeongjo

Han Myeong Goo – Raja Jeongjo_

Terakhir, pemain Portrait of a Beauty (2008) selanjutnya adalah Han Myeong Goo yang berperan sebagai Raja Jeongjo. Sebagai seorang pemimpin, Raja Jeongjo begitu memedulikan citra kerajaannya, termasuk yang diperlihatkan melalui lukisan-lukisan. Baginya lukisan dapat menggambarkan kebajikan dan kemuliaan kerajaan.

Ketika terpesona oleh lukisan Yun Jeong yang diperlihatkan padanya, sang raja memerintahkan semua pelukis istana untuk lebih memperdalam sastra dan seni. Gunanya agar lukisan mereka tidak sekadar coretan di kanvas melainkan punya makna dan filosofi yang dalam.

Sebagai seorang raja, Raja Jeongjo bukan pemimpin yang bengis. Dia masih mau mendengarkan penjelasan dan menimbang putusan ketika hendak menghukum seseorang.

Itu dia para pemain Portrait of a Beauty (2008) yang akan kamu lihat selama menyaksikan filmnya nanti. Masing-masing dari mereka punya peran dalam ceritanya, baik sebagai pemeran utama atau pemeran pendukung yang justru mengubah jalan cerita atau menghadirkan konflik tersendiri.

Di antara mereka, mana karakter yang membuatmu semakin penasaran untuk segera nonton filmnya? Atau lebih penasaran dengan fakta seputar film ini? Bisa kunjungi artikel ini, ya!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram