bacaterus web banner retina

10 Pemain Mother/Android, Akting Apik Chloe Grace Moretz

Mother/Android memang tidak menawarkan hal yang baru di genre sci-fi yang semua elemennya terasa pengulangan saja dari film-film yang menjadi referensinya, tapi setidaknya kita bisa menyaksikan totalitas akting Chloe Grace Moretz yang tampil nyaris di setiap adegan dari film dengan visualisasi dan setting lokasi yang sederhana ini.

Selain Chloe Grace Moretz, para pemeran lain masih tidak familiar bagi kita. Untuk itu, kami akan perkenalkan sepuluh aktor dan aktris yang berperan di film ini beserta karakternya yang sebagian besar dari mereka hanya sebagai pemeran pendukung saja.

Baca juga: Sinopsis & Review Mother/Android, Dikejar Robot Saat Hamil

1. Chloe Grace Moretz (Georgia)

Chloe Grace Moretz (Georgia)

Aktris cantik ini sangat bersinar ketika berakting di usia belasan tahun dengan deretan film-film berkualitas, seperti sebagai Hit Girl di film Kick-Ass (2010) dan sequel-nya, vampire cilik di film Let Me In (2010), remake horror klasik Carrie (2013) dan drama romantis If I Stay (2014).

Tapi sayangnya, sejak film The 5th Wave (2016), talenta aktingnya serasa tersia-siakan dengan membintangi film-film dengan kualitas biasa saja, bahkan ada yang berada di level buruk.

Diantaranya adalah Neighbors 2: Sorority Rising (2016), I Love You, Daddy (2017), November Criminals (2017), Greta (2018), dan Shadow in the Cloud (2020) bukanlah film dengan kualitas yang baik.

Namun dari sekian banyak film tersebut, akting Moretz tetap total dan bagus, sama seperti yang dilakukannya lagi di film Mother/Android ini. Berperan sebagai mahasiswi yang hamil saat terjadi petaka pemberontakan robot android, Moretz banyak melakukan adegan aksi dengan perut yang besar.

Adegan terbaiknya adalah ketika dia marah-marah kepada Sam karena efek hormon yang biasa dialami ibu hamil. Terlihat meyakinkan karena Moretz melakukan riset terlebih dahulu sebelum memerankan karakter Georgia dengan mengikuti kelas Lamaze untuk ibu hamil, konsultasi dengan ibu-ibu hamil bahkan mengunjungi rumah sakit bersalin.

Sayangnya, dengan segala pengorbanan menempuh perjalanan berbahaya demi menyelamatkan janinnya, setelah melahirkan justru dia lepas bayinya untuk pergi jauh atas alasan keselamatan dan masa depan yang lebih aman.

Tidak terbayangkan betapa sakitnya hati seorang ibu yang harus merelakan anaknya, padahal di akhir film dia masih bisa hidup di bawah pengamanan militer.

2. Algee Smith (Sam)

Algee Smith (Sam)

Aktor yang ikut berakting di film Detroit (2017) ini dipercaya untuk mendampingi Chloe Grace Moretz sebagai Sam, kekasihnya yang bertanggung jawab dan selalu mendampinginya di segala situasi bahkan rela berkorban agar Georgia bisa selamat dari kejaran robot android.

Sebagai pria muda yang belum berpengalaman menghadapi wanita hamil, Sam sempat menjadi emosi saat berdebat dengan Georgia dan melakukan perbuatan yang merugikan bagi mereka.

Bahkan keputusan yang terbaik darinya pun tetap mendatangkan kerugian bagi mereka. Karakternya memang terkesan melakukan perbuatan serba salah di film ini, bahkan di akhir film tidak diketahui bagaimana nasibnya.

3. Raul Castillo (Arthur)

Raul Castillo (Arthur)

Aktor yang dinominasikan di kategori Best Supporting Male di ajang Independent Spirit Award lewat film We the Animals (2018) yang juga berakting di film Army of the Dead (2021) ini kebagian peran sebagai Arthur, seorang ahli teknologi android yang ternyata adalah sebuah robot android dengan misi menghancurkan alat EMP di kota Boston.

Sebenarnya aktingnya cukup baik dan kesan misteriusnya lumayan kuat, tapi di beberapa adegan setelahnya, karakternya cenderung membingungkan di dalam adegan-adegan yang absurd, contohnya kenapa dia tidak menutup pintu container-nya dengan benar sebelum mengebutkan truk dan kenapa juga ranjangnya di rumah sakit ditutupi kelambu.

4. Benz Veal (Patrol)

Benz Veal (Patrol)

Sebagai salah satu aktor muda yang turut meramaikan film Detroit (2017), Benz Veal tampil apik di film Mother/Android meski hanya muncul di dua adegan saja.

Perannya sebagai tentara yang tangguh dan sangat benci dengan robot android, menantang Sam berkelahi demi sebuah informasi menuju Boston. Sayangnya karakternya tidak ditampilkan lagi dan hanya dikabarkan dia kalah dengan luka parah.

5. Will Lyman (Captain)

Will Lyman (Captain)

Aktor yang dahulu terkenal sebagai pemeran utama dalam serial sejarah Crossbow ini lebih dikenal sebagai narator di beberapa serial dokumenter dan animasi, antara lain di serial dokumenter berjudul Nova juga di serial animasi The Simpsons dan Animaniacs. Mendapat peran sebagai komandan di kamp militer yang mengusir Georgia dan Sam, Lyman hanya tampil di satu adegan saja yang tidak berkesan.

6. Kate Avallone (Doctor Howe)

Kate Avallone (Doctor Howe)

Namanya memang tidak begitu kita kenal karena dia hanya sering tampil sebagai aktris pendukung yang hanya bermain di satu episode di beberapa serial TV.

Begitu juga di film Mother/Android ini dimana dia berperan sebagai dokter kandungan yang menyarankan Georgia untuk melahirkan di kamp militer dan memberikan persediaan obat-obatan saat Georgia dan Sam diusir dari kamp.

7. Jason Bowen (Polisi Boston)

Jason Bowen (Polisi Boston)

Sama seperti Kate Avallone yang sering mendapat peran di satu episode di beberapa serial TV, Jason dan Kate sama-sama pernah mendapat peran di serial Law & Order: Special Victims Unit, filmography-nya masing tergolong sedikit.

Di film Mother/Android ini dia berperan sebagai seorang polisi yang mewawancarai Georgia untuk mendapatkan keterangan tentang perjalanannya sampai di Boston secara kronologis.

Dia pun terkejut ketika menyadari bahwa Arthur yang seharusnya dirawat telah kabur dari ranjangnya dan membunuh seorang perawat. Dia lalu memerintahkan pasukannya untuk bergerak mengejar Arthur.

8. Hana Kim (Petugas Korea)

Hana Kim (Petugas Korea)

Aktris keturunan Korea ini memang pendatang baru di industri film Hollywood dan Mother/Android ini menjadi film kedua baginya setelah pertama kali berakting di film Love Is a Broadway Hit (2017).

Sebagai petugas yang membawa pengungsi ke Korea, Kim hanya kebagian satu adegan saja tapi dia mampu menampilkan akting dengan rasa empati yang baik kepada Georgia dan Sam saat mengambil bayi mereka.

9. Stephen Thorne (Eli)

Stephen Thorne (Eli)

Pemeran robot android yang bertugas sebagai asisten rumah tangga di keluarga Olsen dan salah menyebutkan ucapan selamat kepada Sam ini namanya baru saja terselip di antara deretan bintang papan atas Hollywood yang berakting di film Netflix Don’t Look Up (2021).

Meski hanya mendapat jatah satu adegan saja, tapi Thorne cukup baik dalam menimbulkan kesan intimidatif bagi Sam sesaat sebelum petaka lengkingan elektronik yang memicu pemberontakan terjadi.

10. Liam McNeill (Daniel)

Liam McNeill (Daniel)

Satu lagi aktor yang di film ini berperan sebagai robot android pada saat awal petaka lengkingan elektronik pemicu pemberontakan terjadi.

Saat itu dia sedang melayani teman-teman majikannya dengan menyediakan minuman dan mendadak menjadi beringas dengan menyerang mereka satu persatu hingga akhirnya dia mati setelah dipukul dengan tongkat baseball.

Itulah sepuluh aktor dan aktris yang berakting di film Mother/Android ini dimana mayoritas dari mereka lebih banyak berperan di berbagai serial TV dan baru memulai karir aktingnya.

Selain Chloe Grace Moretz, Algee Smith dan Raul Castillo, pemain lainnya hanya mendapat satu atau dua adegan saja, ada yang tampil mengesankan tapi banyak juga yang biasa saja.

Memunculkan banyak celah dalam cerita dan tampilan visual yang sederhana memang menjadi beberapa kekurangan yang ada di film ini, tapi setidaknya performa akting Chloe Grace Moretz tidak mengecewakan sama sekali. Jadi, abaikan yang lain dan fokus padanya saja. Film ini sudah tersedia di Netflix!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram