bacaterus web banner retina

10 Pemain di Film King Richard, Penuh Akting yang Powerful

King Richard adalah film drama biografi yang memiliki kekuatan cerita yang baik dan juga didukung oleh deretan pemeran yang membawakan karakter masing-masing dengan sangat baik, bahkan beberapa di antaranya sudah banyak masuk nominasi di beberapa ajang penghargaan film untuk tahun 2022.

Berikut ini adalah ulasan tentang 10 pemain yang mendukung baiknya kualitas film yang sarat motivasi dan inspirasi tentang pentingnya disiplin dan determinasi dalam mengejar mimpi ini di sisi akting.

1. Will Smith (Richard Williams)

Aktor papan atas Hollywood ini seringkali menyukseskan film yang dibintanginya, baik secara komersial maupun secara kualitas. Di awal karirnya, Smith selalu tampil di film-film blockbusters, seperti Bad Boys (1995), Independence Day (1996) dan Men in Black (1997).

Setelahnya, Smith sering tampil di film-film yang sukses secara komersial, dua diantaranya adalah sekuel dari dua film suksesnya. Mulai masuk radar Oscar ketika berakting sebagai Muhammad Ali di film Ali (2001), Smith mengulanginya lagi lewat film The Pursuit of Happyness (2006).

Tapi keberuntungan sepertinya belum berpihak padanya. Beberapa film selanjutnya tetap menampilkan aktingnya yang bagus, meski kualitas film tidak dianggap sebagus performanya.

Karakter Richard Williams yang unik menantang talenta aktingnya dan Smith mampu membawakannya dengan autentik, bahkan di beberapa adegan kita bisa dibuat kesal dengan sikapnya.

Aroma Oscar baginya sudah mulai tercium sejak film ini tayang perdana di Telluride Film Festival di mana banyak kritikus memuji performanya dan meramalkan dirinya akan masuk sebagai nominator Best Actor di Oscar nanti.

2. Aunjanue Ellis (Oracene Price)

aunjanue ellis_Sumber: latimes.com

Aktris ini mungkin lebih dikenal oleh penggemar serial Netflix sebagai Sharonne Salaam di miniseri When They See Us yang mengantarkannya masuk nominasi Emmy Awards di kategori Outstanding Lead Actress.

Aunjanue Ellis cukup produktif bermain film, beberapa filmnya antara lain Men of Honor (2000), Undercover Brother (2002), Ray (2004) dan The Help (2011). Sebagai istri dari Richard, Ellis menampilkan akting yang powerful dan mampu mengimbangi kedahsyatan akting Smith sebagai tokoh utamanya.

Karakternya yang tegas, lugas, dan sangat sayang kepada kelima putrinya seringkali berbenturan argumen dengan Richard di beberapa kondisi, meski mereka sebenarnya memiliki visi dan misi yang sama, yaitu menjadikan semua anak mereka orang yang sukses.

3. Saniyya Sidney (Venus Williams)

sanjyya sydney_

Aktris kelahiran tahun 2006 ini ternyata sudah lumayan banyak bermain film dan serial. Sidney tampil mengagumkan di film Fences (2016) yang dibintangi Denzel Washington di mana dia berhasil masuk sebagai nominasi di ajang Critics’ Choice Awards dan Screen Actors Guild Awards. Selain itu, Sidney juga bermain di film Hidden Figures (2016) dan Fast Colors (2018).

Dengan melihat aktingnya sebagai Venus di film ini, banyak yang meramalkan karirnya akan cemerlang di masa depan. Setiap pukulan dari raketnya membuat kita yakin bahwa begitulah cara bermain Venus di awal karirnya dahulu. Dan di setiap adegan drama, Sidney mampu mengundang air mata kita dan juga semangat inspiratif penuh motivasi.

4. Demi Singleton (Serena Williams)

demi singleton_Sumber: nytimes.com

Catatan filmography Singleton memang belum banyak jika dibandingkan rekannya, Saniyya Sidney. King Richard ini menjadi film keduanya setelah mendapat peran kecil di film Goldie (2019).

Singleton menjadi terkenal berkat perannya sebagai Margaret Johnson di serial Godfather of Harlem yang tayang Epix dan dibintangi oleh Forest Whitaker.

Berperan sebagai Serena Williams yang diceritakan adalah saudara sekaligus sahabat Venus, Singleton tampil cukup apik. Salah satu adegan yang memorable adalah saat Serena memberanikan diri ikut bertanding di kejuaraan tenis junior tanpa izin dari orang tuanya. Singleton meyakinkan kita bahwa Serena ingin keluar dari bayangan kakaknya.

5. Tony Goldwyn (Paul Cohen)

tony goldwyn_

Tony Goldwyn memang jarang tampil sebagai pemeran utama di film-film yang dibintanginya, tapi dia seringkali hadir di film-film sukses, seperti Ghost (1990), The 6th Day (2000), The Last Samurai (2003) dan The Mechanic (2011).

Berperan sebagai pelatih bagi Venus di awal karirnya, sosok yang dibawakannya hanyalah fiktif belaka, tapi dia tampil dengan cukup baik.

Sangat terlihat raut kekecewaannya ketika Richard menolak mentah-mentah tawaran dari sebuah perusahaan agen, bahkan Richard tidak bisa menjaga temperamen dan ucapannya. Meski sudah berusaha berbicara empat mata, tetap saja Paul dipecat sebagai pelatih Venus.

6. John Bernthal (Rick Macci)

john bernthal_

Kita mengenal aktor ini lewat peran-peran kerasnya di beberapa film dan serial action, terutama di serial The Walking Dead dan masuk ke semesta Marvel lewat serial Netflix The Punisher. Di ranah film, Bernthal pernah mendukung beberapa film populer, antara lain The Wolf of Wall Street (2013), Fury (2014) dan Baby Driver (2017).

Sebagai Rick Macci, pelatih yang mengorbitkan Venus dan Serena, karakternya cenderung komikal dengan sifatnya yang kikuk namun easy going tapi tetap memiliki kepercayaan kepada para atletnya dan motivasi untuk selalu lebih maju. Rick juga adalah orang yang sering terpancing emosinya tapi tidak bisa berbuat apa-apa dengan semua keputusan Richard.

7. Dylan McDermott (Will Hodges)

dylan mcdermott_

Aktor tampan ini sudah lama malang-melintang di dunia film dengan karirnya yang naik-turun. Kita mengenalnya sebagai partner Clint Eastwood di In the Line of Fire (1993), lalu sebagai ayah di film remaja The Perks of Being a Wallflower (2012) dan sebagai tokoh antagonis mantan agen Secret Service di film Olympus Has Fallen (2013).

Tapi McDermott lebih dikenal dari perannya sebagai Bobby Donnell di serial The Practice dimana dia pernah didaulat sebagai Best Actor for Television Series Drama dari Golden Globes.

Di film King Richard ini, McDermott hanya muncul di satu adegan saja saat bernegosiasi dengan Richard yang berujung penolakan. Dia menampilkan sosok entrepreneur sejati dari ucapan dan sikapnya.

8. Mikayla Lashae Bartholomew (Tunde Price)

mikayla lashae_


Aktris ini masih terbilang sangat minim secara filmography. Sebelum tampil di King Richard, Bartholomew hanya berakting di sebuah film pendek berjudul Pure (2021).

Setelahnya kita bisa saksikan dia sebagai pemeran utama di serial Red Riding Hoods. Sebagai anak sulung, Tunde digambarkan sangat mengayomi keempat adiknya dan selalu memotivasi mereka untuk sukses.

9. Daniele Lawson (Isha Price)

daniele lawson_

Aktris kelahiran 2004 ini ternyata sudah memiliki daftar filmography yang cukup panjang yang mayoritasnya adalah serial meski hanya berakting di satu episodenya saja, antara lain di Young Sheldon, Good Trouble, dan serial Netflix Dad Stop Embarrassing Me!. Perannya sebagai salah satu putri Richard turut meramaikan kehidupan keluarga besar ini.

10. Layla Crawford (Lyndrea Price)

Sama seperti Daniele Lawson, aktris muda ini juga lebih sering muncul di layar kaca sebagai bintang tamu di beberapa serial populer, seperti NCIS: Los Angeles, sebagai pemeran utama di The First Family, True Blood dan Henry Danger. Dikabarkan, Crawford sempat nervous saat ditawarkan berakting di film King Richard yang dianggap sebagai film kualitas Oscar.

Itulah 10 pemain film King Richard yang juga diramaikan oleh aktris-aktris muda yang berperan sebagai kelima putri Richard.

Mungkin ada yang bertanya, kenapa hanya Venus dan Serena yang memakai nama belakang ayahnya, sedangkan tiga putri lainnya menggunakan nama ibu mereka? Karena Tunde, Isha dan Lyndrea adalah putri Oracene Price dari suami sebelumnya.

King Richard termasuk salah satu film terbaik di tahun 2021 yang siap untuk bersaing di ajang Oscar tahun 2022. Jadi bagi yang belum menonton, film ini jangan sampai dilewatkan, ya!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram