bacaterus web banner retina

Inilah 8 Pemain Utama di Film Jane Got a Gun (2015)

Awalnya film Jane Got a Gun dicanangkan untuk menjadi sebuah film blockbuster prestisius yang diproduseri oleh Natalie Portman. Tapi karena mengalami banyak pergantian pemeran hingga sutradara dan beberapa kru penting tepat di saat syuting dimulai membuat jalannya produksi film sempat tertatih-tatih.

Bahkan setelah syuting rampung, proses pasca produksi yang dijalankan secara senyap. Dua tahun kemudian baru dimunculkan posternya tanpa tanggal rilis yang jelas.

Beberapa kali mengalami pengunduran tanggal rilis hingga akhirnya setahun setelahnya, di bulan Januari 2016, barulah film dirilis tanpa adanya gembar-gembor promosi dan publikasi membuat film ini semakin tenggelam dalam keterpurukannya.

Diluar kualitas cerita yang kurang terbangun dengan baik dan detail produksi yang terlihat biasa saja, nyatanya film ini memiliki kekuatan dari sisi akting, meski yang menonjol hanya Natalie Portman saja.

Didukung nama-nama besar lainnya, seharusnya film ini patut diperhitungkan. Berikut ini para pemeran dalam film yang syutingnya dilakukan di New Mexico ini.

Baca juga: Sinopsis & Review Jane Got a Gun, Film Koboi Natalie Portman

1. Natalie Portman (Jane Hammond)

1. Natalie Portman (Jane Hammond)

Aktris cantik jelita peraih Oscar sebagai Best Actress lewat film Black Swan (2010) dan dua nominasi lagi lewat film Closer (2004) dan Jackie (2016) ini tidak hanya menjadi pemeran utama saja, tetapi juga sebagai salah satu produser dalam film Jane Got a Gun yang naskahnya diambil dari Black List, yaitu naskah-naskah film yang ditolak dan mengendap lama di rumah produksi.

Sebagai Jane, performa akting Natalie Portman tidak diragukan lagi dan selalu total seperti dalam setiap film yang dibintanginya. Dia terlihat tegar ketika mendapati suaminya terluka dan harus melindunginya dari kejaran sekelompok bandit yang pernah mengusik masa lalu mereka.

Jane pun harus berurusan dengan mantan tunangan yang sakit hati kepadanya, tetapi ternyata masih menyimpan cinta. Kesedihannya sangat terlihat ketika mendapat kabar bahwa Mary tidak bisa diselamatkan oleh Ham di sungai dan tidak mau kehilangan lagi anaknya dari Ham, Katie.

Dan ketika John Bishop bilang bahwa Mary masih hidup, tampak sekali api amarah sekaligus harapan dan kerinduan untuk bersatu kembali dengan putrinya itu. Saat bertemu, Jane tidak melepaskan pelukan dari putri yang sudah lama tidak dilihatnya itu.

Setelah membawa seluruh jenazah buronan ke kantor sheriff, Jane mengumpulkan pundi-pundi uang yang banyak untuk bekal hidup mereka berempat.

2. Joel Edgerton (Dan Frost)

Joel Edgerton (Dan Frost)

Aktor Australia yang pernah mengarahkan dan membintangi film The Gift (2015) ini sering bermain dalam film-film besar sejak karirnya melesat setelah membintangi film Zero Dark Thirty (2012).

Uniknya, sebagai salah satu penulis naskah di film Jane Got a Gun, Joel Edgerton awalnya akan memerankan karakter antagonis John Bishop.

Tapi setelah Michael Fassbender mundur dari proyek, Joel Edgerton dipercaya oleh sutradara Lynne Ramsay untuk memerankan karakter Dan, sedangkan John akan diperankan oleh Jude Law.

Meski Jude Law kemudian diganti oleh Bradley Cooper yang pada akhirnya Ewan McGregor sebagai aktor terakhir yang muncul di film sebagai John, posisi Joel Edgerton tidak berubah lagi.

Pada adegan awal kehadirannya, kita tidak tahu kenapa Dan begitu tidak senang dengan kedatangan Jane ke rumahnya. Setelah menyimak beberapa adegan flashback, barulah kita paham bahwa Dan pergi berperang tanpa mengetahui bahwa Jane tengah mengandung.

Selama tiga tahun tidak pulang, Dan disangka sudah gugur di medan perang yang membuat Jane pindah ke kota lain. Ternyata Dan belum meninggal dan kembali dari perang hanya mendapati kabar bahwa Jane sudah pindah ke kota lain dan menikah dengan pria lain.

Dan patah hati dan menyadari rasanya untuk mencintai Jane sudah pupus ketika melihat Jane menggendong anak di teras rumahnya.

Ketika dia berubah pikiran dan bersedia membantu Jane, Dan sudah siap dengan segala resikonya dan mengerahkan kemampuannya untuk membendung serangan The Bishop Boys.

Pada akhirnya, Dan dan Jane beserta dua putri mereka akan menjalani hidup baru di kota lain dengan uang imbalan hasil menyerahkan buronan kepada pihak berwajib.

3. Ewan McGregor (John Bishop)

Ewan McGregor (John Bishop)

Trainspotting memang adalah film yang mengangkat namanya, tapi performa aktingnya di film Moulin Rouge! (2001) adalah yang paling mengesankan di sepanjang karirnya yang dihiasi oleh film-film berkualitas.

Kali ini, Ewan McGregor membawakan peran sebagai John Bishop, seorang buronan yang juga menjadi pemimpin komplotan bandit berjuluk The Bishop Boys.

Jane datang kepadanya ketika ingin menumpang dalam perjalanan ke kota lain dimana kemudian John memaksa Jane untuk menjadi pelacur di kota yang dikuasainya. John kemudian mengejar Jane dan Ham yang berhasil kabur dari kotanya.

Selama pencarian dalam beberapa tahun, akhirnya mereka menemukan jejak Ham menuju rumahnya dan membombardir rumah mereka dengan tembakan pistol. Pada akhirnya, John harus tewas di tangan Jane dan jenazahnya dibawa ke pihak berwajib sebagai tebusan imbalan.

4. Noah Emmerich (Bill “Ham” Hammond)

Noah Emmerich (Bill “Ham” Hammond)

Bagi kalian yang mengikuti serial The Americans tentu tidak asing lagi dengan pemeran agen FBI Stan Beeman di serial yang ditayangkan di FX tersebut.

Berperan sebagai Ham, pedagang bulu, dia memiliki masa lalu sebagai salah satu anggota komplotan bandit The Bishop Boys. Tapi setelah bertemu dan jatuh cinta kepada Jane, dia memutuskan untuk kabur bersama Jane dan membina rumah tangga berdua.

Pulang dari perjalanan dalam kondisi terluka, sepanjang film Ham hanya tergeletak lemas di ranjang dan hanya menembak sekali untuk menyelamatkan Dan, setelahnya dia wafat saat hendak disembunyikan di ruang basement. Bersama Jane, Ham memiliki seorang putri yang cantik bernama Kate.

5. Rodrigo Santoro (Fitchum)

Rodrigo Santoro (Fitchum)

Aktor tampan asal Brasil yang pernah berperan sebagai Raja Xerxes di film 300 (2006) ini tidak terlihat sama sekali ketampanannya saat membawakan peran sebagai Fitchum, salah satu anak buah John Bishop yang memiliki bekas luka tembak di lehernya akibat tembakan Ham.

Aktingnya sangat singkat, bahkan hanya memiliki satu adegan saja yang cukup berarti saat dia mengancam Jane setelah membeli senjata. Hidupnya harus berakhir saat ditembak oleh Jane ketika dia lengah.

6. Boyd Holbrook (Vic Owen)

Boyd Holbrook (Vic Owen)

Pemeran supervillain Donald Pierce di film Logan (2017) ini memerankan adik John Bishop yang tidak bisa menjaga ucapannya dan selalu membuat kakaknya kesal dengan sikapnya. Tewas di tangan Dan yang membalaskan dendamnya karena Vic dianggap sebagai orang yang bertanggung jawab atas tenggelamnya Mary, putri Dan.

7. Alex Manette (Buck)

Alex Manette (Buck)

Aktor yang pernah mendukung film We Need to Talk About Kevin (2011) ini memang selalu kebagian sebagai pemeran pendukung, seperti yang dilakukannya kembali di film Jane Got a Gun dimana dia berperan sebagai pemilik toko senjata tempat Jane membeli senapan dan amunisinya.

8. Sam Quinn (Slow Jeremiah)

Sam Quinn (Slow Jeremiah)

Dengan tattoo di wajahnya yang sangar, seharusnya karakter Slow Jeremiah yang dibawakannya menjadi salah satu anggota bandit yang paling ganas.

Tapi nyatanya dia harus mati di tangan Dan tanpa sempat menarik pistolnya saat mengetahui keberadaan Jane di rumahnya. Putra daerah tempat berlangsungnya syuting film Jane Got a Gun ini juga adalah seorang sutradara dan musisi.

Itulah 8 aktor dan aktris yang bermain di film Jane Got a Gun. Natalie Portman tampil memukau seperti yang biasa dia lakukan dan Ewan McGregor cukup dingin sebagai tokoh antagonis pimpinan para bandit. Meski lemah di beberapa sisi, tapi film ini masih cukup layak untuk ditonton.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram