bacaterus web banner retina

Inilah 8 Karakter Penting dalam Film Dignitate (2020)

Written by Suci Maharani R - Updated on 14 Desember 2021

Berada di balik bayang-bayang sang kakak yang selalu membuat masalah dan keonaran, Alfi berusaha untuk tidak mengikuti jejaknya dengan menjadi siswa yang pintar di sekolah.

Pertemuannya dengan Alana si murid baru membuatnya terbuka dengan yang namanya cinta. Tapi Alana adalah mantan pacar kakaknya. Hal itu membuatnya takut untuk berkata jujur tentang siapa dia sebenarnya.

Dignitate (2020) adalah film yang mengisahkan perjuangan Alfi untuk memperbaiki hidupnya. Di mana ia ingin menyelamatkan mamanya dan Alana, dua orang yang paling disayanginya dari sang kakak.

Film yang disutradarai oleh Fajar Nugros ini tidak hanya berkisah soal romansa anak muda saja, lho. Ada banyak pesan penting mengenai persahabatan, pertobatan, keluarga hingga women power. Kali ini, kita akan mengenal lebih dekat lagi dengan para pemain utama di film Dignitate (2020). Penasaran? Temukan jawabannya di bawah ini.

1. Al Ghazali (Alfi)

al ghazali_

Alfi adalah salah satu siswa di SMA Sanjaya yang dikenal sangat pintar dan tampan banget. Banyak anak perempuan yang mengidolakan dan berusaha untuk bisa dekat dengan Alfi.

Sayangnya, sikap Alfi yang dingin membuat banyak wanita hanya bisa mengaguminya dari jauh. Bahkan, Alfi memiliki julukan dari beberapa perempuan “GGS”, yang memiliki arti “Ganteng-ganteng seram”.

Alfi ini memang orang yang irit berbicara. Ia menyukai ketenangan dan tidak suka diganggu oleh para perempuan di sekolah. Alfi hanya dekat dengan satu orang di kelasnya, sahabatnya sejak lama yang bernama Keenan.

Tapi perubahan datang ketika Alfi bertemu dengan Alana, gadis yang awalnya membuatnya terganggu malah bikin nyaman. Bahkan, Alfi sampai berusaha untuk menutupi jati dirinya, karena ia tidak ingin Alana salah paham jika tahu ia adalah adik dari Regan.

Karena hanya tinggal dirinya dan sang mama, Alfi juga berusaha menjaga kehormatan keluarganya dari kelakuan kakaknya. Alfi memang membenci Regan. Bukan hanya karena kelakuannya, tapi juga karena ia sudah membuat ayahnya meninggal dan mamanya menangis.

2. Caitlin Halderman (Alana)

caitlin halderman_

Alana adalah gadis yang sangat ceria. Sejak kedatangannya ke SMA Sanjaya, ia seakan membawa angin segar. Alana duduk di sebelah siswa paling pintar di kelas.

Siswa itu bernama Alfi yang bersikap sangat dingin dan jutek banget. Gadis ini tidak mengerti kenapa Alfi bisa begitu ketus padanya, padahal Alana hanya ingin berteman dan meminta bantuannya soal belajar.

Tapi di balik sifatnya yang ceria dan cerah, Alana menyimpan rasa trauma setiap ia bertemu dengan mantan pacarnya. Pria itu bernama Regan. Bahkan Alana kerap kali berada dalam bahaya dan terluka karena ulah pria itu. Alana sangat membenci Regan. Hal ini juga membuatnya membenci Alfi yang ternyata adik kandung dari Regan.

Namun, Alana tidak ingin selalu terpuruk dan menghindar dari masalah-masalah yang datang padanya. Kali ini, Alana ingin bertanggung jawab pada hidupnya sendiri. Gadis ini ingin mengatasi setiap masalah yang datang padanya dengan caranya sendiri. Ia juga ingin lepas dari bayang-bayang mamanya. Alana ingin belajar menjadi dirinya sendiri.

3. Giorgino Abraham (Regan)

giorgino abraham_

Troublemaker yang membuat hidup banyak orang hancur berantakan. Pria itu bernama Regan. Pria yang membuat banyak orang ketakutan ini memang memiliki amarah yang tidak terkontrol.

Regan masuk dalam lingkungan yang sangat buruk, balapan liar, mabuk, narkoba hingga menjual wanita. Semua ini dilakukannya. Bahkan, karena perilaku buruknya sang ayah sampai meninggal terkena serangan jantung.

Regan ditakuti banyak orang, karena pria ini tidak pandang bulu untuk menyakiti siapa pun, termasuk adiknya sendiri. Pria ini mengakui bahwa ia sangat membenci Alfi, karena merasa telah merebut semua kasih sayang dari kedua orang tuanya. Mereka juga jatuh cinta pada Alana. Hal ini membuat hubungan keduanya makin sulit untuk membaik.

4. Teuku Ryzki (Keenan)

teuku rizky_

Keenan adalah sahabat terbaik yang pernah dimiliki oleh Alfi, anak ini memang sangat setia dan suportif. Pasalnya, dalam keadaan apa pun Keenan akan berusaha untuk membantu Alfi agar bisa bebas dari kesalahpahaman dan bahaya.

Keenan juga tidak sakit hati, meski ia sempat terluka cukup parah akibat ulah kakak dari sahabatnya ini. Keenan dikenal sebagai anak yang sangat jenaka. Hobinya adalah membuat orang-orang tertawa.

Pokoknya Keenan paling jago soal menaikkan mood. Ia juga jadi mak comblang untuk hubungan Alfi dan Alana. Keenan bisa dikatakan sebagai orang yang menjaga hubungan Alana dan Keenan, agar mereka bisa bersama tanpa gangguan Regan.

5. Lania Fira (Sabitha)

lania fira_

Gadis yang sangat pendiam dan terlihat selalu saja memperhatikan kedekatan Alana dan Alfi. Gadis ini bernama Sabitha, perempuan cantik yang selalu terlihat murung seakan ia sedang dikejar oleh sesuatu.

Pada awalnya orang-orang akan mengira bahwa Sabitha tengah mengejar cinta dari Alfi. Kenyataannya, gadis ini merasa takut pada Alfi karena ia adalah salah satu korban dari Regan.

Sabitha berada dalam trauma dan ketakutan luar biasa pada Regan, karena pria itu telah memperkosanya. Gadis ini takut untuk mengatakan apa yang terjadi padanya, hingga Alana bertanya langsung.

Sabitha juga dilema melihat sikap Alfi, karena sikapnya sangat berseberangan dengan Regan dan mendukungnya untuk melaporkan masalahnya ke Polisi.

6. Sophia Latjuba (Mama Alfi dan Regan)

Sophia latjuba_

Sophia Latjuba berperan sebagai mama dari Alfi dan Regan. Perannya akan membawa para penonton merasakan sulitnya jadi orang tua tunggal. Karakter yang diperankannya membuat banyak orang merasakan sakitnya harus berada di antara dua anaknya. Alfi adalah anak idaman banyak orang tua, pintar dan memiliki budi pekerti yang baik.

Berbanding terbalik dengan Regan yang telah menimbulkan banyak masalah, bahkan suaminya meninggal karena ulah putra sulungnya ini.

Sebagai seorang ibu, apa pun yang terjadi pada Regan, ia tetap menyayanginya sepenuh hati. Hal ini membuat Alfi sangat marah, tapi inilah perasaan seorang ibu yang mencintai anak-anaknya tanpa membedakan mereka. Tapi ia memahami bahwa apa yang terjadi kepada kedua putranya sebenarnya karena dirinya sendiri.

Pada akhirnya Regan mengungkapkan alasan dirinya menjadi anak yang urakan dan bermasalah seperti sekarang, dan itu membuat sang ibu mengerti kondisi Regan. Ia tidak menyadari bahwa putranya hanya membutuhkan kasih sayangnya sebagai orang tua.

7. Izabel Jahja (Mama Alana)

izabel jahja_

Salah satu karakter wanita kuat yang akan menginspirasi banyak orang adalah karakter mama dari Alana. Karakter yang diperankan oleh Izabel Jahja ini memang menunjukkan sisi bahwa wanita bisa hidup dengan baik meski tanpa pria. Mama Alana memang seorang single mother. Ia membesarkan putrinya sendiri setelah suaminya pergi begitu saja.

Mengurus dan membesarkan anaknya sendirian, mama Alana harus bisa menjadi figur ibu dan ayah bersamaan. Makanya, wanita ini bisa dikatakan keras dan protektif pada putrinya, apalagi setelah kasus Alana dan Regan. Tapi sikapnya yang selalu lari dari masalah ternyata membuat Alana muak, hingga ia memahami bahwa putrinya hanya perlu kepercayaan dari dirinya.

8. Budiman Sudjatmiko (Papa Alfi dan Regan)

budiman sudjatmiko_

Karakter Papa dari Regan dan Alfi ini memang hanya ditampilkan di paruh akhir film Dignitate (2020). Tapi karakternya memang cukup krusial, karena menjadi sebab kenapa hubungan Alfi dan Regan memburuk. Karakter yang diperankan oleh Budiman Sudjatmiko ini adalah seorang pejabat yang cukup keras pada anak-anaknya.

Sebagai seorang kepala keluarga dan ayah, tentu saja ia menginginkan kedua putranya berada di jalan yang baik. Namun gaya mendidiknya yang keras ternyata membuat Regan merasa telah kehilangan kasih sayang kedua orang tuanya.

Sisi kerasnya dalam mendidik membuat Regan makin nekat minggat dari rumah. Hal ini yang membuatnya meninggal dunia akibat serangan jantung.

Inilah gambaran dari delapan karakter penting yang akan kamu temui dalam film Dignitate (2020). Film ini sebenarnya memiliki cerita yang sangat bagus dan intense.

Sayang, akting dari beberapa pemainnya terasa kurang. Kamu bisa mencari review film Dignitate (2020) dan film-film Indonesia yang hits lainnya hanya di Bacaterus.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram