bacaterus web banner retina

10 Pemain di Film Clifford The Big Red Dog (2021)

Clifford the Big Red Dog menjadi satu pijakan baru bagi Paramount Pictures untuk memiliki sebuah franchise baru di ranah film keluarga. Dengan kemajuan di bidang special effect, sosok Clifford dibuat terasa begitu nyata dan bisa bersinergi dengan para pemeran filmnya.

Meski tidak cukup bagus, film ini nyatanya menyimpan banyak potensi dari para aktor dan aktris yang berakting di film ini. Sudah kenal dengan mereka? Baiklah, berikut ini kami akan tampilkan profil mereka beserta karakter yang dibawakan di dalam filmnya.

Baca juga: Sinopsis & Review Clifford the Big Red Dog (2021)

1. Darby Camp (Emily Elizabeth Howard)

Darby Camp (Emily Elizabeth Howard)

Clifford the Big Red Dog bukanlah film pertama bagi Darby Camp bermain di film bertema persahabatan antara manusia dan anjing, karena sebelumnya dia sudah pernah berakting di film Netflix Benji (2018).

Tapi bedanya kali ini Camp harus berakting di hadapan sosok CGI yang tidak nyata, sehingga membuatnya seperti tidak bisa mengeluarkan performa akting terbaiknya.

Berperan sebagai tokoh utama yang sudah banyak dikenal oleh anak-anak sedunia yang pernah membaca buku cerita Clifford menjadi beban tersendiri baginya, tapi Camp cukup baik membawakan karakter ini meski tidak sempurna.

Jika nanti film sequel-nya jadi dibuat dan Camp kembali memerankan Emily, kita harapkan dia bisa tampil lebih baik dari performanya disini.

Diceritakan, Emily adalah anak berusia 12 tahun yang hidup bersama ibunya di kota New York. Dia selalu diejek oleh murid-murid di sekolah dengan julukan “food stamp”.

Ketika mendapat tugas mengumpulkan barang untuk donasi, hanya dia yang melakukan tugas mengumpulkan kaleng bekas, sedangkan murid-murid lain langsung memberikan donasi berupa uang saja.

Selain bermasalah dengan murid-murid di sekolah, dia juga memiliki cerita masa lalu yang buruk dengan pamannya, Casey, yang diminta untuk menjaganya selama ibunya pergi ke luar kota. Tapi semua masalahnya ini bisa diatasi dengan baik olehnya meski membutuhkan perjalanan yang panjang dan susah dalam menyelamatkan Clifford.

Dengan adanya Clifford, Emily disukai oleh murid-murid di sekolah dan juga berhasil memperbaiki karakter pamannya yang selalu membantunya dalam menjaga Clifford dari gangguan Lyfegro. Pada akhirnya, dia mampu berbicara di depan umum membela Clifford dan membuat ibunya terkesan.

2. Jack Whitehall (Casey)

Jack Whitehall (Casey)

Komedian Inggris yang dikenal berkat perannya sebagai Alfie Wickers di serial Bad Education ini tampil bagus dan fresh di film Clifford the Big Red Dog. Perannya sebagai paman yang tidak memiliki rumah dan tidak punya pekerjaan serta tidak bisa bertanggung jawab membuatnya mampu mengeluarkan akting komikal layaknya karakter di film-film kartun.

Meskipun awalnya berat hati, tapi untuk membuktikan dia bisa menjaga keponakannya dan amanah dari kakaknya, Casey selalu membantu Emily dalam setiap rencana untuk menyelamatkan Clifford. Pada akhirnya, Casey sempat membuat pernyataan di TV tapi terpotong karena microphone-nya keburu direbut reporter.

Ada hal unik dari Jack Whitehall di film ini, yaitu dia bisa melepas aksen British-nya dan berbicara dengan gaya Amerika. Satu adegan ketika dia mencoba mempraktikkan kembali kosakata Inggris dalam aksen British cukup menggelitik.

Tidak hanya perubahan aksen saja yang menjadi kekuatannya di film ini, tapi juga gerak tubuhnya, terutama ketika berkelahi dengan bodyguard Lyfegro di mini market.

3. Izaac Wang (Owen Yu)

Izaac Wang (Owen Yu)

Masih ingat dengan karakter bocah entrepreneur pemilik restoran di atas rakit dalam film animasi Raya and the Last Dragon (2021)? Inilah dia pengisi suaranya.

Berperan sebagai satu-satunya murid di sekolah yang mau berteman dengan Emily membuat dirinya ikut berpetualang keliling kota New York dan lebih banyak menjaga Clifford ketika Emily dan Casey mencari Mr. Bridwell.

Owen berasal dari keluarga kaya raya dimana ayahnya adalah pengusaha sukses dari Cina dan memiliki tanah yang sangat luas sebagai tempat tinggal banyak hewan. Apartemennya yang mewah membuat Emily dan Casey tercengang. Anjing peliharaannya, Brutus, nyaris tertelan oleh Clifford dan terlihat shock setelahnya.

4. John Cleese (Mr. Bridwell)

John Cleese (Mr. Bridwell)

Komedian Inggris yang pernah masuk nominasi Oscar di kategori Best Original Screenplay lewat film A Fish Called Wanda (1988) ini hanya mendapat menit bermain yang sangat sedikit di film Clifford the Big Red Dog ini, tapi di setiap adegan itu Cleese tampil apik dan terasa sekali kharismanya yang penuh misteri dalam menciptakan keajaiban.

Karena ucapannya  Clifford bisa menjadi raksasa ketika dia menjawab pertanyaan Emily tentang akan bisa sebesar apa Clifford nantinya, yaitu sebesar cinta Emily kepada Clifford. Satu keajaiban lagi dibuatnya ketika mengubah hasil data pemilik Clifford yang di scan dari kalung di lehernya.

5. Tony Hale (Zac Tieran)

Tony Hale (Zac Tieran)

Peraih dua kali Outstanding Supporting Actor dari Emmy Award lewat serial komedi Veep ini mendapat peran sebagai tokoh antagonis pemilik perusahaan bioteknologi Lyfegro yang melakukan kebohongan publik dengan mengakui bahwa Clifford adalah hewan miliknya yang kabur dari laboratorium.

Zac Tieran tidak berbeda dengan tokoh antagonis di film-film keluarga pada umumnya yang bertingkah sombong dan berwajah intimidatif tapi selalu bisa tertinggal beberapa langkah dari Emily dan kawan-kawannya dalam perburuan menangkap Clifford.

6. Sienna Guillory (Maggie Howard)

Sienna Guillory (Maggie Howard)

Kita mengenalnya sebagai Jill Valentine di tiga film Resident Evil: yaitu di Apocalypse (2004), Afterlife (2010), dan Retribution (2012). Sebagai orang tua tunggal yang membesarkan putrinya sendirian, Maggie memang sedikit kerepotan ketika dia harus pergi bertugas ke luar kota, karena otomatis dia harus mencari orang untuk menjaga Emily.

Dan pilihan terburuknya selalu kepada adiknya, Casey. Hanya muncul di awal dan akhir film, akting Guillory tidak begitu membekas dan hanya sebagai pelengkap cerita saja.

Bahkan chemistry-nya dengan Darby Camp tidak begitu padu. Mungkin nanti di film sequel-nya, latar belakang Maggie bisa lebih digali lagi sehingga karakternya tidak hanya sebagai pelengkap saja padahal dia adalah ibu dari karakter utama cerita.

7. David Alan Grier (Mr. Packard)

David Alan Grier (Mr. Packard)

Masih dengan gaya kepala plontos dan brewok putih seperti peran Pops Dixon yang dibawakannya di serial komedi Netflix Dad Stop Embarrassing Me!, kali ini dia membawakan karakter Mr. Packard yang merupakan pemilik gedung apartemen dimana Emily dan ibunya tinggal.

Dia memiliki peraturan tidak boleh ada hewan peliharaan di apartemennya dan menyegel apartemen Emily karena adanya Clifford.

8. Kenan Thompson (Dokter Hewan)

Kenan Thompson (Dokter Hewan)

Komedian jebolan Saturday Night Live ini adalah salah satu pengisi suara untuk serial animasi Clifford the Big Red Dog sehingga film ini bukanlah pertama kalinya dia terlibat dalam proyek adaptasi buku cerita anak terbitan Scholastic ini.

Kali ini Thompson mendapat peran sebagai dokter hewan yang memeriksa kesehatan Clifford dan terjebak berdua bersama Clifford di ruangan praktiknya.

9. Russell Wong (Mr. Yu)

Russell Wong (Mr. Yu)

Aktor keturunan Cina yang pernah berakting bersama Jet Li di film Romeo Must Die (2000) dan The Mummy: Tomb of the Dragon Emperor (2008) ini membawakan karakter Mr. Yu, seorang pengusaha sukses yang merupakan ayah dari Owen. Dia berusaha menyelamatkan Clifford dengan menawarkan kehidupan di alam bebas di lahan miliknya di Cina. Tapi gagal karena pelayaran mereka disabotase.

10. Mia Ronn (Florence)

Mia Ronn (Florence)

Film ini menjadi debut layar lebar baginya mengikuti penampilannya di serial Black-ish. Berperan sebagai murid yang suka mengejek dan melakukan perundungan dimana korbannya adalah Emily, dia dipermalukan oleh Clifford di depan murid lainnya yang kemudian menertawakannya dan membuatnya kehilangan popularitas.

Karakternya memang tipikal yang selalu hadir di film-film tentang sekolah. Sebagai film keluarga bernuansa komedi, Clifford the Big Red Dog sebenarnya beruntung didukung oleh banyak komedian terkenal, bahkan beberapa diantaranya adalah lulusan Saturday Night Live, seperti Horatio Sanz dan Alex Moffat.

Memang kedalaman karakternya tergolong dangkal, tapi film ini tetap bisa memberikan cukup hiburan yang bagus untuk mengisi waktu bersama keluarga di akhir pekan.

Film sequel-nya sedang direncanakan oleh Paramount Pictures dan kita berharap para pemeran di film ini akan kembali dengan penggalian karakter yang lebih baik. Sebelum sampai disana, kita simak dulu film yang kemungkinan akan dikembangkan menjadi franchise oleh Paramount Pictures di platform barunya Paramount+ ini. Tonton segera ya!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram