bacaterus web banner retina

Inilah 7 Karakter dalam Film Belok Kanan Barcelona

Ditulis oleh Suci Maharani R

Belok Kanan Barcelona (2018) sepertinya jadi film yang wajib untuk ditonton oleh anak muda. Pasalnya, film ini menjadi gambaran bagaimana perempuan dan pria menjalin persahabatan. Salah satu konflik yang akan mereka hadapi adalah cinta, yang bisa membuat hubungan ini hancur begitu saja. Inilah yang dirasakan oleh empat bersahabat, Francis, Retno, Farah dan Ucup.

Karakter yang diperankan oleh Morgan Oey, Mikha Tambayong, Anggika Bölsterli dan Deva Mahenra ini memang memiliki karakteristik yang berbeda. Kalau soal kemampuan akting, rasanya kualitasnya tidak perlu dipertanyakan lagi. Tapi yang cukup mengambil spotlight adalah pasangan Deva dan Anggika, agak kocak yang bisa tetap bikin tertawa.

Kali ini kita akan membicarakan mengenai karakter-karakter dalam film Belok Kanan Barcelona. Penasaran? Temukan jawaban lebih lengkapnya dibawah ini.

Baca juga: 10 Pemain Film A Perfect Fit, Film Indonesia yang Seru

1. Morgan Oey (Francis Lim)

Morgan Oey (Francis Lim)

Francis Lim adalah anak yang baru saja pindah ke Jakarta, pria ini memang sangat tampan dan terlihat sangat sopan. Francis berbeda dengan kebanyakan anak lainnya, di usia mudanya ia sudah berhasil keliling dunia. Bukan untuk berlibur, tapi Francis sudah terkenal sebagai salah satu pianis muda yang sukses dan berbakat.

Sukses sejak usia muda tidak menjadikan Francis anak yang sombong, pria ini malah sangat baik pada semua orang. Bahkan ia tidak pernah menganggap dirinya lebih spesial dari siapapun, termasuk dari Retno, Farah dan Ucup.

Makanya hubungan pertemanannya dengan ketiga sahabat barunya ini bisa bertahan hingga dewasa. Sebenarnya Francis memiliki perasaan lebih terhadap Retno, terlihat sejak awal pertemuan mereka pria ini sudah curi-curi pandang.

Retno adalah gadis yang sempurna, bahkan rendang buatannya mirip sekali dengan buatan mendiang ibunya. Sayangnya, karena kendala perbedaan agama membuat Francis harus merelakan cintanya dan memilih untuk tetap bersahabat. Tapi sampai kapan ia bisa menahan perasaannya?

2. Mikha Tambayong (Retno Wulandari)

Mikha Tambayong (Retno Wulandari)

Retno Wulandari adalah putri dari keluarga muslim yang taat, tapi mereka bukanlah orang yang fanatik. Retno dan keluarganya dikenal sangat santun dan ramah, mereka tidak pernah membedakan seseorang dari latar belakang kepercayaannya. Retno hidup di rumah yang sederhana, bahkan gadis ini sudah memulai bisnis kecilnya membuat dan menjual donat di sekolah.

Salah satu keahlian Retno memang di bidang kuliner, masakannya tidak pernah gagal dan selalu enak. Retno menjalin persahabatan dengan Farah dan Ucup, tapi persahabatannya dengan Francis menimbulkan rasa lain. Ada cinta di antara mereka, tapi hubungan ini sudah jelas tidak akan pernah berhasil karena perbedaan kepercayaan.

Bahkan Retno sangat keras jika sudah menyangkut keyakinan, ia sampai menolak Francis meski pria itu mau pindah kepercayaan. Bagi Retno kepercayaan bukanlah syarat untuk cinta, makanya ia menolak jika Francis ingin mengubah kepercayaan karena cinta. Jika Francis ingin merubah keyakinannya, maka lakukanlah hanya untuk dirinya sendiri bukan karena dirinya.

3. Deva Mahenra (Jusuf Hasanuddin)

Deva Mahenra (Jusuf Hasanuddin)

Salah satu karakter paling kocak, siapa lagi kalau bukan Jusuf Hasanuddin atau yang kerap disapa dengan nama “Ucup”. Pria ini berasal dari keluarga yang sederhana, salah satu signature dari Ucup tentu saja motor jadul peninggalan ayahnya.

Harapan ucup memakai motor itu, karena ingin mengikuti langkah ayahnya yang jadi saksi bisu hubungan kedua orang tuanya saat masih muda. Tak heran jika orang pertama yang diajaknya untuk berboncengan adalah Farah, teman masa kecilnya.

Tidak bisa dipungkiri bahwa Ucup memiliki perasaan yang lebih pada Farah, bahkan ia secara gamblang memperlihatkannya. Sayangnya, ia tidak pernah dianggap lebih dari teman dan sering menjadi tong sampah ketika Farah curhat soal Francis dan Retno.

Ketika ia tahu bahwa Farah akan mengutarakan perasaanya pada Francis, Ucup tidak ingin kalah begitu saja. Pria ini sampai rela melewati negara konflik dan hampir mati dalam kecelakaan pesawat, demi bisa menemui Farah di Barcelona. Apakah Ucup akhirnya bisa mendapatkan cintanya di Barcelona?

4. Anggika Bölsterli (Farah Lestari)

Anggika Bölsterli (Farah Lestari)

Farah Lestari si cantik dan centil yang hobinya berusaha mendekati Francis setiap saat. Hal ini sudah tidak aneh lagi, pasalnya sejak pertama kali bertemu Farah memang sudah jatuh hati padanya. Tapi cintanya pada Francis terhalang oleh sahabat sendiri, siapa lagi kalau buka Retno.

Farah memilih untuk bungkam dan tidak pernah mengutarakan perasaannya, agar persahabatannya tetap terjaga. Tapi ia tidak bisa menahan perasaannya lagi, ketika Francis akan menikah dengan wanita lain di Barcelona.

Sayangnya hanya penolakan dari Francis yang ia dapatkan, gadis ini berpikir kisah cintanya sudah berakhir. Tapi Farah lupa akan satu hal, ada pria lain yang selama ini mengharapkan dirinya dan tidak pernah dianggap sama sekali.

Selama ini Farah hanya menjadikan Ucup sebagai salah satu sahabat yang sudah dikenalnya sejak masih TK. Mereka selalu bersama-sama, hingga Farah tidak menyadari semua perilaku Ucup padanya didasari oleh cinta. Kini pilihan berada di tangan Farah, apakah ia akan mengabaikan Ucup atau menerima pria itu untuk menggantikan posisi Francis.

5. Millane Fernandez (Inez Fernandez)

Millane Fernandez (Inez Fernandez)

Inez Fernandez adalah kekasih dan tunangan dari Francis, wanita ini sudah bersamanya sejak dua atau tiga tahun terakhir. Inez memang sangat mendukung karir Francis sebagai seorang pianis, wanita ini bisa dikatakan salah satu orang berjasa. Inez memang wanita yang sangat attractive, siapapun pasti akan menyukainya karena ia cakap dan cantik.

Sayangnya hanya satu kekurangan Inez, wanita ini memiliki emosi yang mudah meledak-ledak. Puncaknya, ketika Inez sudah sangat kesal dengan kebiasaan Francis membelikan souvenir untuk Retno.

Inez merasa posisinya terancam, karena Francis masih mempedulikan wanita lain saat bersamanya. Bahkan Inez protes karena Francis membuatkan Retno lagu khusus, sementara untuknya tidak ada.

Alhasil Inez sampai nekat untuk melabrak Retno, saat tahu keduanya bertemu sebelum pernikahan mereka. Inez mengatakan banyak hal yang menyakiti perasaan Retno, ia begitu percaya diri bahwa dirinya jauh lebih baik. Tapi hal inilah yang membuat Francis memutuskan untuk membatalkan pernikahannya dan kembali mengejar cinta Retno.

6. Ananta Rispol (Hasan)

Ananta Rispol (Hasan)

Salah satu orang di lingkungan Francis yang mengatur jadwal dan menyiapkan segala keperluannya. Pria itu adalah Hasan, manajer yang tingkahnya selalu bikin Inez marah-marah karena merasa terganggu. Hasan ini pria muslim, makanya tiap kali melihat kedekatan Inez dan Francis ia selalu mengingatkan soal dosa dengan cara yang unik.

Ketika Francis tidak bisa membelikan souvenir untuk Retno karena tidak ingin membuat marah Inez maka ada Hasan yang selalu bisa diandalkannya. Kekurangannya hanya karena ia tidak bisa berbahasa inggris dan polos. Alhasil karena Hasan, Francis dan Inez selalu saja terlibat dalam pertengkaran yang tidak penting.

7. Yusril Fahriza (Boy)

Yusril Fahriza (Boy)

Mas Boy adalah salah satu penjual di kantin sekolah, ketika Retno, Farah, Francis dan Ucup masih duduk di bangku SMA. Setiap hari kerjaan Boy hanya menggoda dan berusaha merayu Retno, pria ini selalu mengeluarkan rayuan maut yang receh. Sampai-sampai Boy berusaha mengintimidasi Francis saat tahu Retno dekat dengan pria itu.

Dari tujuh karakter di atas, kira-kira karakter mana nih yang bikin kamu penasaran? Ayo bagikan jawabanmu di kolom komentar di bawah ini. Temukan juga review film dan drama Asia lainnya, hanya di Bacaterus.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram