bacaterus web banner retina

10 Pemain Utama Film Ava, Dibintangi Deretan Aktor Papan Atas

Ava adalah film action yang tidak percaya diri dengan perilisannya. Tayang lebih awal di beberapa negara di Eropa sejak bulan Juli 2020, film ini kemudian dirilis di Amerika Serikat di bulan September 2020 secara terbatas di bioskop yang dibarengi dengan video on demand (VOD).

Padahal film ini dibintangi oleh Jessica Chastain, John Malkovich dan Colin Farrell yang merupakan para bintang papan atas Hollywood. Nyaris jatuh menjadi film kelas B karena naskah dan jalan cerita yang datar, Ava masih memiliki nilai positif di sisi akting.

Para aktor dan aktris di film ini sebenarnya tidak ada yang tampil mengecewakan, hanya saja talenta mereka seolah tersia-siakan dengan cerita yang tidak mengalir dengan baik. Berikut ini adalah para pemeran yang membintangi film Ava yang menjadikan Boston sebagai lokasi syutingnya.

1. Jessica Chastain (Ava)

Jessica Chastain (Ava)

Masuk nominasi Oscar sebanyak dua kali lewat film The Help (2011) dan Zero Dark Thirty (2012), Jessica Chastain kembali tampil apik di film Ava ini meski berada di atas cerita yang lemah, mengikuti performanya yang nyaris serupa meski masih dalam level lumayan di film X-Men: Dark Phoenix (2019) dan It: Chapter Two (2019).

Sebagai tokoh utama, Ava adalah seorang pembunuh bayaran yang dahulunya pernah berkarir di bidang militer. Dia memiliki masa lalu yang kelam, meninggalkan keluarganya selama 8 tahun tanpa kabar, dan kecanduan alkohol meski dia sudah tobat dalam jangka waktu yang lama.

Ingin disingkirkan oleh organisasi yang menaunginya karena dianggap lalai dalam menjalankan tugasnya, antara lain selalu menanyakan kesalahan besar yang dilakukan oleh targetnya dan membuat kematian mereka tidak tampak alami, Ava tetap dibela oleh Duke, penghubung sekaligus mentornya.

Dan ketika sang mentor mati dibunuh, Ava harus bisa menyelamatkan dirinya dari kejaran Simon. Jessica Chastain tampil tangguh dan luwes dalam berkelahi.

Hanya saja koreografinya terkesan biasa saja, ditambah editing yang buruk sehingga adegan aksinya terlihat seperti terbata-bata.

Bertindak sebagai produser eksekutif juga, Jessica Chastain mengerahkan seluruh kemampuannya, meski hasil akhirnya jauh dari kata maksimal.

2. John Malkovich (Duke)

John Malkovich (Duke)

Aktor watak yang dua kali masuk nominasi Oscar lewat film Places in the Heart (1984) dan In the Line of Fire (1993) ini masih sangat produktif dalam berakting.

Hanya saja, sepanjang tahun 2018 hingga bermain di film Ava ini, John Malkovich banyak terdampar di film-film dengan kualitas buruk, seperti Supercon (2018) dan Mile 22 (2018).

Selain itu, dia juga ikut mendukung film Bird Box (2018), Extremely Wicked, Shockingly Evil (2019), Velvet Buzzsaw (2019), dan Arkansas (2020). Tapi dari semua film itu, belum ada lagi yang memperlihatkan akting mengesankan darinya, meski kita tahu dia pasti maksimal dalam berakting.

Membawakan karakter Duke yang merupakan sosok ayah bagi Ava setelah kematian ayah kandungnya saat berada pada fase kelam hidupnya.

Dia menjadi mentor yang mendidik Ava hingga tangkas dan mematikan dalam beraksi, juga sebagai penghubung di organisasi mereka. Karena kecurigaan akan adanya usaha membunuh Ava, Duke berseteru dengan Simon yang membuatnya tewas dibunuh.

3. Common (Michael)

Common (Michael)

Rapper yang juga produktif dalam berakting ini terlibat banyak film bagus sebelum tampil di film Ava, antara lain di The Hate U Give (2018), The Tale (2018), Hunter Killer (2018), dan The Informer (2019).

Selain itu, Common juga tampil di film Saint Judy (2018), Ocean’s Eight (2018), All About Nina (2018), The Kitchen (2019), dan Here and Now (2018). Terhitung sangat produktif dalam waktu dua tahun saja.

Sayangnya, peran sebagai Michael di film Ava ini hanyalah bumbu pemanis untuk memancing percikan rasa cinta yang sudah usai dan tak mungkin tumbuh lagi antara dirinya dan Ava.

Terlebih karena Michael sudah menikah dengan Judy, kakak Ava sendiri. Ketika melihat Ava berkelahi, Michael merasa dia sudah tidak mengenal sosok mantan tunangannya itu lagi.

4. Geena Davis (Bobbi)

Geena Davis (Bobbi)

Aktris senior peraih Oscar di film The Accidental Tourist (1988) ini sudah cukup lama tidak bermain film layar lebar, apalagi sebagai pemeran utama. Terakhir dia tampil di film Stuart Little 2 (2002). Memang ada beberapa film indie yang dia bermain di dalamnya, tapi dia hanya mendapat peran kecil saja.

Di film Ava ini pun, Geena Davis hanya mendapat peran kecil sebagai ibu sang tokoh utama bernama Bobbi yang sedang menderita sakit dada.

Hanya muncul di beberapa adegan saja, tapi berkat performa apiknya kita langsung bisa mengetahui seperti apa karakternya. Meski terlihat ketus, tapi sebenarnya dia sangat sayang kepada Ava.

5. Colin Farrell (Simon)

Colin Farrell (Simon)

Aktor Irlandia yang sudah pernah bermain di berbagai macam genre film ini sebelumnya tampil apik di film Widow (2018) dan The Gentlemen (2019). Selain itu dia juga tampil di film fantasi anak-anak Dumbo (2019) dan Artemis Fowl (2000).

Berperan sebagai Simon, salah satu pimpinan organisasi yang memberikan instruksi kepada para pembunuh bayaran, dia adalah salah satu anak didik Duke yang tidak menyukai Ava dan berniat untuk membunuhnya.

Setelah gagal dengan orang suruhannya, Simon turun tangan langsung menangani Ava. Mereka berkelahi di kamar hotel dan diakhiri dengan kematiannya di ujung pistol Ava.

6. Ioan Gruffudd (Peter)

Ioan Gruffudd (Peter)

Aktor Wales yang dikenal ketika memerankan Mr. Fantastic di film Fantastic Four (2005) dan sequel-nya ini terlihat jarang tampil lagi di film layar lebar.

Ioan Gruffudd lebih sibuk berakting di layar kaca lewat beberapa serial, salah satunya adalah Liar. Di film Ava, dia hanya tampil di awal film saja sebagai pejabat IMF yang menjadi target Ava. Tidak berkesan dan mudah dilupakan.

7. Joan Chen (Toni)

Joan Chen (Toni)

Aktris Cina yang mulai dikenal ketika berakting di film The Last Emperor (1987) ini baru saja tampil apik di film Netflix Tigertail (2020) meski hanya di beberapa adegan saja.

Sama seperti kehadirannya di film Ava ini yang hanya tampil di dua adegan sebagai pemilik lokasi judi rahasia dimana dia harus berhadapan dengan Ava yang hendak membebaskan Michael dari hutangnya.

8. Jess Weixler (Judy)

Jess Weixler (Judy)

Teman sekelas Jessica Chastain waktu masih belajar di Juilliard yang mulai dikenal lewat film Teeth (2007) ini sudah tiga kali bermain di film yang sama dengan sahabatnya tersebut, yaitu di film The Disappearance of Eleanor Rigby: Her (2013) dan versi Them (2014) juga di It: Chapter Two (2019).

Membawakan karakter Judy, kakak dari Ava, Jess Waixler tampil cukup bagus dan sangat terasa beban mental yang dipendamnya. Judy sibuk merawat ibunya ketika Ava menghilang selama 8 tahun.

Judy juga menikahi mantan tunangan Ava, Michael, dan sedang mengandung anak pertama. Di akhir film, Ava memberinya uang untuk pergi ke luar negeri bersama ibunya demi menghindari para pembunuh bayaran.

9. Diana Silvers (Camille)

Diana Silvers (Camille)

Aktris pendatang baru ini langsung mencuri perhatian ketika bermain apik di film Booksmart (2019) dan Ma (2019) yang disutradarai oleh Tate Taylor yang kemudian mengajaknya bermain di film Ava ini.

Sayangnya, karakternya seperti miscasting karena penampilannya tidak mencerminkan sebagai pembunuh bayaran yang berbahaya dan tidak ada satupun adegan aksi yang dilakukannya.

Diceritakan Camille adalah putri sulung Simon yang menjadi tangan kanannya dalam mengendalikan organisasi. Mengintai pekerjaan Ava, dia juga sempat menodongkan pistol ke kepala Duke. Di akhir film, terlihat dia berjalan mengikuti Ava dari belakang.

10. Christopher J. Domig (Gunther)

Christopher J. Domig (Gunther)

Aktor yang sering berakting di berbagai serial TV ini membawakan peran sebagai Gunther, jenderal Jerman yang menjadi target Ava saat menjalankan tugas di Arab Saudi.

Diminta untuk membuat kematiannya tampak alami, Ava menyuntikkan obat kepadanya. Menjelang kematiannya, mendadak Ava diserang oleh pasukan yang mengawalnya.

Itulah 10 aktor dan aktris yang bermain di film Ava. Menyia-nyiakan talenta akting nama besar yang ditampilkan, film ini seolah tidak siap untuk menjadi film action pilihan yang layak ditonton.

Meski jalan ceritanya tidak begitu bagus, setidaknya kita tetap disuguhkan akting yang tidak buruk dari para pemerannya. Yuk, langsung saja ditonton filmnya!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram