bacaterus web banner retina

9 Karakter yang Muncul di Film Anime Child of Kamiari Month

Ditulis oleh Mutiara Dwi C.K.

Pada 8 Oktober 2021, film anime Child of Kamiari Month atau dikenal juga dengan Kamiarizuki no Kodomo resmi dirilis di Jepang. Tapi pada 8 Februari 2022 yang lalu, film ini secara resmi didistribusikan oleh Netflix (Internasional) dan Creatica Universal (Jepang).

Film yang bergenre mystery, fantasy, supernatural, dan adventure ini mengadaptasi cerita tradisional di Jepang. Cerita mitologi yang mengangkat tentang dewa-dewa yang berkumpul di Kuil Izumo setiap bulan Oktober pada kalender Lunar Jepang.

Filmnya terfokus cerita pada kisah seorang gadis bernama Kanna Hayama yang kehilangan ibunya. Kemudian, ia kehilangan motivasi untuk melakukan kegiatan yang disukainya.

Namun, dengan maksud supaya bisa bertemu kembali dengan ibunya, Kanna melanjutkan tugas seorang Dewa Idaten dan berlari menuju Kuil Izumo untuk mempersembahkan hasil panen tahunan.

Selain Kanna Hayama, masih ada beberapa karakter lain yang tak kalah pentingnya dari pemain utama. Berikut ini Bacaterus telah merangkum sembilan pemain yang muncul di film Child of Kamiari Month (2021).

1. Kanna Hayama (Aju Makita)

kanna_

Pemain utama yang pertama adalah Kanna Hayama dengan pengisi suara Aju Makita. Kanna Hayama adalah seorang gadis berusia 12 tahun yang kehilangan ibunya ketika ia masih berusia 11 tahun.

Setelah kematian ibunya, ia kehilangan motoivasi untuk melakukan hal yang disukainya: “berlari”. Bahkan, kejadian kematian ibunya membuat ia merasa kalau itu adalah kesalahan dirinya.

Meski pun Kanna selalu terlihat seperti anak yang tegar, cerita dan keras kepala, tapi ia masih merasakan kesedihan yang mendalam. Sehingga, ia berusaha berjuang untuk mengolah semua emosi kesedihan tersebut.

Kanna menggantikan posisi ibunya untuk melanjutkan tugas sebagai seorang Dewa Idaten. Ditemani oleh Shiro dan Yasha, Kanna berjuang mengumpulkan persembahan untuk acara Kamiarizuki atau Kannazuki.

Setelah berhasil melaksanakan tugasnya, Kanna tumbuh menjadi gadis yang ceria lagi dan bisa kembali melanjutkan kegiatan yang disukainya.

2. Yasha (Miyu Irino)

yasha_

Pemain utama yang kedua adalah Yasha dengan pengisi suara Miyu Irino. Yasha adalah seorang iblis muda dari keturunan klan iblis yang menaruh dendam secara turun temurun pada Idaten. Yasha memusuhi Kanna karena ikatan generasi yang dimiliki nenek moyangnya dan garis keturunan Kanna, Idaten. 

Meski pun sempat benci kepada Kanna, sebenarnya Yasha adalah iblis yang cukup baik. Dia hanya ingin merebut kembali gelar ‘pelari tercepat’ yang telah direbut oleh ibunya Kanna.

Sebelum bertemu dengan Kanna, Yasha sempat bertemu dengan ibunya Kanna ketika melakukan lomba lari. Sehingga ketika bertemu dan melihat Kanna, Yasha sudah tidak asing lagi dengan sifat Kanna karena sama persis seperti ibunya.

Yasha menjadi teman perjalanan Kanna selama menjalankan tugas mengumpulkan chiso dari para dewa-dewa. Bahkan, Yasha sempat terluka karena mau menolong Kanna dari gangguan dewa peniru.

3. Shiro (Maaya Sakamoto)

shiro_

Dan pemain utama yang terakhir adalah Shiro dengan pengisi suaranya adalah Maaya Sakamoto. Shiro adalah salah satu utusan dewa yang diperintahkan untuk melindungi Kanna dan menemani Kanna dalam perjalanan menuju ke kuil Izumo. Shiro muncul dalam bentuk tubuh kelinci yang selama ini dirawat oleh Kanna.

Shiro merupakan salah satu keturunan kelinci putih yang ada di Inaba yang termasuk ke dalam salah satu mitologi Jepang. Shiro pertama kali bertemu Kanna di Kuil Ushigami saat Kanna diserang oleh Yasha yang ingin merebut gelang peninggalan ibunya.

Sebelum melakukan perjalanan menuju kuil Izumo, Shiro menceritakan tentang tugas Dewa Idaten. Shiro mengatakan kepada Kanna kalau ia bisa bertemu kembali dengan ibunya kalau melaksanakan tugas tersebut.

Meski pun hal itu belum pasti, sehingga ketika Kanna menyelesaikan tugasnya tersebut, Shiro meminta kepada Dewa Okuninushi untuk mempertemukan kembali Kanna dengan ibunya.

4. Yayoi Hayama (Kou Shibasaki)

yayoi_

Yayoi Hayama adalah ibunya Kanna yang sudah meninggal dunia. Yayoi adalah keturunan dari Dewa Idaten yang memiliki tugas untuk mengumpulkan persembahan chiso pada hari Kamiarizuki atau Kannazuki.

Yayoi merupakan sosok ibu yang baik hati, penyanyang dan bagaikan matahari di keluarganya karena memiliki kepribadian yang ceria. Yayoi selalu memberikan dukungan kepada Kanna supaya selalu semangat melakukan hal yang disukainya. Tapi ia tidak pernah memaksa Kanna untuk melakukan hal yang tidak disukainya.

Kematian Yayoi sampai akhir cerita masih belum jelas karena apa. Tapi kemungkinan besar Yayoi ini meninggal karena suatu penyakit yang cukup berat.

5. Ryuujin (Wataru Takagi)

ryuujin_

Ryuujin adalah sosok dewa naga yang tinggal di danau Suwa di Kuil Suwa Taisha yang ada di Nagano. Ryuujin merupakan reinkarnasi dari Dewa Takeminakata (Suwa Myojin) dan merupakan anak dari Ookuninushi.

Namun, suatu ketika Ryuujin melakukan perjanjian yang mengakibatkan dirinya tidak bisa bertemu kembali dengan orang tuanya, Ookuninushi. Ketika bertemu dengan Kanna, Ryuujin tidak langsung memberikan chiso miliknya, tapi memberikan Kanna ujian terlebih dahulu.

Penasaran dengan alasan utama Kanna melakukan tugas seorang Idaten, Ryuujin menanyakan hal tersebut dan mengerti dengan perasaan yang dialami oleh Kanna. Kemudian, setelah mengetahui alasan utamanya, Ryuujin pun memberikan chiso miliknya kepada Kanna.

6. Ookuninushi (Akira Kamiya)

ookuninushi_

Ookuninushi adalah dewa yang ada di Kuil Izumo Taisha. Ia digambarkan sebagai salah satu dewa yang muncul dalam mitologi Jepang yang menciptakan negara Izumo. Konon di Kuil Izumo itulah para dewa berkumpul untuk mengadakan ramalan untuk tahun berikutnya. 

Ketika bertemu dengan Kanna, Ookuninushi meminta chiso yang telah dikumpulkan oleh Kanna. Kemudian, setelah chiso itu dikeluarkan, bahan-bahan chiso tersebut berubah menjadi makanan jamuan para dewa-dewa yang berkumpul di sana. Sehingga, acara kamihakari pun bisa dilaksanakan di bawah kepemimpinan Ookuninushi.

7. Miki (Riko Nagase)

miki_

Miki adalah seorang gadis yang berusia sama dengan Kanna. Ia adalah teman sekelas dan sahabat baik Kanna. Setiap hari, Miki selalu bermain bersama dengan Kanna, bahkan selepas pulang sekolah.

Miki merupakan teman yang sangat perhatian kepada Kanna. Ketika ada latihan untuk lomba marathon, Miki meminta Kanna untuk tidak memaksakan diri, karena Miki tahu kalau Kanna masih belum bisa melupakan kejadian satu tahun yang lalu atas kematian ibunya Kanna.

8. Norimasa Hayama (Arata Iura)

norimasa_

Norimasa Hayama adalah ayahnya Kanna dan suaminya Yayoi Hayama. Meski pun tidak terlalu banyak scene tentang Norimasa, tapi diperlihatkan kalau Norimasa adalah seorang ayah yang sangat penyayang dan perhatian.

Ketika Kanna akan melakukan lomba marathon, ia membelikan Kanna sepatu baru, meski ternyata sepatunya kekecilan. Norimasa tidak pernah memaksa Kanna untuk melakukan marathon kalau Kanna memang belum sanggup. Tapi, ia selalu mendukung apa pun yang Kanna pilih.

Ketika Kanna menghilang, layaknya orang tua pada umumnya, Norimasa pun merasa sangat cemas. Ia berusaha mengejar Kanna yang melarikan diri dan mencari informasi dengan menghubungi orang-orang terdekat.

9. Ebisu (Chafurin)

ebisu_

Pemain terakhir yang muncul di film ini adalah Dewa Ebisu. Ebisu juga merupakan dewa yang masuk ke dalam mitologi Jepang yang memiliki nama lain Kotoshironushi. Ebisu diam di Kuil Miho yang ada di Matuse dan merupakan salah satu anak dari Dewa Ookuninushi. 

Persembahan chiso yang berupa ikan air tawar besar dari Ebisu merupakan bahan terakhir yang harus dikumpulkan oleh Kanna. Ebisu mempercayakan chiso tersebut kepada Kanna untuk dipersembahakan di Kuil Izumi.

Nah, itulah para pemain yang muncul di film anime Child of Kamiari Month atau Kamiarizuki no Kodomo. Cerita filmnya cukup ringan, mudah diikuti dan cukup menarik untuk ditonton.

Menariknya, kuil yang muncul di film ini juga merupakan kuil yang benar-benar ada di Jepang, lho. Kalau penasaran dengan ceritanya, bisa langsung tonton filmnya di Netflix, ya! Simak review Child of Kamiari Month dari Bacaterus juga.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram