bacaterus web banner retina

Yuk, Kenalan dengan 10 Pemain di Film American Sniper!

American Sniper adalah film karya Clint Eastwood yang paling sukses dimana dia meramu jalan cerita dari kehidupan Chris Kyle ini dengan sangat baik.

Semua sisi dari kepribadian penembak jitu paling mematikan yang pernah dimiliki militer Amerika Serikat ini diungkit dan dijalin sedemikian rupa, mulai dari latar belakang di masa kecil, karir militer, keluarga, hingga masalah psikologis yang dideritanya.

Sebagai sebuah film biografi, tentu saja tokoh utamanya selalu hadir di setiap adegan. Oleh karena itu, aktor yang memerankannya harus bisa menjiwai karakter tersebut dan membawakannya dengan baik, apabila tidak ingin dicemooh berbagai pihak, khususnya yang mengenal kepribadian sang tokoh.

Tentunya, Bradley Cooper berhasil menjawab ekspektasi tersebut. Tapi selain dia, ada aktor dan aktris lain yang juga turut andil memperkuat kisah yang berakhir tragis ini.

Siapa saja mereka? Berikut ini kami perkenalkan para pemeran utamanya beserta profil dan karakter yang mereka bawakan. Yuk, langsung dibaca saja, ya!

1. Bradley Cooper (Chris Kyle)

Bradley Cooper (Chris Kyle)

Aktor yang sebelum film ini gagal mengulang chemistry-nya dengan Jennifer Lawrence di film Serena (2014) ini merupakan salah satu aktor papan atas Hollywood.

Ketika dipilih untuk memerankan sosok Chris Kyle, Bradley Cooper sangat antusias dan melakukan banyak hal agar bisa menjiwai karakternya, antara lain dengan membentuk fisiknya agar sama dengan sang tokoh.

Diakui sangat mirip oleh rekan-rekan Chris Kyle di militer dahulu, faktanya Cooper sempat berbincang dengan Kyle saat pra-produksi film sebelum Kyle tewas dibunuh.

Dengan wafatnya tokoh yang akan diperankannya, Cooper semakin menjiwai karakternya dan mendedikasikan aktingnya di film ini untuk Kyle.

Seluruh kehidupan Chris Kyle diceritakan dengan singkat dan padat dalam film ini dan Cooper membawakannya dengan sangat apik. Karena telah dilatih oleh instruktur fisik, maka setiap pergerakan dan cara memegang senjata khas Navy SEAL berhasil ditampilkannya dengan akurat.

Tidak hanya fisik, dari ekspresi di wajahnya, kita bisa ikut merasakan apa yang Kyle rasa. Lihat saja ketika dia hendak membidik anak kecil yang hendak menembakkan senjatanya, kita juga ikut dibuat berharap agar anak itu meletakkan senjatanya supaya tidak ditembak oleh Kyle. Dijamin, kita akan dibuat ikut menahan napas karenanya.

Dengan masuknya Bradley Cooper sebagai nominator Oscar lewat film ini, dia mencatatkan diri sebagai salah satu aktor yang dinominasikan di ajang Oscar tiga tahun berturut-turut, setelah sebelumnya lewat film Silver Linings Playbook (2012) dan American Hustle (2013).

2. Sienna Miller (Taya)

Sienna Miller (Taya)

Pemeran Ana/Baroness di film G.I. Joe: The Rise of Cobra (2009) ini awalnya tidak disetujui oleh Taya untuk memerankan dirinya, karena dianggap terlalu British.

Tapi setelah dipertemukan dan saling bertukar pikiran, ternyata mereka berdua memiliki pemahaman yang sama tentang kehidupan berumah tangga yang akhirnya membuat Taya setuju Sienna Miller memerankan dirinya di film ini.

Taya bertemu dengan Chris secara tidak sengaja di sebuah bar saat Chris dan rekan-rekannya merayakan kelulusan mereka sebagai anggota Navy SEAL. Terlibat obrolan yang asyik, hubungan mereka berlanjut hingga ke pelaminan dimana Chris menerima masa tugas pertamanya.

Selalu merindukan kepulangan Chris ke rumah, nyatanya tidak mudah bagi Taya untuk membuat Chris untuk tidak berperang hingga Chris menjalani masa tugas sebanyak tiga kali lagi.

Setelah Chris menyatakan diri untuk pensiun, Taya masih harus menghadapi sikap Chris yang mudah emosi karena trauma yang dideritanya. Saat semua sudah terasa nyaman, Taya harus kehilangan Chris selamanya.

3. Luke Grimes (Marc Lee)

3. Luke Grimes (Marc Lee)

Aktor yang memulai debut aktingnya di film All the Boys Love Mandy Lane (2006) ini membawakan peran sebagai anggota Navy SEAL yang selalu bersama Chris dalam berbagai misi.

Setelah beberapa kali berada dalam situasi sulit di pertempuran, Marc Lee tewas tertembak saat Chris menjalani masa tugas yang ketiga. Chris kembali ke Irak untuk memburu Mustafa sebagai balas dendam atas kematiannya.

4. Jake McDorman (Biggles)

Jake McDorman (Biggles)

Meski sudah mulai berakting sejak tahun 2003, Jake McDorman baru mulai dikenal ketika dia bermain di serial Shameless yang mengantarkannya mendapatkan peran di film American Sniper sebagai Ryan “Biggles” Job, salah satu anggota Navy SEAL yang terluka parah di muka akibat tembakan dari Mustafa.

Sebelum berangkat ke Irak untuk masa tugas keempatnya, Chris sempat menjenguk Biggles yang sedang dirawat di rumah sakit.

Chris lalu mendapat kabar wafatnya Biggles saat dioperasi setelah sampai di Irak. Di dalam film Biggles diceritakan wafat sebelum sempat menikah, faktanya dia menikah terlebih dahulu untuk beberapa saat sebelum akhirnya wafat saat dioperasi.

5. Cory Hardrict (“D” Dandridge)

Cory Hardrict (“D” Dandridge)

Dari karirnya yang panjang sejak 1997 sebagai aktor cilik, Cory Hardrict pernah ikut mendukung film karya Clint Eastwood, Gran Torino (2008), dan muncul lagi di film American Sniper ini sebagai salah satu anggota Navy SEAL yang selalu mendukung Chris di setiap langkahnya, bahkan menyetujui aksi Chris menembak Mustafa dengan konsekuensi posisi mereka ketahuan oleh militan Al-Qaeda.

6. Kevin “Dauber” Lacz (Dauber)

Kevin “Dauber” Lacz (Dauber)

Pemain film yang satu ini bukanlah aktor, melainkan veteran Navy SEAL yang berjuang di sisi Chris Kyle dalam setiap pertempurannya.

Ketika diajak oleh Clint Eastwood untuk ikut berpartisipasi dalam film American Sniper, Dauber setuju untuk membagi pengalamannya di medan perang bahkan hingga ikut berakting sebagai dirinya sendiri. Jadi sangat wajar jika adegan perang di film ini terlihat realistis.

7. Keir O’Donnell (Jeff Kyle)

Keir O’Donnell (Jeff Kyle)

Tahun 2014 bisa jadi adalah tahun terbaik aktor asal Australia ini, karena sebelum memerankan adik Chris Kyle di film American Sniper, dia juga ikut berakting di film besar lainnya, Dawn of the Planet of the Apes (2014) sebagai Finney, sekutu Dreyfus di sisi manusia.

Keir O’Donnell hanya hadir di tiga adegan saja, dan cukup baik dalam menampilkan perasaan kecewa dengan tugasnya di militer kepada kakaknya.

8. Kyle Gallner (Goat-Winston)

Kyle Gallner (Goat-Winston)

Aktor ini memang lebih sering tampil di film-film komedi indie, seperti Dear White People (2014) dan Just Before I Go (2014), sehingga sedikit banyak terbawa saat dia berperan sebagai salah satu anggota Navy SEAL yang selalu ada di sebelah Chris Kyle saat hendak membidik target.

Obrolan di antara mereka terkesan ringan tapi menjadi tegang ketika Chris mulai menembakkan senapannya.

9. Sammy Sheik (Mustafa)

Sammy Sheik (Mustafa)

Aktor asal Mesir ini cukup sering bermain di film bertema perang, terutama dengan seting di Timur Tengah, seperti di Lone Survivor (2013) dan Sand Castle (2017).

Karakter Mustafa yang diperankannya murni hanyalah sosok fiktif yang diciptakan oleh Steven Spielberg saat dia masih duduk di kursi sutradara film ini yang diteruskan oleh Clint Eastwood.

Karakter Mustafa diambil dari sosok seorang pahlawan rakyat yang dijuluki Juba yang terkenal karena tersebarnya video yang menampilkan aksinya dalam membidik target, yaitu tentara Amerika pada Perang Irak.

Identitas aslinya tidak diketahui namun dia menjadi inspirasi sekaligus propaganda bagi ISIS yang menjadi penerus Al-Qaeda di Irak. Sekitar tahun 2013-2014, Juba dikabarkan telah mati dibunuh oleh ISIS.

Entah apa yang menjadi penyebabnya, tapi yang pasti sosok ini menjadi inspirasi yang bagus bagi karakter Mustafa yang merupakan musuh bebuyutan Chris Kyle di dalam film.

10. Mido Hamada (The Butcher)

Mido Hamada (The Butcher)

Bagi penikmat serial 24 pasti pernah melihat aksi aktor asal Mesir ini yang berperan sebagai Samir Mehran di season 8. Di film American Sniper ini, Mido Hamada mendapat peran tokoh antagonis yang dikenal dengan julukan “The Butcher (Sang Penjagal)” yang diceritakan adalah tangan kanan Al-Zarqawi.

Sama seperti Mustafa, “The Butcher” juga adalah sosok fiktif yang menurut jurnalis The Guardian diambil dari tokoh Abu Deera yang merupakan tokoh Syi’ah yang selalu merongrong kaum Sunni di Irak saat kekuasaan Saddam Hussein, bahkan pernah menculik dan membunuh pengacara mantan diktator Irak tersebut.

Itulah sepuluh aktor dan aktris yang berakting di film yang syuting eksteriornya dilakukan di Maroko ini. Kualitas akting di film ini diakui sangat baik dan banyak dinominasikan di beberapa ajang penghargaan film terutama dari komunitas kritikus film.

Dari faktor ini saja sudah menjadikan film ini sebagai film yang wajib untuk ditonton. Jadi, langsung ditonton saja, ya!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram