bacaterus web banner retina

Inilah Daftar Pemeran Dilan 1991, Bertabur Bintang baru!

Ditulis oleh Sri Sulistiyani - Diperbaharui 8 September 2021

Kesuksesan film Dilan 1990 di bioskop membuat Falcon Pictures kembali merilis sekuel selanjutnya dari kisah Dilan dan Milea melalui film Dilan 1991. Masih seperti film Dilan 1990 yang diadaptasi dari novel karya Pidi Baiq yang berjudul Dilan : Dia Adalah Dilanku Tahun 1990. Film Dilan 1991 juga diangkat dari buku kedua seri novel Dilan yang berjudul Dilan : Dia Adalah Dilanku Tahun 1991.

Film Dilan 1991 dirilis pada tahun 2019 dan masih disutradarai oleh sutradara Dilan 1990, Fajar Bustomi. Hari pertama penayangan film Dilan 1991 di bioskop yaitu tanggal 24 Februari 2019 juga kemudian diresmikan sebagai Hari Dilan di kota Bandung, kota yang menjadi setting cerita kisah cinta Dilan dan Milea.

Pada tanggal 24 Februari 2019 tersebut, seluruh layar bioskop di kota Bandung secara serentak menayangkan film Dilan 1991 pada seluruh layar dan jam pemutaran di hari tersebut. Di hari pertama penayangannya, film ini berhasil meraih rekor dari Museum Rekor Dunia Indonesia karena meraup sebanyak 80.000 penonton.

Setelah 9 hari penayangan, Dilan 1991 berhasil meraup lebih dari 4 juta penonton sehingga membuatnya menjadi salah satu film Indonesia dengan penonton terbanyak. Kesuksesan ini tentunya tak lepas dari totalitas para aktor dan aktris yang berperan dalam film ini.Ingin tahu siapa saja mereka? Ini dia daftar pemeran film Dilan 1991.

1. Dilan (Iqbaal Ramadhan)

Dilan (Iqbaal Ramadhan)
*

Karakter utama dari film Dilan 1991 tentu saja Dilan itu sendiri. Tokoh Dilan diperankan oleh aktor muda yang juga merupakan ex salah satu boyband cilik, Iqbaal Ramadhan. Pesona dan kharisma yang dimiliki Iqbaal membuat tokoh Dilan menjadi karakter yang digilai para remaja wanita.

Dilan juga digambarkan sebagai seorang remaja SMA sekaligus panglima perang salah satu geng motor di kota Bandung. Ia merupakan seorang pelajar yang lebih gemar berkelahi dibanding belajar di kelas. Dilan juga dikenal memiliki karakter yang sangat khas, terutama dalam memperlakukan wanita yang dicintainya.

Dalam film 1991, Dilan dikisahkan harus mengalami dilema antara memilih teman-temannya di geng motor atau mempertahankan hubungannya dengan Milea yang menginginkannya keluar dari geng motor.

2. Milea Adnan Hussain (Vanesha Prescilla)

Milea Adnan Hussain (Vanesha Prescilla)
*

Milea atau Lia merupakan sosok wanita menjadi kekasih Dilan semasa SMA. Dalam filmnya, tokoh Milea diperankan oleh aktris Vanesha Prescilla. Milea diceritakan sebagai siswi pindahan dari Jakarta ke SMA tempat Dilan bersekolah di daerah Buah Batu. Ia digambarkan sebagai wanita yang cantik dan dikagumi banyak anak pria di sekolah tersebut.

Namun hanya ada satu pria yang menarik hati Milea, yaitu Dilan. Dalam film Dilan 1991, Milea dan Dilan dikisahkan telah menjadi sepasang kekasih. Di film ini, Milea menjadi karakter yang cukup tegas untuk memperingati Dilan agar menjauh dari aktivitas geng motor.

3. Yugo (Jerome Kurnia)

Yugo (Jerome Kurnia)
*

Tokoh Yugo baru dikisahkan pada sekuel film Dilan yang kedua. Ia merupakan sepupu jauh Milea yang baru saja pulang dari Belgia. Dalam film, tokoh Yugo diperankan oleh aktor Jerome Kurnia. Hadirnya tokoh Yugo dalam film Dilan 1991 memberikan konflik tersendiri bagi hubungan antara Dilan dan Milea.

Yugo diceritakan secara terang-terangan mencintai Milea, meskipun Milea hanya mencintai Dilan dan berusaha untuk menolak Yugo. Sosok Yugo juga sempat membuat Dilan salah paham dan cemburu tatkala melihat Yugo mengantar Milea saat hendak mencegahnya menyerang geng motor lawan.

4. Mas Herdi (Andovi da Lopez)

Mas Herdi (Andovi da Lopez)
*

Sosok Mas Herdi barulah muncul di akhir kisah Dilan 1991, namun sosoknya begitu penting karena ia adalah suami dari Milea yang sudah dewasa. Karakter Mas Herdi diperankan oleh aktor Andovi da Lopez. Di akhir film, Dilan dan Milea memang diceritakan harus berpisah dan mereka kemudian menjalani kehidupan masing-masing.

Mas Herdi merupakan seorang senior yang ditemu Milea saat ia menjalani masa perkuliahan di kampusnya. Meskipun hingga bertahun-tahun selanjutnya Milea tak pernah bisa melupakan sosok Dilan, namun pada akhirnya ia menjalani hidup dan menikah dengan Mas Herdi. Dalam beberapa kesempatan, Mas Herdi juga sempat bertemu dengan Dilan.

5. Bunda Dilan (Ira Wibowo)

Bunda Dilan (Ira Wibowo)
*

Ditengah banyaknya bintang-bintang baru yang menjadi pemeran dalam film Dilan 1991, ada satu sosok aktris senior yang cukup mencuri perhatian. Ia adalah Ira Wibowo yang berperan sebagai ibunda dari Dilan. Dalam film, ia biasa disebut Bunda, baik oleh anak-anaknya ataupun oleh Milea.

Karakter dari Ibunda Dilan memiliki kemiripan dengan Dilan. Bunda adalah sosok yang humoris dan penyayang. Ia juga diceritakan sudah begitu dekat dengan Milea dan sangat mendukung hubungan antara Dilan dan Milea. Bunda juga sempat menjadi penengah ketika Dilan dan Milea tengah bertengkar.

6. Piyan (Omara Esteghlal)

Piyan (Omara Esteghlal)
*

Dilan memiliki beberapa teman dekat yang juga merupakan teman di SMA-nya yang lama serta sesama anggota geng motor, salah satunya adalah Piyan. Karakter Piyan dalam film Dilan 1991 diperankan oleh aktor Omara Esteghlal. Seperti kebanyakan anak geng motor lainnya, ia juga merupakan sosok pelajar yang urakan dan lebih sering bolos sekolah.

Piyan juga seringkali menjadi orang yang dicari oleh Milea ketika ia sedang mencari Dilan. Dari Piyan, Milea juga sering mendapat informasi mengenai kegiatan Dilan. Biasanya Piyan beserta Dilan dan teman-teman gengnya yang lain akan nongkrong di warung Bi Eem, tempat favorit mereka untuk bolos sekolah.

7. Akew (Gusti Rayhan)

Akew (Gusti Rayhan)
*

Teman Dilan berikutnya yang juga sesama anggota geng motor adalah Akew. Tokoh Akew dalam film ini diperankan oleh aktor Gusti Rayhan. Akew juga sering terlihat nongkrong bersama Dilan dan teman-teman gengnya yang lain.

Di pertengahan film, Akew diceritakan meninggal dunia setelah berkelahi dengan anggota geng motor lainnya. Kematian Akew kemudian membuat Milea sangat tegas melarang Dilan untuk geng motor, meskipun pada akhirnya Dilan tidak menuruti dan lebih memilih putus dengan Milea.

8. Wati (Yoriko Angeline)

Wati (Yoriko Angeline)
*

Wati adalah teman satu geng Milea yang juga merupakan sepupu dari Dilan. Wati juga diceritakan sebagai pacar dari Piyan, teman satu geng Dilan. Tokoh Wati dalam film Dilan 1991 diperankan oleh aktris Yoriko Angeline.

Dari Wati, Milea banyak mengetahui informasi mengenai kehidupan Dilan. Wati juga merupakan sosok yang selalu menghibur dan menenangkan Milea ketika ia memiliki masalah dengan Dilan.

9. Kang Adi (Refal Hady)

Kang Adi (Refal Hady)
*

Kang Adi merupakan sosok guru les privat Milea yang juga merupakan seorang mahasiswa. Dalam film, tokoh Kang Adi diperankan oleh aktor Refal Hady. Tokoh Kang Adi sudah muncul sejak film Dilan 1990. Ia diceritakan menyukai Milea dan sempat membuat Dilan salah paham pada Milea.

Di film Dilan 1991, sosok Kang Adi masih muncul dan tetap mengajarkan les privat pada Milea, meskipun ia lebih sering menunggu lama di ruang tamu rumah Milea sementara Milea sedang berpacaran dengan Dilan.

Meskipun banyak nama-nama baru yang memerankan film Dilan 1991, namun totalitas mereka dalam akting sudah tak perlu diragukan lagi. Buktinya, film Dilan 1991 meraih sukses di pasaran dan membuat Falcon Pictures kembali membuat sekuel ketiga dari kisah Dilan dan Milea. Jadi, siapakah tokoh favoritmu di film ini? Ceritakan di kolom komentar ya!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram