Bacaterus / Kapal / 10 Pelabuhan Terbesar di Dunia Berdasarkan Satuan TEU

10 Pelabuhan Terbesar di Dunia Berdasarkan Satuan TEU

Ditulis oleh - Diperbaharui 4 April 2020

Pelabuhan merupakan bagian terpenting dari kemajuan sebuah negara. Banyaknya jumlah kapal kargo, kontainer pengiriman atau gelagar baja itu merupakan simbol yang menakjubkan dari kemajuan industri sebuah negara.

Saat berbicara tentang pelabuhan terbesar, negara mana yang terbayang di benakmu? Apakah Amerika Serikat, Tiongkok, atau Korea Selatan? Kita tahu Tiongkok industrinya berkembang pesat tapi Busan juga tak kalah ramainya karena kota ini merupakan kota pelabuhan terbesar di Korea.

Apakah pelabuhan Indonesia juga masuk dalam kategori pelabuhan terbesar di dunia? Yuk, cari tahu informasinya di sini.

1. Pelabuhan Shanghai

Pelabuhan Shanghai

Dengan mudah jadi pelabuhan termegah di dunia hanya berdasarkan tingginya tingkat muatannya saja, Pelabuhan Shanghai merupakan komponen yang penting bagi ekonomi Tiongkok juga jadi mesin perdagangan laut yang dikelola dengan baik.

Berlokasi di muara Sungai Yangtze, sungai terbesar di Asia, awalnya pelabuhan ini didirikan untuk melakukan perdagangan pesisir yang dimulai selama Dinasti Qing. Tahun 1842, pelabuhan ini jadi pelabuhan perjanjian dan bagian penting pasar internasional Tiongkok sebelum akhirnya dihentikan.

Saat ini Pelabuhan Shanghai jadi simbol reformasi ekonomi yang booming. Dikelola oleh Shanghai International Port Group, pelabuhan ini memiliki dermaga dengan panjang sekitar 20 km. Jika digabungkan, pelabuhan ini menyumbang seperempat dari total perdagangan luar negeri Tiongkok.

Shanghai bisa tumbuh lebih jauh saat dihubungkan dengan Pelabuhan Yangshan yang berdekatan melalui Jembatan Donghai, yaitu jembatan laut terpanjang di dunia. Pelabuhan ini pernah membuat rekor dunia di tahun 2012 dengan menangani lebih dari 32 juta unit setara dengan Dua Puluh kaki (TEU).

2. Pelabuhan Rotterdam

Pelabuhan Rotterdam

Saat ini Pelabuhan Rotterdam merupakan pelabuhan terbesar di Eropa dan juga di dunia berdasarkan throughput kargo tahunannya. Pada tahun 2012, Rotterdam menangani 441,5 juta ton kargo. Pelabuhan, termasuk kompleks industri di sekitarnya, membentang sepanjang sekitar 42 km.

Luas areanya kira-kira 12.426 ha. Pelabuhan ini dikelola dan dioperasikan oleh Port of Rotterdam Authority (PoRA). Pelabuhan Rotterdam merupakan satu-satunya pelabuhan di Eropa barat laut yang menawarkan akses tidak terbatas ke kapal-kapal dengan draft terdalam.

Pada 2008 diluncurkan proyek perluasan pelabuhan utama yang dijuluki Maasvlakte 2. Pada Mei 2013 fase pertama ekspansi mulai dibuka dan pada akhirnya akan menggandakan kapasitas transfer kontainer pelabuhan.

3. Pelabuhan Guangzhou

Pelabuhan Guangzhou

Dimulai sejak dari Dinasti Qin, Guangzhou sudah menjadi pelabuhan penting bagi industri perkapalan Tiongkok. Hal ini dikarenakan Guangzhou itu sendiri berada di persimpangan tiga sungai paling penting di Cina Selatan, anak sungai ke Sungai Pearl.

Pada saat kota itu dikenal sebagai Kanton, rute pengiriman di Guangzhou merupakan “Jalur Sutra laut”. Area pelabuhan Xinsha berfungsi sebagai titik impor bagi banyak kendaraan dari produsen asing, serta mengekspor kendaraan yang dibuat di pabrik-pabrik Cina.

Pelabuhan Guangzhhou merupakan salah satu dari empat pelabuhan yang ditunjuk oleh pemerintah Cina untuk tujuan ini. Pelabuhan Guangzhou menikmati konektivitas dengan lebih dari 300 pelabuhan di hampir 100 negara, juga menyediakan layanan penumpang.

4. Pelabuhan Busan

Pelabuhan Busan

Busan merupakan kota pelabuhan legendaris di Korea Selatan. Kota ini merupakan pusat perjanjian perdagangan Korea antara Korea, Jepang dan Cina selama bagian akhir abad ke-19. Selama Perang Korea, orang-orang di Korea Selatan melarikan diri ke kota ini dan tinggal di sini.

Booming-nya manufaktur di Busan pada 1970-an mengakibatkan migrasi signifikan ke kota dan menghasilkan iklim bisnis yang membuat industri pelayaran berkembang hebat. Busan juga menangani kapal pesiar besar. Terminal penumpang internasionalnya adalah fasilitas terbesar kedua di Asia.

5. Pelabuhan Dalian

Pelabuhan Dalian

Terletak di Semenanjung Liaodong di provinsi Liaoning, pada 2012 Pelabuhan Dalian menangani lebih dari 303 juta ton kargo dengan peringkat sebagai salah satu pelabuhan terbesar di dunia. Pelabuhan ini dimiliki dan dikelola oleh Perusahaan Pelabuhan Dalian.

Pelabuhan Dalia memiliki tujuh area, Daliangang, Xianglujiao, Dalianwan, Ganjinzi, Nianyuwan, Si’ergou, Heizuizi, dan Dayaowan. Dalian menangani sekitar 70% kargo dan 90% dari transportasi kontainer di kawasan ini. Dalia punya 80 tempat tidur dan terhubung ke sekitar 99 jalur pelayaran di dunia.

6. Pelabuhan Ningbo-Zhoushan

Pelabuhan Ningbo-Zhoushan

Pelabuhan di kota Cina Ningbo ini didirikan pada zaman Dinasti Tang. Ningbo-Zhoushan merupakan salah satu dari lima pelabuhan Tiongkok yang terlibat dalam perjanjian perdagangan abad ke-19 antara Cina, Korea dan Jepang.

Ningbo pada tahun 2006 bergabung dengan pelabuhan di Zhoushan. Ningbou-Zhousan utamanya merupakan pusat penanganan kargo. Pelabuhan ini memproses bijih besi, batu bara, minyak dan bahan kimia cair.

Pelabuhan ini mempunyai terminal minyak mentah yang dapat menangani 250.000 DWT dan terminal bijih yang dapat menangani 200.000 DWT. Ningbo-Zhousan merupakan pelabuhan yang pertama dengan muatan melebihi 1 miliar ton kargo per tahun menurut pejabat otoritas pelabuhan.

7. Pelabuhan Tianjin

Pelabuhan Tianjin

Tianjin merupakan pelabuhan terbesar di Cina Utara juga pelabuhan buatan manusia terbesar di seluruh negeri. Pelabuhan ini juga merupakan salah satu pelabuhan yang paling cepat berkembang dalam hal pengiriman kargo dan peti kemas.

Berlokasi di mulut Sungai Haihe juga pintu gerbang maritim utama ke Beijing, Pelabuhan Tianjin sejarahnya dimulai semenjak Dinasti Han Timur Akhir, yang dimulai pada 25 M. Pelabuhan ini pertama kali dibuka untuk perdagangan luar negeri pada tahun 1860 setelah Perang Candu Kedua.

Pelabuhan ini berkembang cukup besar karena kekuatan Eropa, Jepang dan Amerika selama Pemberontakan Boxer. Tianjin mempunyai 159 tempat berlabuh, dan dibagi jadi pelabuhan utara, selatan, Dongjiang, zona ekonomi di wilayah selatan, tenggara dan pelabuhan tambahan lainnya.

8. Pelabuhan Hong Kong

Pelabuhan Hong Kong

Saat memikirkan tentang Hong Kong, yang terbayang adalah gedung pencakar langit dan pelabuhan kargo yang sangat besar. Hal itu tidak mengherankan karena pelabuhan maritim ini merupakan salah satu yang terbesar di dunia.

Sejak kedaulatan Hong Kong dikembalikan dari Inggris ke Cina pada tahun 1997, pertumbuhan negara ini sudah naik ke level baru setinggi langit dan menempatkannya dalam pusat perhatian sebagai salah satu pelabuhan terbesar dan paling terkenal di dunia. Lebih dari 24 juta kontainer ditangani setiap tahun.

9. Pelabuhan Qingdao

Pelabuhan Qingdao

Berlokasi di pintu masuk Teluk Jiaozhou, tepatnya di pantai selatan Semenanjung Shadong, yang berhadapan dengan Laut Kuning, pada tahun 2012 Pelabuhan Qingdao menangani lebih dari 400 juta ton kargo. Pelabuhan ini sekarang menduduki peringkat sebagai salah satu pelabuhan terbesar di dunia.

Qingdao digadang-gadang sebagai pelabuhan bijih besi terbesar di dunia juga pelabuhan minyak mentah terbesar di China. Pelabuhan ini melebur dengan Pelabuhan Tua Qingdao, Pelabuhan Minyak Huangdao dan Pelabuhan Baru Qianwan

Pelabuhan Qingcao terhubung dengan lebih dari 450 pelabuhan di sekitar 130 negara juga wilayah di dunia. Di sini juga terdapat Kawasan Pengembangan Ekonomi dan Teknologi Qingdao, Zona Perdagangan Bebas Qingdao dan Zona Industri Teknologi Tinggi Qingdao.

10. Pelabuhan Jebel Ali

Pelabuhan Jebel Ali

Pada tahun 1979 Pelabuhan Jebel Ali dibuka untuk menambah kemampuan intake di Pelabuhan Rashid. Kini pelabuhan ini sudah tumbuh dalam kapasitas untuk menjadi pelabuhan industri terbesar di Timur Tengah. Baru-baru ini pelabuhan ini menyelesaikan kapasitas TEU-nya hingga maksimal 17 juta.

Jebel Ali telah menerima peringkat sebagai salah satu pelabuhan paling efisien, terkait jumlah kontainer yang dipindahkan dan produktivitasnya. Pelabuhan Jebel Ali merupakan anak perusahaan dari perusahaan DP World, sebuah perusahaan yang memiliki spesialisasi dalam operasi pelabuhan.

Dari informasi yang telah dijelaskan di atas, ternyata negara Tiongkok mendominasi jajaran pelabuhan terbesar di dunia bahkan mengalahkan negara Eropa. Seiring dengan berkembangnya industri di negara Tiongkok, pelabuhannya pun dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan negara tersebut. Kira-kira kapan ya pelabuhan-pelabuhan di Indonesia bisa sebesar dan semaju pelabuhan-pelabuhan di atas?

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *