Bacaterus / Sekolah / 10 Pekerjaan Online yang Bisa Dilakukan Saat Masih Sekolah

10 Pekerjaan Online yang Bisa Dilakukan Saat Masih Sekolah

Ditulis oleh - Diperbaharui 10 Juni 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Sebagai seorang pelajar, tugas utama kamu adalah untuk belajar dengan baik agar bisa meraih prestasi di sekolah. Namun bukan berarti kamu tidak bisa melakukan hal lain diluar belajar. Kamu justru sebaiknya mengisi waktu luang kamu diluar jam sekolah dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang produktif, salah satunya adalah dengan bekerja part-time.

Saat ini banyak pekerjaan yang bisa dilakukan secara remote dengan sistem online yang bisa kamu lakukan dimana saja dan kapan saja. Pekerjaan semacam ini cocok untuk para pelajar karena kamu tidak perlu datang ke kantor dan bisa menyesuaikan pekerjaan tersebut dengan kegiatan sekolah. Hal yang paling penting tentunya adalah kamu bisa mendapatkan uang jajan tambahan dari pekerjaan ini.

Bagi kamu yang masih bersekolah namun ingin mencoba mandiri dengan mencari pekerjaan yang bisa dikerjakan melalui sistem online, berikut beberapa pekerjaan yang bisa kamu coba untuk mengisi waktu luang dan melatih kemandirianmu.

1. Admin Online Shop

Admin Online Shop

* sumber: www.klelawcollege.org

Perkembangan teknologi internet saat ini juga lambat laun mengubah pola kehidupan masyarakat, tidak terkecuali untuk masalah berbelanja. Saat ini orang-orang lebih banyak untuk memilih berbelanja secara online dibanding harus datang ke toko. Hal ini membuat bermunculannya banyak online shop yang terus berkembang sangat pesat.

Bisnis-bisnis online shop ini membutuhkan banyak tenaga untuk menjadi admin dan melayani para pelanggannya. Pekerjaan ini merupakan kesempatan untuk kamu yang ingin bekerja secara online. Tugas kamu sebagai admin adalah untuk melayani para pelanggan dan mengelola akun atau website online shop tersebut.

Meskipun pekerjaan ini dilakukan secara online dan tidak bertatap muka, kamu tetap harus melayani para pelanggan dengan baik dan selalu stand by selama berada dalam jam operasional online shop tersebut. Kamu juga bisa membuka usahamu sendiri dan mengelola akun online shop milikmu.

2. Social Media Manager

Social Media Manager

* sumber: www.roberthalf.com

Internet juga membuat orang-orang sangat bergantung pada sosial media. Ini membuat sosial media menjadi cara yang efektif sebagai media promosi. Saat ini banyak usaha dan bisnis yang mengoptimalkan sosial media sebagai media promosi dan juga menjadi branding perusahaan. Pekerjaan ini adalah peluang agar kamu bisa bermain sosial media sambil menghasilkan uang.

Sebagai social media manager, kamu tentunya harus paham mengenai social media management, misalnya waktu terbaik untuk mengunggah foto, hastag yang paling banyak dicari, dan hal-hal semacam itu. Kamu juga harus memiliki kemampuan copy writing karena kamu akan bertugas untuk membuat caption yang singkat namun menarik.

3. Freelance Writer

Freelance Writer

* sumber: english.lafayette.edu

Bagi kamu yang memiliki hobi atau kemampuan menulis, kamu bisa mencoba untuk bekerja sebagai freelance writer dengan mengirimkan tulisanmu ke berbagai website. Selain bisa menghasilkan uang, tulisan kamu juga bisa dimuat dan dibaca oleh banyak orang. Pekerjaan ini juga bisa mengasah kemampuan menulis kamu.

Sebagai freelance writer, kamu harus memahami teknik-teknik penulisan, terutama teknik menulis untuk media digital seperti teknik SEO atau Search Engine Optimization. Pekerjaan menulis ini juga bisa kamu lakukan dimana saja dan kapan saja ketika kamu memiliki waktu luang kemudian kamu kirimkan tulisan tersebut melalui surel.

4. Pengajar Online

Pengajar Online

* sumber: www.thresholdeducation.com

Perkembangan teknologi internet tampaknya memang telah mempengaruhi segala aspek sosial, bahkan hingga teknik pembelajaran atau les. Saat ini banyak aplikasi-aplikasi yang dibuat untuk menjadi sarana bimbingan belajar online. Karena menggunakan sistem online, maka aplikasi-aplikasi ini juga membutuhkan tenaga pengajar atau tutor yang mengajar secara online.

Bagi kamu yang memiliki minat terhadap bidang pendidikan, kamu bisa mencoba peluang kerja menjadi pengajar online ini. Namun tentunya kamu harus memiliki ilmu yang relevan serta kualifikasi yang memenuhi syarat sebagai seorang tutor. Selain bisa menghasilkan uang, pekerjaan ini juga membuatmu bisa membagikan ilmu yang kamu miliki kepada orang lain.

5. Data Entry

Data Entry

Pekerjaan sebagai data entry merupakan pekerjaan dimana kamu akan bertugas untuk melakukan input data suatu perusahaan. Pekerjaan ini tidak memerlukan modal apapun dan bisa kamu lakukan secara online. Saat ini banyak perusahaan-perusahaan yang tidak bisa melakukan proses input data sendiri sehingga mereka mencari para freelancer.

Sebagai tenaga data entry, kamu harus memiliki keahlian mengenai software yang digunakan perusahaan tersebut untuk melakukan proses input data. Selain itu, kamu juga harus memiliki tingkat ketelitian yang tinggi agar tidak terjadi kesalahan ketika melakukan proses input data.

Baca juga: Peluang Pekerjaan Online yang Bisa Dilakukan Mahasiswa

6. Translator

Translator

* sumber: blog.wtigga.com

Bagi kamu yang memiliki kemampuan dalam bahasa atau menguasai bahasa-bahasa asing, kamu bisa mencoba pekerjaan sebagai translator atau penerjemah. Seperti namanya, tugas seorang translator adalah untuk menerjemahkan teks dari bahasa sumber ke bahasa lainnya. Sumber yang diterjemahkan ini biasanya berupa novel, film, jurnal, atau makalah.

Waktu untuk melakukan pekerjaan ini juga cukup fleksibel. Kamu bisa mengerjakan tugas ini sesuai dengan waktu luang kamu dan mengirimkannya secara online, asalkan kamu tidak melewati deadline pengumpulan yang ditentukan. Selain menghasilkan uang, pekerjaan sebagai translator juga bisa meningkatkan kemampuan bahasa asing kamu.

7. Desainer Grafis

Desainer Grafis

* sumber: www.itechgraphics.com

Pekerjaan sebagai desainer grafis saat ini sedang dibutuhkan banyak orang. Banyak para desainer grafis yang bekerja secara freelance yang melayani permintaan desain grafis para klien secara online. Kamu yang memiliki kemampuan dalam bidang desain bisa memanfaatkan peluang ini untuk bekerja dengan membuatkan desain-desain sesuai permintaan para klien.

Pekerjaan freelance desainer grafis ini bisa kamu lakukan dimana sana dan kapan saja, asalkan kamu memiliki perangkat teknologi yang memadai untuk mengerjakan desain-desain tersebut. Selain teknologi, kamu juga harus memiliki daya kreatif yang tinggi karena kamu akan selalu dituntut untuk membuat karya-karya desain grafis baru yang memuaskan para klien.

8. Web Designer

Web Designer

* sumber: www.webhozz.com

Pekerjaan yang bisa kamu lakukan secara online selanjutnya masih berhubungan dengan dunia desain. Kali ini peluang pekerjaan tersebut adalah menjadi web designer. Perkembangan internet membuat banyak orang berlomba-lomba menciptakan website yang menarik sehingga bisa membuat orang-orang tertarik berkunjung pada website tersebut dan meningkatkan traffic.

Jika kamu memiliki latar belakang ilmu di bidang komputer dan jaringan, kamu bisa mencoba peluang pekerjaan menjadi web designer ini. Pekerjaan ini bisa kamu lakukan secara online dimana kamu bisa membuatkan desain untuk website para klien dari perangkat komputer yang kamu miliki tanpa harus bertemu tatap muka dengan klien tersebut.

9. Youtuber / Content Creator

Youtuber

Berkembangnya minat orang-orang pada situs platform video Youtube menciptakan peluang pekerjaan baru sebagai Youtuber atau juga sering disebut content creator. Sebagai content creator, kamu harus membuat konten-konten video yang menarik dan kamu unggah agar bisa menarik banyak penonton.

Semakin banyak orang yang menonton video kamu, semakin besar pula penghasilan yang kamu dapatkan. Namun untuk menjadi seorang content creator berpenghasilan tinggi, dibutuhkan waktu dan kerja keras untuk konsisten membuat konten-konten video yang menarik.

10. Selebgram

Selebgram

Sama halnya seperti Youtube, tingginya minat orang-orang pada sosial media seperti Instagram juga membuka peluang pekerjaan baru yang sering disebut selebgram. Kamu yang cukup aktif di Instagram dan memiliki cukup banyak followers memiliki peluang untuk mencoba pekerjaan ini dan menghasilkan uang.

Para selebgram bisa melakukan berbagai review produk-produk yang membayar untuk dipromosikan pada akun Instagram mereka. Selain mendapatkan uang tambahan, kamu juga bisa mendapat berbagai produk endorse yang kamu promosikan tersebut.

Itulah beberapa peluang pekerjaan yang bisa dilakukan oleh para pelajar dengan sistem online. Adakah diantara kamu yang pernah mencoba pekerjaan tersebut? Bagikan pengalamanmu di kolom komentar supaya bisa menjadi inspirasi bagi pembaca yang lain ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *