Ditulis oleh - Diperbaharui 28 Januari 2019

Siapa sih yang tidak mengenal pedang? Pedang atau yang dalam bahasa Inggris disebut sword adalah salah satu benda tajam berbentuk runcing memanjang dengan berbagai macam ukuran. Zaman dahulu, pedang biasanya selalu menjadi bagian dari sebuah acara yang sangat penting, seperti acara-acara yang diselenggarakan oleh kerajaan atau kekaisaran pada masanya.

Pedang ini terbuat dari besi yang dipanaskan hingga runcing dan tajam. Selain digunakan untuk acara-acara penting kerajaan, pedang ini menjadi alat utama peperangan sejak zaman dahulu karena belum adanya perkembangan senjata yang sangat canggih seperti saat ini. Seiring berkembangnya zaman, pedang tak lagi digunakan untuk hal serupa oleh masyarakat secara umum.

Di zaman yang sudah serba modern ini, fungsi pedang sudah tak digunakan secara penuh. Kebanyakan pedang ini digunakan untuk pajangan semata atau digunakan untuk perayaan upacara yang sakral, seperti upacara pedang pora.

Berbicara tentang pedang, tahukah kamu di antara pedang-pedang yang ada di dunia terdapat beberapa pedang yang dikenal sangat tajam? Apa saja itu? Simak pemaparannya di bawah ini.

10 Pedang yang Paling Tajam di Dunia

1. Pedang Bermata Tujuh

* sumber: warriorlink.blogspot.com

Pedang paling tajam di dunia yang pertama yaitu pedang bermata tujuh. Maksud mata dari nama pedang ini bukan berarti pedang ini memiliki 7 mata. Tujuh mata bermakna bahwa pedang ini memiliki enam titik runcing di dua sisinya dan satu titik tajam di bagian ujungnya sehingga diberi nama pedang bermata tujuh.

Karena titik tajamnya yang begitu banyak, bentuk dari pedang ini sangatlah unik. Pedang bermata tujuh ini berasal dari Dinasti Baekje yaitu dinasti yang terletak di sepanjang Korea hingga Cina yang hidup di akhir abad ke 4.

Konon, katanya pedang ini masih ada dan terjaga di Jepang namun tidak dipertontonkan untuk umum. Menurut sejarah, pedang bermata tujuh ini belum pernah digunakan untuk menebas atau membunuh musuh sehingga dapat dikatakan pedang ini masih bersih atau suci.

2. Pedang Napoleon

pedang napoleon

Pedang paling tajam di dunia selanjutnya yaitu pedang Napoleon. Nama pedang ini diambil dari nama pemiliknya sendiri yaitu Napoleon Bonaparte, seorang tokoh perang yang paling terkenal di dunia, khususnya Perancis. Napoleon ini memiliki keahlian berperang dan mengalahkan musuh pada masanya.

Saat berperang, Napoleon tak pernah lepas dari 2 benda andalannya yaitu pistol dan pedang Napoleon miliknya. Pedang Napoleon berbentuk melengkung dan beberapa bagiannya dibalut unsur emas. Katanya, pedang ini telah berhasil menebas banyak musuh di medan perang karena keperkasaan serta ketajamannya.

3. Pedang Zulfikar

pedang zulfikar

Bagi sebagian orang beragama Islam mungkin nama pedang ini sudah tak asing lagi karena pedang ini sangat berkaitan dengan agama Islam sendiri. Pedang dengan nama Zulfikar ini menjadi saksi bisu sejarah perang yang terjadi di masa lalu. Pedang ini awalnya dimiliki nabi Muhammad SAW yang kemudian diberikan kepada Ali bin Abi Thalib.

Pedang ini memiliki keunikan tersendiri yaitu berbentuk huruf V di bagian ujungnya. Keunikan lainnya yaitu kaligrafi terukir dan ikut menghiasi di kedua sisi bilahnya. Tak berhenti di Ali bin Abi Thalib, pedang ini kemudian diwariskan pada putranya yaitu Husain bin Ali. Pedang zulfikar memiliki sarung logam berlapis emas.

4. Hanjo Masamune

* sumber: www.akibanation.com

Hanjo masamune merupakan pedang yang terkenal dari Jepang. Usia bukan penghalang untuk terus tetap populer dikenang dunia sebagai pedang yang sangat tajam dari negara matahari terbit ini. Pedang hanjo masamune terbuat dari bahan yang dikhususkan dengan waktu pembuatan yang sangat lama.

Pedang ini dibuat oleh Masamune dan menjadi pedang paling populer di antara pedang-pedang yang ia ciptakan lainnya. Namun, sayangnya keberadaan pedang ini tak diketahui sejak hilang ketika hendak diserahkan pada pihak kepolisian pada Desember 1945. Beberapa rumor mengatakan bahwa pedang ini jatuh ke tangan orang Amerika.

5. Pedang Damascus

Pedang Damascus

* sumber: manado.tribunnews.com

Pedang paling tajam di dunia berdasarkan catatan sejarah selanjutnya yaitu pedang damascus. Pedang damascus merupakan pedang milik Salahuddin Al Ayubi yang dipercaya sebagai yang tertajam karena telah dibuktikan melalui riset fisika serta kimia yang meneliti kandungan dari pedang damascus itu sendiri.

Penelitian menyebutkan bahwa pedang ini mengandung karbon nanotube dalam logamnya sehingga pedang damascus menjadi kuat, elastis, dan sulit untuk dipatahkan. Pedang ini telat berhasil mematahkan banyak sekali bilah pedang serta tameng musuh para prajurit Crusader dengan sangat mudah seperti halnya membelah kayu.

6. Joyouse

* sumber: www.vebma.com

Pedang bernama joyouse merupakan pedang milik Charlemagne, seorang penguasa terkenal pada masanya. Charlemagne juga merupakan seorang raja kaum Frank sekitar tahun 768M. Pedang joyouse dikenal dengan ketajamannya karena konon pernah digunakan sebagai alat pemenggal kepala seorang Ksatria.

Pedang ini dilapisi pahatan emas dan pernah dipercantik dengan balutan berlian. Sepeninggal Charlemagne, pedang joyous ini kemudian diserahkan kepada Basilica Saint Denis dan kemudian disimpan di Louvre, Perancis.

7. Sword of mercy

* sumber: www.ancientpages.com

Edward Confessor merupakan salah satu raja Anglo Saxon yang terkenal memiliki senjata berupa pedang bernama pedang Mercy. Pedang ini merupakan salah satu pedang yang terkenal dengan ketajamannya. Selain tajam, pedang ini juga merupakan pedang yang unik dan langka dari peninggalan pemerintahan Oliver Cromwell.

Bukan digunakan untuk peperangan, pedang Mercy ini digunakan sebagai perlambang kehormatan dalam proses penobatan ksatria Inggris karena pedang Mercy ini merupakan bagian dari permata mahkota kerajaan Inggris.

8. Tizona

tizona

Pedang Tizona merupakan pedang yang sangat diagungkan di Spanyol. Pedang ini digunakan oleh El Cid dalam melawan musuhnya yaitu bangsa Moor. Pedang tizona terbuat dari baja damaskus yang terkenal dengan kekuatan serta keelastisannya. Pedang ini memiliki panjang 103 cm dengan berat kurang lebih 1,1 kg.

Hingga saat ini, pedang Tizona masih terawat dan tetap terjaga. Pedang Tizona dapat kamu jumpai di Museum Museo de Burgos, Spanyol karena dijadikan sebagai salah satu pajangan yang dipertontonkan di sana.

9. Wallace Sword

wallace sword

Selanjutnya adalah pedang wallace atau wallace sword. Pedang ini merupakan salah satu pedang paling kuat yang ada di dunia karena pernah ikut serta dalam memerangi musuh pada pertempuran Stirling Bridge dan pertempuran Falkirk. Pedang ini terbuat dari besi dilapisi emas namun sayangnya beberapa bagian telah mengalami perubahan.

Wallace sword memiliki panjang sekitar 132 cm dengan berat 2,7 kg. Meskipun sempat beberapa kali berpindah kepemilikan, namun saat ini kamu bisa mengunjungi pedang penuh sejarah ini di Monumen nasional Stirling, Skotlandia.

10. Tamoyaki Yamashita’s sword

Tamoyaki yamashita’s sword

* sumber: m.liputan6.com

Kembali lagi ke negara Jepang, masih ada lagi pedang yang paling tajam dalam catatan sejarah. Pedang ini adalah pedang milik Tamoyaki, seorang jenderal angkatan darat asal Jepang yang terkenal pada perang dunia ke II. Pedang yang dimilikinya ini bernama Fujiwara Kanenaga yang terkenal ketajamannya.

Pedang Tamoyaki ini kemudian diserahkan pada Jenderal Mac Arthur dan akhirnya dimuseumkan di Museum militer west point hingga saat ini bersama beberapa benda militer bersejarah lainnya.

Itu dia beberapa pedang paling tajam di dunia dalam catatan sejarah. Tajamnya pedang-pedang tersebut menjadi ciri betapa majunya peradaban manusia sejak zaman dulu atas pemikirannya untuk menciptakan sesuatu yang sangat dibutuhkan oleh manusia. Beberapa pedang paling tajam tersebut masih tersimpan dan terjaga sebagai bukti nyata atas sejarah yang telah terjadi. Apakah kamu pernah melihat salah satunya?

Oh iya, selain membahas pedang tertajam, kami juga punya informasi seputar kapal perang terbesar di dunia yang sangat mengagumkan. Apa saja itu? Mari simak ulasan selengkapnya di 7 Kapal Perang Terbesar ini.