Bacaterus / Kuliner / Kuliner Surabaya / Ini Dia 10 Pecel Enak di Surabaya yang Nagih Banget, Rek!

Ini Dia 10 Pecel Enak di Surabaya yang Nagih Banget, Rek!

Ditulis oleh - Diperbaharui 2 November 2018

Sudah pernah makan nasi pecel? Kalau belum, kamu sudah melewatkan salah satu makanan terenak di Nusantara. Pecel adalah sajian sederhana yang terdiri dari sayur tauge, kangkung, kacang panjang, kol, dan kemangi. Sayuran ini sudah direbus terlebih dahulu, kemudian disiram dengan bumbu kacang yang sedikit pedas dan beraroma daun jeruk.

Rugi banget kalau kamu belum pernah mencicipi nasi pecel! Namun, kerugian kamu akan terbayar lunas setelah mencicipi 10 pecel enak di Surabaya ini. Yuk, ikut wisata kuliner bersama Bacaterus untuk mencoba pecel-pecel di Surabaya yang wenak tenan, rek!

10 Pecel Enak di Surabaya

1. Pecel Bu Djoyo

Nasi Pecel Bu Djoyo

* sumber: travelingyuk.com

Beberapa waktu lalu, Bacaterus sempat mengulas artikel kuliner legendaris di Surabaya. Nah, dalam artikel tersebut kami juga mengulas tentang salah satu pecel enak di Surabaya, yaitu Pecel Bu Djoyo. Untuk merasakan kenikmatan pecel yang satu ini kamu harus bangun pagi-pagi buta. Pasalnya, warung ini hanya buka beberapa jam saja, yakni dari pukul 6 pagi dan biasanya pada pukul 8-9 pagi pecelnya sudah habis.

Keistimewaan Pecel Bu Djoyo tentu terletak pada bumbu pecelnya yang mantap. Biasanya, pembeli memesan nasi pecel dengan lauk empal. Potongan daging empalnya cukup besar dan tekstur dagingnya terasa empuk. Lokasi Pecel Bu Djoyo ada di Jalan Pandegiling 318 A, Surabaya.

2. Pecel Bu Kus

Pecel Bu Kus

Mau makan pecel di tempat yang nyaman? Yuk, kunjungi Pecel Bu Kus. Berbeda dengan tempat makan pecel yang biasanya berbentuk warung atau depot sederhana, Pecel Bu Kus berada di bangunan rumah makan modern yang bersih dan nyaman. Meskipun nyaman, rasa pecelnya tetap enak dan tidak kalah dengan pecel kaki lima.

Pilihan lauk pendamping nasi pecel di tempat ini lebih beragam, ada paru goreng, telur, tempe bacem, sampai dengan bakwan jagung. Selain nasi pecel, rumah makan ini juga menawarkan menu lezat lainnya, seperti rawon, nasi campur, dan sop buntut. Kunjungi Pecel Bu Kus di Jalan Barata Jaya XX No. 110, Surabaya.

3. Pecel Ambulance Bu Hana

Pecel Ambulance Bu Hana Pecel Enak di Surabaya

* sumber: www.instagram.com

Pecel enak di Surabaya tidak selalu buka di pagi hari. Ada juga warung makan pecel yang buka pada larut malam, yaitu Pecel Ambulance Bu  Hana. Anehnya, meskipun jam bukanya nyaris tengah malam tapi tetap saja warung ini selalu ramai dipenuhi pengunjung.

Selain bumbunya yang sedap dan pedas, Pecel Ambulance Bu Hana digemari masyarakat Surabaya karena memberikan pilihan lauk yang variatif. Ada ayam goreng, tahu krecek, usus pedas, perkedel, telur bali, dan masih banyak lagi.

Kalau ingin makan di sini, kamu harus rela antre lama karena jumlah pengunjungnya selalu membludak, terutama saat akhir pekan. Pecel Ambulance Bu Hana dapat dikunjungi di Jalan Kranggan, Sawahan, Surabaya.

4. Nasi Pecel Rawon Pucang Moro Seneng

Nasi Pecel Rawon Pucang Moro Seneng

* sumber: www.travelaper.com

Ada yang unik dengan nasi pecel yang satu ini. Ya, penyajian nasi pecel di Warung Moro Seneng ini berbeda karena nasi pecelnya disiram dengan kuah rawon. Jangan khawatir soal rasanya karena benar-benar enak dan luar biasa nagih!

Warung Moro Seneng ini buka sejak pukul 9 malam sampai dengan dini hari. Sama seperti Pecel Ambulance Bu Hana, warung kaki lima ini juga selalu dipadati pengunjung. Kalau kamu ingin menikmati pecel dengan cita rasa berbeda, datang saja ke Warung Moro Seneng di Jalan Pucang Anom No. 17, Surabaya. Sepiring pecel rawon yang unik dan lezat menanti kamu di sini!

5. Pecel Ponorogo Boeyatin

Pecel Ponorogo Boeyatin

* sumber: www.titofebrian.com

Berada dekat dengan pusat perbelanjaan Grand City Mall dan Surabaya Plaza, Pecel Ponorogo Boeyatin selalu menjadi jujugan bagi wisatawan dari luar Kota Surabaya. Kelezatan pecel di tempat ini memang sudah terkenal sejak lama. Apalagi lokasinya memang strategis karena berada di tengah kota.

Pecel Ponorogo Boeyatin menyajikan nasi pecel dengan bumbu yang pas, tidak terlalu pedas dan tidak terlalu manis. Pilihan lauk pendamping nasi pecelnya juga beragam, seperti sate usus, otak telur, bakwan jagung, paru goreng, sate telur puyuh, dan masih banyak lagi. Alamat Pecel Ponorogo Boeyatin ada di Jalan Ketabang Kali No. 51, Genteng, Surabaya.

6. Nasi Pecel Nyamleng

Nasi Pecel Nyamleng

Sebelum memasuki area Surabaya Barat, yuk, mampir makan pecel dulu di pinggir Jalan Mayjen Sungkono. Nasi Pecel Nyamleng adalah salah satu pecel enak di Surabaya Barat. Lokasinya yang berada di jalan besar memudahkan kamu menemukan tempatnya yang tidak terlalu besar.

Nasi Pecel Nyamleng menawarkan nasi pecel dengan bumbu yang gurih dan sedap. Meskipun pilihan lauknya tidak terlalu banyak, tapi tetap saja banyak konsumen setia yang tetap menjadi langganan di sini. Kunjungi Nasi Pecel Nyamleng di Jalan Mayjen Sungkono No. 31, Surabaya.

7. Pecel Madiun Murni

Pecel Madiun Murni

* sumber: travelingyuk.com

Satu lagi tempat makan pecel enak di Surabaya yang tidak pernah sepi pengunjung, namanya Pecel Madiun Murni. Pecel di sini tidak disajikan di atas piring, melainkan di dalam “pincuk”, daun pisang yang dibentuk kerucut, lalu nasi dan lauknya diletakkan di bagian dalam.

Makan pecel di dalam “pincuk” nikmatnya dua kali lipat, lho. Apalagi jika pada dasarnya bumbu pecel yang disajikan memang sudah enak. Untuk pilihan lauknya, Pecel Madiun Murni menyediakan lauk yang mainstream, seperti ayam goreng dan paru goreng. Pecel Madiun Murni berlokasi di Jalan Ahmad Yani No. 112A, Surabaya.

8. Nasi Pecel Madiun Bu Pri

Nasi Pecel Madiun Bu Pri

Apabila kamu ingin menyantap nasi pecel di tempat yang modern, sejuk, bersih, dan nyaman, datang saja ke Nasi Pecel Madiun Bu Pri. Tempat ini berada di sebuah bangunan modern dan di dalamnya terdapat penyejuk ruangan (AC) yang membuat pengunjung semakin nyaman.

Pecel yang kabarnya sudah ada sejak tahun 1962 ini menyajikan berbagai macam varian lauk, seperti dadar jagung (bakwan jagung), perkedel, empal goreng, tahu/tempe bacem, dan telor ceplok. Selain pecel, rumah makan ini juga menghidangkan ayam goreng dan rawon. Nasi Pecel Madiun Bu Pri bertempat di Jalan Raya Darmo Permai I No. 70, Surabaya.

9. Pecel MM Bu Endang

Sangat mudah menemukan pecel enak di Surabaya. Salah satu tempat makan pecel yang akan kita bahas berikutnya adalah Pecel MM Bu Endang. Tempatnya sederhana karena berada di dalam sebuah bangunan berupa bengkel. Meja untuk berdagangnya pun kecil.

Meskipun demikian, kelezatan Pecel MM Bu Endang sudah tersohor di telinga warga Kota Surabaya. Harganya yang murah meriah dan rasanya yang enak membuat tempat makan ini pernah diliput oleh surat kabar Jawa Pos. Pecel MM Bu Endang buka mulai pukul 6 sampai 11 pagi dan lokasinya ada di Jalan Manyar Kertoarjo (dekat Banks HSBC Manyar dan Ray White), Surabaya.

10. Pecel Kota P’House

Pecel Kota P’House

* sumber: www.surabayarek.com

Kalau bosan menyantap nasi pecel yang biasa-biasa saja, saatnya mencoba hidangan unik yang dikreasikan dari pecel. Pecel Kota P’House adalah tempat makan yang hits dengan menu serba pecelnya. Ada spaghetti pecel, nasgor pecel, dan omurice pecel.

Walaupun terkesan nyeleneh, ternyata banyak warga Surabaya yang antusias mencoba menu serba pecel. Jika kamu tidak ingin menyantap kreasi hidangan pecel, tempat ini juga menyediakan nasi pecel klasik yang sama seperti nasi pecel pada umumnya. Pecel Kota P’House beralamatkan di Ruko Ngagel Jaya Indah Blok A No. 18, Surabaya.

Aneka pecel enak di Surabaya ini sangat menarik untuk dicoba ya, rek! Jangan lupa mampir ke sejumlah rekomendasi pecel dari Bacaterus ini ketika kamu berada di kota pahlawan.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment