bacaterus web banner retina

Kenalan dengan 10 Pasukan Elite Militer Zaman Kuno

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 17 Mei 2021

Peperangan bukan hanya masalah jumlah senjata atau banyaknya pasukan yang harus dimiliki. Tetapi memiliki pasukan dengan kemampuan yang mumpuni juga membuat musuh menjadi segan untuk melakukan serangan tanpa perhitungan yang matang dan berakibat kekalahan yang telak.

Para satria ini dari zaman dahulu ini merupakan pasukan-pasukan yang terkenal akan kekuatan yang mereka mumpuni. Berikut ini adalah ulasan beberapa pasukan elit yang ada sejak zaman dahulu yang mungkin kamu tidak tahu. Kemampuan mereka memberikan warisan tersendiri pada dunia militer.

1. Medjay

Sumber: ancient.eu

Pasukan Medjay merupakan pasukan elite yang dibentuk pada masa Kerajaan Mesir Lama. Dahulu kata Medjay diasosiasikan sebagai sekelompok orang yang berasal dari daerah Medjay. Medjay sendiri merupakan sebuah distrik yang terletak di daerah sebelah timur dari Nubia daerah sekitar sungai Nil.

Pada masa Kerajaan Mesir baru pada dinasti ke-18, Medjay  tidak lagi mengacu pada etnis tertentu melainkan menjadi pasukan polisi paramiliter elit. Tugas dari pasukan Medjay ini adalah menjaga daerah penting para raja seperti ibu daerah kota, makam para raja, dan perbatasan Mesir.

Para Medjay yang sangat terampil dan loyal biasanya ditunjuk sebagai pengawal pribadi daripara raja. Mereka sangat terampil dalam memanah, sedangkan untuk pertarungan jarak dekat mereka lebih memilih senjata tombak  perunggu panjang dan kapak. Mereka juga dapat melatih anjing dan monyet.

2. The Immortals

Sumber: en.wikipedia.org

The Immortals merupakan pasukan elite militer Persia yang berjumlah 10 ribu pasukan. Mereka adalah pasukan elite pada masa kekaisaran Achaemenid. Mereka adalah pasukan infantri yang dibentuk semasa pemerintahan dari Cyrus yang Agung pada abad ke-6 sebelum masehi.

Pasukan Immortals merupakan para prajurit yang telah membuktikan kapasitas mereka dalam hal karakter dan juga kemampuan berperang. Para sejarawan Iran mengatakan bahwa pasukan ini dibentuk pertama kali oleh seorang komandan wanita Pantea Arteshbod dan suaminya Jendral Aryasb.

Kamu mungkin lebih mengenal pasukan Immortals dalam sebuah film dengan judul 300 di tahun 2006. Walaupun harus disayangkan bahwa penggambaran jauh dari kenyataannya. Pasukan Immortals merupakan yang pemberani, terlatih, dan berpengetahuan dibandingkan penggambaran di film.

3. Companion Cavalry

Companion Cavalry merupakan pasukan berkuda dari tentara Macedonia pada pemerintahan Raja Macedonia Philip II. Semasa pemerintahan Alexander yang Agung pasukan ini mendapatkan puncak kejayaannya, dengan prestise yang besar, dan dia tak akan menjadi besar tanpa pasukan ini.

Nama Companion atau Hetaroi berasal dari bahasa Yunani Hetaroi yang berarti mereka yang dekat dengan raja. Pasukan ini terdiri dari dari masyarakat kelas atas atau para aristokrat. Mereka dianggap  sebagai pasukan berkuda terbaik pada zaman kuno dengan tombak dan hem perunggunya.

Pasukan Companion berperang dengan menggunakan formasi baji yang dianggap mudah  untuk menembus celah pasukan musuh yang biasa menggunakan formasi persegi. Pasukan inilah yang memberikan kemenangan bagi Alexander yang Agung saat melawan Persia.

4. Praetorian Guard

Sumber: commons.wikimedia.org

Praetorian Guard adalah pengawal pribadi seorang komandan pada masa Romawi masih berbentuk Republik. Awal terbentuknya adalah pada sekitar abad ke-4 sebelum masehi. Pada saat Romawi berubah menjadi kekaisaran tugas mereka berubah menjadi pelindung kaisar dan juga Kota Roma.

Mereka memiliki peran penting dalam politik kekuasaan sehingga para kaisar yang berkuasa harus dapat mengambil hati mereka agar dapat menduduki tahta kerajaan. Telah banyak kaisar yang dibunuh dengan melibatkan Praetorian Guard dalam perebutan tahta kekaisaran.

Sebagai Praetorain Guard, seeorang memiliki banyak hak istimewa yang diberikan oleh kaisar. Hak istimewa itu diantaranya adalah masa kerja yang lebih pendek. Gaji Pretorian Guard tiga kali lebih besar dari prajurit biasa. Selain itu mereka juga memiliki status yang lebih tinggi dari prajurit biasa.

5. The Berserkers

Sumber: en.wikipedia.org

The Berserkers atau bisa disebut pasukan pengamuk merupakan pasukan yang berasal dari suku bangsa Norse yang berada di daerah Skandinavia. Mereka merupakan pejuang yang terkenal dan juga ditakuti. Mereka merupakan pasukan kejut yang berperang tidak menggunakan baju zirah.

Bukti  mengenai tentang prajurit berserkers berasal dari sebuah tulisan bangsa Romawi pada abad pertama masehi.  Tulisan tentang berserkers berasal dari sebuah buku Germania karya sejarawan Tacitus. Selain itu juga ada tulisan dari serajawan Romawi Timur Prokopios tentang berserkers.

Para Sejarawan itu menggambarkan pasukan tersebut sebagai pasukan elit. Selain itu adalah penggambaran para berserkers yang khas adalah mereka pergi bertempur tanpa baju besi hingga hanya mengenakan cawat saja. Mereka muncul sebagai kelompok-kelompok kecil melayani raja.

Baca juga: Film Tentang Tentara Indonesia yang Menginspirasi

6. The Varangians

Sumber: en.wikipedia.org

The Vararangians merupakan pasukan elit yang berasal dari daerah Skandinavia. Nama Varangians mulai dikenal sekitar tahun 895, yang disebutkan dalam Russian Chronicle. Kata Varangians sendiri merujuk pada pasukan elit yang disewa oleh para kaisar Romawi Timur.

Pasukan Varangians merupakan pasukan terhebat di Erropa pada masanya, mereka disewa oleh Kekaisaran Romawi Timur. Mereka datang ke daerah Bizantium sekitar 6 ribu orang untuk disewa sebagai prajurit selama 4 tahun. Mereka memperoleh pelatihan yang tidak diterima oleh prajurit biasa.

Harald Hardrada adalah satu tokoh pemimpin dan pejuang terkenal dari pasukan Varangians. Dia telah melayani kaisar hampir satu dekade lamanya. Ia juga melakukan pertempuran bersama George Maniekes seorang, jendral di zaman Bizantium di Sisilia di tahun 1038 Masehi.

7. Kheshig

Khesig merupakan pasukan penjaga kerajaan di kekaisaran Mongolia, atau dapat dikatakan pasukan pengawal Genghiskan dan istrinya. Mereka bertugas menjaga keluarga kerajaan dan juga para bangsawan penting. Tugas sebagai penjaga membuat mereka tidak terlibat dalam peperangan.

Pasukan ini dibagi menjadi dua kelompok. Pertama adalah penjaga siang yang disebut dengan torggud. Sedangkan yang bertugas di malam hari disebut dengan khevtuul. Kedua kelompok ini dipimpin oleh seorang komandan tertinggi yang disebut dengan nama cherbi.

Sistem pasukan penjaga seperti kheshig tak hanya digunakan di masa pemerintahan Genghis Khan saja. Tetapi sistem ini juga digunakan oleh kekaisaran yang ada dalam pengaruh kekuasaan Mongol. Satu di antaranya adalah kerajaan Mughal yang terdapat di India.

Selama masa pemerintahan Genghis Khan, para kheshig merupakan para pengikut yang telah bersumpah setia. Di awalnya para pengawal ini terdiri dari  seribu orang dan bertambah menjadi 10 ribu di pertengahan masa Genghis Khan. Pasukan ini memperoleh bayaran  yang cukup tinggi.

8. The Jaguars dan The Eagles

Sumber: commons.wikimedia.org

Prajurit jaguar dan elang merupakan prajurit dari masa peradaban Kekaisaran Aztek. Kedua jenis prajurit ini merupakan cara bagi seseorang naik kelas secara sosial dalam lingkungan masyarakat Aztek. Hidup sebagai prajurit jaguar dan elang mengharuskan kamu selalu ada dalam peperangan.

Untuk menjadi bagian dari pasukan elit Aztek ini, seseorang harus dapat menangkap musuhnya. Bagi prajurit Aztek menangkap musuh dalam keadaan hidup lebih penting. Hal itu karena para tawanan perang ini akan dijadikan persembahan dengan diambil bagian hatinya.

Prajurit jaguar dan elang , perbedaan keduanya terdapat pada kostum yang mereka kenakan. Pasukan jaguar biasanya akan mengenakan pakaian dengan dekorasi kulit dan juga kepala jaguar, sedangkan pasukan elang mengenakan pakaian katun dengan hiasan sayap dan helm berbentuk elang.

9. Samurai

Sumber: japan-guide.com

Samurai merupakan pasukan elit yang berasal dari Jepang yang berasal dari abad ke-10 masehi. Mereka terkenal dengan kemahirannya dalam menggunakan pedang samurai dan juga panah. Samurai sering digambarkan sebagai seseorang yang penuh kehormatan, kesetiaan, dan keberanian.

Pada tahun 792 Masehi sistem wajib militer telah berakhir yang menjadi penanda awal lahirnya era samurai. Mereka berasal dari pengawal pribadi yang bertugas untuk melindungi tanah dari para bangsawan. Mereka biasa dipekerjakan oleh para tuan tanah dalam menjaga aset tanah mereka.

Para samurai dapat mengambil alih istana kekaisaran di saat mereka mulai diorganisir dan dipimpin oleh seorang panglima perang dengan kekuatan politiknya. Maka di mulailah era di saat para pemerintahan baru dipimpin oleh para pemimpin militer hingga abad ke-19 Masehi.

10. Ninja

Sumber: ancient-origins.net

Siapa yang tidak kenal dengan prajurit yang satu ini, ninja atau bisa disebut juga dengan nama shinobi. Di saat ini mereka dapat dikatakan mirip dengan agen rahasia, dengan keahlian yang sangat beragam. Seni beladiri yang mereka miliki ini dikemudian hari dikenal dengan nama ninjutsu.

Mereka adalah pasukan khusus yang dapat bergerak seperti bayangan, dapat menyamar, mengelabui musuh, dan menyerang dimalam hari. Hal itu terlihat dari warna pakaian mereka yang serba hitam dan gelap. Ninja sebagai sebuah kekuatan militer mulai dipekerjakan di abad ke-15 Masehi.

Seorang ninja memiliki dua tugas penting yaitu sebagai mata-mata dan juga sebagai seorang pembunuh. Seorang ninja yang hebat adalah mereka yang dapat mengelabui orang dengan penyamaran mereka. Mereka biasa digunakan untuk membuat kekacauan di area musuh.

Nah sekarang kamu tahu beberapa pasukan elit dari zaman dahulu. Mereka tidak kalah hebat dari pasukan elit yang ada zaman sekarang. Mereka merupakan orang-orang yang memiliki kemampuan yang luar biasa jika dibandingkan dengan tentara pada umumnya.

Pasukan-pasukan elit dengan kemampuannya yang luar biasa ini biasa diganjar dengan banyak kemudahan, fasilitas, juga uang. Sebagian akan memperoleh kehormatan dan juga status sosial di masyarakat. Tetapi yang harus mereka korbankan juga tidak sedikit untuk mencapainya.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram