Bacaterus / Perawatan Bayi / Moms n Dads, Inilah 10 Pasta Gigi Bayi & Anak yang Terbaik

Moms n Dads, Inilah 10 Pasta Gigi Bayi & Anak yang Terbaik

Ditulis oleh - Diperbaharui 11 Februari 2021

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Anak kecil, terutama bayi, memiliki kondisi dan kebutuhan yang berbeda dengan orang dewasa dalam berbagai hal. Termasuk dalam cara merawat kesehatan gigi, gusi, dan mulut. Anak kecil memiliki ‘gigi susu’ yang lebih rentan berlubang, hal ini dipicu dengan anak-anak yang biasanya hobi makan makanan manis dan malas sikat gigi.

Bayi yang baru tumbuh beberapa gigi pun sudah bisa dijaga kesehatannya sejak dini, loh! Tidak hanya dengan dilap oleh kain kasa steril atau sikat gigi silikon saja, tapi Anda bisa juga menyikat giginya menggunakan pasta gigi atau odol.

Tapi, harus pakai odol khusus bayi atau anak, ya. Dan, rentan usia baby pun harus diperhatikan, karena tidak semua pasta gigi anak cocok untuk segala usia. Berikut 10 pasta gigi bayi dan anak terbaik menurut Bacaterus.

1. Pepsodent Pasta Gigi Anak

* sumber: www.tokopedia.com

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Kalau brand yang satu ini sudah tidak perlu ditanyakan lagi, ya. Bahkan kadang orang kalau mau beli pasta gigi, bilangnya mau beli Pepsodent, saking sudah terpatrinya merk ini di benak orang Indonesia.

Pepsodent bisa dibilang merk pasta gigi kesukaan banyak orang (dewasa), lalu, kalau anak-anak apakah boleh pakai Pepsodent. Tentu boleh, tapi Pepsodent Pasta Gigi Anak. Produk ini hadir dengan rasa menarik, yaitu Awesome Orange, Mild Mint, dan Sweet Strawberry.

2. Kodomo Toothpaste

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Lion Japan telah memproduksi banyak sekali skincare dan bodycare, baik untuk orang dewasa hingga anak-anak. Salah satu produk buat baby dan toddler dari Lion datang dari lini Kodomo. Brand ini telah memproduksi sabun mandi, sampo, dan tentunya pasta gigi untuk si kecil.

Dengan rasa buah yang menyegarkan, anak Anda akan merasa senang untuk rajin sikat gigi. Yuk, beli Kodomo Toothpaste sekarang juga! Untuk varian rasanya ada Strawberry, Orange, Grape, dan yang terbaru ada Melon.

3. Pigeon Toothpaste for Children

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Pasta gigi anak yang bagus tidak selalu mahal. Buktinya, Pigeon Toothpaste for Children ini terbilang baik padahal harganya hanya Rp 15.000-an saja. Terus, pasta gigi ini juga telah terjamin aman karena punya sertifikat halal MUI dan nomor BPOM.

Pigeon mengklaim kalau produknya bisa membersihkan gigi dan gusi, sekaligus mencegah kerusakan gigi di kemudian hari. Odol anak Pigeon hadir dalam dua varian, yaitu Strawberry dan Orange saja.

4. Pure Kids Toothpaste

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Odol yang berkualitas baik dan bisa ditemukan di swalayan serta mini market, adalah Pure Kids Toothpaste. Produk ini tidak menggunakan Sodium Loutyl Sulfote atau yang lebih dikenal dengan singkatan SLS, juga tidak ada tambahan fluoride, sehingga aman jika tertelan si baby.

Odol ini juga dipastikan tak ada paraben maupun pewarna, makanya warna pastanya bening. Yuk, jaga kesehatan dan kekuatan gigi serta mulut anak Anda dengan Pure Kids Toothpaste! Harga produk ini cukup terjangkau, yaitu Rp 34.000 untuk kemasan 50 gram. Varian rasanya kurang beragam tapi, hanya Banana dan Strawberry saja.

5. Jack N Jill Organic Toothpaste

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Jack N Jill Organic Toothpaste adalah produk pasta gigi paling terkenal di kalangan ibu dan ayah muda (atau yang kekinian). Memang, pamornya sebanding dengan kualitasnya yang premium. Odol ini aman banget kalau misalnya tertelan karena terbuat dari bahan alami yang organik. Jadi, kalau anak Anda belum bisa kumur-kumur juga tak apa.

Odol ini memiliki varian rasa paling banyak diantara odol anak kebanyakan, yaitu ada Flavor Free, Milkshake, Bubblegum, Strawberry, Banana, Raspberry, Blueberry, dan Blackcurrent. Biasanya kalau brand lain kan paling cuma rasa pisang, jeruk, stroberi. So, odol Jack N Jill ini lebih variatif, kalau anaknya bosan tinggal ganti rasa saja coba varian lain!

6. Dr. El Premium Kids Toothpaste Natural

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Dr. El Premium Kids Toothpaste Natural merupakan produk pasta gigi asal Korea Selatan. Odol ini dibuat dari bahan-bahan alami, loh! Ada ekstrak rosemary, sage, aloe vera, green tea, chamomile, eucalyptus, silica xanthan gum, dan natural raspberry flavor serta natural blueberry flavor, produk ini akan disukai anak-anak dan menjadi kepercayaan orang tua. Dengan berat 150 gram, harga pasarannya berkisar Rp 79.000-an saja, loh!

8. Little Tree Fruity Baby Toothpaste

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Di pasaran sangat banyak produk pasta gigi berlabel organik. Salah satu yang terbaik adalah Little Tree Fruity Baby Toothpaste. Dibuat dari bahan-bahan alami yang organik, odol ini pun minim busa. Odol ini juga bebas pengawet, sehingga aman untuk menjaga kesehatan mulut si kecil.

Apalagi dengan adanya tambahan kandungan xylitol, ekstrak blueberry, vitamin C, vitamin E, dan ekstra kalsium, tentunya pasta gigi ini sangat the best di pasaran. Pasta gigi seukuran 70 gram ini dibanderol harga Rp 99.000. Anak dengan usia 12 bulan ke atas sudah bisa menggunakan odol Little Tree.

9. Chicco Toothpaste Dentifricio

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Chicco Toothpaste Dentifricio hadir dengan varian rasa buah favorit anak-anak, yaitu Apple Banana dan Strawberry! Dengan tambahan xylitol di dalamnya, pasta gigi Chicco ini akan membantu mencegah kerusakan gigi pada anak.

Odol ini juga tidak ada kandungan fluoride-nya yang mana merupakan senyawa kimia yang biasa ada pada pasta gigi orang dewasa. Jadi, kalau tidak sengaja tertelan oleh bayi, tidak apa-apa. Harga odol ini berkisar Rp 80.000-an (ukuran 50 ml).

9. Buds Oralcare Organics Oral Gel

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Buds Oralcare Organics Oral Gel dibuat secara spesial untuk merawat gigi dan gusi baby moms and dads! Dilengkapi dengan xylitol yang akan menjaga kesehatan mulut dan gigi. Dalam kemasan 50 ml, odol bergambar monster gemesin ini dipasarkan dengan harga Rp 130.000-an. Karena terbuat dari bahan-bahan organik, odol ini aman digunakan dari baby usia 1 tahun dan masih cocok digunakan hingga usia 3 tahun.

10. Dr Brown’s Natural Baby Toothpaste

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Dr Brown’s adalah brand barang-barang keperluan bayi yang sangat lengkap. Mulai dari bodycare, botol susu, hingga sikat dan pasta gigi juga ada. Natural Baby Toothpaste adalah pasta gigi yang diformulasi khusus untuk bayi. Karena bebas fluoride, pasta gigi ini aman jika tertelan. Dari namanya, ‘natural’, pasta gigi ini jelas tidak menggunakan pengawet maupun pewarna buatan.

Agar lebih disukai anak-anak, Dr Brown’s menambahkan perisa alami dari buah pear dan buah apel sehingga anak kecil pun akan lebih semangat untuk rutin menyikat gigi mereka~ Odol ini cocok untuk bayi hingga balita dari usia 0-3 tahun.

Oh ya. Moms dan dads tak perlu khawatir, walaupun ini produk dibuat di Amerika Serikat, sudah ada nomor BPOM-nya NE51161400026. Pasta gigi ini berukuran 40 gram dan dijual dengan kisaran harga Rp 140.000-an.

Selesai sudah pembahasan pasta gigi bayi dan anak terbaik menurut Bacaterus. Apakah baby Anda telah menggunakan pasta gigi yang tepat, sesuai dengan usia ddan kebutuhannya? Perhatikan kandungan pasta gigi dan juga label umur yang tertera pada setiap produk sebelum digunakan, ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *