Bacaterus / Jalan-Jalan / Wisata Bandung / 10 Pasar Malam di Bandung yang Sangat Lengkap untuk Belanja

10 Pasar Malam di Bandung yang Sangat Lengkap untuk Belanja

Ditulis oleh - Diperbaharui 11 November 2018

Pasar identik dengan tempat belanja sayur mayur dan keperluan rumah tangga lainnya yang biasa didatangi pada pagi hari. Namun, bagaimana kalau Bacaterus memberi tahu Anda ada pasar yang buka hingga malam hari, dan bahkan ada pasar yang khusus buka pada malam hari di Bandung?

Uniknya, pasar-pasar malam ini tidak hanya menjual bahan makanan, seperti daging, ikan, ayam, bumbu dapur, sayur, dan buah saja. Tapi, ada juga yang menjual pakaian, barang antik, hingga sepatu branded bekas dengan harga yang pas dikantong. Tidak percaya? Datang saja ke sepuluh pasar malam di Bandung ini!

10 Pasar Malam di Bandung

1. Pasar Tegalega

Pasar Tegalega 

* sumber: www.google.co.id

Lokasi pasar malam di Bandung yang pertama mau Bacaterus bahas adalah Pasar Tegalega. Areanya sangat panjang, sepanjang Taman Konservasi Tega Lega saja. Jadi, para pedagangnya berjejer di luar taman, ada juga yang memanfaatkan area jalan setapak di depan taman dan menggantungkan barang-barang dagangan mereka di pagar.

Karena itulah, kalau hari sudah menjelang malam, sepanjang jalan Otto Iskandar Dinata dekat Taman Tegalega selalu macet. Apalagi kalau malam Minggu. Tapi, kondisi Pasar Tegalega sudah jauh lebih baik sekarang, sudah tidak kotor lagi. Barang-barang yang ada di pasar ini bermacam-macam, mulai dari parfum, baju, buah-buahan, hingga sepatu olahraga.

Orang-orang datang ke Pasar Tegalega karena tertarik dengan harganya yang miring. Jika dibandingkan dengan harga Jabodetabek, harga barang di Pasar Tegalega bisa cuma 1/3-nya saja. Kalau Anda biasa beli parfum sebotol 40 ribuan, di sana cuma 15 ribu saja. Kalau sepatu olahraga yang biasanya seharga 200 ribuan, di Pasar Tegalega bisa cuma 65 ribu saja harganya. Wow!

BTW, pasar ini sebenarnya buka 24 jam. Jadi, mau Anda datang pagi, siang, sore, malam, atau dini hari juga bakal selalu ada lapak yang buka. Alamat Pasar Tegalega ada di Jalan Otto Iskandar Dinata no. 592, Ciateul, Regol.

2. Pasar Malam Jamika

Pasar Malam Jamika

* sumber: www.google.co.id

Pasar yang wajib Anda datangi malam-malam selanjutnya adalah Pasar Malam Jamika. Sesuai namanya, pasar ini baru dimulai di atas jam 6 sore. Kalau Anda pulang kerja lewat Jalan Jamika, pasti lapaknya baru pada siap-siap. Lokasinya ada di sepanjang Jalan Jamika, Sukahaji, Babakan Ciparay. Tapi, lebih banyak berkumpul di Jamika bagian depan.

Di sini Anda dapat menemukan aneka barang. Mau boneka yang lucu buat dipeluk? Ada. Mau jam tangan kece? Ada. Mau tas baru buat ngampus? Ada. Dan, semua harganya terjangkau, para pedagangnya ramah-ramah dan murah senyum. Harga barangnya terjangkau, pas buat menengah ke bawah, sudah begitu masih bisa ditawar juga. Kalau lapar di sekitar lapak dagangan ada yang jualan makanan juga, mantap, kan?

3. Pasar Lilin

Pasar Lilin

* sumber: bekasorang.blogspot.com

Pasar malam di Bandung yang satu ini recommended banget. Anda akan menemukan barang-barang yang tidak terduga di Pasar Lilin. Pertama-tama, mari kita bahas dulu kenapa namanya Pasar Lilin. Jadi, pasar ini bukan menjual lilin, ya. Kalau melintas di Jalan Astana Anyar (tidak jauh dari Taman Tegalega), Anda akan melihat kios-kios pinggir jalan yang diterangi lilin. Itulah asal muasal nama Pasar Lilin.

Tapi, kalau sekarang, sih, kiosnya sudah ditambah lampu. Dulu, para pedagangnya menggunakan lilin karena belum ada sumber penerangan yang layak di sana. Walaupun sekarang juga mereka hanya menggunakan lampu seadanya yang diletakkan di antara kios, tapi justru di situ daya tariknya.

Dengan penerangan seadanya, para pedagang menjajakkan barang-barang dagangannya. Ada jam tangan, sepatu kulit, jaket bermerk, hingga sepatu olahraga bermerk, seperti Nike, Converse, Vans, dan Adidas, semua ada di sana. Kalau Anda lagi beruntung, bisa dapat barang branded yang masih bagus dengan harga super miring di Pasar Lilin.

Handphone batangan juga mudah ditemukan di pasar itu. Bahkan, ada yang menjual hape jadul dengan harga Rp 50 ribu saja, padahal masih bisa berfungsi dengan baik, loh, hapenya. Terus sepatu-sepatu bermerk seperti Nike yang kalau masih baru dijual Rp 1 jutaan bisa dijual dengan harga kurang dari 400 ribu di sana (dan masih bisa ditawar!).

Kios-kios di Pasar Lilin biasa buka dari jam 4 sore hingga tengah malam, tapi ada juga yang suka masih nongkrong sampai dini hari.

4. Pasar Loak Barang Bekas Astana Anyar

Pasar Loak Barang Bekas Astana Anyar

* sumber: www.google.co.id

Mencari barang bekas yang unik-unik, memiliki nilai seni tinggi, tapi harganya cocok dengan dompet? Datang saja ke Pasar Loak Barang Bekas Astana Anyar. Harga barang-barang di sini disesuaikan, karena itulah Anda harus jago menawar. Banyak orang datang ke pasar ini juga untuk mencari produk jadul yang sudah discontinue (sudah tidak diproduksi lagi).

Bahkan ada banyak komputer bekas yang masih bagus dan bisa Anda rakit ulang di sini. Pasar Loak Barang Bekas Astana Anyar terletak di Jalan Astanaanyar no. 328, Pelindung Hewan, Astanaanyar. Lokasinya ada di sepanjang Jalan Astana Anyar menggunakan kios seadanya. Pasar ini bisa Anda kunjungi setiap hari (kecuali hari Jumat).

5. Pasar Malam Parongpong

Pasar Malam Parongpong

* sumber: www.google.co.id

Pasar Malam Parongpong berbeda dengan pasar-pasar sebelumnya yang Bacaterus bahas, soalnya tempat ini benar-benar “pasar malam” alias karnaval mini. Di pasar ini ada aneka permainan layaknya wahana di Dunia Fantasi, hanya saja versi sederhananya.

Ada bianglala, kora kora, mobil putar, terus ada juga permainan khas pasar malam seperti memancing ikan dan memancing hadiah. Pasar malam ini buka dari jam 4 sore – 11 malam. Anda bisa mengajak buah hati ke tempat hiburan yang murah meriah dan dekat ini. Tapi, usahakan Anda tetap memperhatikan anak-anak Anda, ya.

Soalnya tingkat keamanan permainan-permainan ini tentu sangat rendah jika dibandingkan Dunia Fantasi betulan. Di sekitar wahana permainan terdapat banyak pedagang makanan, minuman, dan pakaian, jadi Anda bisa sekalian belanja juga. Alamatnya ada di Jalan Kolonel Masturi no. 243, Cihideung, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat.

6. Pasar Ciroyom

Pasar Ciroyom

* sumber: www.google.co.id

Pasar malam di Bandung yang satu ini merupakan pusatnya bahan makanan. Daging, ikan air laut, ikan air tawar, ayam, sayur, buah, bumbu dapur, semua ada di sini. Dan, Pasar Ciroyom sebenarnya buka 24 jam. Untuk siang – sore hari pasar ini dikuasai oleh pedagang pakaian. Baru pada malam hingga dini hari ramai oleh pedagang bahan makanan.

Kalau Anda bertujuan membeli bahan makanan, sebaiknya datang pada malam hari, karena jika di atas dini hari biasanya sudah banyak yang habis. Terus, kondisi pasar juga sudah semakin tidak kondusif karena becek dan banyak sampah. Alamat Pasar Ciroyom ada di Jalan Ciroyom, Andir.

7. Pasar Caringin

Pasar Caringin pasar malam di Bandung

* sumber: www.google.co.id

Sama terkenalnya seperti Pasar Ciroyom, ada satu lagi pasar malam di Bandung yang menjual bahan makanan lengkap, yaitu Pasar Caringin. Pasar ini merupakan pasar induk di Kota Bandung. Lokasinya strategis, akses jalan mudah, area parkir luas.

Namun sayang, bagian dalam pasar agak kumuh. Mungkin karena kiosnya di dominasi pedagang bahan makanan basah dan sayuran. Pasar ini buka 24 jam tapi lebih ramai pada malam hari. Alamatnya ada di Jalan Pasar Induk Caringin, Babakan Ciparay.

8. Pasar Tradisional Simpang Dago

Pasar Tradisional Simpang Dago

* sumber: www.google.co.id

Pasar di tengah kota? Memangnya ada, ya? Tentu ada, Pasar Tradisional Simpang Dago contohnya. Pasar ini berlokasi di Jalan Ir. Haji Juanda no. 181 (Simpang Dago), Lebakgede. Lokasinya tidak jauh dari perempatan jalan, tepat di seberang McDonalds. Pintu masuknya kecil, tapi kalau sudah masuk pasarnya cukup luas. Terdapat tulisan “Pasar Simpang Dago” sebagai tanda pintu masuknya.

Di Pasar Simpang Dago ini lengkap banget, ada daging, ikan, ayam, telur, beras, sayur, buah, hingga bumbu dapur. Ada juga toko kelontong, toko bahan kue, toko pakaian, dan lain-lain. Semua barang harganya relatif murah dan semuanya masih bisa ditawar.

Pasar ini tidak hanya dipenuhi ibu-ibu rumah tangga warga Cisitu, tapi anak kostan juga. Pasalnya, di daerah Dago ada cukup banyak kampus, jadi otomatis banyak anak kostan juga. Selain bahan makanan, di Pasar Simpang Dago banyak penjajak makanan yang enak-enak juga, walaupun kebanyakan penjual makanan ada di pinggir jalan Simpang Dago bukan di dalam pasarnya.

Pasar Simpang Dago sebenarnya lebih ramai pada pagi hari, sekitar jam 6. Tapi, ada beberapa kios yang masih buka sampai malam hari. Biasanya kios buah-buahan yang masih berjualan.

9. Pasar Sederhana

Pasar Sederhana

* sumber: www.google.co.id

Jangan tertipu dengan namanya. Walaupun namanya Pasar Sederhana, pasar ini menyediakan semua keperluan rumah tangga Anda. Mau mencari ikan, daging, ayam, pete, jengkol, sayuran, buah-buahan, sampai aneka ikan asin ada di sini. Bahkan sekarang Anda akan lebih nyaman lagi berbelanja di Pasar Sederhana, soalnya lantainya sudah dipasang keramik jadi tidak becek lagi kalau hujan turun.

Kalau Anda datang dari sore hingga malam hari, banyak penjajak makanan yang enak-enak di sekitar pasar. Ada nasi goreng samin (nasgor kambing), pecel lele, kupat tahu, dan masih banyak lagi. Pasar yang beralamat di Jalan Jurang no. 1, Pasteur, Sukajadi, ini buka hampir 24 jam.

Sayangnya, lahan parkir masih terlalu sedikit buat jumlah pengunjung yang banyak. Belum lagi jalanan di sekitar pasar sangat padat karena merupakan jalan hidup. Semoga ke depannya Pasar Sederhana dapat dibuat lebih nyaman lagi, ya.

10. Pasar Sayati Lama

Pasar Sayati Lama

* sumber: jabarekspres.com

Pasar malam di Bandung yang terakhir adalah Pasar Sayati Lama. Akses menuju pasar agak sulit karena jalannya sempit. Kalau sudah ada kendaraan roda empat dari arah berlawanan dijamin macet parah. Terus, ada beberapa spot yang malah menjadi tempat penimbunan sampah karena pengelolaan sampah dari pemerintahnya kurang baik.

Habis, mau bagaimana lagi? Pasar Sayati Lama merupakan pasar murahnya Kabupaten Bandung. Pasar yang beralamat di Gang Nata no. 106, Margahayu Tengah, ini buka dari jam 3 dini hari sampai jam 5 sore.

Itulah 10 pasar malam di Bandung yang bisa Anda kunjungi. Ternyata ada cukup banyak juga pasar yang hidup pada malam hari, ya? Barang yang ditawarkan pun bermacam-macam, tidak cuma sayur mayur saja. Anda tahu pasar lainnya yang buka pada malam hari? Beri tahu pembaca lainnya di kolom komentar, ya.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Syuri, ’94 liner, make up enthusiast, smeraldo flower admirer, calico cat snuggler.

Leave A Comment