bacaterus web banner retina
Bacaterus / Film Indonesia / 10 Pasangan Paling Ikonik di Film Indonesia yang Bikin Baper

10 Pasangan Paling Ikonik di Film Indonesia yang Bikin Baper

Ditulis oleh Sri Sulistiyani - Diperbaharui 14 Februari 2021

Dalam film-film yang bergenre romance, kita seringkali akan dibuat baper dengan pasangan-pasangan yang ada dalam film tersebut. Bahkan seringkali para penonton akan terus dibuat baper setelah film tersebut telah selesai. Hal ini dikarenakan chemistry yang begitu terbangun antara karakter-karakter tersebut di sepanjang adegan film.

Selain kualitas akting dan chemistry yang diperlihatkan oleh pasangan dalam film tersebut, jalan cerita sebuah film romance juga seringkali melekat kuat pada ingatan para penontonnya dan menjadikan pasangan dalam film tersebut menjadi sebuah relationship goals. Inilah 10 pasangan di film Indonesia yang akan membuatmu baper dan menjadi contoh relationship goals-mu.

1. Galih & Ratna

Galih & Ratna

* sumber: www.kincir.com

Karakter Galih dan Ratna adalah karakter utama dalam film Gita Cinta dari SMA. Film ini rilis pada tahun 1979 dan menjadi film terlaris kala itu. Galih dan Ratna menjadi pasangan yang begitu ikonik hingga akhirnya di tahun 2017, film ini kemudian di-remake dengan judul Galih dan Ratna.

Pemeran Galih merupakan Rano Karno sementara Ratna diperankan oleh Yenny Gusman. Mereka adalah sejoli masa SMA yang harus terpisahkan karena perbedaan suku antara keduanya. Dalam versi remake, tokoh Galih diperankan oleh Refal Hady dan tokoh Ratna diperankan oleh Sheryl Sheinafia.

2. Rangga & Cinta

Rangga & Cinta

* sumber: www.rappler.com

Rangga dan Cinta merupakan karakter yang muncul dalam film Ada Apa dengan Cinta?. Film yang rilis pada tahun 2002 ini begitu booming dan menjadi salah satu film yang kembali membangkitkan industri perfilman Indonesia. Sekuel Ada Apa dengan Cinta 2 kemudian tayang di bioskop pada tahun 2016.

Tokoh Rangga diperankan oleh Nicholas Saputra, sementara Cinta diperankan oleh Dian Sastrowardoyo. Rangga merupakan sosok yang begitu cuek dan dingin, namun hal tersebut membuat Cinta justru tertarik. Setelah dekat, Rangga justru meninggalkan Cinta ke Amerika. Mereka kemudian baru bertemu 14 tahun berikutnya dan masih saling memendam rasa.

3. Farel & Luna

Farel & Luna

* sumber: wolipop.detik.com

Tokoh Farel dan Luna merupakan tokoh utama dalam film Heart yang rilis tahun 2006. Tokoh Farel diperankan oleh Irwansyah sementara tokoh Luna diperankan oleh Acha Septriasa. Karakter Farel dan Luna sangat booming kala itu. Bahkan, film ini juga sempat membuat Acha dan Irwan terlibat cinta lokasi.

Dalam film Heart, Farel dan Luna dikisahkan sebagai sepasang kekasih yang mulanya bertemu secara tidak sengaja. Saat Farel mengetahui bahwa Luna sedang sakit keras dan hidupnya tak lama lagi, ia tetap mencintai Luna sepenuh hati. Pada akhirnya, mereka hidup bahagia setelah nyawa Luna terselamatkan dengan donor hati dari sahabat mereka, Rachel.

4. Dilan & Milea

Dilan & Milea

* sumber: jurnaba.co

Dilan dan Milea merupakan karakter utama dari film Dilan 1990. Film yang rilis pada tahun 2018 ini merupakan film yang diadaptasi dari novel karya Pidi Baiq. Film Dilan 1990 juga telah mengeluarkan dua sekuel lanjutannya, yaitu film Dilan 1991 di tahun 2019 serta film Milea: Suara dari Dilan di tahun 2020.

Tokoh Dilan diperankan oleh Iqbaal Ramadhan, sementara tokoh Milea diperankan oleh Vanesha Prescilla. Mereka adalah pasangan anak SMA yang menjadi idola para remaja. Karakter Dilan dengan gombalannya yang khas membuat Milea jatuh cinta. Meskipun tak berakhir bahagia, namun kisah cinta mereka tetaplah sebuah relationship goals yang indah.

5. Fahri & Aisha

Fahri & Aisha

* sumber: today.line.me

Karakter Fahri dan Aisha merupakan karakter yang ada dalam fim Ayat-Ayat Cinta. Film ini diadaptasi dari novel berjudul sama karya Habiburrahman El Shirazy. Fahri dan Aisha merupakan sepasang suami istri yang menjadi relationship goals para pasangan muslim. Meski banyak wanita yang datang dalam hidup Fahri, namun Aisha tetaplah cinta sejatinya.

Dalam film pertamanya, tokoh Fahri diperankan oleh Fedi Nuril, sementara tokoh Aisha diperankan oleh Rianti Cartwright. Di sekuel kedua, tokoh Aisha digantikan oleh Dewi Sandra. Dalam film, Fahri juga diceritakan begitu dikagumi oleh banyak wanita, namun takdir cinta menetapkan ia kembali bertemu dengan sang istri, Aisha.

6. Habibie & Ainun

Habibie & Ainun

* sumber: www.netflix.com

Habibie dan Ainun merupakan karakter utama dalam film Habibie & Ainun yang rilis pada tahun 2012. Film ini diangkat dari kisah nyata mantan presiden Indonesia, B. J. Habibie serta sang istri tercinta, Hasri Ainun. Kisah cinta mereka sangat menginspirasi banyak pasangan dan menjadi sebuah bukti tentang kekuatan cinta sejati.

Dalam filmnya, tokoh Habibie diperankan oleh Reza Rahadian, sementara tokoh Ainun diperankan oleh Bunga Citra Lestari. Banyak yang menilai bahwa chemistry Reza dan Bunga begitu cocok memerankan tokoh tersebut. Soundtrack yang dinyanyikan oleh BCL, “Cinta Sejati” juga menjadi lagu yang begitu populer.

7. Zainuddin & Hayati

Zainuddin & Hayati

* sumber: berceritlagi.blogspot.com

Karakter Zainuddin dan Hayati merupakan tokoh utama dalam film Tenggelamnya Kapal van der Wijck. Film yang rilis tahun 2013 ini merupakan film yang diadaptasi dari novel legendaris karya Hamka yang terbit tahun 1938. Tokoh Zainuddin diperankan oleh Herjunot Ali sementara tokoh Hayati diperankan oleh Pevita Pearce.

Banyak yang menyukai chemistry antara Junot dan Pevita. Setelah film ini, mereka juga sering dipasangkan dalam film-film lain. Zainuddin dan Hayati dikisahkan sebagai sepasang kekasih yang harus dipisahkan karena adat dan tradisi tanah Minang. Namun jauh dalam hati mereka, mereka masih saling mencintai hingga tragedi tenggelamnya kapal van Der Wijck.

8. Nathan & Salma

Nathan & Salma

* sumber: id.bookmyshow.com

Tokoh Nathan dan Salma adalah tokoh utama dalam film Dear Nathan yang rilis pada tahun 2017. Film ini diadaptasi dari sebuah novel di wattpad. Karakter Nathan diperankan oleh Jefri Nichol, sementara karakter Salma diperankan oleh Rachel Amanda. Setelah film ini, Nichol dan Manda juga sering dipasangkan dalam banyak film-film lain.

Dalam film, Nathan merupakan sosok anak SMA yang nakal dan hobi berkelahi, sementara Salma merupakan anak pindahan baru yang terkenal rajin di sekolah. Meskipun karakter mereka sangat berbeda, namun keduanya justru menjadi sepasang kekasih yang terlihat begitu cocok dan romantis.

9. Bima & Dara

Bima & Dara

Karakter Bima dan Dara merupakan karakter yang muncul dalam film Dua Garis Biru. Film yang menjadi debut sutradara Gina S Noer ini dirilis pada tahun 2019 dan meraih banyak pujian serta penghargaan. Karakter Bima diperankan oleh Angga Yunanda, sementara karakter Dara diperankan oleh Adhisty Zara.

Bima dan Dara dikisahkan sebagai sepasang kekasih yang masih duduk di bangku SMA. Akibat pergaulan mereka yang terlalu bebas, keduanya kemudian harus mengalami permasalahan yang cukup pelik karena kehamilan Dara. Selain chemistry keduanya, film ini juga banyak dipuji karena menyajikan cerita dengan pesan moral yang baik.

10. Rhoma & Ani

Rhoma & Ani

* sumber: i.ytimg.com

Pasangan Rhoma dan Ani merupakan pasangan yang begitu legendaris dan sangat populer pada era 70-an. Pada era tersebut, karakter Rhoma dan Ani muncul dalam film Berkenala 1 dan Berkelana 2. Tokoh Rhoma diperankan oleh Rhoma Irama, sementara tokoh Ani diperankan oleh Yatie Octavia.

Meski sudah muncul sejak tahun 70-an, namun karakter pasangan ini masih cukup dikenal hingga saat ini. Hampir semua orang pasti tahu adegan yang sangat ikonik dari dialog yang dilakukan oleh keduanya, seperti “cukup Ani!” atau “tidak Rhoma!”.

Itulah 10 pasangan dalam film Indonesia yang sangat ikonik dan membuat baper para penontonnya. Jadi, manakah diantaranya yang menjadi lovebird favoritmu? Ceritakan di kolom komentar ya!

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram