Review Film Parasite (2019) Film dengan Sederet Penghargaan

Ditulis oleh Arrin Nur Fitriani
Parasite
4.3
/5
PERHATIAN!
Artikel ini mengandung spoiler mengenai jalan cerita dari film/drama ini.

‘Parasite’, film box-office Korea Selatan ini sempat menggemparkan dunia perfilman internasional dengan sederet penghargaan. Bagaimana tidak? ‘Parasite’ menjadi film pertama Korea sekaligus Asia yang berhasil membawa pulang piala ‘Best Picture’ di ajang Oscars. Bercerita tentang isu sosial  yang terjadi di Korea Selatan.

Definisi parasite atau parasit adalah organisme yang kebutuhan makannya baik dalam seluruh daur hidupnya atau sebagian dari daur hidupnya bergantung pada organisme lain. Membuat penonton menyadari sudut tergelap kelas sosial, dimana daur hidup seperti parasit juga bisa terjadi pada manusia.

Kejutan cerita dan visual pengambilan gambar film ini membuktikan kelayakannya bertengger di kancah internasional seperti Cannes. Digambarkan sebagai ‘komedi tanpa badut, tragedi tanpa penjahat’, ini review film ‘Parasite’ yang Bacaterus siapkan untukmu!

Sinopsis

Sinopsis Parasite

Bak mendapat tiket lotre, Ki-woo ditawari temannya Min-hyuk menggantikan dirinya menjadi guru les bahasa Inggris untuk anak dari keluarga Park yang kaya raya. Memberikan batu keberuntungan dan menyerahkan pekerjaannya pada Ki-woo, Minhyuk pergi menuntut ilmu ke luar negeri. Tanpa melewatkan kesempatan, Ki-woo menerima tawaran itu juga berpura-pura soal latar belakangnya.

Ki-woo dan keluarganya yakni ayahnya Kim Ki-taek, ibunya Chung-suk, dan saudara perempuannya Ki-jeong, tinggal di apartemen semi-bawah tanah disebut juga banjiha yang kecil dan kumuh. Bekerja harian melipat kotak pizza dengan penghasilan yang sangat minim, keluarga Kim kesulitan memenuhi kebutuhan harian mereka.

Menjadi guru les privat untuk Da-hye, anak perempuan dari Park Dong-ik dan istrinya Choi Yeon-gyo juga kakak dari Da-song, keluarga ini memiliki kehidupan yang berbanding terbalik dengan keluarga Kim. Tak menaruh curiga pada Ki-woo, ia menjadi guru les Da-hye. Lelah hidup dibawah garis kemiskinan, ia dan keluarganya berkomplot agar semuanya bisa bekerja di rumah keluarga Park.

Membutuhkan guru terapis seni untuk Da-song anak bungsu keluarga Park, Ki-woo merekomendasikan Ki-jeong sebagai Jessica untuk mengajar. Keduanya menemukan cara untuk membawa ayah serta ibunya untuk turut bekerja disana, rencana mereka pun berhasil.

Konflik menegangkan dimulai kala keluarga Park pergi sehari semalam untuk pergi berkemah dalam rangka memberi Da-song hadiah ulang tahun, namun mengurungkan niatnya karena hujan yang sangat deras. Rencana keluarga Park yang akan kembali ke rumah, membuat keluarga Kim kalang kabut di rumah.

Pasalnya saat itu mereka sedang berpesta pora, mabuk-mabukan dan menikmati fasilitas rumah mewah keluarga Park. Di saat yang sama juga, Mun-gwang datang ke rumah menunjukkan sebuah bunker tempat suaminya, Geun-se sembunyi selama 4 tahun dari rentenir. Sama-sama terancam dilaporkan poisi, Mun-gwang dan Geun-se disekap keluarga Kim dalam bunker.

Saat lengah, Mun-gwang melarikan diri ke ruang keluarga namun ia ditendang Chung-suk dan terpental ke bawah membentur dinding dan meninggal. Keesokan harinya pesta ulang tahun Da-song digelar. Geun-se memanfaatkan keadaan ia menyekap Ki-woo dan memukulnya dengan batu, menusuk Ki-jeong dengan pisau hingga tewas untuk balas dendam kematian istrinya.

Adegan saling menyerang dan membunuh tak terhindarkan, Ki-taek berhasil melarikan diri. Ki-woo dan ibunya dihukum dan menjalani masa percobaan. Pada akhir cerita dari film ini, pastinya akan membuat kamu tercengang dan nggak menyangka. Hal inilah yang membuat Parasite mendapatkan sederet penghargaan.

Prestasi Menjadi Promosi

Prestasi Menjadi Promosi

Menjadi salah satu film yang tayang di Festival Film Cannes 2019, ‘Parasite’ banyak dibicarakan sedari April padahal filmnya sendiri baru tayang di Cannes pada 21 Mei dan dirilis di Korea pada 30 Mei 2019.Seakan masih kurang menjadi bahan perbincangan, Bong Joon-ho sang Sutradara berhasil meraih penghargaan paling bergengsi dalam festival yakni Palme d’Or.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram