Bacaterus / Tempat Unik / 10 Palung Terdalam di Dunia yang Menyamai Tinggi Everest

10 Palung Terdalam di Dunia yang Menyamai Tinggi Everest

Ditulis oleh - Diperbaharui 6 Juni 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Samudra dan lautan yang mengelilingi benua menyajikan beragam keajaiban dan sebagian dari keajaiban itu belum ditemukan oleh manusia. 70% permukaan planet ini ditutupi oleh perairan yang luas yang menampung kira-kira 1,35 miliar kilometer kubik air. Perairan ini mempunyai dataran tinggi, gunung, dataran, lembah, dan palung di cekungannya sama seperti pada lapisan permukaan bumi.

Palung samudra merupakan depresi di dasar laut. Sebagian besar palung-palung cukup sempit tapi panjangnya bisa mencapai banyak mil. Palung samudra juga merupakan tanda lokasi di mana lempeng tektonik tertekuk. Mungkin sebagian kamu telah mengenal Palung Mariana sebagai salah satu palung yang paling dalam, tapi masih ada yang lain. Baca terus ulasan berikut ini untuk tahu palung-palung terdalam di dunia.

1. Palung Mariana

Palung Mariana

Palung samudera terdalam di dunia ini letaknya berada di Samudra Pasifik barat, sekitar 124 mil di timur Kepulauan Mariana. Palung Mariana memiliki panjang sekitar 1.580 mil dengan lebar 43 mil. Ujung selatan palung mempunyai lembah kecil bernama Challenger Deep dengan kedalaman sampai 11.033 m.

Mariana menjadi palung terdalam di planet ini. Untuk tahu seberapa dalam palung ini,  Palung Mariana dapat menampung Gunung Everest, gunung tertinggi di dunia, yang tingginya lebih dari 8.848 m. Di kedalaman di 11.034,06 meter suhunya dingin, dengan rata-rata suhu sekitar 2.2 ° C.

Selain itu, tekanan air di dalam 1.000 kali lebih besar dibandingkan tekanan normal di permukaan laut. Meskipun dalam kondisi seperti itu, banyak mahluk yang hidup di sana. Beberapa makhluk mikroba, seperti xenophyophores, tumbuh subur di palung, termasuk amuba bersel tunggal berukuran 10,16 cm.

Bahkan ada ikan yang bisa tahan hidup di kedalaman seperti itu. Para ilmuwan menemukan spesies baru ikan siput yang hidup di kedalaman 8.144, 86 meter di tahun 2014. Ikan ini menjadi makhluk yang hidup di tempat paling dalam yang dikenal manusia.

2. Palung Tonga

Palung Tonga

Palung Tonga membentang dari Pulau Utara Selandia Baru di timur laut hingga ke pulau Tonga. Jaraknya 2.500 kilometer. Tonga dibentuk oleh subduksi lempeng Pasifik oleh lempeng Tonga. Titik terdalam palung ini, yaitu Horizon Deep dengan kedalaman sekitar 10.882 meter di bawah permukaan laut.

Berdasarkan penemuan para peneliti telah ditemukan bahwa pergerakan lempeng di Tonga menyebabkan gunung berapi besar menyelinap ke dalam jurang, juga di Palung Jepang di utara dan Palung Mariana di selatan.

Bencana alam seperti itu bisa mengakibatkan gempa bumi besar dan tsunami, seperti yang terjadi di Jepang pada tahun 2011. Para peneliti Jepang pada 2013 turun ke Horizon Deep kemudian mereka membawa kembali amphipod yang hampir sama dengan udang.

Ukuran amphipod itu 24 sentimeter bernama Alicella Gigantean yang hidup di kedalaman 6.250 meter. Tanpa pigmentasi, makhluk tersebut bertahan dalam kegelapan total dalam tekanan mendekati 1.000 atmosfer.

3. Palung Kuril-Kamchatka

Palung Kuril-Kamchatka

Keempat yaitu Palung Kuril-Kamchatka yang terletak di barat laut Samudra Pasifik. Palung ini berada di lepas pantai tenggara Semenanjung Kamchatka di daerah Timur Jauh Rusia. Kuril-Kamchatka tercipta oleh kekuatan geologis yang juga membentuk busur pulau Kuril dan busur vulkanik Kamchatka.

Palung ini memanjang kira-kira 1.800 mi atau sekitar 2.900 km dan memiliki kedalaman maksimum 34.587 kaki atau kira-kira 10.542 m. Kuril-Kamchatka mempunyai sisi yang curam dan miring, yang di beberapa tempat, diselingi oleh serangkaian anak tangga atau teras.

4. Palung Filipina

Palung Filipina

Titik terdalam lain di dunia yaitu, Kedalaman Galathea yang berada di Palung Filipina. Palung ini memiliki kedalaman kira-kira 10.540 m di bawah permukaan laut. Palung Mindanao merupakan nama lain untuk Palung Filipina. Palung ini berada di Laut Filipina, menyebar dengan panjang 1.320 km dan lebar 30 km.

Palung Mindanao termasuk palung yang menonjol dibandingkan palung lain yang berada di Laut Filipina. Terbentuk akibat tabrakan antara lempeng Eurasia dengan lempeng Filipina yang lebih kecil, Palung Filipina hingga tahun 1970 disebutkan sebagai titik terdalam di planet ini oleh para ilmuwan.

Di Laut Filipina terdapat palung lainnya, yaitu Palung Luzon Timur, Palung Manila, Palung Sulu, Palung Negros, dan Palung Cotabato. Palung Filipina dikatakan oleh para ilmuwan, usianya lebih muda, kurang dari 8 hingga 9 juta tahun yang lalu.

5. Palung Kermadec

Palung Kermadec

Palung Kermadec terletak di Samudra Pasifik selatan dan palung ini menempati posisi kelima sebagai palung terdalam di dunia. Kermadec ini memiliki kedalaman kira-kira 10.047 m, dengan ujung selatannya berada di timur laut Pulau Utara Selandia Baru.

Beberapa spesies unik ditemukan di Palung Kermadec, seperti amphipoda raksasa yang, pada panjang 13 ” atau sekitar 33.02 cm, sepuluh kali lebih panjang dari amphipoda biasa. Spesies ikan yang endemik pada palung ini adalah ikan siput hadal, yaitu ikan terdalam kedua.

Anehnya, di Palung Kermadec ini juga ada beragam ikan mutiara yang hidup, yang hidup di kedalaman 27.200 kaki, yang sekitar 20.000 kaki lebih dalam daripada spesies ikan mutiara lainnya. Palung Kerdamec terbentuk oleh aktivitas vulkanik di dasar laut.

6. Palung Puerto Rico

Palung Puerto Rico

Bagian terdalam Samudra Atlantik berada tepat di utara pulau Puerto Rico. Di sini Lempeng Amerika Utara dan Karibia saling bergerak melampaui satu sama lain. Palung Puerto Rico merupakan akibat dari subduksi lempeng Amerika Utara yang lebih besar oleh lempeng Karibia.

Palung ini memiliki kedalaman sekitar 8.605 meter. Interaksi antara kedua lempeng tersebut menyebabkan gempa bumi di wilayah tersebut, seperti halnya interaksi lempeng seperti itu di seluruh dunia.

Namun baru-baru ini sebuah penelitian menunjukkan bahwa terdapat bahaya yang lebih besar. Ketika lempeng bertabrakan, lempeng Karibia yang lebih ringan jadi retak dan pecah, sedangkan longsor yang sangat besar terjadi di Lempeng Amerika Utara yang sedang turun.

7. Palung Peru – Chili

Palung Peru – Chili

Palung Peru-Chili atau Palung Atacama berada sekitar 160 km di lepas pantai Peru dan Chili, tepatnya di Samudra Pasifik timur. Parit Atacama mempunyai kedalaman maksimum 8.060 m di bawah permukaan laut. Titik terdalam palung ini dikenal dengan nama sebagai Richards Deep.

Ukuran panjang palung ini sekitar 5.900 km dan dengan lebar rata-rata 64 km yang mencakup area sekitar 590.000 kilometer persegi. Palung Atacama terbentuk sebagai akibat dari batas konvergen, antara subduksi Nazca dan Lempeng Amerika Selatan.

8. Palung Jepang

Palung Jepang

Palung bawah laut terdalam lainnya yang terletak di timur pulau-pulau Jepang. Palung Jepang merupakan bagian dari Cincin Api Pasifik yang terletak Samudra Pasifik utara. Membentang dari Kepulauan Kuril sampai ke ujung utara Kepulauan Izu, palung ini kedalamannya sekitar  8.046 meter.

Palung Jepang juga merupakan perpanjangan dari Palung Kuril-Kamchatka dan Parit Izu-Ogasawara masing-masing ke utara dan selatan. Akibat subduksi lempeng Pasifik samudera di bawah Lempeng Okhotsk continental maka terbentuklah Palung Jepang.

9. Palung Diamantina

Palung Diamantina

Zaman dulu, Australia merupakan bagian dari Antartika. Namun ketika terpisah, tercipta zona patahan di kerak bumi. Salah satu patah kerak bumi ini membentuk Palung Diamantina yang letaknya tak jauh dari ujung barat daya Australia.

Kedalaman maksimum palung ini 8.047 meter yang merupakan bagian terdalam Samudra Hindia, dan merupakan palung terdalam lainnya di dunia. Jika dasar Gunung Everest terletak di kedalaman yang sama, puncaknya akan membentuk sebuah pulau yang memiliki ketinggian maksimum sekitar 900 m.

10. Palung Jawa

Palung Jawa

Dikenal juga sebagai Palung Sunda, Palung Jawa terletak di Indonesia, yaitu di Samudera Hindia. Kedalaman palung ini sekitar  7.725 meter. Palung Jawa mendapat gelar sebagai palung terdalam yang ada di Samudera Hindia di bawah Palung Diamantina.

Lokasi palung ini dekat dengan Pulau Jawa, Sumatera juga Kepulauan Andaman. Di palung ini para ilmuwan dari tim Five Deeps menyelam dan menemukan spesies baru Ascidean dan snailfish. Namun Ascidean yang ditemukan bentuk spesiesnya  berbeda dengan Ascidean yang umum.

Ternyata dunia bawah laut menyimpan banyak misteri yang belum banyak orang tahu, salah satunya yaitu palung. Palung juga bisa menjadi bom waktu yang akan menyebabkan tsunami, seperti yang terjadi di Jepang.

Meski palung-palung tersebut cukup dalam dan gelap, ternyata masih ada mahluk unik yang hidup di dalamnya. Apakah kehidupan mahluk laut yang ada di laut terdalam menarik rasa ingin tahu  kamu?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *