Bacaterus / FYI / Mengenang Kembali 10 Pahlawan yang Terlupakan Generasi Muda

Mengenang Kembali 10 Pahlawan yang Terlupakan Generasi Muda

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Perjuangan para pahlawan untuk meraih kemerdekaan Republik Indonesia memang cukup berat hingga jasanya pantas untuk kita kenang sepanjang masa. Selain bisa memupuk rasa cinta kita pada Tanah Air, mengenang jasa para pahlawan juga dapat mengingatkan betapa pentingnya arti sebuah kebebasan.

Berhubung kita sedang membahas tentang sosok pahlawan bangsa, kali ini Bacaterus telah merangkum 10 pahlawan bangsa yang perjuangannya semakin terlupakan oleh generasi muda saat ini. Nah, siapa saja para pejuang negara yang rela mengorbankan nyawa demi bangsa tersebut? Yuk, kita simak daftarnya sebagai berikut.

1. Tan Malaka

Tan Malaka

* sumber: tirto.id

Pahlawan bangsa kelahiran 2 Juni 1897 di Sumatera Barat ini dikenal dengan nama Tan Malaka. Pria bernama Ibrahim gelar Datuk Sutan Malaka ini adalah pahlawan yang cukup berjasa bagi Tanah Air, terutama di dunia pendidikan.

Meskipun namanya tidak seterkenal Ki Hadjar Dewantara, namun sosoknya juga ikut berjasa dalam memperjuangkan pendidikan rakyat Indonesia. Karena kegigihan tersebut, ia sendiri pada akhirnya harus gugur setelah menjalani eksekusi mati pada 21 Februari 1949.

Karena jasanya dinilai cukup berharga bagi negara, ia pun mendapat gelar sebagai Pahlawan Nasional berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 53 pada 28 Maret 1963 yang ditandatangani oleh Presiden Soekarno.

2. B.M Diah

B.M Diah

* sumber: www.boombastis.com

Pahlawan yang terlupakan selanjutnya bernama B.M Diah atau Burhanuddin Mohammad Diah. Pria kelahiran Aceh pada 7 April 1917 ini merupakan sosok yang sangat penting dalam menyebarkan informasi mengenai kemerdekaan Republik Indonesia. Seperti yang kita ketahui, di era kemerdekaan menyebarkan informasi merupakan sesuatu yang sangat sulit, bahkan berisiko besar pada keselamatan nyawa.

Nah, karena keberanian yang ia tunjukan untuk menyebar informasi kemerdekaan, Burhanuddin Mohammad Diah sempat dianugerahi Bintang Mahaputra Utama oleh Presiden Soeharto. Selain itu ia juga mendapat Piagam Penghargaan serta Medali Perjuangan Angkatan 1945 dari Dewan Harian Nasional Angkatan 1945.

3. Surastri Karma Trimurti

Surastri Karma Trimurti

* sumber: m.kumparan.com

Surastri Karma Trimurti adalah sosok pahlawan wanita yang juga cukup berperan dalam memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia. Istri dari Sayuti Melik, yang tak lain pengetik naskah proklamator ini lahir pada 11 Mei 1912 di Kabupaten Boyolali.

Ia sendiri memang dikenal sosok yang sangat gigih dalam memperjuangkan hak-hal rakyat kecil. Karena hal itu pula wanita yang pada era kemerdekaan berprofesi sebagai wartawan sekaligus seorang guru ini pun sempat dijebloskan ke dalam penjara.

Keberaniannya dalam mengemukakan suara kebebasan memang harus dibayar mahal dengan siksaan dan kurungan. Meski demikian, ia pun pada akhirnya mampu melewati masa-masa sulit. Surastri sendiri diketahui meninggal pada 20 Mei 2008 pada usia 98 tahun.

4. Abdul Halim Perdana Kusuma

Abdul Halim Perdana Kusuma

* sumber: matamaduranews.com

Bernama asli Abdul Halim Perdanakusuma, pria yang lahir pada 18 November 1922 di Sampang, Madura ini merupakan salah satu Pahlawan Nasional Republik Indonesia yang memiliki jasa besar pada negara. Ia sendiri diketahui gugur setelah pesawat yang ditumpanginya jatuh ketika menjalankan tugas mengangkut perlengkapan persenjataan yang dibawa dari Thailand.

Abdul Halim Perdanakusuma sendiri diketahui meninggal di usia yang sangat muda, yaitu 25 tahun pada tanggal 14 Desember 1947. Berkat jasanya yang besar pada negara, nama Halim Perdana Kusuma sendiri kemudian diabadikan sebagai salah satu bandar udara yang ada di ibu kota Jakarta.

5. Teungku Daud Beureueh

Teungku Daud Beureueh

* sumber: patahkekeringan.blogspot.com

Salah satu tokoh pahlawan yang juga cukup berperan penting dalam kemerdekaan Republik Indonesia adalah Teungku Daud Beureueh. Ia adalah seorang tokoh masyarakat serta ulama yang cukup populer dan memiliki pengaruh yang kuat di Aceh.

Pria kelahiran 17 September 1899 di Kabupaten Pidie ini merupakan sosok yang ikut membantu dalam menghimpun dana masyarakat Aceh untuk biaya perjuangan pemerintah Republik Indonesia ketika melawan pemerintah kolonial.

Ia sendiri diketahui meninggal pada 10 Juni 1987 di Aceh. Untuk mengenang jasanya kini nama tokoh pemimpin tersebut diabadikan dalam salah satu jalan yang ada di Aceh.

6. K. H. R. As’ad Syamsul Arifin

K. H. R. As’ad Syamsul Arifin

* sumber: matamaduranews.com

K. H. R. As’ad Syamsul Arifin merupakan tokoh agama yang juga ikut andil dalam memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia. Pria yang lahir di Mekkah pada tahun 1897 ini merupakan tokoh penting yang datang dari organisasi Nahdlatul Ulama atau NU.

Berkat jasanya pada pertempuran yang terjadi pada 10 November di Surabaya, tokoh ulama yang sempat menjabat sebagai Dewan Penasehat Pengurus Besar Nahdlatul Ulama ini kemudian diangkat menjadi Pahlawan Nasional oleh Presiden Joko Widodo berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 90/TK/Tahun 2016 pada tanggal 9 November 2016.

7. Margonda

Margonda

* sumber: www.boombastis.com

Salah satu pahlawan bangsa yang namanya diabadikan dalam sebuah jalan yang ada di kota Depok ini memang tidak begitu terkenal. Meski demikian ia sendiri merupakan salah satu pahlawan yang rela berkorban untuk kemerdekaan Republik Indonesia ketika melawan pasukan tentara Inggris di Kalibata.

Meskipun Margonda tidak datang dari kelompok militer, namun berkat jasanya ia berhasil mendirikan Angkatan Muda Republik Indonesia, yang merupakan cikal bakal dari TNI. Sosok Margonda sendiri diketahui gugur saat bertempur melawan tentara Inggris pada tanggal 16 November 1945.

8. Laksamana Malahayati

Laksamana Malahayati

* sumber: nasional.okezone.com

Sebelum era Kartini, sosok Keumalahayati atau yang dikenal juga dengan nama Laksamana Malahayati merupakan tokoh yang cukup berjasa dalam memperjuangkan emansipasi wanita pada saat penjajahan Portugis di Indonesia.

Ia sendiri merupakan keturunan dari kesultanan Kerajaan Aceh Darussalam yang lahir pada tahun 1550. Sosoknya dikenal sebagai tokoh wanita yang telah memimpin 2.000 orang pasukan Inong Balee atau janda-janda pahlawan yang gugur untuk berperang melawan pasukan kolonial pada tanggal 11 September 1599.

Laksamana Malahayati sendiri semakin dikenal sebagai sosok pahlawan wanita pemberani setelah berhasil membunuh Cornelis de Houtman saat bertarung satu lawan satu di geladak kapal.

9. Daan Mogot

Daan Mogot

* sumber: indonews.id

Sosok selanjutnya yang juga berjasa dalam membela negara adalah Daan Mogot. Ia lahir pada 28 Desember 1928 di Manado, Sulawesi Utara. Daan Mogot sendiri adalah salah satu pejuang yang tergabung dalam kelompok PETA pada tahun 1942-1945.

Daan Mogot merupakan salah satu pahlawan yang gugur pada usia muda, yaitu 17 tahun bersama 36 pasukan tentara lain saat berusaha melucuti persenjataan ternyata Jepang di hutan Lengkong, Tangerang. Karena jasanya, nama Daan Mogot pun kemudian diabadikan dalam sebuah nama jalan yang ada di Jakarta Barat.

10. I Gusti Ngurah Made Agung

I Gusti Ngurah Made Agung

* sumber: metrobali.com

Pahlawan selanjutnya yang juga terlupakan adalah I Gusti Ngurah Made Agung. Ia adalah raja yang berasal dari Badung, Bali. Sang Raja lahir pada 5 April 1876 di Kota Denpasar, Bali. Ia sendiri merupakan sosok pahlawan yang gugur ketika melawan penjajah Belanda pada perang Puputan.

Karena perjuangannya serta usahanya membangkitkan semangat masyarakat Bali untuk menghalau penjajah Belanda, pada tahun 2015 silam nama I Gusti Ngurah Made Agung sendiri kemudian diangkat sebagai salah satu Pahlawan Nasional Indonesia oleh Presiden Joko Widodo.

Nah, itulah 10 pahlawan yang terlupakan oleh banyak generasi muda yang telah berhasil Bacaterus rangkum untuk kamu. Semoga perjuangan yang telah mereka lakukan untuk bangsa bisa membuat kita lebih semangat dalam memperjuangkan kehidupan yang lebih baik di masa depan. Sebagai informasi tambahan, kalian juga perlu mengetahui 5 warga negara asing yang berjasa terhadap kemerdekaan bangsa kita ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *