Bacaterus / Film Anime / Inilah 10 OST Anime Terbaik yang Mesti Kamu Dengarkan

Inilah 10 OST Anime Terbaik yang Mesti Kamu Dengarkan

Ditulis oleh - Diperbaharui 25 November 2019

Salah satu unsur yang terdapat dalam anime adalah lagu soundtrack. Kehadiran soundtrack membuat sebuah anime kian berwarna, sekaligus semakin mudah untuk dikenang. Tiap anime bisa memiliki lagu soundtrack yang banyak, tergantung sebanyak apa season dan episode yang mereka punya.

Dari banyaknya soundtrack anime, beberapa di antaranya merupakan soundtrack anime terbaik. Beberapa soundtrack tersebut dianggap terbaik lantaran aransemen musiknya yang menarik dan mudah diingat. Lalu, apa saja beberapa soundtrack terbaik tersebut? Kalau kamu mau tahu, yuk langsung simak daftarnya di bawah ini:

1. Ohayou – Keno (Hunter x Hunter)

Ohayou – Keno (Hunter x Hunter) (Copy)

Ini merupakan salah satu soundtrack dari anime Hunter x Hunter. Lagu ini pertama kali muncul sebagai opening soundtrack Hunter x Hunter season awal pada 1999 silam. Lagu berdurasi 4 menit 43 detik ini memiliki aransemen yang sederhana lagi ceria.

Mendengarkan soundtrack ini akan membuatmu seperti kembali bersemangat, terutama di waktu pagi. Saat Hunter x Hunter dirilis di Indonesia, soundtrack ini diaransemen ulang dengan durasi yang lebih pendek, serta lirik dan judulnya diganti dengan bahasa Indonesia.

2. Kaze no Uta – Honda Minako (Hunter x Hunter)

Kaze no Uta – Honda Minako (Hunter x Hunter) (Copy)

Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=O8DpEaLCxwY

Selain Ohayou, Hunter x Hunter (HxH) masih menyimpan satu soundtrack lainnya yang tergolong terbaik. Soundtrack tersebut adalah Kaze no Uta yang dibawakan dengan apik oleh Honda Minako. Soundtrack ini dipakai sebagai ending Hunter x Hunter season awal.

Dan seperti halnya Ohayou, soundtrack ini pun juga diaransemen ulang saat HxH dirilis di Indonesia. Di Indonesia, soundtrack ini diaransemen ulang menjadi “suara angin”, dengan durasi yang lebih pendek dari soundtrack aslinya.

3. Change the World – V6 (Inuyasha)

Change the World – V6 (Inuyasha) (Copy)

Ini merupakan salah satu soundtrack Inuyasha yang digemari penggemar. Aransemennya yang cheerfull dan mudah diingat adalah dua alasan di antaranya. Soundtrack ini dipakai sejak episode awal Inuyasha hingga episode ke-34.

Karena begitu digemari fans, soundtrack ini pun dipakai lagi sebagai ending episode 147 dan 148. Selain digemari fans Inuyasha, lagu soundtrack ini juga digemari penikmat musik Jepang pada umumnya. Itu terbukti dari prestasi lagu ini yang pernah menduduki peringkat 3 tangga lagu Oricon pada 2000 silam.

4. Sobakasu – Judy and Mary (Rurouni Kenshin/Samurai X)

Sobakasu – Judy and Mary (Copy)

Kalau kamu penggemar anime Rurouni Kenshin, lagu soundtrack ini pasti familiar di telingamu. Soundtrack ini sendiri dipakai sebagai lagu pembuka untuk season perdana anime satu ini. Daya tarik lagu ini terletak pada isian gitarnya yang begitu melodiu, sejak detik pertama lagu ini dimainkan.

Selain sebagai soundtrack Rurouni Kenshin, lagu ini juga masuk ke dalam salah satu album Judy and Mary, The Power Source. Di tangga lagu Oricon Jepang, lagu ini sempat meraih peringkat pertama pada 1996 silam.

5. The 4th Avenue Café – L’arc en Ciel (Rurouni Kenshin)

The 4th Avenue Café – L’arc en Ciel (Copy)

Masih di anime Rurouni Kenshin, ada satu soundtrack lainnya yang tergolong the best. The 4th Avenue Café adalah soundtrack yang dimaksud. Soundtrack tersebut merupakan hasil garapan salah satu grup musik legendaris Jepang, L’arc en Ciel alias Laruku.

Soundtrack sepanjang 5 menit 3 detik ini memiliki isian instrumen yang kaya. Mulai dari gitar, bas, piano, drum, hingga brass section. Meskipun terkesan “rame”, lagu soundtrack ini masih terdengar ringan untuk didengar.

Lagu yang liriknya ditulis oleh Hyde ini cukup digemari oleh para pendengar. Buktinya, lagu ini sempat berhasil nangkring di posisi 5 tangga lagu Oricon pada 2006 lalu.

6. Fukai Mori – Do As Infinity (Inuyasha)

Fukai Mori – Do As Infinity (Copy)

Kalau Change the World adalah opening Inuyasha, maka lagu ini merupakan ending soundtrack bagi anime tersebut. Lagu sepanjang 4 menit 16 detik ini memiliki aransemen yang mellow, cocok untuk dijadikan sebagai lagu penutup sebuah anime.

Lagu ini amat digemari beragam kalangan, baik dari penggemar Inuyasha maupun penggemar musik pada lazimnya. Di Jepang, lagu ini lazim dimainkan dalam berbagai festival di Jepang, serta dijadikan lagu karaoke.

7. Silhuette Kana Boon (Naruto)

Silhuette Kana Boon (Naruto) (Copy)

Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=dlFA0Zq1k2A

Sebagai salah satu anime terpopuler di Indonesia dan Jepang, Naruto punya banyak soundtrack yang cukup nempel di telinga pendengar. Salah satunya yang paling populer dan tergolong the best adalah Silhuette yang dibawakan oleh Kana Boon.

Lagu sepanjang 4 menit 25 detik ini mempunyai aransemen yang riang, dengan sentuhan rock alternatif yang kentara. Lagu ini sendiri merupakan salah satu di antara enam belas lagu yang dijadikan opening soundtrack untuk Naruto Shippuden.

8. Rolling Star – YUI (Bleach)

Rolling Star - YUI (Bleach) (Copy)

YUI merupakan salah satu musisi wanita kenamaan di Jepang. Selain telah menghasilkan lagu-lagu yang ngehits, musisi berusia 32 tahun ini juga berhasil menelurkan sejumlah lagu soundtrack terbaik. Salah satunya adalah Rolling Star yang dipakai untuk OST anime Bleach.

Lagu sepanjang 3 menit 10 detik itu mempunyai aransemen yang kencang, serta kaya akan unsur rock. Lirik lagu ini ditulis sendiri oleh YUI, dan aransemennya dibuat oleh northa+. Di Jepang, lagu ini sempat masuk peringkat 4 tangga lagu mingguan Oricon, dengan penjualan mencapai 169.277 kopi.

9. Again – YUI (Fullmetal Alchemist: Brotherhood)

Again – YUI (Copy)

Tak hanya di Bleach, YUI pun juga pernah mengisi soundtrack untuk anime Fullmetal Alchemist: Bortherhood. Di anime itu, dia menyumbang sebuah lagu berjudul again. Sebuah lagu yang juga masuk ke dalam salah satu album YUI, Holidays in the Sun.

Secara aransemen, lagu sepanjang 4 menit lebih ini punya unsur rock yang kental, sama seperti Rolling Star. Hanya saja, Again mempunyai tempo yang sedikit lebih pelan. Di Fullmetal Alchemist: Brotherhood, lagu ini dipakai sebagai lagu pembuka untuk 14 episode awal anime tersebut.

Seperti halnya soundtrack garapan YUI lainnya, soundtrack anime ini juga berhasil merajai tangga lagu Oricon. Di tangga lagu tersebut, Again berhasil menempati posisi pertama selama beberapa minggu. Tak hanya di Oricon, Again juga berhasil meraih posisi pertama di Japan Billboard Hot 100 Singles, serta masuk peringkat 2 Taiwan G-Music J-Pop.

10. Hikaru Nara – Goose House (Shigatsu wa Kimi no Uso/Your Lie in April)

Hikaru Nara – Goose House (Copy)

Ini merupakan lagu pembuka untuk Shigatsu wa Kimi no Uso. Sebuah anime yang rilis pada 2014 silam. Opening track sepanjang 4 menit lebih ini dinyanyikan dengan api oleh Goose House. Grup musik Jepang yang terkenal lewat kanal YouTube.

Hikaru Nara sendiri dibuat dengan aransemen yang nge-beat dan terkesan ceria. Isian musiknya pun cukup “rame”. Mulai dari isian gitar, bas, drum, hingga string dan brass section. Di lagu ini, semua personel Goose House bernyanyi dengan baik, sambil tetap memainkan alat musik yang mereka mainkan.

Itulah beberapa OST anime Jepang yang tergolong the best. Apakah semua OST di atas merupakan OST favoritmu? Atau, kamu punya OST anime terbaik versimu? Apa pun itu, yuk share ke kami langsung via kolom komentar!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *