Bacaterus / Manusia Unik / 10 Orang Terkaya di Indonesia dengan Kekayaan Fantastis

10 Orang Terkaya di Indonesia dengan Kekayaan Fantastis

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Sebelumnya kita telah membahas orang terkaya di dunia. Maka kali ini kita akan membahas orang terkaya di Indonesia versi Forbes tahun 2019 yang menarik untuk kamu ketahui.

Selain dapat menginspirasi para pengusaha muda, orang-orang ini juga memiliki kekayaan dengan nominal yang cukup fantastis dan bisa membuat orang melongo. Nah, siapa saja yang masuk ke dalam daftar 10 orang terkaya di Indonesia? Berikut adalah daftarnya.

1. Robert Budi Hartono & Michael Hartono

Robert Budi Hartono & Michael Hartono

* sumber: GoRiau.com

Berada di posisi puncak sebagai orang terkaya nomor satu di Tanah Air diraih oleh dua bersaudara, Robert Budi Hartono dan Michael Hartono. Keduanya dikenal sebagai pemilik perusahaan Djarum. Selain sebagai orang terkaya di Indonesia, keduanya juga pernah tercatat sebagai orang terkaya di dunia ke-54 versi Forbes.

Selain Djarum, keduanya diketahui memiliki sejumlah usaha yang cukup beragam. Mulai dari pemegang saham terbesar di Bank Central Asia (BCA), memiliki perkebunan kelapa sawit seluas 65.000 hektar di Kalimantan Barat, perusahaan elektronik Polytron dan juga pemilik mall elite di Jakarta, yaitu Grand Indonesia.

Dengan banyaknya usaha yang mereka tekuni, keduanya pun tercatat memiliki kekayaan sebesar $37,3 miliar dolar Amerika atau sekitar 562 triliun rupiah.

2. Keluarga Widjaja

Keluarga Widjaja

* sumber: liputan6.com

Orang terkaya kedua di Indonesia ditempati oleh Keluarga Widjaja yang merupakan pengelola perusahaan raksasa, Sinar Mas Group. Total kekayaan yang dimiliki keluarga ini mencapai $9,6 miliar dolar Amerika atau setara dengan 134 triliun rupiah.

Sang pendiri Grup Sinar Mas, yaitu Eka Tjipta Widjaja yang telah meninggal pada tahun 2019 diketahui pernah meraih posisi ke-3 sebagai orang terkaya di Indonesia pada tahun 2018 silam. Di tahun yang sama, Forbes juga pernah menempatkannya sebagai orang terkaya tertua di Indonesia.

Sinar Mas sendiri diketahui memiliki lini bisnis yang cukup banyak, seperti properti, finansial, manufaktur, telekomunikasi dan juga pertambangan.

3. Prajogo Pangestu

Prajogo Pangestu

* sumber: Tribunnews.com

Posisi ketiga diduduki oleh Prajogo Pangestu, pengusaha sukses asal Kebumen. Ia sendiri menjalankan usaha yang bergerak di bidang perkayuan di bawah perusahaan PT Barito Pacific.

Memulai pekerjaan sebagai seorang supir angkot, kisah perjalanan kehidupan pengusaha sukses ini memang bisa menjadi inspirasi bagi banyak orang.

Dengan total kekayaan mencapai $7,6 miliar dolar Amerika atau setara dengan 106 triliun rupiah, Prajogo berhasil menempati posisi ke-3 sebagai orang terkaya di Indonesia.

Ia sendiri diketahui telah mengakuisisi dua perusahaan besar lainnya, yaitu 70% saham perusahaan Petrokimia dan mengakuisisi produsen Polypropylene terbesar yang ada di Indonesia, yaitu PT Tri Polyta Indonesia Tbk..

4. Susilo Wonowidjojo

Susilo Wonowidjojo

* sumber: tirto.id

Orang terkaya di Indonesia selanjutnya adalah Susilo Wonowidjojo. Ia adalah anak ketiga dari Surya Wonowidjojo, pendiri perusahaan Gudang Garam yang telah berdiri sejak tahun 1958. Ia merupakan penerus usaha Gudang Garam menggantikan kakaknya, Rachman Halimatau Tjoa To Hing yang meninggal pada tahun 2008 silam.

Susilo sendiri memiliki total kekayaan mencapai $6,6 miliar dolar Amerika atau setara dengan 99 triliun rupiah. Ia pernah tercatat menempati posisi ke-2 sebagai orang terkaya di Indonesia, meskipun kini posisinya harus turun dua peringkat.

Gudang Garam merupakan perusahaan kretek yang cukup laris di pasar Indonesia. Perusahaan tersebut diperkirakan memproduksi sekitar 85 miliar batang per tahun. Dengan jumlah produksi yang sangat besar, tak salah bila kekayaannya mencapai nominal yang fantastis.

5. Sri Prakash Lohia

Sri Prakash Lohia

* sumber: novriadi.com

Nama Sri Prakash Lohia memang terdengar asing di telinga masyarakat Indonesia. Meskipum demikian, pria kelahiran tahun 1952 di Kolkata, India ini merupakan orang terkaya di Indonesia selanjutnya yang menempati urutan ke-5 menurut Forbes. Ia diketahui memiliki sejumlah usaha di bidang tekstil, petrokimia serta sebagai salah satu pemilik saham di Afrika.

Jika kamu tahu Wisma Indorama yang terletak di Rasuna Said., gedung tersebut merupakan salah satu aset miliknya yang dikenal masyarakat. Sri Prakash Lohia sendiri tercatat memiliki total kekayaan sebesar $5,9 miliar dolar Amerika atau setara dengan 89,2 triliun rupiah.

6. Anthony Salim

Anthony Salim

* sumber: katadata.id

Siapa yang tidak kenal dengan Indomie? Salah satu produk mie instan paling populer di seantero dunia ini merupakan produksi dari PT Indofood Sukses Makmur milik Anthony Salim. Anthony sendiri diketahui sebagai orang terkaya ke-6 di Indonesia dengan kekayaan mencapai $5,5 miliar dolar Amerika atau setara dengan 82 triliun rupiah.

Selain PT Indofood Sukses Makmur Tbk., ia juga merupakan pemilik PT Bogasari Flour Mills, yang merupakan produsen tepung terigu terbesar yang ada di dunia. Selain di dalam negeri, Salim Group juga memiliki beberapa perusahaan yang tersebar di beberapa negara Asia, seperti Hong Kong, Thailand, Filipina, China dan India.

7. Dato Sri Tahir

Dato Sri Tahir

* sumber: Tribunnews.com

Posisi orang terkaya selanjutnya adalah Dato Sri Tahir. Ia dikenal sebagai seorang pengusaha yang pernah tercatat berada di posisi ke-4 sebagai orang terkaya di Indonesia pada tahun 2018. Namun pada 2019, posisinya menurun hingga menempati urutan ke-7 sebagai orang terkaya di Indonesia.

Ia sendiri merupakan pemilik Mayapada Group, holding company yang memiliki beberapa lini bisnis, di antaranya perbankan, media cetak dan hiburan, properti dan rumah sakit. Dengan ketekunan serta keseriusan menjalani bisnis, ia pun berhasil menjadi salah satu orang terkaya dengan kekayaan mencapai $4,8 miliar dolar Amerika atau sekitar 72 triliun rupiah.

Selain dikenal sebagai orang terkaya, ia juga dikenal sebagai seorang dermawan yang kerap menyumbangkan hasil usahanya untuk kegiatan amal, baik itu di dalam maupun di luar negeri.

8. Boenjamin Setiawan

Boenjamin Setiawan

* sumber: merdeka.com

Boenjamin Setiawan atau yang dikenal dengan Dr Boen merupakan pendiri perusahaan farmasi terbesar di Indonesia, Kalbe Group. Kalbe Group sendiri bergerak di beberapa lini usaha, seperti farmasi, healthy food dan juga riset ilmiah.

Sebagai salah satu orang terkaya di Indonesia, Dr Boen diketahui memiliki total kekayaan sekitar $4,8 miliar dolar Amerika atau sekitar 67 triliun rupiah.

Kamu tentu mengetahui obat-obatan dan minuman yang dijual bebas, seperti Promag, Wood’s, Neuralgin, Mixagrip, Komix, Extra Joss dan juga Prenagen. Produk-produk tersebut merupakan bagian dari produk miliknya yang cukup terkenal di Indonesia.

9. Chairul Tanjung

Chairul Tanjung

* sumber: finansialku.com

Berbicara orang terkaya yang ada di Indonesia, Si Anak Singkong alias Chairul Tanjung pun berada di posisi ke-9 dengan total kekayaan mencapai $3,6 miliar dolar Amerika atau sekitar 54 triliun rupiah.

Chairul Tanjung sendiri merupakan pemilik CT Corp yang bergerak di sejumlah lini usaha, seperti jasa keuangan, media, ritel dan properti.

Kisah perjalanan kehidupan sang mengusaha sukses ini memang terbilang cukup berliku. Namun karena semangat juangnya yang tinggi, ia pun pada akhirnya mampu meraih posisi dalam daftar 10 besar orang terkaya di Indonesia.

10. Jogi Hendra Atmadja

Jogi Hendra Atmadja

* sumber: lifepal.com

Di posisi ke-10 terdapat Jogi Hendra Atmadja yang tak lain pendiri perusahaan makanan dan minuman, Mayora. Perusahaan yang banyak memproduksi berbagai jenis makanan dan minuman instan ini memang cukup populer. Beberapa produknya yang terkenal di antaranya permen Kopiko, permen Kiss, biskuit Khong Ghuan, Energen, Le Minerale, Teh Sosro dan masih banyak lagi.

Jogi Hendra Atmadja sendiri diketahui memiliki nilai kekayaan sekitar $3 miliar dolar Amerika atau sekitar 42 triliun rupiah. Selain menjabat posisi penting di PT Mayora, ia juga diketahui memegang jabatan penting di PT Tunita Branindo, PT Torabika Eka Semesta, dan PT Kakao Mas Gemilang.

Nah, itulah 10 orang paling tajir di Indonesia dengan kekayaan fantasis. Keuletan serta kegigihan mereka dalam menjalankan bisnis memang patut ditiru. Semoga informasi yang telah diulas Bacaterus ini bisa menambah semangat kamu saat mulai menjalankan bisnis.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *