Bacaterus / FYI / 10 Ombak Terbesar di Dunia yang Bikin Jantung Berdebar

10 Ombak Terbesar di Dunia yang Bikin Jantung Berdebar

Ditulis oleh - Diperbaharui 22 Oktober 2019

Pantai adalah salah satu destinasi wisata yang menjadi tujuan para pelancong untuk menikmati liburan hampir di seluruh bagian belahan Bumi. Air menutupi Bumi hampir 71%, dimana lautan menampung sekitar 96,5% jumlah air yang ada di Bumi. Melihat data tersebut tidak heran bila keberadaan pantai yang ada di seluruh dunia menjadi anugerah tersendiri.

Pantai memiliki banyak pesona alam seperti pasir pantai yang eksotis, deburan ombak serta pemandangan matahari terbenam yang memanjakan mata, yang dapat dinikmati oleh setiap kalangan, mulai dari anak-anak, remaja sampai orang tua.

Berbagai aktivitas menyenangkan pun bisa dilakukan di pantai seperti berenang, bermain pasir, bermain bola Volly bahkan bermain papan selancar. Dari sekian banyak kegiatan yang bisa dilakukan di pantai terdapat satu hal yang sangat menarik untuk di bahas, yaitu ombak.

Ombak sendiri adalah gelombang air yang terjadi akibat gesekan antara angin dan air di atas permukaan laut. Namun, dalam kejadian tertentu seperti kejadian gempa di bawah laut yang menyebabkan pergeseran tanah di Bumi bisa membentuk ombak atau gelombang besar yang sering disebut ‘Tsunami’.

Membayangkan ombak berkejaran tentu sangat menyenangkan. Namun, bagaimana bila ombak itu berukuran besar? Kali ini baca terus akan merangkum ombak-ombak terbesar dunia yang bisa membuat jantung para pengunjung berdebar saat bermain di pantai. Berikut adalah daftarnya:

1. Pantai Esperance Australia

Pantai Esperance Australia (Copy)

Pantai yang berada di Australia ini adalah salah satu pantai yang memiliki ombak yang cukup besar. Pantai Esperance memiliki jarak sekitar 7 jam perjalanan dari kota Pert menggunakan perahu. Mempunyai ombak yang besar membuat pantai ini memiliki tantangan tersendiri bagi para pecinta olah raga selancar air.

Memiliki ombak setinggi 2 meter. Konon, ombak di pantai Esperance banyak menelan korban. Selain ikan hiu dan terumbu karang di bawah laut yang berbahaya, ombak besar yang terkenal dengan sebutan ‘Cyclops’ bisa membuat orang-orang berpikir ulang untuk bermain ombak di pantai ini.

2. Pantai Plengkung, Banyuwangi

Pantai Plengkung, Banyuwangi (Copy)

Salah satu ombak terbesar lainnya berada di Indonesia. Pantai Plengkung tercatat memiliki ketinggian ombak mencapai 6 sampai 8 meter. Pantai Plengkung sendiri terletak di Teluk Grajagan, Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi.

Pantai ini menjadi salah satu pantai dengan ombak terbaik kedua setelah Hawaii. Wisatawan sendiri menyebut pantai ini dengan sebutan G-Land. Pantai ini kerap dijadikan tempat kejuaraan surfing tingkat dunia ini memang menarik untuk di kunjungi.

3. Pantai Waimea, Hawaii

Pantai Waimea, Hawaii (Copy)

Hawaii mungkin menjadi salah satu pantai yang wajib dimasukkan ke dalam pantai favorit bagi para peselancar dunia. Hawaii yang eksotis memang terkenal dengan beberapa pantainya yang sering dijadikan ajang kejuaraan selancar dunia.

Selain memiliki pemandangan alam yang menakjubkan, pantai Hawaii juga terkenal dengan ombak ganasnya yang dahsyat. Pantai yang memiliki ketinggian ombak mencapai 7 meter terkenal ganas karena kerap kali menelan banyak korban.

4. Teahupoo, Tahiti

Teahupoo, Tahiti (Copy)

Teahuppo adalah salah satu pantai yang memiliki ombak yang cukup besar. Pada keadaan normal pantai yang berada di selatan Tahiti ini bisa mencapai ketinggian 2-3 meter. Sementara gelombang terbesar tercatat mencapai ketinggian 7 meter.

Selain memiliki gelombang besar pantai yang menjadi bagian dari gugusan Polenesia ini cukup berbahaya karena memiliki terumbu karang yang tajam.

5. Punta de Lobos, Chile

Punta de Lobos, Chile (Copy)

Di Amerika selatan terdapat satu pantai yang mampu memberi pengalaman seru yang dapat memacu adrenaline para peselancar. Di dekat Punta de Lobos yang ada Chile. Terdapat satu wilayah yang akan memberi sensasi Surfing yang menegangkan.

Para peselancar akan dikejutkan dengan ombak besar yang datang tanpa peringatan dengan ketinggian ombak bisa mencapai 9 meter. Meskipun pantai ini tidak terkenal seperti pantai lain yang ada di dunia. Namun, pantai Punta de Lobos bisa menjadi alternatif tempat untuk berselancar.

6. Dungeon, Afrika Selatan

Dungeon, Afrika Selatan (Copy)

Dungeon berada di dekat lokasi pantai Cape Town, Afrika selatan. Pantai yang terkenal ganas ini memiliki tiga hal yang mungkin membuat para peselancar harus berhati-hati. Pantai yang terkenal dengan gelombang besarnya ini, memiliki suhu dingin yang menjadi habitat menyenangkan untuk ikan hiu.

Sering dibandingkan dengan pantai Maveriks. Dungeon menjadi tempat kesukaan para peselancar. Ombak yang tidak dapat diprediksi menjadi tantangan tersendiri bagi peselancar. Ketinggian ombak sendiri tercatat mencapai 12 meter.  Bulan Mei sampai Oktober adalah waktu yang tepat bagi peselancar untuk mendapat ombak besar.

7. Mullaghmore, Irlandia

Mullaghmore, Irlandia (Copy)

Salah satu pantai di Irlandia yang terkenal memiliki ombak besar adalah Mullaghmore. Gelombang ombak yang besar, kuat serta memiliki kecepatan ini memang menjadi ciri khas pantai yang satu ini. Ketinggian ombak di pantai bila dalam keadaan normal bisa mencapai 7-8 meter.

Gelombang terbesar sendiri bisa ditemukan di sekitar bulan Maret sampai tiba badai Viking. Ombak terbesar yang pernah tercatat di pantai ini mencapai 15 meter. Sehingga Mullaghore menjadi salah satu pantai dengan ombak terbesar.

8. Maveriks, California

Maveriks, California (Copy)

Pantai yang satu ini terkenal cukup berbahaya dan mematikan. Pantai ini memang terdengar asing bagi para penggiat olah raga selancar air. Bagi mereka yang ingin berselancar tanpa memiliki  kemampuan selancar yang luar biasa jangan pernah mencoba melakukannya di pantai ini. Karena hanya akan mengundang kematian.

Pantai ini tercatat memiliki ketinggian ombak yang luar biasa yaitu sekitar 18 meter. Maveriks sendiri menjadi salah satu pantai yang memiliki ombak terbesar dunia. Pantai yang terletak di wilayah California ini, pada keadaan normal ketinggian ombak bisa mencapai 7-8 meter. Ingin mencoba berselancar di Maveriks, latihan lebih keras lagi ya, guys.

9. Samudera Atlantik, Inggris

Samudera Atlantik, Inggris (Copy)

Salah satu pantai yang tercatat memiliki ombak terbesar berasal dari samudera Atlantik, di wilayah Inggris yang berdekatan dengan wilayah Mullaghmore. Pantai yang berada di pantai Inggris ini bisa mencapai ketinggian 19,5 meter.

Dan menjadi salah satu ombak terbesar yang tercatat di wilayah tersebut mengalahkan rekor yang pernah dicatat di pantai Mullaghmore yang hanya memiliki ketinggian 18 meter. Lokasi ini memang biasa dijadikan ajang kontes surfing ombak terbesar di dunia.

10. Praia de Norte, Portugal

Praia de Norte, Portugal (Copy)

Pantai terakhir yang tercatat memiliki ombak besar berada di Portugal, yaitu pantai Praia de Norte. Pantai yang memiliki ombak terbesar di dunia ini tercatat mencapai ketinggian 23.5 meter. Gareth Mcnamara peselancar asal Hawaii adalah orang yang berhasil menaklukan ombak terbesar yang ada di pantai tersebut.

Gelombang yang hampir setara dengan gelombang Tsunami ini memang cukup berbahaya. Meskipun memiliki kemampuan surfing yang terampil. Alangkah baiknya tetap waspada ya, guys.

Itulah gelombang ombak terbesar di dunia yang berhasil dirangkum oleh bacaterus. Nantikan informasi lain yang lebih menarik yang akan bacaterus berikan untuk kamu ya!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar