Bacaterus / Kesehatan / Olahraga / 9 Olahraga Peninggi Badan yang Efektif untuk Wanita

9 Olahraga Peninggi Badan yang Efektif untuk Wanita

Ditulis oleh - Diperbaharui 6 November 2018

Pernah melihat para model internasional yang berjalan di catwalk? Hampir sebagian besar model memiliki tubuh yang tinggi dan berat badan yang proporsional. Bahkan, model-model dari Indonesia seperti Paula Verhoeven, Kelly Tandiono, dan Laura Muljadi memiliki tubuh yang tinggi.

Nah, jika ingin memiliki tubuh tinggi seperti mereka, Anda harus mengonsumsi suplemen peninggi badan dan juga melakukan sejumlah olahraga yang bisa menambah tinggi badan.

Ternyata ada sejumlah olahraga peninggi badan untuk wanita yang diklaim dapat menambah tinggi badan secara efisien. Ladies, jika Anda tertarik mencobanya, Bacaterus akan membahas satu persatu mengenai olahraga khusus wanita yang dapat menambah tinggi badan.

9 Olahraga Peninggi Badan untuk Wanita

1. Basket

Basket Olahraga Peninggi Badan untuk Wanita

Siapa bilang basket adalah olahraga untuk pria? Wanita juga bisa bergabung dalam tim basket. Bahkan, sudah banyak sekolah yang memiliki tim basket perempuan yang ikut berbagai perlombaan. Ini membuktikan bahwa basket bisa menjadi salah satu olahraga peninggi badan untuk wanita.

Basket adalah olahraga yang dapat melatih otot dan merangsang pertumbuhan tubuh agar lebih tinggi. Dengan rutin bermain basket, wanita dapat memiliki tinggi badan yang ideal. Tak hanya itu saja, basket bisa menjadi sebuah kegiatan yang menyenangkan untuk melepas penat akibat rutinitas sehari-hari.

2. Bulu Tangkis

Bulu Tangkis

Olahraga yang “Indonesia banget” ini ternyata dapat memberikan efek yang luar biasa untuk tinggi badan Anda, lho. Ya, bulu tangkis ternyata bisa menjadi olahraga yang bagus untuk merangsang pertumbuhan badan. Pasalnya, saat Anda melakukan gerakan melompat dan memukul, maka tulang akan memperoleh rangsangan alami untuk tumbuh lebih panjang.

Tak ada salahnya jika para wanita mencoba olahraga yang sering mengharumkan nama bangsa ini. Hanya bermodalkan raket dan kok, Anda sudah bisa bermain bulu tangkis di mana saja. Akan tetapi, alangkah lebih baik jika Anda bermain di lapangan agar tidak mengganggu pengguna jalan.

3. Lompat Tali

Lompat Tali

Semasa kecil kita menganggap lompat tali sebagai permainan sederhana yang bisa dilakukan bersama dua orang teman lainnya. Namun, seiring bertambahnya usia, kita pun menyadari bahwa lompat tali atau skipping ini merupakan olahraga peninggi badan untuk wanita maupun pria.

Para wanita yang ingin memiliki tinggi badan yang ideal bisa mulai melakukan lompat tali setiap hari. Anda hanya perlu menyediakan tali skipping atau karet gelang yang dijalin menjadi panjang untuk melakukan olahraga murah meriah ini. Lompat tali dapat merangsang hormon pertumbuhan untuk menambah tinggi badan.

Lakukan lompat tali di ruangan terbuka atau ruangan yang tidak sempit. Jangan lupa untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu agar Anda tidak mengalami cedera saat lompat tali.

4. Bersepeda

Bersepeda

Saat car free day, Anda pasti banyak melihat kaum hawa yang bersepeda, bukan? Hal tersebut menunjukkan bahwa bersepeda adalah salah satu olahraga yang woman-friendly. Namun, tahukah Anda bahwa bersepeda bisa menjadi salah satu alternatif olahraga peninggi badan untuk wanita?

Ketika mengayuh sepeda, kaki Anda akan bekerja lebih keras sehingga membuat otot kaki jadi lebih kuat. Tak hanya sampai di situ, bersepeda akan membantu proses pertumbuhan tulang. Ini adalah olahraga peninggi badan yang baik dilakukan oleh semua orang dari berbagai usia maupun jenis kelamin.

5. Streching

Postur Ular Kobra

Stretching atau peregangan dilakukan untuk melenturkan otot-otot tubuh. Pada umumnya, stretching dilakukan sebagai pemanasan sebelum berolahraga. Akan tetapi, dalam kasus meninggikan badan, Anda bisa melakukan stretching untuk menambah tinggi badan, lho.

Dalam melakukan stretching terdapat banyak gerakan dan posisi. Namun, posisi yang paling cocok bagi wanita yang ingin menambah tinggi badan adalah posisi ular kobra.

Posisi ular kobra ini dimulai dengan tengkurap terlebih dahulu, lalu gunakan kedua tangan untuk menopang tubuh. Setelah itu, angkat bagian dada dan kepala ke atas menghadap langit. Tahan tubuh Anda pada posisi ini selama beberapa menit. Olahraga ini bisa dilakukan di rumah, girls!

6. Berenang

Berenang

Dari sekian banyak olahraga peninggi badan untuk wanita, berenang adalah satu-satunya olahraga yang paling diminati kaum hawa. Selain segar, berenang juga bisa memberikan efek penenang alami bagi kita yang mengalami stres setelah bekerja setiap hari.

Sudah menjadi rahasia umum jika berenang diklaim sebagai olahraga peninggi badan. Teknik renang paling ampuh untuk menambah tinggi badan adalah gaya bebas. Ketika berenang dengan gaya bebas, dada menghadap permukaan air, sedangkan kedua lengan berayun secara bergantian.

Kalau Anda sedang dalam program meninggikan badan sekaligus menurunkan berat badan, maka berenang adalah olahraga yang paling cocok untuk Anda. Di samping itu, berenang juga mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, dan osteoarthritis.

7. Berayun

Berayun

Wanita juga mampu melakukan olahraga yang biasa dilakukan oleh pria, seperti berayun (hanging up exercise). Ini merupakan sebuah olahraga sederhana tetapi cukup menantang bagi kaum hawa. Bagaimana tidak, wanita harus menopang berat tubuhnya dengan kedua tangannya.

Ketika Anda sudah berpegang pada tiang vertikal untuk menopang beban tubuh Anda, ayunkan kedua kaki Anda ke depan. Jika Anda semakin profesional, maka Anda bisa mengangkat kedua kaki Anda lurus ke depan. Olahraga seperti ini dapat meningkatkan tinggi badan secara lebih cepat.

8. Capoeira

Capoeira

Capoeira dikenal sebagai olahraga bela diri yang dikembangkan oleh warga Afrika yang berada di Brasil. Meskipun olahraga ini masuk dalam kategori bela diri, ternyata banyak kaum hawa yang berminat untuk belajar capoeira. Pasalnya, olahraga ini menggabungkan seni bela diri dan tari. Jadi, para wanita tertarik untuk beraksi bela diri sambil menari.

Dalam olahraga ini, titik beratnya berada pada tendangan. Jangan heran jika Anda melihat orang-orang yang sedang berlatih capoeira ini banyak melakukan tendangan. Saat berlatih biasanya ada musik yang dimainkan untuk membuat pelakunya jadi lebih bersemangat.

9. Yoga

Yoga

Dewasa ini, yoga menjadi olahraga peninggi badan untuk wanita yang paling favorit. Kelas yoga yang personal maupun kelompok selalu diminati oleh kaum hawa. Apa yang membuat yoga menjadi olahraga favorit bagi kaum hawa?

Yoga mulai diminati di Indonesia sejak tahun 2010. Olahraga ini memang lebih banyak diminati oleh wanita ketimbang pria. Di dalam yoga banyak beberapa pose yang dapat meningkatkan tinggi badan, seperti Triangle Pose, Palm Tree Pose, Sun Salutation, dan Bow Pose.

Banyak wanita yang tertarik melakukan yoga karena olahraga ini bisa dilakukan di mana saja dan dapat memberikan ketenangan bagi pelakunya. Meskipun biaya untuk mengikuti kelas yoga pelatih profesional tidak murah, tapi toh masih banyak wanita yang tertarik untuk bergabung.

Inilah sejumlah olahraga peninggi badan untuk wanita yang paling ampuh. Para wanita dapat mulai menjajal olahraga ini jika merasa kurang puas dengan tinggi badannya yang terlalu rendah. Tidak hanya 9 olahraga ini saja, para wanita juga bisa mencoba olahraga lainnya yang terangkum dalam artikel olahraga peninggi badan ini. Selamat mencoba, ladies!

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment