Bacaterus / Kesehatan / Olahraga / 10 Gerakan Olahraga Peninggi Badan yang Bisa Dicoba di Rumah

10 Gerakan Olahraga Peninggi Badan yang Bisa Dicoba di Rumah

Ditulis oleh - Diperbaharui 4 Oktober 2018

Tidak semua orang suka berolahraga, tapi semua orang pasti mendambakan berat dan tinggi badan yang ideal. Bagaimana bisa Anda memperoleh bentuk tubuh yang ideal jika malas berolahraga? Olahraga adalah kunci keberhasilan diet menurunkan berat badan atau program meninggikan badan. Tanpa olahraga, Anda tidak akan memiliki tubuh yang ideal, langsing, dan tinggi semampai.

Bacaterus akan berbagi 10 macam olahraga peninggi badan di rumah yang bisa Anda lakukan setiap hari. Kalau tidak sempat pergi ke pusat kebugaran, 10 gerakan olahraga ini bisa menjadi solusi untuk meninggikan badan secara cepat.

10 Gerakan Olahraga Peninggi Badan di Rumah

1. Melompat-lompat

Melompat-lompat Olahraga Peninggi Badan di Rumah

Melompat adalah olahraga peninggi badan di rumah yang paling mudah. Anda tidak perlu menggunakan alat bantu apapun, cukup lakukan lompatan-lompatan tunggal ketika berada di rumah. Olahraga yang satu ini dapat merangsang pertumbuhan anak maupun orang dewasa.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal, Anda harus melakukan lompatan secara rutin. Lakukan lompatan ini setelah bangun tidur. Usahakan untuk melompat sebelum makan karena melompat dalam kondisi perut yang sudah terisi makanan dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

Agar Anda dapat melompat secara lebih profesional, gunakan trampolin yang biasa digunakan anak-anak untuk melompat. Letakkan trampolin di luar ruangan agar kepala Anda tidak terbentur dengan atap rumah.

2. Lompat Tali

Loncat Tali

Sama dengan melompat-lompat, lompat tali alias skipping merupakan olahraga peninggi badan di rumah yang paling hemat. Kalau tidak memiliki tali untuk skipping, gunakanlah karet gelang hingga membentuk tali yang cukup panjang untuk mendukung olahraga ini.

Lakukan skipping di luar ruangan karena jika Anda melakukannya di dalam ruangan, maka berisiko tali mengenai benda-benda di sekitar. Durasi yang ideal untuk melakukan lompat tali bagi pemula adalah 10 menit. Jika Anda sudah mulai terbiasa, tambah durasi lompati tali Anda sampai 15-20 menit setiap hari.

3. Berayun

Latihan berayun

Hanya bermodalkan tiang yang bisa menahan beban tubuh Anda, maka Anda sudah bisa melakukan olahraga berayun sendiri di rumah. Berayun adalah olahraga yang sangat mudah dilakukan. Anda hanya perlu memegang bagian tiang horisontal, lalu tumpukan semua beban tubuh Anda kepada kedua tangan yang sedang mencengkeram tiang. Mulailah mengayunkan tubuh Anda, lalu posisikan kedua kaki ke depan.

Meskipun awalnya Anda akan sulit mengangkat kedua kaki saat sedang berayun, lama kelamaan Anda akan mulai terbiasa. Jika sudah mulai terbiasa, fokuskan kekuatan pada kaki dan tubuh untuk menambah tinggi badan.

4. Peregangan

Perengangan

Apakah Anda selalu berada dalam posisi duduk untuk jangka waktu lama? Jika ya, Anda harus melakukan peregangan setiap beberapa jam sekali. Peregangan yang dimaksud di sini adalah mengencangkan bagian belakang tubuh alias punggung agar lebih tegak lurus. Tanpa kita sadari, tubuh sering membungkuk dengan sendirinya sehingga mengurangi tinggi badan kita.

Peregangan yang rutin dilakukan setiap hari dapat memperpanjang tulang punggung. Bahkan, tak hanya itu saja, peregangan akan merangsang tubuh untuk mensekresi hormon pertumbuhan manusia sehingga Anda akan memiliki tinggi badan yang ideal. Tak ada salahnya untuk melakukan peregangan setiap hari karena latihan ini tidak terlalu melelahkan dan bisa dilakukan di mana saja Anda berada.

5. Mencium Lutut

Mencium Lutut

Gerakan olahraga peninggi badan di rumah yang berikut ini mungkin sedikit sulit bagi orang yang belum terbiasa. Pasalnya, gerakan ini mengharuskan Anda untuk duduk di lantai dengan kedua kaki lurus ke depan, lalu tubuh membungkuk ke depan seolah-olah akan mencium lutut.

Mengingat posisi ini mengharuskan kedua lutut tetap lurus dan menempel pada lantai, mungkin bagian paha dan pinggang akan sedikit sakit ketika melakukannya. Anda perlu membiasakan diri untuk melakukan latihan ini. Jika sudah terbiasa, lakukan olahraga ini selama 10 menit setiap hari. Dijamin, tinggi badan Anda akan bertambah meskipun tidak terlalu signifikan.

6. Postur Ular Kobra

Postur Ular Kobra

Postur ular kobra sebenarnya adalah salah satu gaya yoga. Namun Anda tidak perlu melakukan semua gerakan yoga secara keseluruhan, cukup lakukan postur ular kobra saja jika ingin menambah tinggi badan.

Cara melakukan postur ular kobra adalah berbaring tengkurap di lantai seperti hendak melakukan push up, pandangan ke bawah, dan kedua telapak tangan bertumpu ke lantai selebar bahu. Dorong tubuh menggunakan kedua tangan sehingga tubuh melengkung, lemaskan kedua kaki dan Anda akan merasakan tulang punggung belakang sedikit meregang.

7. Gaya Berenang

Gaya Berenang

Untuk melakukan olahraga peninggi badan di rumah yang satu ini Anda tidak perlu berenang di dalam kolam renang. Gaya berenang alias dry land swim memang seharusnya dilakukan di lantai yang kering.

Cara untuk memulai postur gaya berenang ini adalah dengan berbaring tengkurap sampai perut menyentuh lantai. Regangkan tubuh sepenuhnya sebelum membentuk gaya ini. Regangkan kedua tangan lurus ke depan dan pastikan telapak tangannya menghadap ke bawah.

Setelah itu, biarkan kedua kaki lurus dan mulailah dengan mengangkat kaki kanan dari lantai sejauh yang Anda bisa. Tahan posisi ini selama 4 detik sebelum Anda ganti mengangkat kaki yang satu lagi.

8. Senam Panggul

Senam Panggul

Yang satu ini adalah olahraga peninggi badan di rumah yang sangat disarankan oleh sejumlah personal trainer. Akan tetapi, untuk melakukan latihan ini Anda tidak perlu repot-repot pergi ke pusat kebugaran karena orang awam pun dapat melakukan senam panggul sendiri di rumah.

Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum senam panggul adalah terlentang dengan santai dan tekuk kedua lutut ke atas. Setelah itu, angkat panggul setinggi mungkin dengan posisi leher tetap berada di atas lantai. Tahan posisi ini selama 20-30 detik dan lakukan latihan mudah ini sebanyak 2-3 kali sehari.

9. Gerakan Tendangan

Gerakan Tendangan

Satu lagi olahraga peninggi badan di rumah yang mudah dan ternyata bisa dilakukan sendiri di rumah, yakni gerakan menendang. Gerakan menendang atau alternate leg kick adalah gerakan menendang secara horisontal.

Tak ada objek yang ditendang, tetapi Anda bisa melakukan tendangan bebas di mana pun selama tidak ada barang yang berada di sekitar Anda. Lakukan tendangan sebanyak 20 kali untuk setiap kaki. Imbangi juga gerakan ini dengan olahraga yang lain agar Anda segera mendapat hasil yang optimal.

10. Spot Jump

Spot Jump

Spot Jump adalah latihan dasar yang diajarkan pada saat pelajaran olahraga di sekolah maupun saat latihan militer. Gerakan yang satu ini mengharuskan Anda berada di posisi jongkok terlebih dahulu, lalu melompat setinggi mungkin dan kembali jongkok. Spot jump akan membantu memanjangkan tulang kaki Anda. Lakukan latihan ini sebanyak 20 kali sehari dan kombinasikan dengan olahraga lainnya.

Itulah beragam olahraga peninggi badan di rumah yang bisa membantu Anda mencapai tinggi badan yang diimpikan. Sebagai referensi untuk Anda, baca juga artikel olahraga peninggi badan berikut ini untuk mempercepat program peninggi badan yang sedang Anda jalani.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment