Bacaterus / Telur / Yuk, Coba 10 Aneka Olahan Telur Puyuh yang Lezat Ini!

Yuk, Coba 10 Aneka Olahan Telur Puyuh yang Lezat Ini!

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Juli 2019

Telur puyuh merupakan jenis telur yang cukup populer di Indonesia. Telur yang berukuran kecil ini bisa diolah menjadi berbagai macam hidangan. Bahkan, beberapa hidangan khas nusantara juga menggunakan telur puyuh sebagai bahan utamanya, lho.

Apakah Anda juga termasuk salah satu penggemar telur puyuh? Jika ya, Anda pasti ingin membuat hidangan telur puyuh yang lezat, kan? Kali ini, Bacaterus akan mengulas satu persatu makanan olahan telur puyuh dari dalam maupun luar negeri, nih! Sudah tak sabar ingin mengetahui menu-menu makanannya? Yuk, cek daftar lengkapnya berikut ini.

1. Sate Telur Puyuh (Ala Angkringan)

Sate Telur Puyuh

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=6p4sssGmiAo

Kalau Anda pernah makan di angkringan, Anda pasti mendapati menu sate telur puyuh di dalamnya. Menu sederhana ini sangat enak dimakan bersama dengan nasi atau langsung dimakan layaknya ‘cemilan’. Harga sate telur puyuh ini variatif, mulai dari Rp 1.000 – Rp 5.000 per tusuknya.

Proses pembuatan sate telur puyuh ini sangat mudah. Bahan utamanya sudah pasti telur puyuh yang sudah direbus sampai matang. Kemudian, telur yang telah dikupas akan dimasak di dalam air bersama dengan daun salam, laos, serai, kecap manis, garam, dan gula. Selanjutnya, haluskan juga bawang merah, bawang putih, ketumbar sangrai, dan garam. Masukkan bumbu halus ke dalam rebusan telur.

Selanjutnya, Anda hanya perlu menunggu sampai airnya mulai sedikit dan telurnya berwarna kecokelatan. Jika telurnya sudah agak dingin, tusukkan telur pada tusuk sate.

2. Bakso Telur Puyuh

Bakso Telur Puyuh

*Sumber: https://www.instagram.com/basouratpakto/

Saat ini, sudah banyak variasi bakso dengan isian macam-macam, mulai dari isi keju, sosis, sampai dengan telur puyuh. Bakso telur puyuh ini paling mudah ditemukan. Ukuran baksonya sendiri biasanya lebih besar dari bakso pada umumnya.

Jika Anda sudah terbiasa membuat bakso homemade, coba tambahkan isian telur puyuh rebus di dalamnya. Ketika hendak membuat bulatan dari adonan bakso, masukkan satu butir telur puyuh ke dalamnya dan remas-remas sampai semua bagian telur tertutup oleh adonan. Setelah matang, bakso telur puyuh bisa dinikmati dengan kuah kaldu sapi bersama kecap manis, saos tomat, dan sambal.

3. Balado Telur Puyuh

Balado Telur Puyuh

* sumber: www.harianmu.com

Ingin menyantap olahan telur puyuh dengan cita rasa pedas? Yuk, coba balado telur puyuh! Makanan yang satu ini cara pengolahannya sama dengan ketika Anda membuat balado dengan menggunakan bahan utama telur ayam rebus.

Pertama, rebus telur puyuh, kupas, dan goreng telurnya. Haluskan bawang merah, bawang putih, terasi, cabai merah besar, cabai rawit, dan kemiri. Tumis bumbu halus sampai harum, lalu masukkan air. Selanjutnya, masukkan telur puyuh, tomat cincang, daun salam, lengkuas, garam, gula, dan penyedap rasa. Tumis semuanya sampai airnya menyusut, lalu taburkan bawang merah goreng.

4. Tahu Sarang Burung

Tahu Sarang Burung

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=4Uiv_qMcWwY

Bosan dengan tahu goreng yang biasa-biasa saja? Cobalah untuk mengombinasikan tahu dengan telur puyuh. Olahan yang satu ini dinamakan tahu sarang burung atau juga dikenal dengan tahu fantasi. Tahu goreng diberi topping telur puyuh sehingga rasanya lebih mantap.

Bahan utama makanan ini adalah tahu putih yang dihaluskan, kemudian dibumbui dengan merica, pala, telur ayam yang sudah dikocok, daun bawang, seledri, dan kaldu bubuk. Selanjutnya, haluskan bumbu berupa bawang merah, bawang putih, ketumbar, dan garam, lalu tumis dengan minyak goreng sampai halus. Campurkan adonan tahu dengan bumbu halus sampai merata.

Masukkan adonan ke dalam cetakan dan letakkan satu butir telur puyuh pada masing-masing cetakan. Setelah dikukus selama 15 menit, goreng tahu yang sudah dilapisi dengan telur ayam kocok di dalam minyak panas. Goreng hingga warnanya cokelat keemasan.

5. Ekkado (Ala HokBen)

Ekkado

* sumber: www.idntimes.com

Ekkado adalah menu yang cukup favorit di HokBen, restoran cepat saji yang menyajikan makanan khas Jepang. Bentuknya seperti golden money bag dan di bagian tengahnya diisi dengan telur puyuh. Saat ini, sudah banyak ekkado siap saji alias yang dikemas dalam bentuk frozen food. Namun, Anda juga bisa membuat makanan ini sendiri, lho.

Bahan utamanya adalah daging ayam fillet dan udang. Haluskan keduanya di dalam blender. Kemudian, tambahkan putih telur, bawang putih halus, pala, merica, tepung sagu, garam, kaldu bubuk, gula, dan minyak wijen. Aduk semua bahan hingga tercampur rata.

Selanjutnya, ambil kembang tahu dan potong menjadi ukuran 12x12cm. Ambil adonan daging sebanyak 25gram dan letakkan di tengah-tengah kembang tahu. Isi adonan dengan sebutir telur puyuh rebus. Ikat kembang tahu dengan daun kucai. Setelah selesai silakan kukus adonan selama 15 – 25 menit, lalu lanjutkan menggoreng adonan di dalam minyak panas.

6. Semur Telur Puyuh

Semur Telur Puyuh

* sumber: portalmadura.com

Mau membuat olahan telur puyuh yang praktis? Buat saja semur telur puyuh. Bahan utamanya sudah pasti telur puyuh yang sudah direbus. Setelah dikupas, cuci telur puyuh sampai bersih. Kemudian, Anda dapat melanjutkan menumis bawang merah, bawang putih, dalam minyak panas. Ketika aroma harumnya mulai tercium, masukkan kecap manis, garam, kaldu bubuk, lada, dan air.

Lanjutkan dengan memasukkan telur puyuh rebus yang sudah dicuci, lalu tumis sejenak. Setelah mencoba kuahnya, diamkan masakan sampai airnya sedikit menyusut, tetapi jangan biarkan airnya benar-benar habis.

7. Telur Gulung

Telur Gulung

* sumber: wartabatavia.com

Masih ingat dengan jajanan sekolah berupa telur gulung? Kalau tidak ingin memakai telur ayam, Anda bisa menggunakan telur puyuh, lho. Kreasi telur gulung berbahan telur puyuh ini bisa menjadi cemilan untuk anak-anak.

Kocok tepung sagu dan air matang secukupnya, lalu masukkan telur puyuh mentah (4-5 butir). Tambahkan garam dan merica secukupnya untuk membuat rasanya lebih gurih. Siapkan minyak panas dan tuangkan adonan telur puyuh ke dalam minyak panas sedikit-sedikit. Ambil tusuk sate bambu dan gulungkan telur pada tusuk sate.

8. Tamago

Tamago

* sumber: www.oyakata.com.pl

Tahukah Anda bahwa telur dadar ala Jepang yang rasanya manis dan gurih itu ternyata berbahan dasar telur puyuh? Jadi, bukan telur ayam yang dipakai untuk membuat tamago, melainkan telur puyuh mentah.

Kocok telur puyuh mentah bersama dengan bawang bombai cincang, paprika merah cincang, susu cair, garam, dan merica. Panaskan teflon berbentuk persegi dan olesi minyak goreng di atasnya. Tuang adonan telur, ratakan, dan masak sampai matang (jangan gosong). Gulung telur dan angkat jika sudah matang. Nikmati tamago ini bersama dengan saus sambal atau cabai bubuk.

9. Lodeh Telur Puyuh

Lodeh Telur Puyuh

* sumber: thegorbalsla.com

Tak ada yang bisa menolak lezatnya hidangan berkuah santan khas nusantara ini. Ya, apalagi jika bukan lodeh. Saat ini Anda bisa membuat lodeh dengan mudah karena sudah tersedia bumbu-bumbu instan siap pakai.

Selain diisi dengan nangka muda (tewel), lodeh juga bisa ditambahkan isian telur puyuh dan labu siam. Soal rasa, dijamin bakal enak banget. Anda pasti bakal ketagihan menyantap kuah bersantan dengan telur puyuh.

10. Tumis Buncis Telur Puyuh

Tumis Buncis Telur Puyuh

* sumber: www.cookin.id

Buncis dan telur puyuh adalah kombinasi hidangan yang sangat diminati. Walaupun sederhana, olahan telur puyuh yang satu ini benar-benar disukai oleh masyarakat Indonesia. Anda juga bisa menambahkan tempe di dalam tumisan buncis telur puyuh ini.

Pertama, tumis bumbu bali siap pakai bersama dengan serai, daun salam, dan tomat hijau sampai harum. Masukkan tempe dan telur puyuh, setelah ditumis sejenak masukkan buncis. Bumbui dengan kecap manis, garam, dan merica. Tuangkan sedikit air, aduk sampai rata, dan biarkan airnya menyusut.

10 olahan telur puyuh ini siap untuk Anda coba, lho. Memang tidak semuanya merupakan makanan khas nusantara, tetapi makanan-makanan di atas merupakan sajian yang cukup populer di tanah air.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar