Bacaterus / Telur / 10 Macam Olahan Telur Bebek yang Bergizi dan Pasti Enak!

10 Macam Olahan Telur Bebek yang Bergizi dan Pasti Enak!

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Telur bebek menjadi salah satu bahan pangan mengandung protein yang banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia. Meski tidak seterkenal telur ayam sebagai olahan sehari-hari, telur bebek banyak digunakan untuk masakan tertentu.

Telur bebek memiliki ukuran yang cenderung lebih besar dibanding telur ayam. Dalam satu butir telur bebek, beratnya bisa mencapai sekitar 70 gram. Struktur kulitnya pun lebih tebal dan keras. Bagaimana dengan kandungan nutrisinya?

Untuk setiap 70 gram atau per butir telur bebek, mengandung kalori sebesar 130 gram. Jumlah ini jauh lebih besar dibandingkan telur ayam berukuran besar yang per butirnya hanya mengandung 90 gram kalori. Sehingga, jika Anda sedang dalam program penaikan berat badan, tidak ada salahnya mengganti konsumsi telur ayam dengan telur bebek.

Selain kalori, telur bebek juga mengandung banyak vitamin B1, B2, B5 dan A. Tidak ketinggalan vitamin B12 dan E serta fpsfor, kolin, zat besi, zink, selenium, asam lemak omega 3. Semua nutrisi tersebut dibutuhkan sel-sel tubuh agar dapat kerja dengan maksimal.

Rajin mengonsumsi telur bebek, kesehatan sel darah merah serta sistem saraf Anda dapat terjaga. Belum lagi selenium yang baik untuk perbaikan DNA dan antioksidan dalam putih telur bebek yang dapat bantu menghalau radikal bebas yang bisa mengancam kesehatan tubuh.

Mengetahui kandungan serta manfaat yang dimiliki telur bebek, apakah Anda mulai tertarik untuk mulai rutin mengonsumsinya? Jika iya, beberapa ide olahan telur bebek di bawah ini semoga bisa menginspirasi. Apa saja kah itu? Ini dia resep-resepnya untuk Anda!

1. Telur Asin

Telur Asin

* sumber: www.sehatq.com

Olahan telur bebek yang satu ini boleh jadi paling populer di Indonesia. Khas dari Brebes, telur asin saat ini mudah ditemukan di mana pun. Anda juga bisa membuatnya sendiri. Bahan dan cara membuatnya cukup sederhana.

Anda hanya perlu menyediakan telur bebek, garam, wadah besar untuk memeram telur, amplas untuk menggosok permukaan kulit telur bebek, air dan abu gosok atau batu bata yang sudah dihancurkan. Jika sudah siap semua, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencuci telur bebek hingga bersih dan mengamplasnya.

Setelah itu, campurkan bubuk batu bata atau abu gosok dengan sedikit air hingga kental dan bisa digunakan untuk menutup telur. Jangan lupa masukkan banyak garam lalu aduk. Selanjutnya, bungkus atau lumuri telur bebek dengan bubuk batu bata atau abu gosok tadi.

Balut hingga tebal sampai telur menjadi lebih besar. Setelah selesai membalut telur satu per satu, masukkan mereka ke dalam sebuah wadah tertutup. Kembali tambahkan garam pada telur-telur tersebut kemudian peram hingga 2 minggu.

Setelah 2 minggu, Anda bisa mengeluarkan telur dan membersihkannya. Terakhir rebus atau kukus telur bebek dengan api kecil selama satu jam. Telur asin buatan sendiri siap disantap!

2. Telur Asin Bakar/Asap

Telur Asin Bakar

* sumber: www.epetani.com

Telur asin bakar atau asap merupakan varian lain dari telur asin original. Bahan, alat serta proses pembuatannya kurang lebih sama, hanya pada telur asin bakar atau asap ini, setelah direbus, telur dimasukkan ke dalam sebuah drum untuk diasapi.

Rasanya tentu tidak kalah lezat dibanding dengan telur asin original. Anda akan merasakan sensasi aroma-aroma bakaran yang menambah nafsu makan. Selain itu, ia juga lebih gurih dan tahan lama sebab melalui proses masak sebanyak dua kali.

3. Telur Asin Panggang

Telur Asin Panggang

* sumber: life.108jakarta.com

Olahan telur bebek selanjutnya masih dalam keluarga telur asin. Namun, kali ini adalah telur asin panggang. Proses awalnya juga sama saja dengan pembuatan telur asin original. Hanya, proses selanjutnya pada telur asin ini adalah dipanggang. Anda bisa menggunakan oven yang ada di rumah untuk memanggangnya.

Jika telur asin bakar atau asap kuncinya ada pada proses pengasapan, telur asin panggang tentu pada proses pemanggangan. Meski terlihat sederhana, Anda harus tetap hati-hati karena telur bisa pecah saat dipanggang.

4. Kerak Telur

Kerak Telur

* sumber: www.dapurkobe.co.id

Kudapan khas Betawi yang satu ini sebenarnya juga menggunakan telur ayam dalam proses pembuatannya. Hanya kerak telur yang menggunakan telur bebek dirasa lebih empuk serta gurih. Tidak percaya? Buat sendiri saja!

Bahan yang harus disiapkan antara lain beras ketan yang sudah dicuci dan direndam selama kurang lebih tiga jam. Kemudian siapkan kelapa parut, ebi yang disangrai dan dihaluskan, bawang merah goreng untuk taburan dan campuran, minyak dan telur bebek!

Sementara itu bumbu halus yang harus disiapkan antara lain cabai merah keriting, kencur, jahe, lada, bawang merah dan putih. Bumbu halus ini digunakan untuk memasak kelapa parut dan ebi yang sudah disiapkan di atas ya!

Saatnya mulai memasak! Pertama-tama, ratakan beras ketan di atas wajan, siram dengan air rendaman ketan, biarkan sampai agak mengering. Sembari menunggu beras ketan tersebut kering, kocok telur bebek dengan bumbu halus, ebi, bawang merah goreng, gula dan garam.

Masukkan kocokan telur bebek tersebut ke atas beras ketan tadi. Ratakan hingga menutupi semua permukaan beras ketan dan aduk hingga tercampur. Jangan lupa untuk tetap meratakan adukan beras ketan dan telur tersebut. Ratakan dan tekan-tekan hingga mencapai ketebalan yang diinginkan.

Sesekali balik wajan dan biarkan permukaan telur menyentuh bara api agar mendapat aroma bakar yang sedap. Tunggu hingga matang lalu sajikan dengan serundeng dan bawang merah goreng!

5. Martabak Telur

Martabak Telur

* sumber: sajiansedap.grid.id

Olahan telur bebek selanjutnya yang bisa Anda buat sendiri adalah martabak telur. Jika kesulitan membuat kulit martabak seperti yang biasa dijual, Anda bisa menggantinya dengan kulit lumpia yang banyak dijual di pasar-pasar. Anda tinggal menyiapkan isiannya.

Bahan isian yang dibutuhkan antara lain telur bebek, daging sapi cincang/kornet, bawang bombay, bawang putih, daun bawang, lada, garam dan penyedap. Pertama, tumis bawang bombay dan bawang putih terlebih dahulu, kemudian masak kornet atau daging cincang. Tambahkan perasa dan daun bawang, icip lalu sisihkan.

Selanjutnya, siapkan kulit lumpia, kocok lepas telur bebek kemudian tambahkan tumisan daging, aduk kembali hingga rata. Tuang satu sendok isian ke atas kulit lumpia lalu lipat dan goreng. Martabak telur siap disantap!

6. Telur Dadar Padang

Telur Dadar Padang

* sumber: www.masakapahariini.com

Anda yang terbiasa makan nasi padang, pasti tidak asing dengan telur dadar padang yang tebalnya menggiurkan. Tetapi, tahukah Anda bahwa telur bebek merupakan kunci membuat telur dadar menjadi lebih tebal dan mengembang?

Gunakan setidaknya tiga butir telur bebek. Lalu siapkan tepung terigu untuk menambah massa. Selanjutnya goreng di minyak yang agak banyak. Jangan lupa campurkan bumbu untuk menambah cita rasa.

7. Fuyunghai

Fuyunghai

* sumber: www.merdeka.com

Meski bukan merupakan makanan asli Indonesia, Fuyunghai cukup populer di Indonesia. Olahan telur, baik telur ayam atau telur bebek ini memiliki banyak penggemar. Ia termasuk comfort food yang cocok di lidah siapa pun.

Untuk membuat Fuyunghai telur bebek, Anda jelas harus menyiapkan beberapa butir telur bebek. Siapkan juga sayuran seperti irisan kubis, wortel, jamur, tauge dan bawang bombay. Jangan lupa untuk menyiapkan daging ayam, udang atau kepiting.

Cara memasak Fuyunghai tidak berbeda jauh dari membuat telur dadar pada umumnya. Anda hanya perlu mencampur semua bahan-bahan tersebut lalu goreng pada minyak panas. Siapkan juga saus asam manis yang menjadi ciri khas Fuyunghai.

8. Pepes Telur Asin

Pepes Telur Asin

* sumber: sajiansedap.grid.id

Selama ini, ayam dan ikan merupakan dua bahan yang biasa diolah menjadi pepes. Bagaimana dengan pepes telur asin? Pasti asing. Padahal rasanya sama-sama lezat dan menggugah selera. Anda bisa membuatnya sendiri jika kurang yakin. Caranya dan bahan yang dibutuhkan cukup sederhana.

Siapkan beberapa butir telur asin, tahu putih, telur ayam mentah, kemangi, daun salam. Sementara itu bumbu halus yang digunakan antara lain bawang merah dan putih, kemiri sangrai dan ketumbar. Siapkan juga irisan cabai merah, cabai hijau dan bawang daun.

Pertama, haluskan tahu dan campur dengan telur mentah. Tambahkan bumbu halus, garam, gula, merica dan penyedap. Masukkan daun kemangi lalu aduk. Siapkan daun pisang untuk membungkus.

Letakkan tahu yang sudah dihaluskan dan dibumbui tadi ke atas daun pisang. Lanjutkan dengan menyimpan telur asin kupas yang sudah dipotong jadi dua bagian. Tambahkan irisan cabai dan bawang daun lalu bungkus rapat. Terakhir, kukus selama kurang lebih 15 menit.

9. Omelet Telur Bebek dan Jamur

Omelet Telur Bebek dan Jamur

* sumber: www.merdeka.com

Olahan telur bebek selanjutnya yang dijamin tidak akan mengecewakan adalah omelet telur bebek dan jamur. Pada dasarnya bahan serta cara pembuatan tidak beda jauh dengan omelet pada umumnya.

Anda cukup mengocok telur beserta bumbu dan irisan jamur kancing. Lalu goreng di minyak panas. Selesai! Santap bersama saus sambal rasanya pasti lebih nikmat.

10. Sponge Cake

Sponge Cake

* sumber: www.yummly.com

Setelah puas dengan olahan telur bebek dengan cita rasa asin, saatnya mencoba mengolahnya menjadi sesuatu yang manis. Ya! Sponge Cake. Dalam membuat cake, telur memang memegang peranan penting sebagai pengembang dan pelembut alami.

Dalam hal ini, jika Anda mengganti telur ayam dengan telur bebek dalam membuat Sponge Cake, kue yang dihasilkan akan lebih lembut. Sudah terbayang empuknya? Buat segera!

Aneka olahan telur bebek di atas semuanya menggugah selera. Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Hanya, karena jumlah kalorinya lebih besar dibanding telur ayam, perhatikan batas penggunaannya ya. Jadi bagaimana? Resep mana yang mau dicoba lebih dulu? Intip juga artikel olahan telur favorit ini, ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *