Bacaterus / Singkong / 10 Olahan Tape Singkong Terpopuler dan Terlezat di Indonesia

10 Olahan Tape Singkong Terpopuler dan Terlezat di Indonesia

Ditulis oleh - Diperbaharui 3 April 2020

Tape singkong merupakan makanan fermentasi yang lazim dikonsumsi masyarakat kita. Makanan ini mempunyai cita rasa yang khas serta khasiat yang tak sedikit. Masyarakat kita lazimnya menyantap makanan ini langsung tanpa diolah dulu.

Tak hanya disantap langsung, tape singkong pun juga bisa diolah lagi menjadi santapan lezat. Sudah banyak olahan lezat yang tercipta dari fermentasi singkong tersebut. Sepuluh di antaranya merupakan yang terpopuler di Indonesia. Kesepuluh olahan tersebut adalah:

1. Colenak

Colenak

* sumber: www.indonesiakaya.com

Kamu yang orang Bandung pasti populer dengan olahan ini. Colenak dibuat dari tape singkong yang dibakar hingga bagian luarnya terkaramelisasi. Tape singkong tersebut lantas disajikan bersama saus gula merah dan taburan kelapa parut.

Di beberapa tempat, tape singkong yang dibakar itu biasanya bakal dipotong-potong dulu, sebelum akhirnya disiramkan dengan saus gula merah dan taburan kelapa parut. Kalau kamu lagi di Bandung, kamu bisa mencoba olahan ini di Colenak Murdi Putra yang beralamat di Jalan Raya Cibiru No. 3.

2. Kue Kamir

Kue Kamir

* sumber: www.palmia.co.id

Kalau olahan satu ini merupakan makanan yang bisa kamu temui di Pemalang, Jawa Tengah. Kue ini sebetulnya merupakan kue khas Arab yang dibawa ke Jawa Tengah, khususnya Pemalang. Nama Kamir sendiri merupakan serapan dari Khamir yang berarti “ragi”.

Pada olahan ini, tape singkong bakal dicampur dengan sejumlah bahan. Semisal gula pasir, telur, margarin cair, air hangat, dan ragi. Campuran tape singkong dan semua bahan itu lanas dimasak di dalam loyang berbentuk lingkaran kecil.

Di Pemalang, sudah banyak yang menjual kue ini. Salah satunya adalah toko Kami Arabia Bu Nuning. Kalau kamu tertarik ke sana, langsung saja datang ke Jalan Semeru No. 14, Mulyoharjo, Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.

3. Rondho Royal

Rondho Royal

* sumber: cookpad.com

Kalau kamu lagi main ke Jepara, cobalah untuk menyantap olahan satu ini. Pada olahan ini, tape singkong dihaluskan dan dimasukkan ke dalam adonan kulit berbahan tepung beras. Habis itu, digoreng hingga matang dan disajikan selagi hangat.

Rondho Royal memiliki cita rasa manis berpadu asam dan asin. Menurut sejarah, olahan tape ini dulunya merupakan makanan kelas menengah ke bawah. Namun, seiring waktu, makanan ini kini telah merambah kafe dan restoran, serta bisa dinikmati semua kalangan.

4. Apem Tape Singkong

Apem Tape Singkong

* sumber: www.pinterest.com

Apem tak hanya dibuat dari tepung beras dan tepung sagu saja. Tape singkong pun bisa menjadi bahan kue satu ini. Untuk membuatnya, kamu harus membuat campuran tepung sagu dan tepung beras terlebih dulu.

Campuran kedua tepung itu lantas diberi tape singkong halus, gula, garam, ragi, dan santan hangat. Tunggu sampai mengembang, lalu masukkan ke dalam cetakan kue apem. Masak hingga matang dan kue Apem Tape Singkong pun siap disajikan.

5. Kue Mangkok Tape Singkong

Kue Mangkok Tape Singkong

* sumber: cookpad.com

Tape singkong pun juga bisa diolah menjadi kue mangkok. Untuk membuatnya, tape singkong selaku bahan utama mesti dihaluskan dulu. Setelah itu, campur bersama tepung beras, terigu, dan air. Aduk sampai rata dan masukkanlah ragi ke dalamnya.

Tunggu sampai adonan agak mengembang. Habis itu, barulah masukkan pewarna makanan ke dalamnya. Masukkan adonan yang telah berwarna itu ke dalam cetakan. Kukus hingga matang. Kue Mangkok Tape Ketan pun siap disajikan.

6. Prol Tape

Prol Tape

* sumber: benuamesin.com

Prol Tape merupakan kue dengan cita rasa manis, serta bertekstur padat dan lembut. Tekstur pada kue ini tentu saja tak lepas dari bahan utamanya, tape singkong. Untuk menghasilkan tekstur tersebut, pastikan tape yang dipilih merupakan tape manis yang telah dibuang bagian tengahnya.

Tape tersebut lantas dihaluskan dan dicampur dengan gula dan garam. Kalau sudah tercampur, campuran tape tersebut lantas dicampur lagi dengan telur hingga rata. Campur lagi dengan terigu, mentega cair, dan susu cair.

Masukkan adonan ke dalam loyang yang dialasi kertas baking dan margarin. Panggang dalam oven selama 20 menit dengan suhu 180 derajat. Kalau sudah, oleskan bagian permukaannya dengan telur, keju parut, dan kismis. Panggang lagi sejenak, dan Prol Tape pun siap disajikan.

7. Bolu Tape Singkong

Bolu Tape Singkong

* sumber: craftlog.com

Kue bolu bisa kamu buat dengan bahan tape singkong. Caranya, lumat tape singkong hingga halus. Setelah itu campurkan dengan tepung terigu dan sejumlah bahan bolu lainnya.setelah matang, bagian atas olahan ini bisa kamu tambahi dengan cokelat ataupun keju.

Kalau kamu malas membuatnya sendiri, kamu bisa membelinya di sejumlah tempat. Salah satu di antaranya adalah toko Kue Bolu Tape Mbak Sri. Tempat ini bisa kamu sambangi di Jalan Kesehatan Bawah No. 102, Bintaro, Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

8. Gabin Tape Singkong

Gabin Tape Singkong

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=MD3cvN53wuU

Ini merupakan olahan yang memadukan antara kue gabin dan tape singkong. Pada olahan ini, tape singkong harus dihancurkan dulu dan dilepaskan bagian sumbunya. Tape tersebut lantas dicampur dengan susu kental manis dan gula.

Adonan tape itu lantas diimpit dengan sepasang kue gabin. Goreng kue gabin berisi adonan tape itu hingga matang. Angkat dan sajikan selagi hangat. Kalau kamu tak sempat membuatnya sendiri, kamu bisa membelinya di toko oleh-oleh Bogor yang ada di Perum Metro Residence, Nanggewer, Bogor.

9. Donat Tape Singkong

Donat Tape Singkong

* sumber: sajiansedap.grid.id

Seperti halnya kentang, tape singkong pun juga bisa dibuat menjadi donat. Untuk membuatnya menjadi donat, kamu harus mencampur tape singkong bersama dengan gula pasir, telur, dan susu bubuk. Campuran tape dan bahan-bahan itu lantas diaduk rata dan ditambah dengan biang, air, mentega, dan garam.

Bentuk adonan menjadi seperti donat pada umumnya. Tutup dengan kain dan diamkan selama 45  menit. Goreng donat tersebut hingga matang. Kalau sudah, berilah sejumlah topping di atasnya sesuai seleramu.

10. Bola-Bola Tape Singkong

Bola-Bola Tape Singkong

* sumber: www.inews.id

Olahan ini mempunyai bahan yang sama dengan Donat Tape Singkong. Hanya saja, adonan olahan ini tidak dibolongi tengahnya laiknya donat tape. Adonan pada olahan ini dibentuk sedemikian rupa hingga menjadi seperti bola-bola.

Adonan tersebut lantas digoreng hingga matang. Bila sudah matang, adonan yang telah jadi Bola-Bola Tape itu lantas dibrei topping gula tepung. Selain gula tepung, kamu pun bisa menjadikan susu kental manis cokelat sebagai topping-nya.

Olahan ini memiliki cita rasa yang renyah dan gurih. Olahan ini akan semakin enak bila kamu menyantapnya selagi hangat bersama secangkir teh tawar.

Tape singkong merupakan olahan fermentasi yang lazim dikonsumsi masyarakat. Selain bisa disantap langsung, olahan fermentasi ini juga bisa diolah menjadi sejumlah makanan. Sudah banyak makanan berbahan tape singkong yang dikenal di masyarakat luas. Sepuluh di antaranya sudah disebutkan di atas.

Di antara sejumlah olahan tersebut, mana yang pernah dicoba? Atau, kamu punya olahan tape singkong populer lainnya yang tak sempat disebutkan di sini? Jangan ragu bagikan ke kami via komentar! Kunjungi juga artikel manfaat tape singkong ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *