Bacaterus / Tahu / Resep Olahan Tahu Putih yang Sedap dan Tips Memasaknya

Resep Olahan Tahu Putih yang Sedap dan Tips Memasaknya

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Tahu, makanan yang sangat populer di Indonesia. Selain enak, serba guna, mudah ditemukan, murah meriah lagi. Salah satu jenis tahu yang ada di pasaran adalah tahu putih.

Biasanya tahu ini dijual dengan bentuk kotak dan ukurannya agak lebih kecil dari tahu kuning. Tapi, ada juga yang berbentuk kotak sangat besar atau bahkan berbentuk persegi panjang tipis (sudah dipotong-potong untuk keperluan tertentu, seperti hajatan).

Sebenarnya memasak tahu tidak sulit. Tahu digoreng saja sudah enak, ditambah sambal kecap makin enak. Tapi, jika Anda ingin mencoba olahan tahu putih yang lebih kreatif, bisa dicoba beberapa resep yang sudah Bacaterus rangkum di bawah ini.

Resep Olahan Tahu Putih

Tahu putih tidak hanya diolah dengan cara digoreng karena Anda bisa mengolahnya dengan beberapa resep mudah berikut ini:

1. Tahu Cabe Garam

* sumber: kirbiecravings.com

Anda mungkin sering menemukan menu ini di kafe-kafe, tahu cabe garam namanya. Kalau lebih kerennya pakai bahasa Inggris, crispy salt & pepper tofu! Hihi. Ternyata, camilan ini beken banget di Cina dan dimakan sebagai lauk nasi. Tahu berbentuk kubus-kubus kecil ini sangat krispi di luar tapi lembut dan silky di dalam. Cara membuatnya juga mudah, loh!

Caranya, gulingkan potongan tahu pada kanji tepung jagung atau maizena. Goreng tahu pada minyak panas yang banyak. Masak hingga tahu kering! Sambil menunggu, cincang bawang putih, cabai (bisa tambah cengek biar lebih pedas) dan tentunya jangan lupa tambahkan garam. Tumis lagi tahu bersama bahan-bahan tadi hingga tercampur rata.

2. Semur Tahu

* sumber: resepkoki.id

Selain ayam dan daging, tahu juga enak disemur. Selain enak, tentunya semur tahu lebih ekonomis, hehe. Masakan ini sangat populer di Indonesia. Biasanya sering dijadikan masakan rumahan dan dijajakan juga di warteg. Rasanya yang legit dan gurih karena perpaduan kecap + santan sangat nikmat dinikmati bersama nasi hangat.

Karena masakan ini berkuah dan dimasak agak lama, Anda harus menggoreng tahunya terlebih dahulu. Jika tahu putih Anda berukuran regular (4 x 4 cm), maka potonglah tahu menyerong jadi berbentuk segitiga. Goreng tahu tanpa perlu dibumbui apapun atau pun diberi tepung. Langsung goreng saja sampai tekstur luarnya kering.

Untuk membuat semur, Anda membutuhkan bawang putih, bawang merah, kemiri (sudah disangrai), pala dan merica. Haluskan semua bumbu dan tumis bersama dengan kayu manis, lengkuas, daun salam dan serai.

Masak menggunakan api kecil hingga bumbu wangi dan matang. Jika sudah, tambahkan air, kecap manis dan garam. Masukkan tahu dan tambahkan irisan tomat supaya semur tahu Anda lebih terasa segar!

3. Perkedel Tahu

Perkedel Tahu

* sumber: resepkoki.id

Anda tahu berapa jenis perkedel? Kentang? Itu sudah biasa. Jagung? Itu juga biasa. Kalau perkedel tahu mungkin Anda jarang menemukannya. Cara membuatnya hampir sama dengan resep perkedel kentang, tapi ini lebih simpel karena Anda tidak perlu mengukus tahu, bukan?

Anda tinggal menghaluskan tahu, beri bumbu, lalu bentuk bulat-bulat lonjong dan langsung digoreng di minyak panas yang banyak. Walaupun namanya perkedel tahu, sebenarnya ini tahu hancur yang dibentuk saja, sih, sebenarnya. Tapi, dijamin teksturnya bakal berbeda dengan ketika Anda makan tahu goreng atau tahu bejek saja. Karena, perkedel ini renyah di luar tapi empuk di dalam. Yummy!

4. Soondubu Jjigae (순두부찌개)

* sumber: futuredish.com

순두부찌개 atau sundubu-jjigae adalah masakan Korea yang merupakan rebusan tahu lembut. Walaupun namanya rebusan, masakan ini lebih mirip sup/sayur. Selain tahu, biasanya sup ini berisi daging cincang/daging iris/perut babi, seafood, jamur, bawang bombai, bawang putih, kimchi, dan yang paling penting adalah gochujang (saus pedas Korea) dan gochugaru (bubuk cabai).

Biasanya aneka sup Korea dibuat dari base kaldu anchovy (ikan teri besar) dan kaldu rumput laut. Tapi, yang paling penting dan perlu diperhatikan adalah jenis tahu yang digunakan untuk stew ini harus yang extra soft, bukan tahu putih yang biasa digoreng krispi, ya.

Tips Menggoreng Tahu Putih

Tahu putih memiliki tekstur lembut, sehingga agak mudah hancur. Beberapa menu mengharuskan tahu bisa digoreng sampai garing, tapi kadang tahunya tidak bisa garing. Semakin lama digoreng, tahunya malah semakin basah karena menyerap terlalu banyak minyak. Lalu, bagaimana tips menggoreng tahu putih agar tidak hancur atau agar bisa krispi? Simak tips selengkapnya di bawah ini.

1. Tiriskan Tahu Sebelum Digoreng

* sumber: www.tofupedia.com

Semua tahu dikemas dengan tambahan air untuk mencegahnya mengering. Hal ini yang menyebabkan tahu menciprat ketika digoreng, karena reaksi minyak panas dan air di dalam tahu.

Ketahuilah, bahwa tahu yang digoreng dalam keadaan basah (masih mengandung banyak air) tidak mungkin bisa digoreng kering. Tahu yang mengandung banyak air justru akan menyerap minyak, sehingga jatuhnya tahu akan semakin basah. Mereka juga jadi mudah hancur ketika ditumis atau dikuah.

Jadi, mengeringkan tahu sangatlah penting sebelum Anda memasaknya. Anda bisa menggunakan tisu dapur atau kain lap yang bersih. Beri sesuatu yang berat di atas tahu (seperti panci berisi air) supaya air yang keluar dari tahu lebih maksimal. Anda juga bisa menaburi tahu dengan sedikit tepung terigu atau tepung maizena sebelum menggorengnya.

2. Gunakan Banyak Minyak

* sumber: steemit.com

Sepertinya semua orang sudah tahu kalau mau menggoreng tahu paling benar itu pakai minyak yang banyak. Karena, kalau minyaknya sedikit, yang ada minyaknya terserap ke dalam tahu, bukan mematangkan tahu.

Untuk melakukan metode deep frying ini, pastikan minyak menutupi semua tahu. Gunakan wajan yang ada cekungannya (atau panci juga boleh) agar bisa menampung banyak minyak. Usahakan gunakan alat yang lebar supaya tahu mudah dibolak-baliknya, ya.

Pastikan minyak telah panas sebelum Anda memasukkan tahu, karena kalau tahu sudah dimasukkan saat minyak masih dingin, tahu akan menyerap terlalu banyak minyak. Untuk mengetahui minyak sudah panas atau belum, celupkan spatula (sudip) Anda ke dalam minyak. Jika ada gelembung udara, berarti minyak sudah panas.

3. Jangan Membolak-balikkan Tahu

* sumber: sandys.kitchen

Tahu adalah bahan yang rapuh dan mudah hancur, jadi sebaiknya tidak dibolak-balik terlalu sering. Itu berlaku untuk metode memasak dengan menggoreng, menumis, atau pun membuatnya jadi sup, ya. Tapi, kadang kita tak sabar ketika memasak. Suka mati gaya kalau harus menunggu makanan matang sambil diam mematung. Rasanya pasti gatal, ingin membolak-balikkan makanan. Betul tidak?

Tapi, kebiasaan ini harus Anda hilangkan. Karena, rata-rata bahan makanan memang tidak baik dibolak-balik. Apalagi kalau teksturnya mudah hancur. Selain membuat tampilan tahu jadi kurang bagus, tahu Anda juga tak akan matang merata kalau sudah hancur.

Jadi, tahanlah tangan Anda jangan sampai membolak-balikkan tahu. Diamkan tahu selama beberapa menit dalam satu sisi. Setelah terlihat agak keemasan dan jadi lebih padat pada sisi tersebut, baru, deh balikkan tahu.

4. Jarang Goreng Tahu Terlalu Banyak

* sumber: www.beyondkimchee.com

Ketika memasak tahu, Anda akan membutuhkan ruangan yang cukup untuk melakukan proses bolak-balik. Ini dikarenakan tahu memiliki tekstur yang mudah ambyar, jadinya ketika dibalikkan harus pelan-pelan dan tidak mengenai tahu-tahu yang lain. Jadi, walaupun Anda menggunakan wajan besar sekalipun, menggoreng tahunya tetap jangan terlalu penuh, ya.

Selesai sudah pembahasan soal resep tahu beserta tips menggoreng tahu agar tidak hancur. Nah, dari semua olahan yang kami rekomendasikan, resep mana yang ingin Anda coba?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *