Bacaterus / Sawi / 12 Olahan Sawi Putih yang Paling Populer di Seluruh Dunia

12 Olahan Sawi Putih yang Paling Populer di Seluruh Dunia

Ditulis oleh - Diperbaharui 4 Maret 2020

Ada banyak jenis sawi putih, tapi yang paling umum adalah kubis Cina atau kadang disebut juga kol napa. Sawi putih berukuran besar dan layernya sangat banyak. Sayuran ini memiliki batang berwarna putih dan daunnya juga putih, tapi kadang ada yang daunnya hijau juga.

Sawi putih kaya akan vitamin C dan nutrisi lainnya. Sawi putih juga sangat rendah kalori. Sayuran ini mengandung banyak senyawa tanaman antioksidan dan tinggi serat makanan.

Beberapa studi ilmiah menyarankan mengonsumsi sawi putih dapat membantu melindungi tubuh dari kanker dan membantu menurunkan kadar LDL. Ingin masak sawi putih hari ini? Bacaterus sudah mengumpulkan 10 resepnya yang enak dan mudah ditiru di bawah ini.

1. Tumis Sawi Udang

* sumber: www.royco.co.id

Sawi putih memang paling pas dijadikan tumisan. Tapi, kalau cuma sawi putih saja rasanya membosankan, dong? Spice up tumisan sayur Anda dengan menambahkan protein seperti udang! Rasa sawi putih yang segar dan ada hint pahitnya sedikit, dipadukan dengan udang yang creamy, gurih dan lezat sangatlah harmonis.

Bahan yang dibutuhkan: 400 gram sawi putih (potong 5 cm), 150 gram udang kupas mentah, 4 siung bawang putih (memarkan), 10 buah cabai kering atau cabai merah segar (potong 3 cm), 1 sdm cuka, 2 batang daun bawang (potong ukuran 5 cm), 1 1⁄4 sdt kaldu ayam, 1 sdt gula pasir, 1 sdt kecap asin, 1 sdt minyak wijen dan 4 sdm minyak untuk menumis.

2. Sup Bola Ayam dan Sayur

* sumber: www.royco.co.id

Ketika kita bosan dengan bakso sapi, atau ketika anak-anak susah makan, ya paling cocok bikin sup bakso ayam. Untuk membuatnya, Anda akan membutuhkan 300 gram sawi potong dadu, 1 1⁄2 liter air, 5 bawang putih (memarkan), 1 telur sedang (kocok), minyak goreng, 125 gram daging ayam giling rendah lemak, 2 sendok makan ebi (haluskan), 40 ml putih telur, 1 sendok makan tepung tapioka, 1 sendok teh garam dan 1 sendok teh lada putih bubuk.

Untuk membuat bola-bola ayam, siapkan mangkuk. Aduk rata semua bahan. Ambil 2 sdt adonan, lalu bulatkan dengan tangan. Goreng dalam minyak panas hingga berwarna kecoklatan. Sisihkan bola ayam. Setelah itu, panaskan 2 sdm minyak di dalam panci.

Tumis bawang putih sampai tercium wangi, lalu tuang air dan kaldu ayam. Didihkan air, tambah sawi, lalu masak hingga layu. Tuang telur perlahan-lahan sambil diaduk supaya menghasilkan efek serabut. Masukkan bola ayam goreng, dan sajikan.

3. Tumis Sawi Tahu Putih

* sumber: cookpad.com

Tahu dan sawi sejatinya adalah bestfriend. Mau itu tahu kuning, sawi hijau, pokoknya semua jenis tahu dan sawi itu cocok. Sekarang, mari coba memasak tahu putih dan sawi putih, yuk! Masakan ini simpel, rasanya segar di mulut, semua orang di rumah pasti suka. Bumbunya mudah, cuma bawang-bawang sama cabai saja sesuai selera. Semua orang pasti bisa, deh, memasaknya.

4. Capcay

* sumber: www.masakapahariini.com

Kalau nasi goreng gila itu kan nasgor yang isinya bermacam-macam, nah, kalau capcay itu gabungan dari berbagai macam sayuran. Jika biasanya tumisan sayur itu cuma satu macam atau dua-tiga macam saja, jumlah jenis sayuran dalam masakan capcay tidak terbatas.

Sejatinya, cuma wortel, sawi putih, dan kembang kol saja sudah bisa dikatakan capcay. Tapi, orang-orang suka juga memasukkan sayuran lain seperti brokoli, kapri, jamur kuping dll. Ada juga yang suka menambahkan kulit tahu dan protein seperti daging ayam.

5. Kimchi

* sumber: www.dapurkobe.co.id

Siapa yang tak kenal kimchi? Makanan pendamping dari Korea Selatan ini sangat beken di Indonesia dan negara-negara lainnya. Kimchi umumnya merupakan sawi putih yang difermentasi dengan sambal pedas khas Korea, yaitu gochujang.

Cita rasanya yang segar, asam dan pedas sangat enak dipadukan dengan ramyeon atau pun nasi hangat. Untuk membuat kimchi halal, Anda bisa melihat resep Bacaterus di sini.

6. Sup Tofu Seafood

* sumber: www.unileverfoodsolutions.co.id

Ide memasak sawi putih yang selanjutnya adalah sup tofu seafood. Istilah tofu menempel pada tahu lembut yang dikemas dalam plastik berbentuk silinder. Tapi, Anda bisa menggunakan soft tofu yang kotak besar berwarna putih juga. Tofu yang lembut dan legit cocok dipadu dengan seafood dan sayuran.

7. Sawi Putih Gulung Isi Ayam & Udang

* sumber: cookpad.com

Bosan dengan sawi yang dipotong-potong dan ditumis? Ini ada resep sawi gulung isi. Anda bisa mengisinya dengan ayam dan udang, atau bahkan sapi dan babi, terserah Anda. Sawi gulung ini bisa dimakan dengan nasi atau pun digado. Lihat resepnya di sini.

8. Sawi Szechuan Pedas

* sumber: www.spicetheplate.com

Jika Anda suka makanan pedas, Anda bisa membuat sawi szechuan. Ini berbeda dengan tumisan membosankan yang biasa orang-orang buat.

Bahan-bahan yang Anda butuhkan, selain sawi putih, adalah cabai kering (untuk rasa panas), merica (sebagai sumber sensasi mati rasa), bawang putih dan bumbu yang dibuat dengan menggabungkan kecap, cuka Cina, gula dan garam. Dengan bahan-bahan ini, akan sangat mudah membuat resep sawi putih szechuan di rumah. Lihat resepnya di sini.

9. Asian Chicken Salad

* sumber: www.healthier.qld.gov.au

Sawi putih mungkin kurang populer menjadi salad, tapi bukan berarti tidak bisa. Coba buat salad ayam Asia ini, yuk! Yang Anda butuhkan adalah dada ayam tanpa kulit (hilangkan lemaknya), bawang putih, daun & tangkai ketumbar, mie beras atau bihun, sawi putih (parut halus), wortel (potong korek api), daun bawang (iris tipis), tauge dan daun mint.

Untuk dressing-nya Anda bisa mencampur perasan air jeruk nipis, saus pedas manis, kecap ikan, air dan kacang.

10. Creamy Sawi Putih

* sumber: slowcookingperfected.com

Bukan spaghetti saja ternyata yang enak dimasak pakai cream, tapi sayuran juga. Anda bisa mengaplikasikannya juga pada sawi putih. Jika Anda belum pernah memasak pakai slow cooker, atau pun memasak creamy sawi putih, sekaranglah saatnya hidangan ini akan memukau Anda.

Dengan memasaknya di slow cooker, sawi putih akan jadi lembut tapi tetap renyah. Bahan yang Anda butuhkan adalah sawi putih, bawang bombai, evaporated milk, kaldu ayam, heavy cream, cornstarch dan topping bacon.

11. Vegetarian Spring Rolls

* sumber: www.healthier.qld.gov.au

Bosan sawi putih dijadikan tumisan atau sup? Sayuran ini bisa dipakai untuk membuat gorengan juga, kok. Seperti spring roll ini, yang isiannya semua sayuran dan non-hewani, sehingga bisa dimakan oleh vegan.

Bahan-bahannya diantaranya ada jamur shitake/portabello, daun bawang, wortel, sawi putih tentunya, dan yang paling penting ada spring roll wrapper. Untuk saus cocolannya simpel saja, campur kecap asin, saus pedas manis dan garnish irisan daun bawang.

12. Veggie Noodle Soup

* sumber: www.healthier.qld.gov.au

Terakhir, Anda bisa membuat sup mie sayuran dengan sawi putih! Anda bisa menggunakan mie siap masak yang bisa dibeli di pasaran, lalu buat kaldu sendiri dengan menggunakan ayam atau daging. Lalu, tambahkan serutan atau potongan iris sawi putih di atasnya. Sajikan hangat!

Mudah dan unik, kan, olahan sawi putih yang kami rekomendasikan? Nah, kalau Anda lebih suka mengolah sawi putih menjadi apa? Yuk, bagikan pengalaman seru Anda di kolom komentar!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *