bacaterus web banner retina

10 Ide Olahan Sawi Hijau yang Paling Lezat dan Sehat

Ditulis oleh Syuri - Diperbaharui 29 Mei 2020

Caisim, alias sawi hijau, adalah sayuran yang sangat beken di Indonesia. Sayuran berwarna hijau ini sering ada di hidangan sehari-hari, seperti caisim bawang putih, tumis tahu caisim, bahkan mie rebus pun terasa kurang jika tanpa tambahan sawi. Betul, tidak?

Ada juga yang menyelipkan a.k.a menyembunyikan caisim di mie, dumpling, bahkan es krim untuk mengakali anak-anak yang sulit makan sayur. Caisim juga mudah ditemukan di mana-mana, mulai dari warung dekat rumah, tukang sayur keliling, hingga supermarket. Dan, harganya pun sangat terjangkau.

Walaupun murah, manfaat sawi hijau tidak main-main. Sayuran ini mengandung vitamin, mineral, sodium, zat besi, kalium, fosfor, hingga kalsium dan serat. Dengan makan sawi, Anda akan mendapatkan manfaat antioksidan, menjaga sistem imunitas tubuh, mencegah kanker, mengontrol kadar kolesterol tubuh dan juga membantu Anda menurunkan berat badan!

Ingin tahu olahan makanan yang enak dari sawi hijau? Terutama dengan cita rasa nusantara? Bacaterus akan memberi tahu Anda ide-idenya di bawah ini.

1. Lalap Sawi Hijau

10 Ide Olahan Sawi Hijau yang Paling Lezat dan Sehat 1

* sumber: cookpad.com

Ingin makan sayur sawi hijau dengan cara yang paling simpel? Jadikan lalapan saja! Biasanya lalap memang disajikan mentah, tapi untuk sawi sepertinya tidak mungkin, karena rasanya agak pahit jika disajikan mentah. Untuk itu, rebus sawi terlebih dahulu dan sajikan dengan sambal favorit Anda. Lalap sawi hijau dan sambal sangat cocok menjadi teman makan nasi dan gepuk sapi atau ayam goreng!

2. Sawi Tumis Bawang Putih

10 Ide Olahan Sawi Hijau yang Paling Lezat dan Sehat 3

* sumber: cookpad.com

Caisim memang paling cocok dipergunakan untuk masakan tumisan. Salah satu menu caisim yang paling populer, bahkan disediakan di banyak restoran, adalah sawi tumis bawang putih. Cara membuatnya mudah dan bahan-bahan yang dibutuhkan pun tidak banyak.

Anda hanya membutuhkan sawi, bawang putih, kecap asin, garam dan minyak. Rebus sawi dengan sedikit air, jangan lupa beri sedikit garam sebelumnya. Rebus selama 3-4 menit, jangan terlalu lama karena nanti teksturnya layu. Panaskan wajan, tuang minyak goreng, lalu masak bawang putih yang sudah dicincang kasar hingga kekuningan.

Lalu, segera tuangkan 2 sdm kecap asin, tak perlu waktu lama langsung angkat bawang agar tidak gosong. Anda bisa mengganti kecap asin dengan saus tiram. Tata sawi yang sudah direbus, tuang bawang putih dan juga saus-sausnya. Nikmati dengan hidangan lainnya.

3. Sawi Hijau Kuah Santan

10 Ide Olahan Sawi Hijau yang Paling Lezat dan Sehat 5

* sumber: cookpad.com

Ini mungkin sayur lodeh versi ekonomis, karena bahan utamanya cuma sawi hijau saja. Anak kost-an pun bisa membuatnya kalau begini doang, masaknya bisa pakai rice cooker pula! Siapkan sawi hijau, 1 santan instan, 3 siung bawang merah, 1 siung bawang putih, 2 buah cabai merah keriting.

Cara membuatnya, tumis bawang merah dan putih sampai wangi. Masukkan sawi, lalu tumis sebentar saja. Tambahkan air dan santan. Jangan lupa beri bumbu penyedap.

Masukkan juga cabai keriting untuk menambah rasa sekaligus memberikan warna agar masakan Anda lebih menarik. Santap dengan makanan lainnya. "Lodeh" sawi ini cocok menjadi pendamping makanan gorengan seperti ayam goreng atau tempe goreng tepung.

4. Tumis Sawi Hijau Bumbu Terasi

Tumis Sawi Hijau Bumbu Terasi

* sumber: craftlog.com

Biasanya terasi ditambahkan pada sambal. Cukup jarang terasi dimasukkan ke masakan tumisan, kalau pun ada paling hanya tumis kangkung saja, bukan? Tapi, cobalah masakan sederhana ini, tumis sawi bumbu terasi.

Rasanya sedap, membuatnya mudah dan bahan yang dibutuhkan murah meriah! Anda hanya membutuhkan sawi, tomat, tahu, gula, garam, merica, bawang merah, bawang putih dan tentunya terasi. Lihat resepnya di sini.

5. Bakso Sawi Goreng

10 Ide Olahan Sawi Hijau yang Paling Lezat dan Sehat 8

* sumber: resepkuliner23.blogspot.com

Ingin camilan yang mengenyangkan? Bakso goreng jawabannya. Tapi, bagaimana jika Anda khawatir dengan kolesterol dan lemak ketika makan bakso goreng? Maka, buatlah bakso sawi! Lagi-lagi ini merupakan metode menyembunyikan sayuran yang sangat baik, karena selain rasanya tidak kentara, warna hijau dari sawi akan menambah kesan menarik. Jadi, semua orang akan memakannya tanpa masalah.

6. Bakso Sawi Kuah

10 Ide Olahan Sawi Hijau yang Paling Lezat dan Sehat 10

* sumber: pontianak.tribunnews.com

Kalau bakso goreng biasanya memang tidak mengandung daging, hanya tepung saja. Nah, resep yang satu ini menggunakan daging! Jadi, lebih cocoknya bakso ini disajikan berkuah dengan mie dan pelengkap lainnya seperti bawang goreng dan seledri. Lalu, sawinya ke mana? Ya kita sembunyikan lagi di bakso! Kalau mau tahu cara membuatnya, bisa lihat di sini, ya.

7. Bolu Sawi Aroma Pandan

10 Ide Olahan Sawi Hijau yang Paling Lezat dan Sehat 12

* sumber: www.dapurkobe.co.id

Yup, sawi juga bisa disulap menjadi makanan manis! Salah satunya adalah bolu sawi. Tapi, supaya bolunya lebih sedap dan menggugah selera, jangan lupa beri esens yang warnanya sama-sama hijau, yaitu pewarna makanan rasa pandan. Kalau Anda tidak bilang ini bolu sawi, orang-orang tidak akan ada yang curiga dan memakannya dengan hati bahagia.

Dengan menambah sayuran seperti sawi ke dalamnya, bolu Anda akan memiliki nilai gizi dan vitamin yang lebih daripada bolu pada biasanya. Tekstur bolu ini lembut dan empuk, anak-anak pun pasti menyukainya. Resepnya bisa Anda ikuti di artikel ini.

8. Es Krim Sawi Hijau

10 Ide Olahan Sawi Hijau yang Paling Lezat dan Sehat 14

* sumber: wiratech.co.id

Es krim!! Siapa yang tak suka dessert manis dan dingin ini? Warna hijau yang cantik dari es krim ini bukan dibuat dari pewarna makanan, atau pun buah alpukat seperti banyak sekali orang yang membuat es krim alpukat homemade. Es krim ini dibuat dari sawi!

Ini adalah cara terbaru untuk membuat anak-anak (dan juga orang dewasa yang susah makan sayur) untuk mulai menyukai sayur. Es krim ini juga bagus buat yang ingin diet, karena kalorinya tidak terlalu tinggi, sedangkan ada kandungan serat dari sawi yang bagus untuk pencernaan.

9. Donat Sawi Hijau

10 Ide Olahan Sawi Hijau yang Paling Lezat dan Sehat 16

* sumber: cookpad.com

Donat umumnya dicampur kentang supaya lebih empuk. Tapi, donat yang satu ini berbeda, Dia berwarna hijau, dan Anda sudah bisa menebak darimana warna hijau itu berasal. Bahan-bahan yang dibutuhkan sama saja seperti resep donat pada umumnya, tapi nanti adonannya ditambah sari sawi hijau. Sajikan donat dengan gula bubuk!

10. Nasi Putri Hijau

10 Ide Olahan Sawi Hijau yang Paling Lezat dan Sehat 18

* sumber: www.dream.co.id

Siapa di sini yang berniat untuk membuat nasi hijau, dan hijaunya pun didapatkan dari sawi? Pasti jarang terpikirkan oleh banyak orang, bukan? Pada dasarnya nasi ini mirip seperti ketika membuat nasi kuning yang terbuat dari kunyit dan nasi lemak biru yang terbuat dari bunga telang. Sebenarnya ini adalah menu andalan sebuah restoran. Nama makanannya adalah "Menu Putri Hijau" dan mereka menggunakan pandan untuk pewarnanya.

Tapi, tak ada yang menghentikan Anda untuk membuatnya dari sawi, bukan? Cara membuatnya sangat gampang. Blender sawi lalu saring, ambil airnya saja. Tuangkan sari sawi hijau ke dalam rice cooker untuk menanak nasinya. Selesai! Makan nasi sawi dengan ayam goreng dan tempe manis saja rasanya pasti sudah sangat oke.

Itu dia sepuluh ide memasak sawi hijau menjadi beragam makanan dan juga dessert dari Bacaterus. Kalau Anda paling suka makan sawi dengan cara apa? Share di kolom komentar, ya.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram