Bacaterus / Sayuran / 10 Olahan Rumput Laut Lezat yang Menarik untuk Dicoba

10 Olahan Rumput Laut Lezat yang Menarik untuk Dicoba

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Indonesia memiliki laut yang sangat luas, tidak heran jika negara tercinta ini mampu menghasilkan beragam produk hasil laut. Nah, salah satu hasil laut yang populer dijadikan sebagai olahan makanan adalah rumput laut.

Jika biasanya rumput laut identik dengan masakan Jepang atau camilan khas Thailand, Indonesia juga punya beragam olahan rumput laut yang tidak kalah enak lho! Dilihat dari manfaatnya, rumput laut memiliki kandungan kalsium, vitamin B, zat besi, dan magnesium yang baik untuk kesehatan.

Salah satu jenis ganggang ini juga bisa diolah menjadi berbagai makanan. Mau tahu apa saja? Cek informasi selengkapnya di bawah ini.

1. Tumis Rumput Laut

Tumis Rumput Laut

* sumber: cookpad.com

Menu orang Indonesia memang tidak bisa jauh dari olahan tumisan. Rumput laut juga bisa kamu buat menjadi tumisan lho! Masakan asal Sukabumi ini disajikan seperti tumisan sayur pada umumnya. Jika kamu ingin coba membuatnya di rumah pastikan rumput laut yang digunakan itu dalam keadaan segar supaya rasanya gurih.

Rasa tumisan rumput laut ini gurih dan sedikit asin karena ada kandungan yodium. Jangan lupa tambahkan sambal supaya menggugah selera. Paling nikmat disantap dengan nasi putih.

2. Manisan Rumput Laut

Manisan Rumput Laut

* sumber: store.startupkuliner.com

Tidak hanya buah saja yang cocok diolah menjadi manisan, rumput laut juga enak diolah menjadi manisan. Biasanya manisan ada yang berbentuk kering atau basah. Nah, jenis manisan yang cocok untuk rumput laut adalah jenis manisan kering. Kamu bisa membelinya di toko online atau membuatnya sendiri di rumah.

Untuk manisan rumput laut jenis kering, bentuknya seperti permen dan bertekstur kenyal. Soal rasanya tentu saja manis dan enak. Manisan rumput laut kering juga cocok dibawa bepergian karena bisa tahan lama. Atau bisa kamu jadikan peluang bisnis juga, lho!

3. Puding Rumput Laut

Puding Rumput Laut

* sumber: cookpad.com

Salah satu olahan rumput laut yang paling populer adalah puding. Jika kamu biasanya membuat puding dari bubuk kemasan sachet, kali ini kamu harus mencoba puding rumput laut yang lebih alami dan pastinya lebih sehat.

Puding rumput laut ini kaya serat dan membuat metabolisme tubuh kamu meningkat. Rasa dari puding rumput laut ini manis dan sedikit gurih. Olahan rumput laut yang satu ini juga cocok disajikan untuk acara spesial maupun untuk camilan di rumah.

4. Bakso Rumput Laut

Bakso Rumput Laut

* sumber: cookpad.com

Buat kamu pecinta bakso, jangan sampai melewatkan bakso yang satu ini, yaitu bakso rumput laut. Daripada terlalu sering membeli bakso di luar yang tidak terjamin kebersihannya, kamu bisa membuat bakso rumput laut di rumah. Sama enaknya dengan bakso daging, tetapi bakso rumput laut lebih sehat.

Warna baksonya pun agak putih dibanding bakso pada umumnya. Supaya menambah kelezatannya, kamu juga bisa menambahkan sedikit daging ayam atau daging sapi pada bakso ini. Bakso rumput laut memang paling nikmat disantap selagi hangat, apalagi saat musim hujan seperti ini.

Klik artikel aneka olahan bakso ini untuk menemukan inspirasi hidangan bakso lainnya.

5. Keripik Rumput Laut

Keripik Rumput Laut

Buat kamu pecinta camilan yang gurih atau garing, kamu bisa mencoba kerupuk atau keripik rumput laut ini. Supaya tidak penasaran dengan rasanya, kamu bisa membelinya di toko online.

Keripik yang terbuat dari rumput laut dan beras ketan ini memiliki rasa keripik yang berbeda dari keripik pada umumnya. Keripik ini juga cocok untuk stok camilan di rumah atau di kantor karena bisa tahan lama hingga tiga bulan.

6. Bulung Kuah Pindang

Bulung Kuah Pindang

* sumber: kooliner.com

Jika kamu berencana untuk pergi ke Bali, jangan sampai melewatkan olahan rumput laut yang satu ini, yaitu bulung kuah pindang. Dalam bahasa Bali, “Bulung” berarti “Rumput laut.” Uniknya, makanan yang satu ini dibuat menjadi dua warna yaitu hijau dan putih.

Warna hijau dihasilkan dari rendaman kapur sirih selama 30 menit, sedangkan warna putih dihasilkan dari rumput laut yang telah dijemur selama berhari-hari. Untuk mencicipi makanan ini, kamu bisa mengunjungi warung-warung makan yang ada di Bali.

Olahan ini disajikan dengan bumbu rujak dan kuah pindang sehingga membuat rasanya asam dan gurih. Bagi kamu yang suka pedas, kamu juga bisa minta menambahkan cabai atau sambal.

7. Bulung Buni

Bulung Buni

* sumber: travelingyuk.com

Bulung buni juga merupakan olahan rumput laut khas Bali. Berbeda dengan bulung kuah pindang yang harus melewati proses direbus. Bulung buni hanya perlu disiram dengan air panas. Bulung buni disajikan dengan parutan kelapa, jahe, lengkuas, air jeruk limau, serai dan diberi toping kacang tanah goreng di atasnya.

Sehingga membuat rasanya gurih, segar, sekaligus sedikit hangat karena ada kandungan jahenya. Buat kamu yang penasaran dengan bulung buni, kamu bisa datang langsung ke daerah pantai Serangan yang ada di Bali.

8. Urap Rumput Laut

Urap Rumput Laut

* sumber: www.qupas.id

Selain tumisan, olahan rumput laut yang cocok disantap dengan nasi putih adalah urap rumput laut. Urap ini disajikan dengan parutan kelapa yang sudah ditumis dan tauge yang dimasak bersama. Urap rumput laut biasanya dicampur juga dengan cabai.

Rasanya gurih, pedas, dan sedikit asin menyatu saat disantap. Selain itu, tidak akan menghilangkan teksturnya yang kenyal di lidah. Dijamin akan membuat suasana makanmu semakin nikmat.

9. Sup Rumput Laut

Sup Rumput Laut

* sumber: kumparan.com

Buat kamu yang ingin makan olahan rumput laut hangat, kamu bisa mencicipi sup rumput laut. Kamu bisa membuat sup rumput laut sederhana dengan menggunakan rumput laut yang berdaun lebar. Rasanya yang gurih dan aroma supnya yang nikmat akan membuat kamu ketagihan.

Tekstur rumput laut yang kenyal dan kuah sup yang gurih akan membuat selera makanmu bertambah. Sup ini cocok dikonsumsi untuk orang yang sedang sakit, dan juga bermanfaat untuk ibu hamil. Sup rumput laut ini bermanfaat untuk memperlancar ASI.

10. Brownies Rumput Laut

Brownies Rumput Laut

* sumber: maeki-cake-bakery.business.site

Rumput laut tidak hanya diolah menjadi makanan berat atau makanan gurih saja, tapi bisa juga diolah menjadi makanan manis. Salah satu jenis makanan manis dari olahan rumput laut adalah brownies. Buat kamu yang sedang diet tapi ingin makan brownies, sebaiknya pilih brownies rumput laut ini.

Karena rumput laut mengandung nutrisi yang cukup lengkap dan serat yang berfungsi untuk membuat perut lebih kenyang. Teksturnya yang lembut dan rasanya yang manis ini cocok disantap untuk sarapan atau disajikan sebagai camilan sehari-hari. Atau kamu juga bisa menyajikan brownies rumput laut sebagai kue ulang tahun. Tertarik untuk membelinya?

Itulah beberapa olahan rumput laut yang unik dan menarik untuk dicoba. Selain membelinya di toko online, kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Kira-kira olahan rumput laut mana yang akan kamu coba pertama kali?

Bagi kamu yang pernah mencicipi salah satu olahan rumput laut di atas, silahkan berbagi cerita dengan kami di kolom komentar.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *