Bacaterus / Roti / Yuk, Coba 10 Olahan Roti Tawar yang Enak dan Lezat Ini

Yuk, Coba 10 Olahan Roti Tawar yang Enak dan Lezat Ini

Ditulis oleh - Diperbaharui 19 Juli 2019

Roti tawar bisa menjadi makanan instan yang siap disantap kapanpun, terutama di pagi hari. Setangkup roti tawar yang diberi selai atau meses tentu saja sudah cukup untuk mengganjal perut. Namun, penyajian roti tawar yang itu-itu saja terkadang membuat kita bosan harus menyantapnya.

Agar Anda tidak bosan menyantap roti tawar, Bacaterus punya 10 ide kreasi roti tawar yang bisa Anda coba. Mulai dari olahan roti tawar yang simple sampai dengan yang sedikit rumit semuanya ada di sini. Yuk, cari tahu olahan roti tawar favoritmu!

1. Roti Bakar

Roti Bakar

* sumber: www.tastemade.com

Butuh sarapan yang cepat tapi bosan dengan roti tawar berbalut selai? Tenang, ada cara lain untuk menyajikan roti tawar yang enak dengan cita rasa berbeda. Ya, Anda bisa mengolah roti tawar menjadi roti bakar. Kalau Anda tidak memiliki pemanggang roti, gunakan saja teflon yang sudah diolesi mentega untuk memanggang roti.

Isi roti bakar bisa bermacam-macam dan sesuai dengan selera Anda. Anda dapat mengisi roti bakar dengan selai, meses, keju, sosis, ham, telur, dan masih banyak lagi. Roti bakar paling enak dinikmati dalam keadaan hangat. Jika Anda mengonsumsinya di pagi hari, konsumsi dengan segelas susu hangat atau secangkir kopi biar rasanya lebih maknyus!

2. Roti Gulung Sosis Keju (Corn Dog)

Roti Gulung Sosis Keju

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=brnYv2Zc-5M

Pernah makan corn dog yang banyak dijual di mall? Nah, makanan tersebut berbahan dasar roti dan sosis, lho. Bila Anda berminat membuat makanan sejenis corn dog tapi tidak ingin repot-repot membuat rotinya, gunakan saja roti tawar.

Yang Anda perlukan hanyalah beberapa lembar roti tawar tanpa kulit, lalu letakkan sebuah sosis dan selembar keju cheddar di dalamnya. Selanjutnya, gulung roti tersebut dan rekatkan dengan tusuk gigi. Celupkan gulungan roti ke dalam telur yang sudah dikocok, lalu gulingkan di dalam tepung terigu. Kemudian, goreng roti ke dalam minyak panas hingga warnanya cokelat keemasan.

3. Tuna Sandwich

Tuna Sandwich

* sumber: www.thespruceeats.com

Di negara-negara barat, tuna sandwich adalah makanan yang sering dikonsumsi sehari-hari, terutama ketika sarapan atau tidak sempat menyiapkan makanan berat. Cara pembuatan tuna sandwich ini terbilang mudah karena hanya bermodalkan roti tawar, daging ikan tuna (boleh kalengan), keju, telur, dan sayuran pelengkap. Sayurannya bisa berupa selada, tomat, mentimun, dan bawang bombai.

Nah, semua bahan-bahan tersebut dimasukkan ke dalam dua lembar roti (posisi bahan berada di tengah-tengah roti). Anda juga bisa menambahkan saus tomat, saus sambal, dan mayones ke dalam roti. Olesi mentega secukupnya di bagian luar roti, lalu panggang roti di atas teflon sampai teksturnya lebih kering.

Kalau tidak suka ikan tuna, Anda bisa menggantinya dengan ham, kornet, atau ikan salmon. Selain  itu, sandwich juga bisa langsung dinikmati tanpa memanggangnya terlebih dahulu.

4. One Dollar Ice Cream

One Dollar Ice Cream

* sumber: www.mercure-singapore-bugis.com

Apabila Anda pernah berkunjung ke Singapura, Anda pasti tidak asing dengan dessert yang bernama One Dollar Ice Cream. Ini merupakan jajanan kaki lima di Singapura yang biasanya dijual oleh seorang paman. Harganya sendiri sudah lebih dari satu dolar Singapura, tapi namanya tetap saja “One Dollar Ice Cream”.

Olahan roti tawar yang satu ini benar-benar sangat mudah disajikan. Hanya bermodalkan satu lembar roti tawar kulit dan es krim, Anda sudah bisa menikmati es krim ala Singapura ini. Es krim yang digunakan adalah es krim padat yang dipotong persegi panjang. Namun, kalau tidak ada es krim padat, gunakan saja es krim yang bisa diambil dengan scoop.

5. Roti Gulung Pisang Cokelat

Roti Gulung Pisang Cokelat

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=Qlho6zyP4VQ

Roti tawar juga bisa diolah menjadi cemilan manis yang menggugah selera, yakni roti gulung pisang cokelat. Cara pembuatannya hampir sama seperti ketika Anda membuat corn dog alias roti gulung sosis keju. Yang membedakan hanyalah isinya, kamu membutuhkan pisang ambon dan meses cokelat untuk membuat olahan pisang yang satu ini.

Siapkan satu lembar roti tawar tanpa kulit, oleskan mentega di bagian dalamnya dan isi dengan potongan pisang serta taburan meses. Gulung roti dan rekatkan tepinya dengan telur. Kemudian, celupkan roti ke dalam telur yang sudah dikocok. Selanjutnya, goreng roti dalam minyak panas sampai warnanya menjadi kuning keemasan.

6. Hokkaido Cheese Toast

Hokkaido Cheese Toast

* sumber: teenage.com.sg

Yang satu ini adalah kudapan kekinian yang sedang banyak dijual di pusat-pusat perbelanjaan, namanya Hokkaido Cheese Toast. Ini merupakan roti bakar yang di dalamnya diberi keju mozarella. Ketika digigit, kejunya akan terasa memanjang alias molor.

Bahan pembuatannya adalah roti tawar dengan tekstur yang tebal. Agar rasanya semakin mantap sebaiknya buatlah custard untuk mengolesi bagian luar roti. Kemudian, bagian dalamnya bisa diberi keju mozarella dengan sedikit tambahan keju cheddar. Terakhir, panggang roti sampai teksturnya garing.

7. Zuppa Soup

Zuppa Soup

* sumber: cookpad.com

Zuppa soup adalah sajian sup yang diberi potongan pastry sejenis croissant di bagian atasnya. Namun, mengingat proses pembuatan pastry cukup ribet, maka Anda dapat menggantinya dengan roti tawar.

Untuk membuat zuppa soup, tumis bawang putih dan bawang bombay yang sudah dicincang. Selanjutnya, masukkan irisan dada ayam ke dalam tumisan dan lanjutkan dengan memasukkan tepung terigu dan susu segar. Segera aduk bahan-bahan ini agar tekstur tepungnya tidak menggumpal. Lanjutkan dengan memasukkan oregano, merica, garam, dan gula secukupnya lalu biarkan sampai mendidih.

Setelah supnya matang, pindahkan ke mangkuk tahan panas. Siapkan roti tawar yang sudah dioles dengan butter, lalu olesi juga dengan telur yang sudah dikocok. Letakkan roti tawar di atas mangkuk sup, lalu panggang di dalam oven bersuhu 250 derajat celcius sampai warna rotinya berubah jadi kecokelatan.

8. Puding Roti Tawar Panggang

Puding Roti Tawar Panggang

* sumber: id.tastemade.com

Satu lagi olahan roti tawar yang wajib banget untuk dicoba, yakni puding roti tawar panggang. Persiapannya cukup sederhana dan tidak memakan waktu lama.

Pertama, Anda harus mengocok telur dan gula pasir terlebih dahulu. Di wadah lainnya, larutkan susu bubuk dengan air dan rendam roti tawar di dalam susu. Selanjutnya, campur tepung terigu ke dalam kocokan telur tadi. Angkat roti tawar yang direndam dan masukkan ke adonan tepung dan telur dengan turut menambahkan margarin yang sudah dicairkan.

Anda harus menyiapkan loyang aluminium foil berukuran kecil untuk menempatkan adonan yang sudah dibuat. Boleh juga menambahkan parutan keju dan kismis di atas adonan. Kemudian, panggang adonan selama 20 menit. Puding roti tawar panggang siap disajikan dalam keadaan hangat.

9. Pizza Roti Tawar

Pizza Roti Tawar

* sumber: potatorolls.com

Roti tawar ternyata juga bisa diolah menjadi pizza, lho. Roti tawar yang tebal dihaluskan bersama susu, minyak sayur, dan fermipan, lalu tutup wadahnya selama 30 menit. Sambil menunggu, buatlah topping-nya dari bawang putih, daging sapi cincang, tomat, saus barbeque, kecap, gula, dan garam. Tumis bahan-bahan ini sampai harum.

Cetak adonan yang tadi ditutup dengan kain berbentuk kotak atau segitiga (seperti pizza), olesi mentega, dan tusuk dengan garpu. Panaskan adonan di atas teflon dengan api kecil. Setelah 5 menit, tuangkan topping yang sudah dibuat dan taburi dengan sosis dan keju. Tutup teflon selama 5-10 menit dan angkat pizza roti tawar yang sudah matang.

10. Cheese Stick

Cheese Stick

* sumber: logamjawa.com

Penggemar keju wajib banget untuk membuat cheese stick sendiri di rumah. Cheese stick yang satu ini berbahan dasar roti tawar, lho. Selembar roti tawar dihaluskan sampai bentuknya benar-benar pipih. Letakkan keju slice di atas roti tawar yang sudah dipipihkan. Gulung roti dan oleskan telur sebagai perekat. Setelah membuat beberapa buah, goreng semuanya dalam minyak panas.

Berminat untuk mencoba beragam olahan roti tawar ini? Yuk, segera cari resepnya dan buat sendiri di rumah. Olahan roti tawar di atas bisa menjadi alternatif bagi Anda yang bosan menyantap roti tawar dengan selai saja.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar