Bacaterus / Pisang / Mau Bikin Camilan? Cek 10 Olahan Pisang Kepok yang Enak Ini

Mau Bikin Camilan? Cek 10 Olahan Pisang Kepok yang Enak Ini

Ditulis oleh - Diperbaharui 4 Januari 2020

Siapa sih yang tidak suka pisang? Sepertinya hampir semua orang Indonesia suka dengan buah yang satu ini. Buah ini memiliki beberapa jenis, salah satunya adalah pisang kepok. Buah berwarna kuning yang mudah ditemukan ini tidak hanya enak tapi juga memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan lho!

Pisang kepok mengandung karbohidrat dan kadar lemak yang rendah, sehingga cocok untuk kamu yang sedang diet. Karena pisang kepok mudah ditemukan secara organik, tidak heran banyak yang memanfaatkannya sebagai olahan camilan. Sehingga kita bisa mengonsumsi pisang kepok dengan varian olahan dan rasa yang berbeda sesuai selera.

Nah, bagi kamu yang punya stok pisang kepok tapi belum tau mau dibuat apa, cek 10 olahan pisang kepok yang enak di bawah ini.

1. Pisang Kepok Goreng Crispy

Pisang Kepok Goreng Crispy

* sumber: www.njajan.com

Olahan pisang kepok yang paling populer adalah pisang kepok goreng crispy. Pisang goreng ini bisa kita temukan di penjual gorengan pinggir jalan atau bisa kamu buat sendiri di rumah. Dibanding pisang goreng biasa, pisang kepok goreng crispy ini akan terasa lebih renyah walaupun sudah dingin. Tapi akan lebih nikmat jika disantap dalam keadaan masih hangat.

Rasanya yang manis, legit, dan gurih ini paling enak dinikmati untuk camilan sore hari sambil minum teh atau kopi. Saat gigitan pertama, akan terdengar bunyi kriuk! Dijamin bikin siapa pun tidak bisa menolak olahan pisang yang satu ini.

2. Kolak Pisang Kepok

Kolak Pisang Kepok

* sumber: shopee.co.id

Ketika mendengar kata kolak, mungkin akan teringat momen buka puasa. Memang kolak identik dengan bulan Ramadhan, terutama kolak pisang kepok. Kolak pisang kepok paling nikmat disajikan selagi hangat. Rasanya yang kenyal, manis, dan terasa padat ini cocok dimakan saat sarapan maupun sebagai pengganjal lapar.

Kolak pisang kepok juga dapat diolah menjadi berbagai jenis olahan mulai dari kolak pisang kepok gula merah, kolak pisang kepok santan, kolak pisang kepok ubi, dan lain-lain.

3. Keripik Pisang Kepok

Keripik Pisang Kepok

* sumber: cookpad.com

Buat kamu yang lagi cari camilan olahan pisang kepok yang tidak ribet dan mudah dibawa kemana-mana, kamu bisa pilih keripik pisang kepok. Keripik pisang kepok ini adalah salah satu primadona pecinta keripik. Rasanya yang gurih dan manis ini cocok banget untuk camilan di rumah maupun camilan di kantor, dan paling enak dinikmati bersama-sama.

Bahkan kini sudah banyak brand camilan yang membuat olahan keripik pisang kepok dengan variasi rasa kekinian. Mulai dari rasa cokelat, green tea, vanilla, bahkan ada yang rasa pedas juga.

4. Nugget Pisang Kepok

Nugget Pisang Kepok

* sumber: www.romadecade.org

Nugget pisang sempat menjadi camilan viral beberapa tahun belakang lalu. Inovasi makanan jenis nugget ini banyak dicari karena rasanya yang manis dan mampu membangkitkan mood.

Nugget pisang kepok bisa kamu buat sendiri di rumah atau jika tidak mau repot, kamu bisa membeli nugget pisang kepok frozen food, lalu kamu tinggal menambahkan topping sesuai selera.

Biasanya nugget pisang kepok disajikan sebanyak 8 – 10 buah nugget untuk satu porsi. Topping nugget pisang kepok yang populer adalah green tea, karamel, keju, vanilla, cokelat, tiramisu, dan lain-lain. Nugget pisang kepok paling cocok dinikmati untuk camilan di sore hari.

5. Bolu Kukus Pisang Kepok

Bolu Kukus Pisang Kepok

* sumber: cookpad.com

Buat kamu yang ingin mengadakan acara di rumah, kamu bisa coba membuat bolu kukus pisang kepok. Daripada membeli bolu di luar yang harganya lebih mahal dan rasanya belum tentu enak, kamu bisa pilih bolu kukus pisang kepok untuk memeriahkan acaramu. Bolu ini memiliki tekstur yang lembut, rasanya manis dan pastinya cukup mengenyangkan.

Olahan pisang yang satu ini juga bisa kamu kreasikan menjadi kue ulang tahun, lho! Caranya tinggal tambahkan topping sesuai selera, dan tambahkan lilin ulang tahun di atasnya. Menarik bukan?

6. Pie Pisang Kepok

Pie Pisang Kepok

* sumber: pergikuliner.com

Camilan manis lainnya adalah pie pisang kepok. Sedikit berbeda dengan olahan pisang kepok lainnya, pie pisang kepok memiliki bentuk pisang utuh yang dipotong menjadi dua bagian. Sehingga camilan ini terbilang cukup mengenyangkan. Pie pisang kepok memiliki rasa yang manis, sedikit asin dan gurih. Tergantung pada topping yang kamu pilih.

Sama seperti pisang nugget, pie pisang kepok memiliki topping yang bervariasi mulai dari cokelat meises, kismis, almond, strawberry, blueberry, hingga keju. Kira-kira kamu tertarik mencoba pie pisang kepok yang mana?

7. Nagasari Pisang Kepok

Nagasari Pisang Kepok

* sumber: www.daftarresepkue.com

Jika kamu mau mengadakan acara di rumah seperti arisan, acara keluarga, atau lamaran, salah satu makanan yang tidak boleh dilewatkan adalah kue basah. Nah, salah satu kue basah yang terbuat dari olahan pisang kepok adalah nagasari. Nagasari adalah salah satu jenis makanan tradisional yang populer.

Rasanya yang manis, lembut, dan legit saat digigit membuat banyak orang menyukainya. Kue tradisional ini terbuat dari bahan dasar pisang kepok yang dicampur tepung dan dikemas dengan daun pisang. Bungkus daun pisang tersebut yang membuat nagasari memiliki aroma yang harum.

8. Pisang Kepok Panggang

Pisang Kepok Panggang

* sumber: anekamasakan2.blogspot.com

Apakah kamu pernah mendengar tentang pisang kepok yang dipanggang? Jika belum, kamu wajib mencicipinya. Buat kamu yang bosan dengan olahan pisang goreng, kukus, dan lainnya kamu bisa membuat pisang kepok panggang di rumah.

Tidak perlu menyiapkan tempat panggangan dan areng, jika kamu memiliki oven di rumah, kamu bisa memanggangnya di dalam oven. Supaya lebih enak, kamu bisa menambahkan berbagai topping sesuai selera.

Karena olahan pisang kepok panggang masih jarang ditemukan, kamu bisa menjadikan ini sebagai ide bisnis kuliner. Tertarik untuk mencicipinya sekaligus menjadikan peluang bisnis baru?

9. Pudding Pisang Kepok

Pudding Pisang Kepok

* sumber: cookpad.com

Jika biasanya kamu membuat pudding dari bubuk instan, kamu bisa mencoba membuat pudding yang alami dari pisang kepok. Puding pisang kepok juga cocok untuk disajikan saat acara di rumah atau dimakan sebagai camilan. Rasanya yang manis, teksturnya yang lembut dan wangi pisang kepoknya yang sangat menggoda.

Ditambah topping keju, choco chips, atau cherry yang akan membuat pudding ini semakin menarik. Kamu bisa membuatnya dalam bentuk pudding pada umumnya atau diletakkan di dalam wadah. Tertarik untuk coba membuatnya di rumah?

10. Es Krim Pisang Kepok

Es Krim Pisang Kepok

* sumber: mesineskrim.co

Pecinta es krim wajib tahu nih! Khususnya buat kamu yang ingin memberikan es krim tanpa bahan pengawet pada anak atau adik. Daripada membeli es krim besar untuk stok di rumah, lebih baik kamu membuat es krim pisang sendiri. Selain lebih puas, es krim pisang kepok ini juga lebih sehat dan pastinya aman karena kamu sendiri yang membuatnya.

Rasanya? Tentu saja manis, lembut, segar, dan yang pasti lebih enak dibanding es krim biasa. Supaya membuat anak-anak lebih tertarik, kamu bisa menambahkan topping sesuai selera.

Itulah beberapa ide olahan pisang kepok yang bisa kamu buat sendiri di rumah atau membelinya di penjual terdekat. Jadi, sudah tahu mau mencicipi olahan pisang kepok yang mana? Jika kamu pernah mencicipi salah satu olahan pisang kepok di atas, silahkan berbagi cerita dengan kami di kolom komentar. Cek juga artikel pisang terenak di Indonesia ini, ya!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *