Bacaterus / Food and Recipe / Makanan dan Minuman / Yuk, Cobain 10 Olahan Pisang Kekinian yang Paling Diminati

Yuk, Cobain 10 Olahan Pisang Kekinian yang Paling Diminati

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 November 2018

Kalau mendengar kata “pisang”, apa yang ada di dalam benak Anda? Buah yang identik dengan bentuk panjang dan berkulit kuning ini memang sangat familiar di Indonesia. Bahkan, buah ini dijual dengan harga yang sangat murah meriah di pasar tradisional. Semua orang dari berbagai kalangan bisa menyantap buah yang kaya manfaat ini.

Mengingat pisang adalah buah yang melimpah ruah di negeri kita, banyak masyarakat Indonesia yang coba mengolah pisang agar bisa dinikmati oleh milenial yang sebelumnya ogah menyantap buah tersebut. Alhasil, sampai saat ini ada beragam makanan olahan pisang kekinian yang ternyata sangat disukai oleh milenial!

Nah, buat Anda yang masih belum tahu makanan pisang kekinian yang saat ini sedang sangat diminati, Bacaterus ingin mengajak Anda mengenal beragam makanan olahan pisang yang sedang hits, nih!

10 Olahan Pisang Kekinian

1. Banana Nugget

Olahan Pisang Kekinian

* sumber: id.tastemade.com

Olahan pisang kekinian yang pertama adalah Banana Nugget. Sebenarnya boleh dibilang bahwa ini adalah pisang goreng yang modern karena bahan dasarnya sama-sama pisang yang digoreng dalam minyak panas. Yang membedakannya dengan pisang goreng biasa hanyalah penggunaan tepung panir pada banana nugget.

Banana nugget menjadi cemilan kekinian yang diminati karena pilihan topping-nya sangat beragam. Ada topping Nutella, c, Coco Crunch, Corn Flakes, Sprinkle (meses), Cokelat, sampai dengan Keju. Perpaduan antara tekstur yang renyah dan topping yang nikmat langsung membuat Banana Nugget ini diminati oleh para milenial.

2. Frozen Banana

Frozen Banana

* sumber: www.cbc.ca

Satu lagi cara baru menikmati pisang yang sedang hits banget di kalangan anak-anak muda masa kini, Frozen Banana alias pisang beku adalah olahan pisang kekinian yang sangat laris di pasaran. Cara membuat Frozen Banana ini juga terbilang mudah sehingga Anda bisa langsung coba membuat sendiri di rumah.

Pisang yang sudah matang akan ditusuk dengan stik es krim, lalu dibekukan ke dalam freezer. Setelah beku, keluarkan pisang dan celupkan ke dalam cokelat cair. Anda bisa melelehkan cokelat batangan yang dijual di pasaran. Setelah dicelup ke dalam cokelat cair, taburkan topping di atas pisang beku ini, seperti topping Keju, Oreo, Silver Queen, dll.

3. Tokyo Banana

Tokyo Banana

Oleh-oleh eksklusif dari Negeri Sakura ini ternyata sangat diminati di Indonesia. Sampai-sampai banyak pengusaha kue yang membuat tiruan Tokyo Banana dengan rasa yang hampir mirip dan harga yang terjangkau.

Bagi Anda yang belum pernah mencoba, Tokyo Banana adalah soft cake yang di bagian dalamnya terdapat selai pisang yang manis. Pembuatan kue ini benar-benar menggunakan pisang asli sehingga rasa dan aromanya 100 persen sama dengan buah pisang pada umumnya.

4. Pisang Madu

Pisang Madu

* sumber: www.nibble.id

Sekilas, Pisang Madu ini nampak seperti pisang goreng biasa. Namun, jangan berkomentar dulu sebelum Anda merasakannya karena pisang madu ini benar-benar beda.

Pisang madu merupakan pisang goreng yang digoreng serenyah mungkin, lalu si pedagang akan menambahkan madu di atas pisang goreng tersebut agar rasanya lebih manis. Kombinasi antara pisang goreng dan madu menghasilkan cita rasa unik yang bikin nagih banget. Anda pun pasti merasa bahwa pisang madu ini benar-benar “berbeda” dan lebih istimewa dari pisang goreng yang biasa Anda makan sebelumnya.

5. Banana Spring Roll

Banana Spring Roll

Menu pisang kekinian yang berikut ini ternyata cukup sering ditemukan di café-café modern, lho. Banana Spring Roll sebenarnya adalah nama lain dari lumpia pisang. Jika biasanya lumpia berisi sayuran dan daging ayam, kali ini lumpianya diisi dengan buah pisang. Bagi kamu yang vegan, cemilan yang satu ini cukup aman untuk dikonsumsi.

Agar Banana Spring Roll-nya terasa lebih nikmat, biasanya penjual akan menambahkan taburan gula halus dan susu kental manis. Nah, Banana Spring Roll cocok banget dijadikan sebagai cemilan di kala santai bersama teman-teman, nih!

6. Pisang Geprek

Pisang Geprek

* sumber: www.plukme.com

Kalau ayam geprek sudah terlalu mainstream untuk Anda, mungkin sudah saatnya Anda mencoba pisang geprek. Pisang yang satu ini merupakan potong tipis pisang yang digoreng dengan tepung yang tidak terlalu tebal. Kemudian, pisang goreng tersebut dinikmati dengan sambal yang pedas.

Bagaimana perpaduan antara pisang yang manis dengan sambal yang pedas? Rasanya benar-benar luar biasa enak. Cemilan ini cocok banget buat Anda yang bosan menikmati pisang goreng biasa dan ingin mencoba sensasi lain dalam menikmati pisang goreng.

7. Banana Split

Banana Split

* sumber: www.merries.co.id

Yang satu ini sebenarnya bukan pisang kekinian karena sejatinya Banana Split sudah ada sejak lama. Akan tetapi, ada sebagian orang yang belum mengetahui bahwa banana split merupakan olahan pisang yang tak lekang oleh waktu. Meskipun sudah banyak olahan pisang kekinian bermunculan, banana split tetap menjadi salah satu yang paling dicari.

Banana split adalah perpaduan dari pisang utuh yang dikombinasikan dengan es krim berbagai rasa. Untuk mempercantik tampilan biasanya akan ditambahkan whipped cream dan buah ceri di atas banana split yang akan disajikan.

8. Banana S’Mores

Banana S’Mores

Nama Banana S’Mores mungkin kurang begitu familiar di telinga Anda. Kue pisang kekinian ini memang baru masuk di Indonesia. Meskipun demikian, cemilan ini sudah lebih dulu populer di negara-negara barat.

Banana S’Mores adalah sajian dari buah pisang yang dikombinasikan dengan biskuit dan cokelat. Kemudian, di bagian atasnya akan diberi marshmallow yang dilelehkan sehingga teksturnya begitu creamy dan chewy. Lebih enak lagi jika marshmallow-nya langsung dipanaskan dengan api ketika sudah ditumpuk di atas pisang dan bahan-bahan lainnya.

9. Pie Pisang

Pie Pisang

Ide mengenai masakan pisang kekinian memang tak pernah ada habisnya. Di Lampung ternyata ada sebuah makanan unik yang berbahan dasar pisang, namanya adalah pie pisang. Bentuknya benar-benar mirip pie pada umumnya hanya saja bagian bawahnya adalah buah pisang asli yang sudah dipipihkan.

Pie pisang ini diolah dengan metode pemanggangan. Pisang yang berada di bagian luarnya terasa gurih dan renyah seperti pie pada umumnya. Sementara di bagian tengah terdapat topping yang bisa dipilih sesuai selera, seperti chocolate chip, kacang, keju, dan masih banyak lagi.

10. Sushi Pisang

Sushi Pisang

Selalu ada cara unik untuk menjadikan pisang sebagai cemilan yang enak. Sebagai contoh, ada makanan pisang kekinian yang cukup hits di kalangan milenial, namanya adalah sushi pisang. Buah pisang dimodifikasi sedemikian rupa sehingga menjadi seperti sushi, makanan khas Jepang yang cukup terkenal di Indonesia.

Cara membuat sushi pisang ini hampir mirip dengan cara pembuatan frozen banana. Hanya saja pisangnya tidak perlu dibekukan dulu. Setelah mencelup pisang ke dalam cokelat cair dan memberikan topping, pisang yang panjang itu dipotong kecil-kecil sehingga menyerupai sushi.

10 olahan pisang kekinian ini memang nampak sangat menggugah selera, bukan? Di antara 10 olahan pisang hits ini, manakah olahan pisang yang paling ingin Anda coba? Jika Anda adalah team pisang goreng original, Anda bisa membuka artikel resep pisang goreng kremes ini untuk mengolah pisang secara mainstream.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda
Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment