Bacaterus / Pisang / 10 Olahan Makanan dari Pisang Ambon yang Sangat Lezat

10 Olahan Makanan dari Pisang Ambon yang Sangat Lezat

Ditulis oleh - Diperbaharui 21 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Mengkonsumsi buah-buahan merupakan hal yang sangat dianjurkan karena dapat memberi banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satu buah-buahan yang cukup mudah ditemui dan disukai oleh banyak orang adalah buah pisang. Buah pisang sendiri memiliki beragam jenis dan varian dan yang cukup dikenal adalah pisang ambon atau yang memiliki nama lain pisang cavendish.

Pisang ambon memiliki ciri kulitnya yang halus berwarna kuning kehijauan dengan dagingnya yang putih dan manis. Pisang ini memiliki kandungan magnesium yang tinggi serta serta vitamin C dan B6. Pisang ambon dikenal mampu menambah darah pada penderita anemia dan menjadi buah-buahan yang baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil karena mengandung nutrisi yang dibutuhkan selama kehamilan.

Pisang ambon bisa dikonsumsi langsung atau diolah menjadi berbagai sajian kuliner lezat. Bagi kamu yang ingin melakukan kreasi dengan pisang ambon, ini dia 10 olahan makanan lezat yang bisa dibuat dari pisang ambon.

1. Pisang Coklat

Pisang Coklat

* sumber: www.azurestandard.com

Saat ini olahan pisang coklat tampaknya sedang banyak digemari. Makanan ini menjadi makanan kekinian bahkan ada juga yang menyebutnya sebagai frozen choco dipped banana. Paduan cita rasa pisang yang manis dan dibalut coklat yang kemudian disajikan dengan kondisi beku dan dingin ini memang menjadi makanan yang lezat dan menyegarkan.

Cara pembuatan pisang coklat ini juga cukup mudah. Kamu hanya perlu memilih pisang ambon yang belum terlalu matang kemudian tusukkan pisang tersebut pada batang tusuk sate atau stik es krim. Masukkan pisang yang sudah ditusuk ini ke dalam freezer selama tiga jam. Sementara itu, lelehkan coklat hingga mencair dan celupkan pisang yang sudah beku kedalamnya.

2. Banana Smoothies

Banana Smoothies

Ingin mengolah pisang ambon menjadi sesuatu yang lebih menyegarkan lagi namun tetap menyehatkan? Kamu bisa mengolahnya menjadi banana smoothies. Minuman sehat dari olahan pisang ambon ini merupakan minuman yang lezat dan menyegarkan sehingga cocok untuk kamu nikmati sehabis kamu berolahraga.

Cara membuat banana smoothies juga cukup mudah dan praktis. Pertama-tama siapkan bahan-bahan seperti pisang ambon, susu cair dingin, plain yogurt, serta madu atau gula cair. Selanjutnya kamu hanya perlu mencampur semua bahan tersebut menggunakan blender. Jika kamu ingin banana smoothies yang dingin, kamu bisa mencampurkan es batu ke dalam blender.

3. Banana Pancake

Banana Pancake

Selain memiliki banyak kandungan gizi yang bermanfaat untuk tubuh, pisang ambon juga seringkali dijadikan menu diet karena memiliki kandungan karbohidrat yang bisa membuatmu kenyang lebih lama. Untuk kamu yang ingin menikmati sajian diet yang sehat untuk sarapan, kamu bisa mencoba resep banana pancake.

Cara membuatnya yaitu dengan menghaluskan pisang bersama telur, susu, dan minyak sayur. Kemudian campurkan adonan tersebut dengan adonan kering berupa campuran dari tepung gula, baking powder, dan garam. Tuang adonan di atas teflon dan masak hingga kedua sisinya berwarna coklat keemasan. Sajikan selagi hangat dengan potongan butter atau selai.

4. Pisang Geprek

Pisang geprek

* sumber: seruni.id

Pisang geprek merupakan salah satu olahan pisang ambon yang menjadi salah satu kuliner khas dari kota Makassar. Di kota asalnya tersebut, sajian ini lebih dikenal dengan nama pisang epe atau pisang peppe. Pisang ambon yang digunakan dalam sajian ini adalah pisang yang masih agak mengkal.

Cara membuat pisang geprek yaitu dengan menggoreng sebentar pisang ambon kemudian digeprek dan direndam dalam air garam. Kemudian goreng kembali pisang tersebut hingga teksturnya menjadi krispi. Pisang geprek ini biasa disajikan dengan sambal pedas yang akan memberi paduan cita rasa yang unik dan lezat.

5. Es Pisang Ijo

Es Pisang Ijo

Satu lagi olahan pisang terkenal dari kota Makassar yaitu es pisang ijo. Pisang ambon bisa menjadi salah satu bahan utama dari makanan ini dimana pisang tersebut akan dibalut dengan adonan tepung berwarna hijau, sehingga disebut pisang ijo. Adonan tepung hijau ini terbuat dari tepung beras, santan, dan air daun pandan.

Pisang yang sudah dibalut tepung hijau tadi kemudian dipotong-potong ke dalam mangkok. Setelah itu ditambahkan bahan-bahan lainnya seperti bubur sumsum atau rebusan tepung terigu, kacang tanah, dan meses coklat. Kemudian tuangkan sirup merah, lelehan susu kental, serta es batu yang sudah diserut. Es pisang ijo siap menjadi sajian yang menyegarkan.

6. Pisang Gencet

Pisang Gencet

Olahan pisang ini disebut dengan pisang gencet karena pisang yang disajikan akan digencet terlebih dahulu menggunakan sendok. Selain pisang gencet, ada juga yang menyebut makanan ini dengan nama pisang keju. Penamaan ini juga merujuk pada bahan lain yang menjadi pelengkap pisang ini, yaitu keju.

Cara membuat pisang gencet yaitu dengan membelah pisang ambon menjadi dua kemudian menggorengnya dalam minyak panas. Setelah berwarna kecoklatan, angkat pisang kemudian gencet dengan menggunakan sendok. Setelah itu tambahkan topping keju, meses, serta susu kental manis di atas pisang.

7. Bolu Pisang

Bolu Pisang

Kue bolu merupakan salah satu kue yang mudah ditemui di berbagai tempat dan menjadi kue yang sering dibuat oleh orang-orang di rumah. Kue bolu juga memiiki banyak varian, salah satunya adalah bolu pisang. Kue bolu pisang akan terasa lembut dan memiliki rasa manis yang khas dari pisang. Pisang yang digunakan adalah pisang ambon matang yang sudah kecoklatan.

Bolu pisang bisa dibuat dengan cara dikukus atau dipanggang. Bahan-bahan utamanya sama, yaitu pisang ambon, terigu, telur, gula pasir, baking powder, susu kental manis, serta vanili. Kocok seluruh bahan tersebut dan tuang dalam loyang. Masak dengan cara dikukus atau dipanggang hingga kue bolu matang dan mengembang.

8. Banana Nugget

Banana Nugget

Banana nugget merupakan salah satu kuliner dari Makassar  yang sedang hits dan terbuat dari bahan utama pisang. Seperti namanya, makanan ini berbentuk seperti nugget dengan rasa yang manis dan digoreng dengan tepung roti sehingga membuat tekstur bagian luarnya tampak renyah. Banana nugget memiliki cita rasa yang manis dan disajikan dengan aneka topping.

Kamu bisa membuat makanan ini menggunakan pisang ambon. Haluskan pisang dan campur dengan terigu, telur, gula pasir, dan susu kental manis. Kukus adonan lalu potong dalam ukuran kecil. Celupkan adonan tadi kedalam larutan tepung terigu lalu balut dengan tepung roti. Goreng adonan nugget kemudian tambahkan topping sesuai selera.

9. Pie Pisang

Pie Pisang

Makanan kekinian lainnya yang juga terbuat dari bahan utama pisang adalah pie pisang. Makanan ini merupakan salah satu oleh-oleh khas Lampung dan saat ini sudah bisa ditemui di banyak tempat. Untuk kamu yang menyukai pie sekaligus pisang, kamu bisa coba membuat pie pisang ini di rumah.

Caranya yaitu dengan mencampurkan gula dan tepung terigu hingga rata dan cetak dengan cetakan pie. Untuk isiannya, campurkan kuning telur, susu cair, susu kental manis, dan maizena kemudian tata potongan pisang, keju, dan kismis. Panggang adonan hingga matang kemudian lepaskan pie dari cetakannya.

10. Donat Pisang

Donat Pisang

Kamu pasti mengenal kue donat yang memiliki ciri khas bentuknya yang bulat dengan bagian tengahnya yang bolong. Kue donat merupakan salah satu kue yang cukup mudah ditemui di berbagai tempat. Saat ini kue donat juga sudah banyak dibuat dengan berbagai varian, salah satunya adalah donat pisang yang bisa kamu buat menggunakan bahan pisang ambon.

Cara membuatnya yaitu dengan mencampur terigu, gula pasir, dan ragi, Kemudian tambahkan pisang ambon yang sudah dihaluskan, telur, susu cair, garam, dan mentega. Tutupi adonan selama 40 menit dengan kain lembap. Setelah mengembang, bentuk adonan seperti bentuk donat kemudian goreng dalam minyak panas hingga matang dan kecoklatan.

Itu dia 10 olahan makanan dari pisang ambon yang bisa kamu coba buat di rumah. Manakah diantaranya yang menjadi favoritmu? Atau kamu memiliki kreasi olahan pisang ambon lainnya? Bagikan kreasi pisang ambonmu di kolom komentar ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *