Bacaterus / Pepaya / Inilah 10 Olahan Pepaya Muda dari Tumisan Hingga Manisan

Inilah 10 Olahan Pepaya Muda dari Tumisan Hingga Manisan

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Olahan pepaya muda menjadi salah satu sajian yang lezat disantap. Mulai dari diolah menjadi tumisan, berkuah santan hingga manisan. Jangan khawatir dengan rasa, pepaya muda ini memiliki rasa yang cenderung hambar tapi tetap enak untuk diolah menjadi berbagai sajian.

Pernah mencoba masak pepaya muda? Sebelum mencoba masak pepaya muda, simak dulu yuk ulasan tentang olahan pepaya muda yang sudah Bacaterus rangkum berikut ini!

1. Tumis Teri Pepaya Muda

Tumis Teri Pepaya Muda

Olahan pepaya muda yang pertama bisa kamu coba adalah tumis teri pepaya muda. Tekstur dan rasa pepaya muda yang cenderung hambar cocok diolah menjadi lauk nasi. Termasuk menumisnya dengan campuran teri. Bagaimana membuatnya?

Anda perlu menyiapkan pepaya muda yang sudah diserut dan dicuci. Siapkan juga bawang merah dan putih, cabai keriting dan rawit, gula, garam, penyedap dan kecap. Jangan lupa siapkan teri dan tambahan daun melinjo.

Panaskan minyak lalu goreng teri terlebih dahulu. Masak hingga setengah matang, lalu tumis irisan bawang merah dan putih hingga harum. Masukkan irisan cabai merah atau rawit tunggu hingga layu. Setelah itu, masukkan pepaya muda, aduk rata. Tambahkan gula, garam, penyedap dan kecap.

Agar pepaya muda dapat matang sempurna, tambahkan sedikit air. Terakhir masukkan daun melinjo muda lalu icip. Aduk kemudian tunggu hingga matang. Selesai!

2. Pepaya Muda Kuah Merah

Pepaya Muda Kuah Merah

Sayur pepaya muda kuah merah enak disantap dengan lontong atau ketupat. Olahan pepaya muda ini cocok untuk kamu yang hobi dengan masakan pedas. Cara membuat dan bahan yang diperlukan untuk olahan ini sederhana.

Siapkan pepaya muda yang sudah diserut dan dicuci. Kemudian siapkan juga bumbu halus yang terdiri atas bawang merah dan putih, cabai merah besar dan keriting. Bumbu lain yang harus disiapkan antara lain daun salam, merica, lengkuas, cabai merah besar untuk dimasak dengan pepaya muda, gula, garam dan penyedap.

Pertama tumis bumbu halus, lengkuas serta daun salam hingga harum. Masukkan pepaya muda, aduk hingga rata dan layu. Tambahkan merica, gula, garam, penyedap. Masukkan air agar bumbu meresap. Sebelum diangkat, masukkan irisan cabai merah besar. Koreksi rasa lalu tunggu hingga matang.

3. Lodeh Tempe Pepaya Muda

Lodeh Tempe Pepaya Muda

Biasanya, lodeh tempe diolah dengan campuran cabai hijau. Namun, kali ini mengapa tidak mencoba mencampurnya dengan pepaya muda dan daun melinjo muda? Rasanya pasti tidak kalah nikmat.

Bahan yang dibutuhkan yaitu pepaya muda, tempe, daun melinjo muda, santan, daun salam, lengkuas dan daun jeruk. Jangan lupa untuk menyiapkan bumbu halus yang terdiri atas bawang merah dan putih, cabai rawit, merica, kemiri, kunyit, garam gula dan penyedap.

Sebelum membuat bumbu halus, bawang merah dan putih, kunyit, kemiri dan cabai rawit digoreng terlebih dahulu. Baru setelah itu haluskan. Rebus santan dan masukkan bumbu halus tadi bersamaan dengan lada, gula, garam dan penyedap. Tambahkan lengkuas dan daun jeruk. Setelah tercium aromanya, masukkan pepaya muda, masak hingga layu.

Lanjut dengan memasukkan potongan tempe dan daun melinjo muda. Aduk hingga rata dan empuk. Tambahkan sisa santan lalu aduk dan tunggu sampai matang. Icip dan sajikan.

4. Pepaya Muda Kuah Santan

Pepaya Muda Kuah Santan

Olahan pepaya muda yang dimasak dengan santan memang tidak ada bosannya. Gurih dari santan serta tekstur pepaya muda yang lembut ketika dimasak adalah perpaduan yang sempurna. Cocok disantap oleh segala macam usia. Untuk membuat pepaya muda kuah santan, bahan yang dibutuhkan cukup sederhana.

Sediakan pepaya muda, kacang tolo, petai dan santan. Jangan lupa siapkan juga bumbu halus yang terdiri atas bawang merah dan putih, kemiri serta jahe. Juga bumbu lainya seperti lengkuas, daun salam, daun jeruk, cabai hijau dan merah, gula, garam, penyedap dan minyak goreng.

Pertama siapkan terlebih dahulu pepaya muda yang akan dimasak. Iris memanjang lalu cuci. Rebus kacang tolo yang akan ikut dicampurkan. Lanjut dengan menyiangi petai. Setelah bahan-bahan siap, tumis bumbu halus dan lengkuas, petai, daun salam, cabai hingga matang dan harum.

Setelah itu, masukkan santan dan aduk hingga mendidih. Jangan lupa beri garam, gula dan penyedap. Kembali aduk rata hingga semua tercampur. Terakhir, masukkan potongan pepaya muda. Masak sebentar hingga layu, lalu angkat. Jangan lupa koreksi rasa.

5. Pempek Pistel Isi Pepaya Muda

Pempek Pistel Isi Pepaya Muda

Siapa yang hobi menyantap pempek? Makanan khas dari Palembang ini memang mendapat tempat di hati banyak masyarakat Indonesia. Teksturnya kenyal dengan kuah cuko yang segar adalah andalan. Lalu, apakah kamu pernah mencoba pempek pistel isi pepaya muda? Kalau belum buat sendiri saja!

Bahan yang diperlukan antara lain tepung sagu, tepung terigu, garam, bawang putih halus, kaldu bubuk, telur ayam dan air. Untuk isinya, siapkan pepaya muda yang sudah diparut dan dicuci, merica, ebi, minyak sayur, bawang putih halus, kaldu bubuk, dan air.

Untuk membuat pempek, pertama rebus bawang putih halus dan air. Tambahkan ke dalam tepung terigu saat sudah mendidih, lalu aduk cepat dan dinginkan. Selanjutnya tambahkan tepung sagu ke dalam adonan, aduk hingga kalis lalu sisihkan.

Lanjutkan dengan membuat isian pempek pistel dari pepaya muda. Caranya, tumis bawang putih hingga matang, masukkan garam, ebi, kaldu bubuk dan merica. Terakhir, masukkan pepaya muda yang sudah diiris tipis, tambahkan sedikit air untuk mematangkan. Koreksi rasa lalu tiriskan.

Setelah kedua bahan siap, saatnya membentuk pempek dengan memasukkan tumisan pepaya muda ke dalam adonan yang akan dibentuk. Rebus pempek pistel, tunggu matang lalu angkat. Santap bersama kuah cuko ya!

6. Pepaya Muda Krecek Kuah Santan

Pepaya Muda Krecek Kuah Santan

Pepaya muda dicampur dengan krecek atau kerupuk kulit sapi yang dimasak menggunakan santan, rasanya enak nian. Apalagi jika disantap dengan lontong atau ketupat. Bahan yang dibutuhkan antara lain pepaya muda, krecek dan santan.

Bumbu halus yang harus disiapkan antara lain bawang merah dan putih, kemiri, cabai merah besar dan keriting. Siapkan juga daun salam, lengkuas, cabai rawit utuh, gula, garam dan penyedap. Bagaimana cara membuatnya?

Kupas dan iris pepaya muda berbentuk memanjang. Remas menggunakan garam agar getah yang ada pada pepaya dapat keluar. Lalu cuci bersih. Selanjutnya tumis bumbu halus hingga matang, masukkan salam, lengkuas, cabai rawit utuh tunggu hingga layu.

Setelah itu, masukkan pepaya muda yang sudah diiris tipis dan memanjang. Kemudian masukkan santan dan garam, gula serta penyedap. Masak hingga matang. Sebelum diangkat, masukkan krecek yang sudah digoreng. Aduk sebentar lalu angkat. Jangan lupa koreksi rasa terlebih dahulu.

7. Bobor Bayam Pepaya Muda

Bobor Bayam Pepaya Muda

Olahan pepaya muda selanjutnya yang menyegarkan adalah bobor bayam pepaya muda. Sebagai lauk nasi, sayur ini pas disantap dengan sambal terasi dan ikan goreng. Cara membuat dan bahan yang diperlukan pun sangat sederhana.

Bahan yang dibutuhkan antara lain, bayam, pepaya muda, santan, bawang putih dan merah, kemiri, ketumbar, daun salam, lengkuas, gula, garam dan penyedap. Cara memasaknya dimulai dengan menyiangi bayam dan potong pepaya muda.

Selanjutnya cuci bersih kedua bahan tersebut. Kemudian, haluskan bawang merah dan putih, kemiri, ketumbar, garam, gula dan penyedap. Rebus air di dalam panci lalu masukkan bumbu yang sudah dihaluskan tersebut. Setelah mendidih, masukkan potongan pepaya muda lalu tunggu hingga setengah matang.

Lanjutkan dengan memasukkan bayam. Tunggu hingga bayam layu kemudian masukkan santan. Masak sampai mendidih dan koreksi rasa. Bobor bayam pepaya muda siap disajikan.

8. Dodol Pepaya Muda

Dodol Pepaya Muda

Selain diolah menjadi aneka sayur, pepaya muda juga bisa disulap menjadi kudapan manis. Salah satunya adalah dodol. Dodol merupakan panganan tradisional bertekstur kenyal dan lengket. Bahan bakunya terdiri atas tepung beras, tepung ketan, gula dan santan.

Untuk kreasi, kamu bisa menambahkan apa pun, termasuk pepaya muda. Cara membuatnya cukup mudah. Pertama, kamu harus memarut pepaya muda kemudian mencampurnya dengan tepung beras, tepung ketan, gula dan santan ke dalam wajan.

Setelah itu, masak menggunakan api kecil. Aduk hingga adonan mengental dan lengket. Aduk hingga warna berubah menjadi lebih tua. Setelah dirasa matang, angkat dan simpan dalam sebuah loyang. Diamkan hingga mengeras dan dodol bisa diiris.

9. Manisan Pepaya Muda

Manisan Pepaya Muda

Manisan buah memang menjadi salah satu kudapan yang banyak disukai masyarakat Indonesia. Rasanya yang manis dan sedikit asam, cukup menyegarkan. Jika kamu punya pepaya muda dan bingung mau diolah menjadi apa, tidak ada salahnya untuk membuat manisan pepaya muda.

Pepaya muda yang digunakan lebih bagus dengan tingkat kematangan yang mengkal. Yaitu buah sudah berwarna jingga namun teksturnya masih keras. Setelah pepaya tersedia, kupas dan iris menggunakan pisau bergerigi atau gobed.

Lanjut dengan mencucinya dengan air mengalir lalu rendam pepaya dengan kapur sirih selama kurang lebih dua jam. Setelah itu, cuci kembali pepaya muda lalu rebus bersama gula pasir, sereh dan sedikit pewarna makanan. Masak hingga air surut lalu tiriskan dan sajikan.

10. Rujak

Rujak

Rujak yang pedas sangat menyegarkan saat disantap di siang hari. Apalagi kamu menyantapnya dengan teman atau keluarga. Rasanya pasti jadi lebih seru. Selain pepaya muda, buah yang biasa digunakan untuk rujakan antara lain buah mangga muda, mentimun, bengkuang, nanas dan jambu air.

Pepaya muda bisa diiris tipis atau diserut dicampurkan dengan bumbu rujak. Rasanya pasti lezat. Anda bisa menyantapnya dengan kerupuk. Bumbu yang dibutuhkan untuk membuat rujak juga sangat sederhana. Anda hanya perlu menyiapkan cabai, gula dan asam. Jika ingin lebih sedap, boleh tambahkan bawang putih goreng.

Olahan pepaya muda, mulai dari dibuat menjadi sayur hingga rujak, semuanya enak. Buah yang selama ini dimakan saat matang, ternyata juga bisa menjadi kudapan dalam keadaan mentah. Tinggal pintar-pintar saja mengolahnya. Bagaimana? Penasaran untuk mulai mengolahnya?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *