bacaterus web banner retina

12 Olahan Nasi yang Populer dari Berbagai Belahan Dunia

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 11 Mei 2021

Nasi bagi sebagian warga negara di dunia merupakan makanan pokok yang tak boleh terlewatkan. Selain disajikan dalam bentuk biasa, nasi juga bisa dibuat menjadi beragam bentuk dengan bermacam-macam bumbu. Mau tahu olahan nasi yang populer dari berbagai negara seperti apa bentuknya? Simak artikel ini, ya.

1. Jambalaya, Louisiana, Amerika Serikat

* sumber: www.simplyrecipes.com

Hidangan Creole khas Louisiana ini mendapat pengaruh dari Spanyol dan Prancis. Jambalaya merupakan salah satu dari sedikit hidangan yang berbahan dasar nasi. Yang menjadi menu utamanya memang nasi, tapi makanan ini memiliki banyak tambahan lainnya.

Dalam jambalaya juga ada sosis yang banyak, dan seringkali bisa juga berisi daging babi, ayam, udang karang, atau udang, seledri, bawang, paprika hijau, dan sayuran lainnya, semua bahan akhirnya memiliki bobot yang sama.

Untuk membuat jambalaya, daging dan sayurannya berwarna kecokelatan dan ditumis terlebih dahulu dengan nasi, bumbu, dan kaldu yang ditambahkan setelahnya, kemudian dimasak semuanya.

2. Biryani, India

* sumber: id.pinterest.com

Hidangan ikonik India ini adalah salah satu olahan nasi yang populer dari India. Biryani sudah memiliki penggemar dari seluruh dunia. Ada banyak cerita di balik asal usul biryani, tetapi tidak peduli siapa atau di mana dibuat, biasanya dibuat dengan daging domba atau ayam yang direndam semalaman.

Daging tersebut dimasak dengan yogurt, bumbu, rempah-rempah dan buah-buahan kering dalam oven tanah liat dan disajikan dengan nasi kukus. Hidangan berbahan dasar nasi yang serupa adalah pulao atau pilaf yang sedikit berbeda dari segi bumbu dan tekstur.

3. Kimbap, Korea Selatan

* sumber: www.maangchi.com

Kimbap yang sering juga disebut sebagai sushi Korea merupakan hidangan Korea yang terdiri dari rumput laut atau gim, nasi atau bap yang diberi bumbu, dan bahan pilihan lainnya yang biasanya digulung, diiris, dan dihidangkan.

Hampir semua hal bisa ditambahkan ke dalam nasi gulung, tetapi bahan yang paling umum adalah daging, olahan kepiting, bayam, telur, asinan lobak dan mentimun.

Ada beberapa teori mengenai asal muasal kimbap. Banyak yang percaya bahwa kimbap adalah sushi Jepang ala Korea. Ada juga yang mengatakan bahwa kimbap merupakan varian dari kimssam, hidangan yang dibungkus yang terdiri dari nasi dan rumput laut. Terlepas dari asalnya, kimbap tetap menjadi salah satu hidangan Korea paling populer.

Ada tiga gaya utama kimbap, dan ada banyak variasi di dalamnya. Ada kimbap tradisional dengan rumput laut, nasi, dan isian, kimbap Prancis atau nude dengan rumput laut di dalam dan nasi di luar, dan samgak kimbap, berbentuk segitiga dan dijual di banyak toko serba ada di Korea Selatan.

4. Risotto, Italia

* sumber: www.thedenizen.co.nz

Risotto merupakan hidangan misterius yang selalu ada di bawah kategori "pasta" di restoran Italia yang jelas-jelas bukan pasta. Risotto dibuat dengan menanak nasi dalam kaldu dan anggur sampai nasi menjadi lembut, beraroma, dan sebagainya, sangat lezat.

Risotto bukan untuk orang yang tidak sabar, karena makanan ini harus terus ditambahkan lebih banyak kaldu, karena nasi menyerap cairan kaldu dengan cukup cepat. Jika kamu siap menghadapi tantangan, kamu bisa menambahkan keju parmesan dan jenis daging, ikan, atau sayuran apa pun.

5. Mansaf, Arab & Yordania

* sumber: www.hiamag.com

Mansaf merupakan hidangan tradisional Arab dan hidangan nasional Yordania. Hidangan ini terbuat dari daging domba yang dimasak dengan saus yogurt yang difermentasi, disajikan di atas nasi.

Mansaf berhubungan dengan budaya Yordania karena terdiri dari daging dan yogurt, memanfaatkan gaya hidup afro-pastoral mereka. Olahan nasi ini juga mengusung banyak tradisi. Pada perayaan itu orang-orang berdiri di sekeliling meja tempat nampan mansaf diletakkan di tengah.

Mereka kemudian makan dengan tangan kanan mereka, membuat bola-bola kecil dan meletakkannya di mulut mereka dengan tiga jari, sementara tangan kiri mereka dipegang di belakang punggung. Rumit, memang. Tradisi ini tidak selalu dipraktikkan. Akan tetapi ini membuktikan betapa budaya bisa menjadi bagian dari makanan.

6. Paella, Valencia, Spanyol

* sumber: frugalhausfrau.com

Paella secara umum merupakan olahan nasi dari Valencia, tapi banyak yang masih menganggapnya sebagai hidangan nasional Spanyol. Makanan ini jadi salah satu makanan pembuka paling populer di negara ini. Nama "paella" asalnya dari bahasa Prancis Kuno "paella".

Dalam bahasa Inggris paella berarti "pan". Nama ini berasal dari wajan dangkal tempat hidangan dimasak dan sering dihidangkan. Nasi dalam paella dimasak dengan berbagai bumbu Spanyol seperti paprika dan kunyit.

Sering kali diisi dengan makanan laut, umumnya udang dan kerang lainnya, dan berbagai daging lainnya, khususnya sosis, dan sayuran. Paella mempunyai banyak kemiripan dengan jambalaya New Orleans, tapi rempah-rempahnya memberikan rasa yang berbeda.

7. Dolma, Turki

* sumber: edition.cnn.com

Dolma merupakan hidangan nasional Turki. Makanan ini merujuk pada segala jenis sayuran yang diisi dengan campuran beras. Untuk dolma versi tradisional, daun anggur diisi dengan nasi dan daging giling. Makanan ini pertama kali dibuat pada awal abad ke-7 di istana Raja Khosrow II.

Popularitas dolma menyebar ke seluruh dunia Muslim, sehingga ada banyak variasi hidangan. Dolma dibagi menjadi dua kelompok, yaitu dolma tanpa daging dan dolma dengan minyak zaitun. Makanan tanpa daging dan dimasak dengan minyak zaitun disebut yalanci, yang artinya tiruan.

Daging dolma harus selalu menyertakan nasi, atau terkadang bulgur. Seperti yang ditulis oleh penjelajah Pietro della Valle, "bila tak mengandung nasi, itu bukan hidangan Turki." Akan tetapi, hasil akhirnya selalu sama, yaitu gulungan daun anggur dengan isi yang lezat dan beraroma.

8. Ketupat, Indonesia

* sumber: magazine.foodpanda.my

Ketupat merupakan olahan nasi yang populer dari Asia. Bentuknya unik dan dibuat menggunakan wadah anyaman tradisional yang terbuat dari daun palem, kelapa, atau pandan. Walaupun muncul dalam berbagai bentuk dan ukuran, varian yang paling umum adalah ketupat berbentuk kubus.

Setelah cangkang kupat selesai, beras dimasukkan dan kemudian tertutup rapat di dalamnya, dan seluruh ketupat biasanya direbus dalam air, atau sesekali dalam campuran santan dan air. Setelah direbus, ketupat perlu didinginkan.

Karena teksturnya yang lembut, ketupat dapat dengan mudah dipotong-potong. Hidangan ini biasa ditemui di hari raya Muslim, yaitu Idul Fitri. Ketupat memiliki makna religius. Daun yang dianyam dengan rumit itu mewakili kesalahan yang diakibatkan oleh sifat manusia.

Sedangkan nasi yang berwarna putih itu berarti kepolosan, kemurnian serta pembebasan akhir dari dosa. Irisan ketupat biasanya disajikan bersama rendang Indonesia yang terkenal, variasi kari yang berbeda, irisan ketimun, atau bisa juga dengan taburan saus kacang yang lezat.

9. Mahshi, Arab, Afrika Utara, Mediterania Timur

* sumber: amwhatieat.com

Mahshi merupakan sebutan untuk berbagai macam hidangan yang mencakup berbagai macam sayuran yang diisi dengan nasi, sayuran, dan daging. Hidangan ini mirip dengan hidangan dolma, tapi namanya banyak digunakan di negara-negara Arab, Afrika Utara, dan Mediterania Timur.

Sayuran yang paling banyak digunakan sebagai wadah adalah zucchini, paprika, labu, terong, tomat, bawang bombay, dan di beberapa daerah bahkan daun anggur dan kubis. Biasanya isian sayuran menggunakan nasi sebagai alasnya, yang biasanya dibumbui dengan bumbu khas daerah.

Mereka bisa memasukkan rempah-rempah Mediterania ringan seperti peterseli, dill, dan daun salam, atau yang lebih oriental seperti allspice atau merica jamaika, kayu manis, atau mint. Terkadang daging cincang yang sudah berwarna kecokelatan ditambahkan ke dalam nasi,

Akan tetapi untuk versi vegetarian, daging bisa dihilangkan. Di beberapa negara, campuran isian biasanya dipadukan dengan saus tomat. Sayuran biasanya dimasak dalam kaldu hingga nasi benar-benar matang dan isiannya menyerap semua bumbu yang harum.

Tergantung pada pilihan bahannya, mahshi bisa disajikan sebagai hidangan utama yang bergizi, sebagai makanan vegetarian yang sehat, dan bahkan sebagai makanan pembuka. Ini adalah hidangan dengan tradisi berabad-abad, yang sangat dihormati di semua wilayah dan negara asalnya.

10. Galinhada, Brasil

* sumber: www.amandamagazine.com

Sup Brasil yang disebut galinhada ini dibuat dari nasi dan ayam. Olahan nasi ini adalah hidangan populer di seluruh Brasil, terutama di negara bagian Goiás dan Minas Gerais, selama acara dan perayaan khusus. Nama hidangan ini asalnya dari kata Portugis galinha, yang artinya ayam.

Walaupun makanan ini bisa dengan mudah ditemukan di banyak restoran dan tempat makan, tapi banyak juga yang disiapkan di rumah, dan hampir setiap keluarga mempunyai resep rahasia yang diturunkan dari generasi ke generasi. Dianjurkan untuk menghidangkan olahan nasi yang populer ini dengan saus pedas dan hiasi dengan daun bawang yang dipotong dadu halus.

11. Jollof, Nigeria

* sumber: www.bbc.co.uk

Nasi jollof merupakan hidangan nasional Nigeria. Untuk menyiapkannya, nasi dimasak dengan saus tomat yang kaya rasa sehingga meresap ke dalam semua rasa. Bahan yang paling banyak ditemukan dalam nasi jollof di antaranya nasi, pasta tomat, tomat, garam, bawang, dan merica.

Tak hanya bahan di atas, segala jenis daging, ikan, sayur, atau bumbu bisa ditambahkan. Sangat penting untuk mempunyai saus yang enak. Jadi selain tomat, ada juga bahan-bahan seperti santan, partminer atau daun kemangi Afrika, pala, dan terkadang bahkan teh rooibos digunakan dalam sausnya. Nama lain untuk olahan nasi ini adalah benachin, yang artinya satu panci dalam bahasa asli orang Wolof yang membuatnya.

Walaupun berasal dari Nigeria, tapi makanan ini bisa dijumpai di seluruh Afrika Barat dengan beberapa variasi bahan, dan diyakini bahwa nasi jollof merupakan pendahulu dari hidangan cajun jambalaya yang populer.

12. Bánh chưng, Vietnam

* sumber: nauankhongkho.com

Bahan yang digunakan untuk membuat kue beras tradisional Vietnam ini yaitu beras ketan, daging babi berlemak, dan kacang hijau. Selain itu ditambahkan juga rempah-rempah di antaranya merica, garam, nước mắm atau kecap ikan dan daun bawang.

Daging babi diberi bumbu kemudian dimasukkan ke dalam nasi dan pasta kacang, dibungkus dengan lá dong, yaitu tanaman berdaun, tali giang, yaitu sejenis bambu, atau daun pisang, dan kemudian direbus.

Terkadang agar bungkusnya terlihat lebih bagus, digunakan cetakan kayu persegi. Bánh chưng mempunyai makna budaya dan sejarah yang berharga. Dihidangkan untuk tết, yaitu Tahun Baru Vietnam, konon dibuat oleh seorang pangeran Vietnam, bernama Lang Liêu, dengan bánh giầy.

Kedua piring tersebut melambangkan bumi dan langit juga dibuat sebagai tanda penghormatan kepada leluhur. Sekarang bánh chưng masih ditempatkan di altar keluarga sebagai tanda kehormatan bagi leluhur. Untuk menikmati olahan nasi ini ada cara tersendiri, yaitu dengan membuka kue dari daunnya dan bisa disajikan pada suhu ruangan atau hangat.

Olahan nasi yang populer dari berbagai negara ini unik dan beragam. Ada yang masih dalam bentuk nasi tapi ditambah bahan lain ada juga yang diproses menjadi bentuk baru. Adakah olahan nasi di atas yang ingin kamu coba buat di rumah?

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram