Bacaterus / Nangka / 10 Aneka Olahan Nangka Muda yang Enak untuk Dikonsumsi

10 Aneka Olahan Nangka Muda yang Enak untuk Dikonsumsi

Ditulis oleh - Diperbaharui 6 Juni 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Mau makan apa hari ini? Bagaimana dengan nangka muda? Kebetulan, Bacaterus mau membahas young jackfruit alias nangka muda. Ini adalah buah ajaib yang kalau sudah matang enak dimakan langsung dan kalau pun masih mentah bisa diolah menjadi aneka masakan lezat.

Selain dagingnya, bijinya juga bisa dimakan dan enak! Tapi, kalau bijinya cuma bisa kita dapatkan dari nangka yang sudah matang, bukan nangka muda, ya.

Buah nangka muda dikemas dengan serat yang tinggi, rendah kalori, sangat bagus untuk kesehatan dan diet. Nangka muda kaya akan vitamin C, B6 dan juga kalium. Buah yang tumbuh di negara-negara tropis Asia ini banyak sekali tumbuh di Indonesia.

Makanya, jangan kaget melihat betapa kreatifnya orang-orang negeri ini untuk mengolah nangka muda. Berikut adalah aneka olahan nangka muda yang bisa Anda buat di rumah.

1. Sayur Nangka Muda (Sayur Gori)

* sumber: cookpad.com

Sayur gori atau sayur nangka muda merupakan olahan yang paling populer di nusantara, nih. Dimakan dengan nasi putih saja sudah cukup tanpa tambahan apa-apa lagi. Atau, kalau mau tambah sedep bisa ditambah sambal dan kerupuk, yum! Masakan khas Jawa ini sangat mudah ditiru dan cocok untuk lidah semua orang Indonesia. Anda akan membutuhkan:

  • ½ buah nangka muda
  • 1 genggam daun melinjo
  • 1 buah (65 ml) santan Kara atau boleh santan segar
  • 1½ gula jawa
  • 6 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 3 butir kemiri
  • 1 sdt ketumbar
  • 2 buah cabai rawit
  • 3 cm serai
  • 4 lembar daun salam
  • 1 sdm garam
  • ½ sdm penyedap rasa

Pertama-tama cucilah nangka terlebih dahulu setelah Anda membelinya dari pasar. Potong-potong kecil, lalu cuci lagi untuk menghilangkan kotoran dan getah. Rebus nangka selama 30 menit supaya empuk. Buang air rebusan, lalu bilas nangka dengan air bersih, tiriskan.

Selama merebus nangka Anda bisa menumis bumbu halus (bawang-bawang, kemiri, ketumbar dan garam), masukkan juga lengkuas dan daun salam. Tumis bumbu hingga wangi, lalu tuang santan. Aduk rata, lalu tambahkan air.

Aduk terus lagi supaya santannya tidak pecah. Masukkan gula jawa sambil terus diaduk. Sekarang, masukkan nangka muda dan daun melinjo. Masak sampai nangka berubah warna (jadi agak kecoklatan).

2. Tumis Nangka Muda

* sumber: www.dapurkobe.co.id

Nangka muda juga sering ditumis, bukan cuma disayur saja. Masakan rumahan ini sedap juga, loh. Bahkan Anda tidak membutuhkan banyak bumbu, pakai bumbu instan juga bisa. Seperti bumbu nasi goreng pedas, misalnya. Ternyata kita tidak hanya bisa membuat nasi goreng dengan bumbu tersebut, tapi bisa dipakai ke tumisan juga.

Untuk membuat tumis nangka muda ini, Anda memerlukan 300 gr nangka muda (cincang lalu rebus), 1 sdm udang rebon, 2 lembar daun salam, 2 cm lengkuas (geprek), 50 ml air, 3 sdm minyak goreng, 1 bungkus bumbu nasi goreng pedas, bawang goreng untuk topping.

Anda tinggal tumis nangka dan udang rebon, lalu tambah air jika sudah agak layu. Masukkan semua bumbu sambil diaduk-aduk. Jika bumbu terlihat sudah meresap, angkat, taburi bawang goreng. Tumisan nangka pun siap disantap dengan nasi pulen hangat!

3. Kari Nangka

* sumber: www.veganricha.com

Nangka muda cocok juga dikari, teman-teman. Masakan ini populer di India dan Amerika, di mana nangka tidak bisa tumbuh, warganya suka membeli nangka muda di toko penjual barang-barang Asia dan India. Karena nangka muda segar musiman, dijual juga nangka muda kalengan yang telah diasinkan.

Nangka muda dianggap substitut daging hewan karena teksturnya yang padat dan dagingnya yang tebal, tapi rasanya ringan (kadang ada yang enek makan daging). Ini merupakan ide yang bagus bagi orang-orang yang sedang diet hewani, diet gluten, diet gandum, atau vegan. Bumbu kari yang digunakan pun sederhana tapi rasanya luar biasa. Lihat resepnya di artikel ini.

4. Gudeg Jogja

* sumber: mesinparutkelapa.id

Gudeg, tentu saja kita tidak boleh meninggalkan kudapan nangka muda yang satu ini, dong? Kalau ke Jogja pasti kita harus mencoba gudeg asli buatan sana. Tapi, karena kita tidak mungkin setiap hari ke sana (kecuali warga lokal tentunya), masak saja gudeg sendiri di rumah. Walaupun, memang butuh kesabaran ekstra karena gudeg butuh waktu berjam-jam untuk dimasak.

Warna cokelat pada gudeg bukan dari kecap manis, ya. Tapi, dari daun jati yang dimasak bersamaan dengan nangka muda. Biasanya gudeg dijadikan makanan pelengkap dari nasi, ayam, telur rebus, tahu, tempe, atau krecek (sambal goreng kulit sapi).

Gudeg itu ada dua macam, yaitu gudeg kering dan basah. Bedanya terletak pada santan dan air saja, sih. Kalau gudeg kering ya dimasak sampai kuah santannya surut, sedangkan gudeg basah masih banyak kuahnya. Cita rasa gudeg pun berbeda tergantung yang membuatnya, ada yang manis tapi ada juga yang pedas (khas Jawa Timur). Kalau mau tahu resep gudeg, bisa Anda lihat di sini, ya.

5. Sandwich BBQ Nangka

* sumber: minimalistbaker.com

Wah, nangka bisa jadi makanan yang mewah juga, ya? Jika kita niat, kita pasti bisa menyulap nangka jadi apa pun juga. Seperti sandwich nangka muda ini, atau nama kerennya adalah BBQ jackfruit sandwich.

Resep ini menggunakan avocado slaw alias salad dressing yang dibuat dari alpukat, supaya lebih sehat dan bebas lemak jahat. Jika Anda ingin mengurangi makan burger daging sapi, ayam, atau ikan, coba buat sandwich nangka ini.

Nangka yang dicacah kasar memiliki tekstur seperti daging hewan! Apalagi jika diberi bumbu yang sama seperti ketika Anda memasak daging, maka Anda tak akan tahu bedanya, tapi sama kenyangnya. Orang-orang vegan menyebutnya “mocking meat” karena dia merupakan daging imitasi. Mau mencoba membuatnya? Lihat resepnya di sini.

6. Gulai Nangka Padang

* sumber: www.unileverfoodsolutions.co.id

Kalau makan masakan Padang atau Minang pasti ada gulai nangka ini, kan? Kalau kita makan di tempat atau pesan paket nasi biasanya kita dapat gratis gulai ini. Tapi, kalau kita beli lauknya secara terpisah, gulai ini harus dibeli dan harganya lumayan, bisa 5.000 sebungkus. Wajar saja, sih, karena hidangan ini enak dan membuatnya butuh tenaga, waktu dan modal tentunya. Ikuti resepnya di sini!

7. Jackfruit Vegie Ball Taco

* sumber: www.veganricha.com

Siapa yang suka taco? Di Indonesia belum begitu banyak kafe atau restoran yang menyediakan makanan khas Meksiko ini, nih. Kalau pun ada, taco-nya asal-asalan banget dan bahkan tidak menyerupai taco sesungguhnya. Taco dibuat dari tortilla yang dibentuk mangkuk lalu dipanggang supaya garing dan krispi, lalu diisi dengan aneka sayuran segar dan daging.

Tapi, sekali lagi, jika Anda sedang mencari-cari substitut daging hewan, Anda bisa menggunakan nangka muda. Jika ingin simpel, Anda bisa membuat nangka suwir BBQ saja. Tapi, kalau sedang ingin merasakan tekstur taco yang berbeda, buatlah bakso sayuran ini yang tentunya terbuat dari nangka muda. Resepnya ada di artikel ini, ya.

8. Lodeh Jawa

* sumber: lamapuikabar.blogspot.com

Sayur lodeh ada di berbagai kota dan memiliki ciri khas masing-masing. Tapi, biasanya yang ada nangka mudanya adalah sayur lodeh ala Jawa, karena lodeh lainnya biasanya berisi waluh (labu siam). Isian lodeh Jawa di antaranya adalah tewel alias nangka muda, kacang panjang, daun melinjo/daun so, terong ungu, jagung manis, dan pakai bumbu terasi, kencur, dan kemiri.

9. Nangka Suwir

* sumber: www.bbcgoodfood.com

Kalau bahasa Inggrisnya, resep ini bernama pulled jackfruit. Terinspirasi dari pulled pork atau pulled meat, orang-orang yang diet protein hewani mengganti dagingnya dengan nangka muda. Si nangka muda suwir ini bisa Anda olah lagi menjadi isian sandwich, atau cukup dinikmati dengan nasi panas saja. Lihat resep dan langkah membuatnya di sini, yuk!

10. Poppadom Nangka Muda

* sumber: www.bbcgoodfood.com

Papadum (juga disebut papadam, poppadom, papad, atau appalam) adalah roti pipih dari India dan Sri Lanka. Biasanya papadum dibuat dari tepung kacang hitam, tepung beras, atau tepung lentil dengan garam dan minyak kacang tanah. Adonan dibentuk menjadi bundar tipis, mirip dengan tortilla, tapi kecil-kecil imut. Lihat resepnya di sini, ya.

Bukan hanya disayur, ternyata nangka muda juga ternyata bisa dijadikan aneka olahan yang unik dan lezat. Bahkan, nangka juga punya banyak manfaat yang bagus untuk kesehatan. So, jangan ragu untuk mengonsumsi nangka muda, ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *