Bacaterus / Makanan / 10 Olahan Nangka Matang Lezat yang Bisa Kamu Buat di Rumah

10 Olahan Nangka Matang Lezat yang Bisa Kamu Buat di Rumah

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Indonesia dikenal memiliki banyak buah-buahan khas dengan cita rasa yang unik dan lezat, salah satunya yaitu buah nangka. Buah nangka memiliki cita rasa dan aroma yang khas dengan warnanya yang kuning keemasan dan rasanya yang manis ketika sudah matang. Selain itu, buah nangka juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Buah nangka bisa mencegah anemia, meningkatkan sistem imun, menjaga tekanan darah, meningkatkan kepadatan tulang, hingga mencegah kanker. Sebelum matang, buah ini sudah banyak diolah menjadi beragam kudapan sayur lezat. Setelah matang dan rasanya berubah manis, buah ini juga bisa menjadi olahan yang semakin lezat. Berikut 10 olahan nangka matang lezat yang bisa kamu coba buat di rumah.

1. Kolak Nangka

Kolak Nangka

Kolak nangka menjadi sajian yang cukup populer di Indonesia terutama menjelang bulan Ramadhan untuk disajikan sebagai makanan saat berbuka puasa. Rasa manis dari buah nangka matang akan berpadu dengan segarnya kolak Di bulan Ramadhan, kolak nangka banyak dijual di pinggir jalan atau kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah.

Untuk membuat kolak nangka, kamu hanya perlu merebus bahan-bahan seperti santan, gula jawa, daun pandan, kayu manis, dan satu liter air. Setelah matang, masukkan buah nangka dan rebus kembali selama kurang lebih tiga menit. Setelah itu, kolak nangka sudah matang dan siap disajikan.

2. Puding Nangka

Puding Nangka

Bagi kamu yang menyukai makanan-makanan manis sebagai makanan penutup, puding nangka merupakan olahan nangka matang yang bisa kamu coba buat. Puding nangka ini juga bisa menjadi kudapan ringan yang akan menyegarkan mulutmu dengan rasa manis yang khas dari buah nangka. Puding nangka juga semakin segar jika disajikan setelah didinginkan di kulkas.

Cara membuat puding nangka yaitu dengan memblender buah nangka, agar-agar, dan air. Kemudian tuangkan ke dalam panci dan masak hingga mendidih sambil diaduk. Masukkan sisa potongan buah nangka ke cetakan pudding. Tuangkan agar-agar yang sudah matang ke cetakan tersebut. Masukkan pudding ke dalam kulkas dan tunggu beberapa saat hingga dingin.

3. Dodol Nangka

Dodol Nangka

Dodol merupakan makanan khas Indonesia yang dikenal berasal dari kota Garut. Dodol saat ini memiliki banyak varian yang terbuat dari berbagai bahan dasar, salah satunya adalah dodol nangka. Dodol nangka merupakan cara lain menikmati buah nangka dengan tekstur dodol yang kenyal dan rasa manis nangka yang legit. Dodol nangka juga sering dijadikan sebagai oleh-oleh.

Cara membuat dodol nangka yaitu dengan memblender nangka dan bahan-bahan tambahan hingga menjadi bubur, kemudian memasaknya dengan api kecil hingga teksturnya agak mengeras. Setelah adonan dodol agak mendingin, masukkan adonan ke dalam bungkusan plastik dan dodol nangka sudah siap disajikan.

4. Nagasari Nangka

Nagasari Nangka

Nagasari merupakan salah satu kue khas tradisional Indonesia yang terbuat dari adonan tepung beras dan dibungkus dengan daun pisang. Di bagian dalamnya, nagasari biasa diisi dengan buah-buahan, seperti pisang atau nangka. Kue nagasari memiliki rasa yang manis dan banyak ditemukan dijual oleh para pedagang jajanan pasar atau pedagang kue basah.

Untuk membuat nagasari nangka, pertama-tama kamu perlu mencampur tepung beras, santan, dan gula pasir hingga mendidih. Kemudian masukkan nangka yang sudah dipotong-potong. Diamkan adonan sejenak kemudian bungkus dengan daun pisang. Kukus adonan yang sudah dibungkus dan nagasari nangka sudah siap disajikan.

5. Nangka Goreng Tepung

Nangka Goreng Tepung

* sumber: sajiansedap.grid.id

Menu cemilan masyarakat Indonesia memang tidak bisa dipisahkan dari menu gorengan. Beragam aneka gorengan seringkali banyak dijual dan dijajakan oleh pedagang kaki lima atau juga dibuat di rumah karena cara pembuatannya yang mudah. Salah satu jenis gorengan yang bisa dijadikan cemilan untuk bersantaimu adalah nangka goreng tepung.

Cara membuat nangka goreng tepung cukup mudah. Kamu hanya perlu menyelimuti nangka dengan adonan tepung yang terdiri dari campuran tepung terigu, tepung maizena, gula pasir, garam, dan air. Kemudian goreng nangka yang sudah diselimuti adonan tersebut hingga berwarna kuning keemasan. Nangka goreng ini sangat lezat disajikan selagi hangat.

6. Bolu Nangka

Bolu Nangka

* sumber: fithkitchen.blogspot.com

Kue bolu merupakan salah satu kue yang cukup populer di Indonesia. Banyak orang yang bisa membuat sendiri kue bolu di rumah karena cara pembuatannya yang cukup mudah. Ada banyak bahan dasar yang bisa dibuat menjadi bahan kue bolu, salah satu yang cukup sering ditemui yaitu bolu nangka.

Cara membuat bolu nangka yaitu dengan mengocok gula pasir, telur, dan ovalet hingga mengembang. Kemudian masukkan tepung terigu, baking powder, vanili, margarin, dan potongan buah nangka. Masukkan adonan tersebut ke dalam Loyang kemudian panggang dengan oven. Setelah matang, bolu nangka pun siap disajikan.

7. Ketan Nangka

Ketan Nangka

* sumber: www.sisternet.co.id

Salah satu olahan nangka matang yang sedang menjadi hits di Indonesia belakangan ini adalah ketan nangka. Makanan ini merupakan sajian makanan penutup ala negri Thailand yang kini banyak dijumpai di Indonesia. Sajian ketan nangka memiliki rasa manis dengan campuran saus yang terbuat dari santan, gula, daun pandan, dan maizena.

Untuk membuat ketan nangka yang kekinian ini, kamu perlu mengukus beras ketan selama 15 menit kemudian campur dengan santan yang sudah diberi daun pandan. Kukus kembali ketan tersebut hingga santan menyerap. Masukkan ketan tersebut ke dalam nangka yang sudah dibuang bijinya lalu siram dengan saus.

8. Hunkwe Nangka

Hunkwe Nangka

* sumber: nova.grid.id

Hunkwe merupakan salah satu kue basah yang cukup terkenal di Indonesia. Hunkwe memiliki tekstur yang sangat lembut karena mengandung banyak santan. Rasanya manis dan biasa disajikan dalam keadaan dingin. Campuran buah nangka dalam hunkwe akan membuat kue ini memiliki rasa manis yang sangat khas.

Cara membuat hunkwe nangka yaitu dengan memasak tepung hunkwe, santan, agar-agar, gula, dan garam hingga mengental. Setelah kental, masukkan potongan nangka kemudian aduk rata dan cetak adonan tersebut dalam Loyang atau bungkus ke dalam daun pisang. Masukkan hunkwe ke dalam kulkas dan sajikan dalam keadaan dingin.

9. Talam Nangka

Talam Nangka

* sumber: cantik.tempo.co

Kue tradisional lain yang sering ditemui di pasar atau di penjaja kue basah adalah kue talam. Kue ini biasa dicampurkan dengan nangka yang membuat paduan cita rasa manis dari nangka dan gurih dari santan. Kue talam berbentuk dua lapisan, yaitu lapisan bawah yang manis dan lapisan atas yang gurih.

Untuk membuat talam nangka, blender nangka dan campurkan dengan gula pasir, garam, air, tepung beras, dan maizena. Di wadah lain, campurkan santan, garam, terigu, dan tapioka. Tuang lapisan nangka setinggi ¾ cetakan dan kukus selama setelah menit. Kemudian tuangkan lapisan santan di atasnya dan kembali kukus 10 menit. Setelah matang kemudian angkat dan sajikan.

10. Manisan Nangka

Manisan Nangka

* sumber: bp-guide.id

Bagi kamu yang ingin menikmati buah nangka dengan sensasi segar, kamu bisa mengolah buah ini menjadi manisan nangka. Manisan nangka ini juga akan lebih segar ketika disajikan dalam keadaan dingin. Jika kamu memiliki nangka yang tidak terlalu manis, mengolahnya menjadi manisan merupakan cara yang tepat.

Pertama-tama rendamlah nangka yang sudah dibuang bijinya dalam air kapur sirih selama 24 jam. Kemudian  cuci nangka hingga bersih dan rebus supaya kapur sirihnya hilang. Masak gula dan air hingga mendidih kemudian masukkan nangka yang sudah dicuci tadi ke larutan gula. Dinginkan dalam kulkas dan manisan nangka bisa disajikan setelah lima hari.

Itulah 10 olahan makanan dari nangka matang yang bisa kamu buat di rumah. Manakah yang menjadi favorit kamu? Atau kamu memiliki resep olahan nangka matang yang lain? Bagikan resepmu di kolom komentar ya!

Kunjungi artikel manfaat buah nangka agar kamu bisa mengetahui manfaat dari mengonsumsi buah tersebut.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *