bacaterus web banner retina

7 Macam Olahan Nangka Kekinian yang Menggugah Selera

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 5 Mei 2021

Buah nangka adalah salah satu buah yang tumbuh di negara tropis. Negara Indonesia ini adalah salah satunya. Di negeri khatulistiwa ini nangka mudah ditemukan dan berbuah sepanjang masa. Oleh karena ketersediaannya melimpah banyak orang yang membuat inovasi baru di masakan berbahan dasar buah yang mempunyai aroma khas ini.

Pada umumnya nangka muda dibuat sayur. Sementara nangka matang bisa langsung dikonsumsi karena rasanya manis, segar dan legit. Biasanya nangka masak hanya digunakan sebagai pelengkap makanan agar tambah lezat. Sekarang ini banyak penganan kekinian berbahan dasar nangka yang pasti bikin kamu tergiur untuk mencobanya. Berikut jenis olahan nangka kekinian yang bisa kamu coba praktekkan di rumah.

1. Muffin Nangka

Sumber: kuali.com

Kue kecil yang berasal popular di abad ke-10 dan 11 di Wales ini umumnya terbuat dari tepung dengan campuran ragi. Rasanya yang manis dan lembut membuat kue kecil ini perlahan menyebar ke seluruh dunia.

Kue kecil yang awalnya dibuat dengan cetakan khusus berbentuk mangkuk ini awalnya hanya mempunyai satu varian rasa saja. Namun, kini kamu bisa menemukan berbagai varian rasa muffin dengan isian dan bahan-bahan tambahan yang lezat. Termasuk nangka.

Kue yang mirip cupcakes ini bisa kamu padukan dengan buah nangka yang segar dan manis. Nah, langkah membuatnya sama persis dengan membuat muffin pada umumnya. Hanya saja ada tambahan buah nangka yang dimasukan sebelum proses pemanggangan.

Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa praktekkan resep dari craftlog.com dan membuat muffin nangka kreasimu sendiri.

2. Prol Nangka Kukus

Sumber: cookpad.com

Awalnya kudapan prol ini menggunakan tape sebagai bahan dasarnya. Namun, kali ini kami menemukan resep prol kukus yang menggunakan nangka. Rasanya tak kalah enak dibanding prol tape.

Prol tape, di kota asalnya Jember merupakan camilan yang banyak dinikmati saat waktu luang. Tak jarang camilan legit ini disuguhkan saat menjamu tamu.

Dalam resep yang dipublikasikan di kanal Youtube Deenar Channel ini menunjukan bahwa nangka bisa diolah menjadi prol yang enak.

3. Es Puter Nangka

Sumber: mesineskrim.co

Jika cuaca sedang panas dan gerah, menyantap es putar sepertinya ide yang bagus. Jika kamu mempunyai stok nangka di kulkas bisa diolah menjadi es puter yang creamy dan segar. Rasanya pasti tidak akan membuat kecewa.

Es puter adalah camilan yang popular di beberapa wilayah di Indonesia. es yang menjadi bagian dari camilan anak-anak gen 90’an ini awalnya dibuat karena adanya dorongan dari masyarakat yang ingin mencicipi es dengan harga terjangkau.

ini disebabkan karena harga susu yang sangat mahal kala itu. Oleh sebab itu, masyarakat berinisiatif untuk mengganti susu yang menjadi salah satu bahan untuk membuatnya dengan santan. tak disangka ternyata penggunaan susu menjadikan es ini menjadi lebih gurih.

Sejak saat itulah es puter menjadi camilan yang bisa dinikmati oleh masyarakat dari kalangan manapun. Kini puter dikreasikan dengan buah-buahan agar lebih nikmat.

Termasuk nangka. Nah, sizzleyum.com membagikan resep es puter nangka yang bisa kamu praktikan di rumah. Ada tambahan buah nangka yang menjadikan es puter lebih segar.

Jadi jika kamu punya stok buah tropis di lemari esmu, kamu bisa manfaatkan untuk dijadikan camilan segar yang sedap.

4. Ketan Nangka Ala Thailand

Sumber: sisternet.co.id

Berikutnya kami punya resep ketan dengan resep yang berasal dari Thailand. Nangka yang manis berpadu dengan ketan yang gurih akan menjadi kudapan yang pas untuk seluruh keluarga.

Agar kudapan ketan nangka semakin lezat, kamu perlu tambahkan saus. Untuk membuatnya, campurkan santan kental, pandan dan gula. Tambahkan larutan maizena untuk mengentalkan sembari terus dimasak.

Baca juga: 10 Olahan Nangka Matang yang Bisa Kamu Buat di Rumah

5. Bubur Sumsum Pandan Nangka

Sumber: reseppedia.com

Berikutnya ada buah nangka dan bubur pandan. Siapa yang tak kenal dengan kudapan yang terbuat dari  tepung beras ini. Bubur pandan nangka bisa menjadi kudapan yang pas disajikan di waktu-waktu luang bersama keluarga sambil menonton TV.

Jika kamu bosan dengan bubur sumsum yang biasa saja. Kami punya resep yang diadaptasi dari dapurkobe.co.id. Buah nangka pada bubur tersebut menjadi bahan pelengkap yang memberikan rasa dan aroma khas.

Nah, kamu bisa praktek saat Ramadhan nanti. Pasalnya saat bulan Ramadhan, biasanya ibu-ibu rajin mencari kreasi baru untuk menu takjil. Bubur sumsum pandan nangka bisa jadi alternatif agar menu takjilmu lebih variatif.

6. Bolu Nangka

Sumber: cookpad.com

Bolu di Indonesia bukanlah camilan yang baru. Sajian kue yang dalam bahasa Portugis disebut dengan Bolo ini menjadi sajian yang biasa disuguhan pada acara-acara tertentu seperti nikahan dan selamatan.

Bolu terbuat dari tepung terigu, gula dan telur. Proses memasaknya yaitu dengan cara dipanggang di dalama oven dalam waktu beberapa menit.

Bolu mengalami perubahan seiring waktu. tidak hanya koki saja yang berkreasi dengan kudapan yang bertekstur lembut ini, tetapi banyak pengusaha kuliner yang memunculkan invovasi bolu baru. Salah satunya adalah dengan menambahkan buah atau tepung lain seperti tepung beras ketan atau kentang.

Pasti kamu mengenal adanya bolu pisang. Nah itu adalah salah satu kreasi bolu modern yang membuat bolu lebih beragam. Kamu bisa membuat inovasi bolu baru dengan menggunakan nangka sebagai salah satu bahannya.

Rasa lembut dari bolu yang beraroma buah nangka yang harum dan menggugah selera ini cocok untuk menemani obrolan dengan teman. resepkuerenyah.com membagikan resep bolu nangka yang mudah dan praktis. Bisa kamu praktekkan jika butuh camilan untuk orang tersayang di rumah.

7. Puding Nangka

Sumber: cookpad.com

Terakhir, ada olahan nangka yang dijadikan puding. Yang kita tahu puding adalah kudapan yang manis yang rasanya enak dan segar. Apalagi jika didiamkan di dalam lemari es selama beberapa jam.

Tapi tahukan kamu bahwasannya puding tidak hanya disajikan manis. Ada pula puding yang disajikan dengan gurih, misalnya suet pudding, yaitu puding yang berisi daging sapi yang dibungkus dengan kulit pai yang terbuat dari tepung terigu yang diberi tambahan lemak sapi atau lemak domba.

Puding umumnya terbuat dari telur dan tepung, susu, telur dan diberi tambahan maizena. Agar lebih sedap pudding diberi tambahan rasa cokelat, vanilla atau rasa buah-buahan. Puding buah adalah jenis puding yang banyak digemari.

Adonan puding banyak ditambahkan dengan buah-buahan yang mempunyai cita rasa tersendiri. Nah, buah nangka bisa jadi pilihan buah yang bisa kamu tambahkan pada puding. Gunakan buah nangka yang sudah matang agar memberikan aroma dan rasa yang lezat.

Untuk lebih lengkapnya, coba cek situs flavorful.web.app. Ada resep puding nangka yang mudah kamu praktekan di dalamnya.

Jadi, itulah beberapa olahan kekinian yang bisa kamu buat dari buah nangka. Nangka di Indonesia adalah buah yang tumbuh sepanjang musim jadi kamu pasti tidak akan kesulitan untuk menemukannya.

Resep-resep yang dijelaskan di atas pun tidak sulit untuk ditiru. Bahannya tersedia di toko-toko dan supermarket bahkan pasar. Jadi kamu bisa praktekkan resep-resep tersebut segera.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram